Sponsors Link

8 Bahaya Suntik Silikon Pada Wajah

Sponsors Link

Kesempurnaan dalam segala hal memang menjadi keinginan sebagian besar orang. Termasuk dalam hal penampilan diri seseorang. Berkaitan dengan penampilan, tentu tidak lepas dari keindahan wajah dan tubuh terutama bagi wanita. Kekurangan pada wajah atau tubuh bagi wanita yang sangat mementingkan penampilan seringkali membuat rasa percaya diri menurun. Padahal, ada trik make up yang bisa dilakukan untuk mengkoreksi kekurangan wajah, salah satunya cara make up natural untuk wajah bulat. Tetapi keinginan memiliki hidung yang mancung, pipi dan dagu yang ranum, payudara yang indah membuat sebagian wanita rela menempuh prosedur kecantikan yang tidak alami untuk mewujudkannya.  Salah satu jenis layanan kecantikan yang dimaksud adalah dengan menggunakan silikon ke bagian tubuh atau wajah yang ingin diperbaiki.

ads

Pengertian Silikon

Silikon adalah sejenis senyawa polimer non organik yang mempunyai karakteristik tidak berwarna, tidak berbau, kedap air, tidak rusak akibat bahan kimia atau proses oksidasi, tahan pada suhu tinggi dan tidak dapat menghantarkan listrik. Silikon tidak hanya dapat digunakan untuk kecantikan saja, tapi juga untuk manfaat kesehatan. Jenis silikon yang digunakan untuk layanan kecantikan dan kesehatan ada tiga, yaitu:

  • Silikon Padat – Bentuk silikon padat ini menyerupai karet, dapat digunakan untuk katup jantung buatan, pengganti persendian, testis buatan dan kateter. Untuk kecantikan silikon ini biasanya digunakan sebagai implan pada hidung, dagu dan pipi.
  • Silikon Gel – Campuran antara silikon padat dan cair, silikon ini memiliki tekstur yang dapat mengikuti bentuk wadah tempatnya disimpan karena tingkat perlekatan molekulnya sangat baik. Silikon gel disimpan dalam wadah yang padat berbentuk kantong silikon yang terdiri dari silicone sheet/lembar silikon. Biasanya digunakan untuk implan pada payudara dan betis.
  • Silikon Cair – Silikon cair dalam medis digunakan dalam pengobatan retina mata yang akan diambil kembali dalam waktu setahun setelah operasi. Silikon cair untuk tujuan kecantikan sangat tidak disarankan, karena mempunyai resiko bahaya yang tinggi apalagi bila tidak dilakukan oleh ahli atau dokter yang kompeten.

Bahaya Suntik Silikon

Silikon yang berbentuk cair inilah yang sering dijadikan sarana perawatan kecantikan dengan menyuntikkannya ke bagian tubuh. Dalam dunia medis, penggunaan silikon cair untuk kecantikan sebenarnya sudah dilarang. Tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui bahayanya menyuntikkan silikon cair ke dalam tubuh. Silikon cair berbahaya bagi kecantikan karena yang digunakan adalah silikon industri. Hal ini tentu saja ilegal dan sangat tidak aman secara medis karena silikon industri tidak bisa digunakan untuk kecantikan. Tingginya minat orang untuk mempercantik diri dengan biaya yang rendah memungkinkan para oknum mengambil kesempatan dalam kesempitan untuk memasukkan bahan berbahaya dalam materi suntik silikon, sama halnya dengan oknum yang mambuat bahan kosmetik yang berbahaya.

Sponsors Link

1. Kerusakan Jaringan

Sifat cairnya memungkinkan silikon mengalir ke berbagai bagian tubuh dan menyebar, akhirnya silikon cair bisa menumpuk di jaringan tubuh dan mengakibatkan silikonoma, yaitu reaksi inflamasi kronik. Akibatnya timbul pembengkakan di berbagai bagian tubuh atau wajah yang terdapat kandungan silikon tersebut. Wajah yang halus dapat diperoleh melalui beberapa jenis perawatan yang lebih aman seperti prosedur chemical peeling dan mikrodermabrasi.

2. Kerusakan Paru-Paru Atau Otak

Suntikan silikon bisa menimbulkan penyakit yang disebut ‘Sindrom Emboli Silikon’ yaitu terbentuknya gumpalan di paru – paru yang disebabkan oleh pelarut lemak yang digunakan dalam silikon cair. Gumpalan ini bisa memasuki aliran darah. Hal ini bisa menimbulkan kerusakan paru -paru, otak, bahkan resiko kematian.

3. Kanker

Penumpukan silikon cair di dalam tubuh dapat memicu kanker. Hal ini dikarenakan silikon cair apabila sudah memasuki tubuh tidak bisa dengan mudahnya dikeluarkan kecuali dengan cara operasi, itupun tidak menjamin semua silikon bisa diambil dari dalam tubuh karena sudah menyebar. Bila Anda menginginkan hidung yang lebih mancung misalnya, ada banyak cara membuat hidung mancung yang lebih aman dan alami. Juga untuk pipi yang tembam, ada beberapa cara untuk membuat muka tirus secara alami.

4. Merusak Bentuk Wajah Atau Tubuh

Karena adanya gaya gravitasi, sifat silikon yang cair akan sulit berkumpul di satu tempat umumnya di tempat yang lebih rendah dari semula sehingga sulit mempertahankan bentuk yang diinginkan, malah bisa mengubah bentuk anggota tubuh atau kulit tempatnya disuntikkan dan menimbulkan benjolan-benjolan. Dari yang tadinya untuk mengatasi keriput, bagian wajah dan tubuh lama kelamaan akan tampak kendor dan melorot karena berat dari silikon tersebut yang tertarik ke bawah. Misalnya mulut, hidung dan pipi akan tampak lebih tebal dan tidak proporsional. Bila Anda telah mengetahui penyebab keriput di usia muda, maka cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami dan cara mencegah penuaan dini pada wajah ada banyak, antara lain dengan menggunakan manfaat aqua skin whitening yang lebih aman.

5. Mengubah Warna Kulit

Suntikan silikon bisa mengubah warna kulit menjadi kemerahan karena peradangan yang terjadi di balik kulit, bahkan beresiko terjadi infeksi. Bila ingin kulit menjadi lebih kencang, putih dan mulus, perawatan alami dengan menggunakan manfaat timun untuk wajah, manfaat lidah buaya untuk kecantikan, dan manfaat tomat untuk wajah.

6. Sakit Kepala

Suntik silikon juga bisa menimbulkan sakit kepala berkepanjangan yang sulit disembuhkan. Hal ini bisa terjadi karena reaksi alergi tubuh terhadap kandungan kimia silikon cair. Pemakaian materi kosmetik yang tidak cocok bisa menjadi salah satu penyebab alergi kulit wajah.

7. Kulit Melepuh

Hal ini bisa terjadi bila silikon cair yang digunakan dicampur dengan substansi atau bahan lain sehingga merusak jaringan kulit. Cobalah dulu perawatan alami dengan menggunakan manfaat daun kelor untuk kecantikan, manfaat  bengkoang untuk kulit dan mencari produk kosmetik yang aman yang mempunyai fungsi AHA untuk kulit.

Sponsors Link

8. Menimbulkan Keloid

Bekas luka pada prosedur suntik silikon bisa menjadi salah satu penyebab keloid pada kulit apabila kulit Anda memiliki faktor genetis untuk terkena keloid. Akan tetapi, cara menghilangkan keloidnya sendiri juga dengan menggunakan jarum suntik dengan pengobatan melalui suntikan cortison.

Hindari bahaya – bahaya tersebut di atas dengan cara :

  • Cari Ahlinya

Jangankan menjalani prosedur suntik silikon, perawatan wajah sederhana pun mempunyai resiko seperti bahaya facial di salon bila dilakukan sembarangan. Semua bahaya suntik silikon ini bisa dihindari jika sebelumnya pasien meneliti terlebih dulu secara menyeluruh tentang prosedur, bahan yang digunakan, dan mencari dokter ahli yang paling tepat untuk berkonsultasi.Pilihlah perawatan di rumah sakit yang terjamin serta dengan dokter yang bersertifikat ahli bedah plastik setelah sebelumnya meneliti kondisi medis Anda secara keseluruhan.

  • Jangan Tergiur Harga Murah

Dari semua prosedur implan silikon, suntik silikon cair adalah yang paling berbahaya. Karena jenis silikonnya dapat dengan mudah diganti dengan silikon cair oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Harga yang murah justru harus membuat Anda curiga dengan bahan yang digunakan. Silikon yang aman digunakan untuk prosedur bedah kecantikan adalah yang berbentuk gel atau padat untuk dijadikan implan seperti telah disebutkan di atas.

Sudah banyak terdengar cerita buruk tentang kegagalan proses suntik silikon yang menyebabkan pasiennya menderita penyakit, bentuk wajahnya menjadi rusak, bahkan kematian. Namun masih banyak yang tidak menghiraukan bahaya dan resikonya karena dikejar keinginan untuk menjadi cantik sempurna secara instan seperti wanita – wanita yang kita lihat di media massa.

Bila ada kesadaran bahwa diri kita telah sempurna seperti apa adanya, maka niscaya tidak akan ada keinginan menggebu untuk mengubah apa yang sudah kita miliki yang bisa membuat kita tidak waspada. Berhati-hatilah apabila hendak mencoba perawatan kecantikan terbaru. Selain bahaya suntik silikon, masih ada bahaya perawatan yang lain seperti bahaya cat rambut, bahaya smoothing rambut, krim pemutih palsu, bahaya cat kuku.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 22nd, June 2016 / 07:23 Oleh :
Kategori : Layanan Kecantikan