Sponsors Link

7 Bahaya Mencabut Alis Mata Sampai Habis

Sponsors Link

Alis merupakan salah satu bagian yang berperan dalam menambah kecantikan wajah. Bentuk alis yang rapi, akan berpengaruh juga pada tingkat percaya diri seseorang dan penampilannya. Berbeda jika alis matanya berantakan, kita pun akan merasa kurang percaya diri. Alis mata juga bermanfaat ketika mengekspresikan suatu emosi dan berperan dalam bahasa tubuh seseorang. Lakukanlah percobaan sendiri dengan menutup alis mata kita lalu lakukan berbagai ekspresi seperti marah, bahagia, sedih, takut, maka kita akan melihat perbedaan yang mencolok.

ads

Sebagian besar wanita mengidamkan wajah yang cantik. Termasuk bentuk alis. Para wanita banyak yang mencabut alis mereka demi merapikan alis atau mendapatkan bentuk alis yang sesuai dengan keinginan. Ketika seseorang sengaja mencukur habis alis matanya dan menggantinya dengan pensil alis atau sejenis tato, akan membuat mata kita tidak terlindungi. Air maupun keringat akan sangat mudah memasuki mata dan membuat iritasi mata dan sensasi rasa perih karena adanya kandungan garam dalam keringat.

Bagi anda yang hobi mencabut alis mata ternyata, pada dasarnya memiliki dampak yang negatif. Apa saja? Berikut ini diantaranya :

1. Memicu kanker payudara

Mencabut alis mata ternyata berkaitan dengan penyakit kanker payudara! Kok bisa? Begini, ketika sehelai alis tercabut maka di daerah yang mengalami pencabutan darah akan beku dan berhenti di sel payudara selama beberapa saat. Darah itu telah teroksigen dan membentuk suatu gumpalan di sel-sel payudara sehingga dapat berubah jadi sel kanker karena proses pembentukan gumpalan tersebut terjadi selama bertahun-tahun.

2. Terjadinya sekresi hormon tiroid

Sekresi hormon tiroid dapat diakibatkan juga dari kebiasaan mencabut alis mata kita. Yang dimaksud sekresi hormon tiroid adalah kondisi tidak seimbangnya hormon di tubuh seorang wanita. Akibat dari hal ini, wanita jadi mengalami haid yang tak teratur, saraf tegang, dan badan terlalu gemuk.

3. Sulit tidur malam

Ketegangan saraf yang terjadi tatkala seseorang mencabut alisnya, berdampak pula pada terganggunya tidur malam atau insomnia. Ini membuat tidur jadi tak berkualitas dan kemungkinan akan mengganggu kesehatan kita.

Sponsors Link

4. Terkontaminasi logam

Ada yang suka menghilangkan alis dengan memanfaatkan obat tertentu? Hati-hati, ya, karena berdampak pada kulit yang tercemari oleh senyawa logam dari obat, sehingga membuat jerawat serta parasit tumbuh dengan subur.

5. Mengakibatkan infeksi

Apabila ada yang senang mencabut alis mata menggunkan pinset, harap hati-hati karena dapat mengakibatkan terjadinya infeksi. Mencabut alis mata membuat kulit jadi trauma dan bengkak, serta rambut yang tumbuh ke arah dalam. Upaya menghindari infeksi dapat dilakukan dengan cara mensterilkan pinset dengan mencucinya di air hangat dan membubuhkan sabun atau dapat juga membersihkannya memakai alkohol. Cara untuk menghindari tumbuhnya bulu ke arah dalam adalah dengan mencabutnya searah dengan tumbuhnya bulu tersebut.

6. Mengakibatkan luka

Mencabut alis mata yang terlalu kasar dapat mengakibatkan luka dan rambut alis yang enggan untuk tumbuh lagi. Upaya dalam menghindari terjadinya luka ketika mencabut alis adalah dengan membubuhkan atau mengoleskan krim di alis mata yang hendak dicabut serta mencabutnya dengan perlahan dan jangan terlampau agresif.

7. Perubahan warna kulit

Kebiasaan mencabut alis mata pun dapat membakar kulit. Pada kulit yang mengalami pencabutan biasanya akan terlihat perubahan warna. Antara warna kulit yang lebih gelap atau menjadi makin terang. Untuk menghilangkan perubahan warna tersebut, gunakanlah tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi.

Sponsors Link

Cukur Habis Alis Mata Ternyata Berbahaya

Dalam sebuah penelitian, para ilmuan menuturkan juga tentang fungsi dari alis mata, yaitu menjaga kelembaban dan melindungi mata dari keringat yang mengalir dari dahi atau air hujan yang membasahi wajah. Tebal tipisnya alis seseorang tidak akan mempengaruhi kerja dan fungsi alis mata. Bahkan yang tipis sekalipun, tetap dapat melaksanakan fungsi dengan baik.

Bentuk alis mata yang lengkung, memiliki fungsi mengalihkan keringat yang hendak masuk mata, termasuk juga air yang akan masuk ke dalam mata supaya mengalir ke samping jadi tidak sampai masuk dan menggangu mata. Jadi mata akan tetap bersih dan kering. Kita pun tetap dapat melihat dengan jelas dalam kondisi berkeringat ataupun basah akibat dari guyuran air, seperti air hujan.

Bagaimana dengan keadaan seseorang yang terlahir tanpa alis ??

Seseorang yang lahir tanpa mempunyai alis mata, tidak perlu repot atau susah menggunakan pensil alis atau tato. Beda ya, apabila ingin menambah kecantikan. Tentunya diperlukan sedikit sentuhan dari pensil alis untuk membuat alis mata. Nah, jika kondisi seperti ini, apakah berarti  matanya tidak terlindungi? Tentu tidak, para ilmuwan percaya bahwa seseorang yang lahir ke dunia tanpa alis mata yang sempurna seperti kebanyakan orang lain akan mempunyai bulu mata yang tebal atau tulang tengkorak di atas matanya yang menonjol. Jadi tanpa alis sempurna pun, mata tetap dapat terlindung dari keringat dan air hujan yang hendak masuk.

Karena itulah disarankan agar tidak mencukur alis mata sampai habis dan jika pun harus mencabut, jangan berlebihan dan cukup cabut beberapa helai saja.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 30th, November 2015 / 05:18 Oleh :
Kategori : Kebiasaan buruk