Sponsors Link

Cara Mencerahkan Bibir Hitam – Penyebab dan Cara Merawatnya

Sponsors Link

Bermasalah dengan bibir yang hitam? Mempunyai bibir hitam sedikit menyusahkan bagi sebagian wanita. Sebenarnya tidak ada wanita yang menginginkan memiliki bibir hitam karena akan menurunkan nilai kecantikan dirinya. Memakai lipstik akan sulit bagi wanita karena warna bibir yang hitam membuat warna lipstik tidak melebur sempurna di bibir. Memiliki bibir hitam juga bisa membuat wajah terkesan kusam dan tua karena warna bibir yang tidak segar. (Baca Juga: Penyebab Kulit Hitam , Manfaat Odol Untuk Kecantikan)

ads

Banyak wanita yang ingin berusaha memerahkan warna bibirnya atau paling tidak membuat warnanya lebih cerah. Bibir yang merah merona dipercaya bisa memberi kesan sehat dan bersinar pada wajah. Mungkin tidak sedikit juga yang menghabiskan biaya untuk mencerahkan bibirnya dengan berbagai macam merk lipstik mahal yang bisa menutupi warna hitam di bibir. Tetapi, mencerahkan bibir tidak cukup hanya dengan memakai lipstik saja. (Baca Juga: Cara Mencerahkan Kulit Wajah , Merk Lipstik Tahan Lama)

Penyebab Bibir Hitam

Untuk merawat bibir yang hitam agar warnanya menjadi cerah, Anda perlu mengetahui terlebih dulu penyebabnya. Bibir hitam dapat disebabkan oleh beragam hal, seperti yang akan dibahas berikut ini:

  • Kekeringan

Bibir akan terlihat lebih baik dan cantik apabila kelembaban alaminya terjaga dengan tepat. Kelembaban pada kulit bibir dapat hilang dengan cepat karena kondisi kulit bibir yang selalu terbuka dan rentan terhadap berbagai penyebab kekeringan. Menjilat bibir juga dapat menjadi salah satu penyebab bibir kering, begitu juga dengan cuaca yang dingin serta berangin. Kekeringan bisa menyebabkan bibir mengelupas dan menghitam. Untuk menjaga agar bibir tidak menghitam, lakukan cara mengatasi bibir kering dengan telaten.

  • Kebiasaan Sehari – hari

Kebiasaan yang dapat menyebabkan bibir kering adalah merokok, minum alkohol, atau pemakaian narkoba. Warna gelap di bibir dan bagian dalamnya disebut smoker’s melanosis. Kekurangan asupan air bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi dan akhirnya mempengaruhi warna bibir menjadi hitam. (Baca Juga: Cara Mencegah Kerutan di Wajah)

  • Pemakaian Kosmetik

Wanita memakai lipstik agar bibirnya menajdi semakin cantik dan berwarna segar serta memberikan kesan memikat pada penampilannya. Tetapi lipstik justru terkadang bisa menyebabkan bibir menjadi hitam. Hal ini bisa terjadi jika Anda menggunakan lipstik murah yang menggunakan bahan yang kurang terjamin. Waspadalah terhadap bahaya make up palsu yang mengancam kecantikan alami Anda.

  • Paparan Sinar Matahari

Warna bibir bisa menghitam karena terlalu sering terkena sinar matahari. Sinar UV bisa memicu kelebihan melanin pada beberapa bagian tubuh, akan tetapi yang paling terpengaruh adalah kulit wajah dan bibir. Warna hitam pada bibir akan lebih terlihat dan terfokus daripada perubahan warna pada kulit tubuh lainnya.

  • Anemia

Penyakit kekurangan darah seperti anemia bisa juga memicu warna bibir yang kehitaman. Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan hemoglobin. Sedangkan hemoglobin adalah zat yang memberi warna merah pada darah, dengan demikian kekurangan hemoglobin akan menyebabkan warna bibir yang kehitaman.

  • Kebiasaan Makan yang Buruk

Buruknya kebiasaan makan berarti kekurangan asupan nutrisi ke dalam tubuh melalui makanan bergizi dan bisa menyebabkan berbagai masalah seperti anorexia dan bulimia. Selain itu, tidak mengonsumsi buah, air putih dan sayuran yang cukup juga akan membuat bibir menghitam. (Baca Juga: Bahaya Cuka untuk Rambut)

ads

Merawat Bibir Hitam Sehari – Hari

Bibir yang hitam dapat menjadi cerah dengan perawatan yang tepat. Beberapa cara perawatan bibir hitam yang tepat bisa dilakukan sebagai rutinitas sehari – hari yang bermanfaat sebagai cara mencerahkan bibir hitam yaitu:

  1. Hindari Sinar Matahari

Jika anda berada di bawah sengatan sinar matahari dalam waktu lama, kulit akan mulai menghitam. Begitu pula dengan kulit bibir yang juga bisa menghitam karena berada terlalu lama di tengah cuaca panas. Kalau terpaksa berada di bawah sinar matahari, oleskan lip balm yang mengandung SPF minimal 15 untuk melindungi bibir. Gunakan juga pelindung kepala untuk perlindungan tambahan untuk mencegah penyebab kulit hitam dan penyebab rambut bercabang dan rusak saat terkena matahari.

  1. Lembabkan Bibir

Kelembaban yang kurang akan membuat bibir menjadi kering dan mengelupas. Terkadang akan menyebabkan sakit karena kulit bibir bibir mengelupas, bahkan berdarah dan mengakibatkan bibir menjadi bernoda hitam. Gunakan lip balm yang memiliki khasiat melindungi bibir sebelum tidur. Gosokkan dengan lembut ke bibir dan rasakan bibir menjadi lembab kembali. Cobalah juga manfaat mentega untuk bibir yang bisa juga berkhasiat menjadi cara melembabkan bibir kering.

  1. Bersihkan Bibir Sebelum Tidur

Tidak membersihkan make up sebelum tidur bisa menimbulkan masalah kulit yang serius, seperti jerawat dan lain sebagainya. Termasuk juga membersihkan bekas lipstik di bibir agar kita tidur dalam keadaan bibir sudah bersih. Gunakan pembersih bibir yang banyak tersedia di toko untuk memastikan bibir tetap bersih sebelum tidur, karena bahaya kandungan paraben pada kosmetik seperti lipstik bisa memberi efek buruk pada bibir.

  1. Kurangi Kafein

Teh dan kopi adalah sumber kafein yang paling populer. Jika Anda meminum lebih dari lima cangkir per hari, konsumsi kafein akan membuat bibir menghitam. Begitu juga kalau terlalu banyak minum kafeiin akan membuat sulit tidur. Batasi meminum kopi atau teh sebanyak dua atau tiga cangkir saja per hari, sehingga asupan kafein dalam tubuh tidak berlebihan. Usahakan untuk tidak meminum kopi atau teh jika kurang diperlukan. (Baca Juga: Manfaat Kopi Untuk Kulit , Manfaat Masker Kopi )

  1. Berhenti Merokok

Perubahan warna di bibir juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok. Saat ini bukan hanya pria saja yang merokok akan tetapi wanita juga ada yang memiliki kebiasaan merokok. Merokok menyebabkan timbulnya noda di gigi dan mulut berupa bintik – bintik hitam. Untuk mengurangi bibir hitam yang disebabkan oleh rokok, satu – satunya cara adalah dengan berhenti merokok. (Baca Juga: Cara Memerahkan Bibir)

  1. Hindari Kebiasaan Buruk

Beberapa kebiasaan buruk yang berkaitan dengan bibir adalah antara lain mengelupas kulit bibir ketika terasa kering. Kulit bibir yang dikelupas ada kalanya akan terasa perih dan lecet, sehingga ketika sembuh akan meninggalkan bekas kehitaman. Kebiasaan buruk lainnya adalah menjilat bibir. Orang mengira bahwa dengan menjilat bibir maka akan bisa memberi kelembaban pada bibir yang kering, namun kenyataannya air ludah justru membuat bibir semakin kering. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan buruk yang biasa dilakukan ini, jika Anda tidak ingin memiliki bibir hitam yang permanen. Coba juga cara mengecilkan bibir secara alami dan cara menipiskan bibir untuk mengimbangi bentuk bibir yang lebar atau besar.

  1. Gunakan lipstik berkualitas bagus

Seperti telah disebutkan di atas bahwa lipstik yang berharga murah biasanya menggunakan bahan yang kurang bagus kualitasnya. Bahkan bisa jadi mengandung bahan kosmetik yang berbahaya yang bisa membuat kulit bibir menghitam. Untuk mencegah agar bibir tidak menghitam, sebaiknya memilih lipstik dari merk yang terpercaya yang sudah terkenal memproduksi produk bagus, coontohnya beberapa merk lipstik tahan lama yang berkualitas. Salah satu bahan yang berkualitas tersebut bisa mengandung manfaat AHA untuk bibir. Harga memang seringkali menjadi pertimbangan utama, akan tetapi usahakan untuk memilih produk berkualitas dengan harga yang paling sesuai dengan budget daripada memilih produk murah tetapi mendatangkan efek buruk. Ketahui juga cara memilih lipstik sesuai warna bibir dan cara memakai lipstik untuk bibir hitam agar penampilan tidak bercela.

Merawat Bibir Hitam Secara Alami

Bibir yang hitam juga bisa dirawat menggunakan ramuan yang bisa menjadi cara alami memerahkan bibir, bisa terbuat dari beberapa bahan berikut yaitu:

  1. Air Perasan Lemon

Menggunakan lemon adalah cara untuk mencerahkan bibir hitam dengan cepat. Manfaat lemon untuk kulit memiliki khasiat pemutih alami yang bisa menghilangkan warna gelap dari kulit, termasuk kulit bibir. Kandungan vitamin C dalam lemon adalah bahan utama yang dapat menjadi cara menghilangkan bibir hitam. Oleskan air perasan lemon sehari sekali, setelah itu pijat bibir dengan ujung jari untuk menghilangkan semua kotoran pada bibir sehingga bibir tampak mulus dan bersinar. Ada juga manfaat buah jeruk nipis untuk wajah yang memiliki khasiat hampir sama dengan lemon.

  1. Madu

Manfaat madu untuk bibir diambil dari khasiatnya sebagai salah satu bahan pelembab yang alami untuk kulit. Madu dapat menutrisi, melembutkan dan memberi efek menenangkan pada kulit, Madu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mencerahkan kulit bibir yang hitam. Gunakan madu secukupnya ke bibir dan gosokkan selama tiga atau empat menit. Biarkan sisa madu di bibir semalaman, kemudian bilas bibir keesokan harinya.

Sponsors Link

  1. Kelopak Mawar dan Susu

Mawar telah digunakan dari waktu ke waktu sebagai salah satu bahan dalam perawatan kecantikan, salah satunya sebagai cara menghilangkan belang di wajah dan cara menghilangkan bintik hitam di kaki. Ternyata mawar juga memiliki khasiat tersembunyi untuk mencerahkan bibir yang hitam. Mawar mengandung khasiat melembutkan, melembabkan, mendinginkan dan mencerahkan warna kulit, termasuk kulit bibir. Cara membuat ramuan mawar untuk bibir dicampur dengan manfaat susu untuk kulit bibir yaitu:

  • Ambil beberapa kelopak mawar dan cuci bersih.
  • Hancurkan kelopak mawar tersebut lalu tambahkan susu secukupnya.
  • Oleskan ke bibir sambil dipijat sekitar empat sampai lima menit.
  • Bersihkan bibir dari ramuan mawar tersebut dengan seksama.

Perawatan menggunakan kelopak mawar ini bisa dilakukan setiap hari sebelum Anda beraktivitas di luar rumah. Bibir akan tampak merah alami yang lumayan dapat bertahan lama.

  1. Madu dan Gula

Pengelupasan kulit adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan warna bibir yang menghitam, kering atau pecah – pecah serta kotoran dan sel kulit mati dari bibir. Ada beberapa cara untuk mengelupas kulit bibir yaitu:

  • Campurkan madu dan gula secukupnya, lalu oleskan ke bibir. Tepuk – tepuk dengan lembut selama sekitar satu menit. Kemudian bersihkan bibir sampai tuntas.
  • Oleskan madu atau petroleum jelly ke bibir sebelum tidur malam. Keesokan paginya gosok bibir dengan sikat gigi saat menyikat gigi. Dengan cara demikian sel kulit mati akan meluruh dari bibir.

Jangan mengelupas kulit bibir melebihi dua kali seminggu. Ada juga manfaat gula sebagai bahan yang digunakan dalam cara memutihkan tangan dan cara mengatasi kulit mengelupas di tangan.

  1. Akar Bit

Bit dikenal mempunyai warna kemerahan alami dan juga memiliki khasiat untuk memutihkan secara alami. Menggunakan bit tidak hanya menghilangkan pigmen kehitaman dari bibir tetapi juga memberikan warna kemerahan pada bibir. Cara menggunakannya untuk bibir yaitu:

  • Cukup dengan menghancurkan akar bit secukupnya dan oleskan ke bibir.
  • Biarkan semalaman, bibir akan menyerap warna kemerahan dari bit.
  • Bilas bibir pada pagi hari dan lihat hasilnya berupa warna bibir yang kemerahan.

(Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur , Manfaat Pepaya Untuk Kulit)

Beberapa cara memerahkan bibir hitam di atas bisa Anda coba. Berhati – hatilah sebelum memutuskan untuk menggunakan bahan kimia tertentu untuk memerahkan bibir, karena Anda bisa mengalami reaksi yang sangat jauh dari harapan dan sukar untuk mengubahnya kembali apabila bibir malah menjadi semakin hitam. Selalu gunakan produk terpercaya yang sudah terbukti aman agar bibir tidak menderita akibat kesalahan memilih produk perawatan. Juga jangan lupakan tes alergi setiap kali akan mencoba ramuan tertentu agar terhindar dari efek sampingnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 11:57 Oleh :
Kategori : Bibir