Sponsors Link

15 Tips Agar Awet Muda Paling Mudah

Sponsors Link

Proses penuaan adalah suatu hal yang alami bagi pria dan wanita, dan akan terjadi serta menunjukkan tanda – tandanya sejak usia tertentu. Walaupun penuaan adalah suatu proses alami, namun tidak semua orang senang dengan wajahnya yang tampak tua. Kebanyakan orang malah takut kehilangan penampilan muda mereka. Jika Anda adalah salah seorang yang selalu ingin tampil awet muda, Anda tidak perlu khawatir pada penampilan yang menua. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membuat wajah dan penampilan terlihat lebih muda dari usia kita yang sebenarnya.

ads

Perawatan Wajah

Seseorang yang awet muda sudah tentu akan terlihat pertama kali dari wajahnya. Walaupun sudah memiliki satu atau dua garis halus, Anda tetap bisa terlihat muda dengan cara ini:

1. Sering tersenyum

Beberapa penelitian yang melibatkan tebak umur seseorang dari ekspresi wajahnya menyatakan bahwa wajah seseorang yang tidak tersenyum akan terlihat lebih tua, sedangkan wajah yang menampilkan ekspresi sedang tersenyum lebar dikatakan lebih muda dari usia sebenarnya. Senyum yang lebar dan tulus akan membuat seseorang tampak lebih muda. Karena itulah jika ingin tampak lebih muda, Anda perlu membiasakan diri untuk sering tersenyum.

2. Merawat rambut

Rambut juga merupakan bagian dari proses penuaan seseorang. Jika anda mulai beranjak tua, menata rambut akan memberikan kesan yang berbeda pada penampilan, bahkan menampilkan wajah yang lebih muda. Menata rambut agar tampak lebih bervolume di saat rambut mulai tipis, mengecatnya dengan warna yang lebih terang, menggunakan deep conditioner setiap hari, memotongnya dengan model baru, dan lain – lain.

3. Membentuk Alis

Manfaat mencukur alis dan mencabut dengan menggunakan manfaat es batu untuk alis adalah cara untuk membentuk alis dengan indah. Alis akan membingkai wajah dengan cantik jika di bentuk secara benar. Tentukan bentuk alis yang cocok dengan wajah Anda agar mata terlihat menarik perhatian. Pertahankan bentuk alis yang tebal untuk tetap memperkuat kesan pada wajah. Manfaat vaseline untuk alis, manfaat mentega untuk alis, dan manfaat tomat untuk alis juga dapat Anda coba untuk mempertahankan alis tetap hitam dan tebal.

4. Rajin membersihkan wajah

Semakin tua justru semakin penting untuk membersihkan wajah dari polusi di lingkungan sekitar. Pilih pembersih wajah yang lembut. Kulit yang sudah menua tidak bisa menggunakan produk berbahan keras seperti yang biasa digunakan para remaja. Pembersih yang berbahan keras akan berakibat minyak alami di wajah menjadi semakin berkurang dan justru menyebabkan wajah semakin terlihat tua. Carilah produk yang ditujukan untuk usia Anda dengan tulisan Gentle atau Moisturizing.

Sponsors Link

5. Memakai pelembab wajah

Sehabis membersihkan kulit sangat penting untuk tetap melembabkan kulit. Carilah pelembab yang mengandung anti penuaan yang mengandung konsentrasi bahan aktif tinggi. Ada banyak pelembab yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit Anda, misalnya pelembab untuk kulit berminyak, pelembab wajah untuk kulit kering, pelembab untuk kulit kombinasi, dan pelembab untuk kulit kering dan kusam yang bisa Anda pilih.

6. Gunakan tabir surya

Banyak produk pelembab wajah yang juga mengandung tabir surya. Sangat penting untuk melindungi kulit wajah Anda setiap hari dari bahaya sengatan sinar matahari yang akan merusak kulit. Matahari adalah penyebab utama penuaan dini, jadi para ahli menyarankan bahwa Anda setidaknya menggunakan SPF 15 setiap hari, minimal. Hal itu berguna untuk mencegah keriput, kulit kusam dan noda hitam.

7. Eksfoliasi wajah

Cara menghaluskan wajah yang berkeriput dan bergaris halus salah satunya dengan menggunakan manfaat eksfoliasi wajah. Mengelupas kulit wajah akan merangsang pertumbuhan sel kulit wajah, dengan demikian menampilkan kulit yang lebih muda. Pilih bahan atau produk yang memang ditujukan untuk kulit yang lebih tua agar tidak membuat kulit wajah semakin kering dan rusak.

8. Merawat bulu di wajah

Jika ingin tampak awet muda Anda juga dapat melakukan perawatan dengan cara menghilangkan bulu di wajah. Bagi pria, menghilangkan bulu di wajah bisa membuat penampilan tampak semakin muda dan bersih. Sedangkan bagi wanita, menghilangkan bulu di wajah bisa menghilangkan efek penuaan.

Gunakan Make Up

Wanita bisa menutupi tanda penuaannya dengan menggunakan teknik make up yang tepat. Beberapa teknik make up tersebut yaitu:

1. Menggunakan Concealer

Gunakan concealer yang bertekstur krim agar dapat membaur dengan sempurna pada kulit wajah. Jangan menggunakan concealer yang akan memberi efek cakey pada wajah karena akan menbuat anda semakin tua.

2. Blush On

Pulaskan blush on pada bagian atas tulang pipi dan jangan di bawahnya. Ketika Anda menua, kulit wajah akan kehilangan lemak di bawahnya dan pipi akan terlihat sedikit berongga, sehingga akan memperjelas kesan tua pada wajah. Terlalu banyak memulaskan blush on hanya akan memperkuat kesan tua tersebut.

3. Ganti warna eyeliner

Mulailah menggunakan eyeliner berwarna coklat daripada hitam. Ketika Anda bertambah tua, warna hitam akan terlihat terlalu jelas pada kulit dan menjadi kontras dengan keseluruhan wajah Anda. Gunakan eyeliner dengan teknik yang benar, kalau perlu berbahan waterproof karena itu merupakan cara agar eyeliner tidak luntur. Ada 3 jenis eyeliner wardah yang bisa Anda coba dengan cara memakai eyeliner agar tidak luntur.

4. Maskara

Ketika kita semakin tua, bulu mata akan menipis dan menjadi lurus. Terkadang Anda akan perlu mencari cara melentikkan bulu mata dan cara menebalkan bulu mata agar tidak semakin tipis. Cara melebatkan bulu mata bisa juga menjadi cara membuat bulu mata lentik secara alami. Anda juga bisa menggunakan maskara sebagai salah satu cara membuat bulu mata tampak lentik kembali.

5. Lipstik

Kurangi pemakaian lipstik yang ramai. Gunakan warna – warna lipstik yang lembut dan pucat. Tidak perlu menggunakan pensil bibir atau memulaskan warna terang. Pilihlah merk lipstik tahan lama yang cocok dengan cara memilih lipstik sesuai warna bibir.

Perawatan Tubuh

Selain wajah dan make up, tubuh pun perlu dirawat agar tetap tampak awet muda. Beberapa perawatan tubuh yang bisa dilakukan yaitu:

1. Pelihara kesehatan gigi

Kondisi gigi yang bagus akan membuat Anda tampak awet muda dan semakin menarik. Pastikan Anda rajin merawat gigi, seperti rajin menggosok gigi, berkumur, dan menggunakan benang gigi. Kunjungi dokter gigi secara teratur untuk mengatasi masalah pada gigi Anda.

2. Menutupi uban

Tidak semua orang ingin menutupi uban di rambut mereka. Namun banyak juga orang yang ingin mengecat rambut mereka untuk menutupi uban. Anda bisa mencoba cara menyemir rambut sendiri di rumah atau di salon dan bisa juga menggunakan pewarna rambut alami jika tidak ingin mengalami bahaya cat rambut dari bahan kimia.

3. Selalu update gaya rambut

Mungkin Anda termasuk orang yang jarang mengganti gaya rambut. Sekarang adalah waktunya memperbarui gaya rambut agar terlihat lebih muda dan segar. Wanita bisa menambahkan poni dan layer pada potongan rambut mereka. Sedangkan pria bisa memanjangkan rambut sedikit agar wajah tidak terlalu keras, namun jangan terlalu panjang karena itu bisa membuat tampak semakin tua. Jika Anda mulai botak, pertimbangkan untuk mencukur habis rambut daripada membiarkan rambut pitak terlihat.

ads

4. Pilihan busana yang tepat

Berbusanalah sesuai usia dan bentuk tubuh Anda. Memakai busana yang mendukung bentuk tubuh dapat membuat Anda terlihat semakin langsing dan trendi tanpa harus berusaha terlalu keras. Hal yang sama juga berlaku pada pria. Anda tidak akan terlihat lebih muda jika menggunakan pakaian yang modelnya ditujukan untuk usia di bawah Anda. Itu justru akan membuat Anda terlihat semakin tua. Fokuslah pada pakaian yang tepat untuk Anda.

5. Kenakan warna cerah

Busana berwarna cerah akan membuat Anda tampak semakin muda dan bersemangat. Singkirkan semua warna hitam, abu – abu dan warna netral, semarakkan lemari pakaian dengan semburat warna merah, hijau , orange dan lainnya. Kombinasikan semua warna gelap dengan warna terang untuk memberikan variasi pada penampilan.

6. Gunakan aksesoris yang tepat

Untuk wanita, gunakan aksesoris yang tepat. Pilih model perhiasan yang lebih up to date daripada model konservatif yang biasa dipakai. Contohnya, pilih aksesoris yang memiliki variasi warna untuk sedikit memberikan aksen pada penampilan.

7. Merawat tangan dan kaki

Lakukan manicure dan pedicure secara rutin pada tangan dan kaki. Kondisi tangan dan kaki yang terawat akan membantu mengurangi kesan tua pada diri Anda. Gunakan krim tangan dan kaki secara teratur untuk tetap memelihara kesehatan kulit.

8. Berolah raga

Tidak semua orang memiliki waktu untuk berolah raga. Sebagian orang sulit menentukan waktu berolah raga karena kesibukan atau ada juga yang malas. Padahal manfaat olah raga untuk kecantikan juga dapat membuat seseorang tampak awet muda. Cobalah untuk menetapkan tujuan untuk berolahraga minimal 30 menit sehari. Jika ini sulit, coba untuk bergerak sebanyak mungkin, terutama perbanyak berjalan kaki. Seimbangkan olah raga dan makanan sehat untuk menjaga tubuh tetap sehat.

9. Makan makanan sehat

Banyak makan anggur dipercaya dapat membuat tubuh tetap awet muda. Selain itu makanan yang bisa membuat Anda merasa sehat dan segar adalah jeruk, brokoli, yogurt rendah lemak, beri – berian, ubi dan wortel.

10. Bersikap muda

Bersikap muda bukan berarti Anda harus bersikap sembrono dan tidak tahu aturan, namun lebih kepada mempertahankan sikap ceria dan menyenangkan. Bersikap muda artinya Anda bisa bersikap positif, playful, hindari sikapp suka mengkritik, mengomel, atau apapun yang bisa membuat Anda menjadi seorang tua. Intinya adalah menikmati hidup dengan tetap berpegang pada aturan dan norma yang ada.

Tips Lain agar Awet Muda

Ada pula rutinitas yang bisa Anda lakukan agar tetap awet muda, yang berasal dari kebiasaan sehari – hari. Hindari beberapa macam kebiasaan ini:

  • Hindari merokok sebagai cara mengatasi kerutan di wajah. Asap rokok membuat wajah kering dan cepat mengalami garis halus.
  • Hindari minum alkohol yang dampaknya buruk bagi kesehatan
  • Banyak minum air putih sekitar 8 gelas sehari untuk menghindari kulit kering penyebab kulit cepat keriput. Air putih sangat baik untuk menghidrasi kulit secara alami.
  • Kurangi makanan tidak sehat dan berpengawet yang merusak kesehatan tubuh.
  • Mengelola stress sebaik – baiknya yang dapat menjadi penyebab kulit keriput di usia muda.
  • Ikuti kelas Yoga untuk merilekskan tubuh dan pikiran.
  • Biasakan untuk dipijat secara teratur untuk menenangkan saraf dan otot di tubuh yang tegang.
  • Biasakan tidur teratur minimal 8 jam sehari.
  • Pertahankan postur tubuh yang bagus, jangan membungkuk. Berdiri tegap dan tegak akan membuat Anda terlihat lebih muda.
  • Pelihara kehidupan intim dengan pasangan tetap mesra.
  • Hindari diet ketat yang dapat membuat Anda kekurangan nutrisi dan memperburuk kondisi kulit.

Pada intinya, menjadi seorang yang awet muda bukan hanya mengenai penampilan fisik semata. Anda juga perlu mengembangkan pola pikir positif untuk mendukung penampilan luar Anda. Selalu memiliki pikiran yang positif sangat mendukung kondisi tubuh dan penampilan, juga dapat mencegah keriput yang muncul di wajah karena stres.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Monday 28th, November 2016 / 09:26 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup