21 Cara Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-pecah

Sponsored Links

Bibir merupakan bagian terpenting dalam tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Apalagi bagi kaum wanita, bibir merupakan anggota tubuh yang mempengaruhi kecantikan. Banyak wanita merasa tidak percaya diri jika kondisi bibirnya kering, pecah-pecah atau kurang lembab. Kondisi bibir yang seperti itu merupakan keadaan yang tidak sehat. Kulit bibir mempunyai sedikit perbedaan dengan bagian kulit lain di tubuh, kulit bibir tidak mempunyai kelenjar minyak, kelenjar keringat ataupun pigmen sehingga perlu perawatan dan perhatian lebih intensif pada kesehatan bibir.

Tingkat kelembaban akan mencerminkan tingkat kesehatan bibir. Bibir yang kering dapat menjadi cerminan kurangnya kadar air dalam tubuh. ada dua pilihan cara untuk melembabkan bibir, yaitu cara dari dalam atau dengan cara dari luar. Cara melembabkan bibir pecah-pecah dari dalam yaitu dengan cara mengkonsumsi berbagai makanan ataupun cairan yang dapat membantu melembabkan bibir. Cara melembabkan bibir dari luar yaitu dengan cara memberikan atau menggunakan obat atau bahan langsung pada permukaan bibir.

Perawatan dari Dalam

Cara melembabkan bibir kering  dari dalam dapat dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini :

1. Konsumsi air putih

Kelembaban bibir juga dipengaruhi oleh jumlah air putih yang dikonsumsi. Tubuh memerlukan air putih untuk melakukan berbagai aktivitas organ di dalam tubuh, salah satunya yaitu bibir dalam melembabkan bibir. Jika tubuh kekurangan cairan maka kerja sistem dan organ tubuh tidak akan berjalan dengan sempurna sehingga kesehatan akan terganggu. Konsumsi air putih akan membantu memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. konsumsilah sehari minimal 1,5 liter atau setara 8-9 gelas air putih agar kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi. Orang yang mengalami dehidrasi bibirnya akan lebih mudah kering sehingga tidak lembab.

2. Konsumsi buah

Selain dari air putih, tubuh juga membutuhkan cairan yang terdapat dalam buah. Vitamin yang terdapat di dalam buah akan membantu melembabkan bibir sehingga bibir tidak kering apalagi pecah-pecah karena terpenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan bibir yaitu vitamin C. Vitamin C terkandung oleh banyak buah yang ada di sekitar lingkungan kita seperti jambu biji, jeruk, tomat, belimbing serta banyak lagi buah yang lain. Konsumsilah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C agar bibir anda tetap terjaga kelembabannya.

3. Konsumsi sayur

Sayur juga mengandung cairan, vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi sayur juga dapat mempengaruhi kesehatan bibir. Kandungan cairan yang ada di dalam sayur akan membantu memenuhi dan menyempurnakan kebutuhan cairan di dalam tubuh, termasuk kebutuhan cairan untuk melembabkan bibir sehingga bibir tetap sehat dan lembab.

Sponsors Link

4. Minum vitamin C

Jika anda termasuk orang yang sangat malas untuk mengkonsumsi buah dan sayur, anda jangan putus asa dan jangan khawatir. Sekarang banyak terjual vitamin C yang kandungan vitamin di dalamnya seperti vitamin yang ada di dalam buah asli. Di apotik atau toko-toko obat juga sudah banyak disediakan. Konsumsi secara rutin agar dapat menggantikan cairan yang tubuh anda perlukan dari dalam buah atau sayuran sehingga bibir akan tetap lembab dan sehat.

5. Olahraga

Olahraga sangat penting untuk menjaga keseimbangan sehingga bibir akan tetap sehat dan tidak terjadi kering kembali. Sayangi kesehatan anda dan lakukan semua ini demi anda sendiri dengan sabar dan bentuk usaha untuk menjaga kesehatan tubuh. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Perawatan Dari Luar

Selain cara melembabkan bibir dari dalam tubuh, anda juga bisa melakukan cara melembabkan bibir dari luar yaitu dengan beberapa cara di bawah ini :

1. Dengan buah mentimun

Buah mentimun merupakan buah yang mengandung banyak air. Kandungan air di dalam buah mentimun dapat membantu melembabkan bibir yang kering karena buah mentimun mengandung vitamin C. Buah mentimun memang sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat produk kecantikan karena kandungan vitamin C didalamnya.

Cara menggunakan buah mentimun untuk melembabkan bibir yang kering yaitu iris tipis mentimun lalu tempelkan irisan mentimun diatas bibir. Biarkan hingga kandungan vitamin C yang ada di dalam buah mentimun meresap kedalam kulit bibir sehingga kebutuhan cairan terpenuhi dan bibir menjadi lembab dan sehat. Setelah setelah 15 menit angkat mentimun dari atas bibir lalu bersihkan bibir dengan menggunakan air dingin.

2. Gula merah dan air

Gula merah merupakan gula yang terbuat dari legen. Legen terdapat pada sari pohon kelapa. Gula merah mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh karena gula merah terbuat dari bahan-bahan alami yang sehat. Kandungan yang ada di dalam gula merah selain vitamin C juga terdapat vitamin A, vitamin E, vitamin B12, asam folat, protein, garam mineral, zat besi serta kalsium. Vitamin C yang terdapat dalam gula merah dapat melembabkan bibir yang kering.

Gunakan gula merah untuk membantu melembabkan bibir anda. Iris tipis gula merah sehigga lalu campurkan sedikir air. Oleskan pada bibir anda seperti menggunakan scrub, lakukan sampai bibir anda terasa lembut. Lakukanlah scrub ini secara teratur 3 kali seminggu agar anda dapat mengembalikan kelembaban bibir anda sehingga anda akan tampil percaya diri dengan bibir yang sehat.

3. Garam laut dan air

Garam terkenal dengan bumbu dapur yang berguna untuk masak. Ternyata garam juga mempunyai khasiat untuk membantu melembabkan bibir anda yang kering. Cara melembabkan bibir dengan garam yaitu dengan menyeduhnya dengan air hangat. Masukkan 2 sendok garam laut ke dalam segelas air hangat lalu aduk dan tunggu sampai air dan garam dapat larut menjadi larutan.

Setelah larut gunakan kain yang bersih dan celupkan kedalam gelas yang ada larutan air garamnya lalu tempelkan kain ke bibir anda. Tempelkan dalam kisaran waktu 20 menit. Lakukan secara rutin agar bibir anda sehat dan lembab. Larutan ini selain melembabkan bibir juga dapat meringankan luka bakar.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan minyak yang terbuat dari kelapa dan lebih sering digunakan oleh ibu-ibu untuk memasak makanan. Minyak kelapa juga dapat membantu melembabkan bibir yang kering. Bibir yang kering merupakan bibir yang kekurangan cairan ataupun kadar minyak. Minyak kelapa mengandung asam lemak dan kadar minyak yang dapat melembabkan kulit bibir.

Cara melembabkan bibir dengan minyak kelapa yaitu panaskan minyak kelapa dengan microwave atau diatas kompor lalu secara hangat oleskan minyak kelapa pada bibir anda yang kering dengan menggunakan kapas atau bisa juga dengan menggunakan jari tetapi kondisi jari harus dalam keadaan steril dan bersih. Selain melembabkan bibir miyak kelapa ini juga bisa sebagai pengganti lip gloss yang mampu melembabkan bibir sepanjang hari. Gunakan berulang-ulang sepanjang hari agar bibirmu tampak sehat dan lembab.

5. Madu

Madu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Madu dihasilkan dari sari pati bunga yang dibuat oleh lebah. Sejak zaman dulu madu telah terbukti mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan serta kecantikan. Salah satu khasiat dalam kesehatan yaitu melembabkan bibir. Selain manis rasanya madu juga menyehatkan tubuh kita. Madu ini selain melembabkan kulit juga mempunyai sifat antibakteri serta penyembuhan pada bibir yang pecah-pecah.

Cara menggunakan madu untuk melembabkan bibir yaitu dengan mengoleskan pada permukaan bibir lalu biarkan beberapa menit sampai kering. Setelah kira-kira 15 menit bersihkan bibir bisa dengan air dingin mauoun dengan menjilat madu yang ada dibibir. Selain melembabkan madu juga dapat memberikan efek warna merah pada bibir jika anda melakukan perawatan ini dengan rajin dan rutin.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang terkandung di dalam biji zaitun. Biji zaitun terkenal akan kaya manfaatnya untuk kesehatan serta kecantikan. Biji zaitun termasuk mahal harganya. Cara menggunakan minyak zaitun yaitu oleskan pada bibir pada malam hari ketika anda hendak tidur. Kandungan minyak zaitun akan meresap kedalam kulit bibir sehingga akan membantu melembabkan bibir anda saat anda tidur atau beristirahat. Saat anda tidur sangat efektif untuk melakukan ini agar minyak zaitun dapat bekerja dengan efektif saat anda beristirahat. Gunakan secara teratur dan nikmati manfaat hasilnya.

7. Mentega

Mentega mempunyai sifat seperti minyak jika dipanaskan. Mentega juga dapat mengatasi bibir kering atau pecah-pecah sehingga dapat melembabkan serta menyehatkan bibir. Oleskan mentega secara langsung pada bibir saat anda hendak tidur kemudian diamkan semalaman agar kandungannya dapat meresap secara sempurna kedalam kulit bibir. Gunakan secara rutin agar bibir anda tampil cantik dan lembab.

8. Air mawar

Mawar merupakan bunga yang selain indah juga memiliki banyak kandungan manfaat kesehatan serta kecantikan. Air mawar didapatkan dari sari bunga mawar. Caranya yaitu dengan merendam mawar pada air selama semalaman. Gunakan air seperlunya saja jangan terlalu banyak. lalu oleskan air mawar pada bibir sebelum anda sebelum tidur. Selain dengan cara ini juga bisa dengan dibuat adonan.

Caranya yaitu cucilah bunga mawar sampai bersih lalu rendam dalam susu selama beberapa jam. Setelah itu remas-remas kelopak mawar sehinggamenjadi adonan lalu oleskan pada bibir anda yang kering. Oleskan lebih sering agar bibir cepat lembab yaitu 2-3 kali sehari dan juga gunakan sebelum anda tidur.

9. Bubuk kunyit dan susu putih kental

Bubuk kunyit sekarang telah banyak terjual di pasar ataupun toko-toko sehingga tidak usah repot-repot untuk membuatnya secara tradisional. Bubuk kunyit mempunyai manfaat untuk melembabkan bibir sehingga dapat menyehatkan bibir anda. Gunakan bubuk kunyit untuk melembabkan bibir dengan cara mencampurnya dengan satu sendok susu kental manis. Lalu aduk secara merata dan oleskan pada bibir anda yang kering. Biarkan agar kering sampai beberapa menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin. Gunakan secara teratur agar mendapatkan hasil yang baik.

10. Buah alpukat

Buah alpukat buah yang berasal dari Amerika tengah serta Meksiko. Buah alpukat merupakan buah yang sangat enak baik dimakan secara langsung maupun dibuat juz atau sup buah. Warna kulit buah alpukat yaitu hijau tua serta daging buahnya hijau muda. Buah alpukat selain mengandung banyak vitamin serta zat yang penting untuk kesehatan tubuh, buah ini juga mengandung ekstrak minyak yang sangat baik untuk melembabkan kulit termasuk kulit bibir.

Cara menggunakan buah alpukat untuk melembabkan bibir yaitu pertama haluskan buah alpukat lalu campur dengan minyak zaitun 2 sampai 3 tetes. Lalu aduk sampai rata dan oleskan pada bibir kemudian diamkan beberapa menit dan setelah kering bilas dengan air dingin. Gunakan buah alpukat sebagai pelembab bibir secara teratur 3 kali seminggu.

11. Buah jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Jeruk nipis banyak digunakan dalam kosmetik sebagai bahan dasar karena kandungan vitamin serta antioksidan didalam buahnya. Jeruk nipis juga dapat mengatasi masalah pada bibir seperti bibir kering serta pecah-pecah dan kurang lembab. Bahkan banyak obat sariawan yang mengandung vitamin C yang berbahan jeruk nipis.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk melembabkan bibir dapat mengkonsumsinya secara langsung ataupun dengan membuat ramuan untuk dioleskan pada bibir. Untuk membuat ramuan caranya yaitu ambil airnya pada jeruk nipis. Peras jeruk untuk mengambil airnya lalu didihkan air dan campur dengan perasan jeruk nipis. Diamkan sampai agak dingin lalu oleskan pada bibir. Selain melembabkan jeruk nipis juga dapat memberikan efek warnah merah pada bibir sehingga bibir terlihat cantik dan menawan.

12. Buah tomat

sponsored links
Buah tomat termasuk buah yang mengandung banyak vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah tomat mampu mengatasi bibir kering atau pecah-pecah sehingga bibir akan sehat dan lembab. Tomat merupakan buah yang tidak begitu mahal sehingga anda bisa mendapatkannya tanpa harus merogoh terlalu dalam dompet anda. Walaupun buah ini tidak begitu mahal, namun bukan berati tidak mempunyai banyak manfaat. Kandungan vitamin yang ada di dalam buah tomat sangat bermanfaat untuk kesehatan bibir.

Cara menggunakan tomat untuk melembabkan bibir yaitu dengan mngiris tipis tomat lalu teteskan sedikit madu pada irisan tomat dan kemudian oleskan pada bibir anda. Lakukan dengan sedikit pemijatan pada bibir. Kemudian diamkan beberapa menit agar kandungan vitamin dalam tomat dapat terserap kedalam bibir sehingga bibir dapat lembab dan cantik alami.

13. Gula pasir

Selain gula merah (gula jawa), gula pasir juga dapat mengatasi masalah pada kesehatan bibir. Gula pasir terbuat dari tumbuhan tebu yang diproses airnya sehingga dihasilkan gula pasir. Gula pasir sering digunakan untuk membuat kue atau minuman sehingga bagi ibu-ibu sangat bersahabat dengan gula pasir.

Cara menggunakan gul pasir untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah anda dapat menjadikan gula pasir sebagai scrub dengan mencampurkannya sedikit minyak zaitun. Tambahkan 3 tetes minyak zaitun pada gula pasir kemudian aduk dan campur kedua bahan sampai merata. Kemudian pakai scrub tersebut pada bibir anda lakukan dengan memberikan sedikit pemijatan pada bibir. Dengan memberikan scrub ini akan mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir sehingga bibir tidak akan kering dengan kulit baru serta terjaga kelembabannya.

14. Lidah buaya

Lidah selain sebagai tanaman hias, tanaman obat-obatan, sebagai bahan dasar kosmetik juga dapat melembabkan bibir. Manfaat lidah buaya untuk kulit dapat merawat dan mengatasi kulit yang kering, termasuk kulit bibir selain itu juga memberikan dan menjaga kelembaban kulit termasuk juga kulit bibir. Bibir anda akan senantiasa lembab serta lembut karena kandungan yang lidah buaya yang memberikan nutrisi pada bibir. Selain melembabkan kulit lidah buaya juga dapat mengatasi warna hitam pada bibir sehingga bibir akan lebih berwarna merah dan tampak sehat.

Cara menggunakan lidah buaya untuk melembabkan bibir yaitu dengan mengambil lendir atau gel pada batang lidah buaya. Potong lidah buaya lalu ambil bagian dalam pada batang lidah buaya yaitu lendir atau gelnya lalu oleskan pada bibir. Sebelumnya lidah buaya harus telah dicuci bersih terlebih dahulu. Gel atau lendir lidah buaya akan terasa pahit jika mengenai lidah namun gel ini memberikan khasiat yang manjur untuk melembabkan bibir.

Jika menggunakan lidah buaya usahakan tidak mengenai lidah sehingga anda tidak akan merasakan pahitnya. Biarkan sampai gel kering dengan menunggu 15 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan air dingin. Lakukan hal ini dengan rutin agar dapat menghasilkan bibir yang lembab serta tidak berwarna hitam sehingga anda dapat tampil percaya diri dengan bibir anda yang cantik.

15. Minyak kacang almond

Kacang almond mengandung minyak yang terbukti dapat melembabkan bibir serta dapat mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Minyak almondyang terdapat dalam kacang almond mengandung banyak vitamin A, serat, asam oleat, kalsium, zat besi serta protein. Kandungan minyak ini akan membantu melembabkan bibir anda sehingga tidak usah khawati dengan masalah bibir yang dapat mengurangi kelembaban bibir.

Cara menggunakan minyak almond sekarang praktis yaitu dengan membeli saja minyak almond yang sudah jadi tidak usah repot-repot untuk membuatnya sendiri dari kacang almond. Minyak almond telah banyak terjual di apotik ataupun toko-toko lainnya. Gunakan minyak almond dengan dicampur sedikit madu. Lalu oleskan pada bibir anda. Gunakan sebelum tidur dan biarkan semalaman dan bilas besok paginya dengan air dingin. Minyak almond akan bekerja semalaman dalam membantu melembabkan bibir. Lakukanlah secara rutin yaitu sehari sekali sebelum tidur maka akan terlihat hasilnya setelah anda melakukan dalam waktu satu minggu.

16. Wortel

Wortel mempunyai berbagai macam jenis tetapi semua jenis wortel dapat digunakan untuk membantu melembabkan bibir. Wortel terkenal dengan kandungan vitamin A yang tinggi yang sangat bagus untuk kesehatan mata selain itu wortel juga ternyata memiliki kandungan yang dapat melembabkan bibir. Warna orange pada wortel juga dapat memberikan efek merah pada bibir sehingga bibir tidak tampak hitam. Jadi selain melembabkan bibir wortel juga dapat memerahkan bibir.

Cara menggunakan wortel untuk melembabkan dan memerahkan bibir yaitu dengan dibuat jus untuk diminum ini merupakan pengobatan dari dalam serta dibuat masker untuk pengobatan dari luar. Ambil wortel kemudian kupas dan parut sampai halus. Saring airnya untuk diminum lalu ampasnya untuk dioleskan ke bibir sebagai masker. Lakukan hal ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan cara ini merupakan cara yang dilakukan dari dalam serta dari luar sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cara melembabkan bibir kering diatas ada 2 macam yaitu dengan cara dari dalam dan cara dari luar. Anda dapat memilih salah satu cara untuk melembabkan bibir anda. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan aktifitas dan kesibukan anda sehingga anda tidak terlalu terbebani untuk melakukannya. Cara untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, maksimal serta lebih cepat yaitu dengan melakukan kedua cara yaitu dengan cara dari dalam serta dengan cara dari luar sehingga dari dalam tubuh akan bekerja mendukung pengobatan atau cara mengatasi dari luar.

Demikian beberapa cara untuk melembabkan bibir anda sehingga anda dapat terbebas dari masalah kesehatan bibir seperti bibir kering, pecah-pecah apalagi sampai mengalami sariawan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 12th, January 2016 / 09:06 Oleh :
Kategori : Bibir