Sponsors Link

21 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah Pecah Secara Alami

Sponsored Links

Bibir kering tentunya adalah sebuah kekurangan dalam sebuah penampilan meski sebagian orang tak menemukan masalah dengan hal tersebut. Namun bagi para wanita yang ingin penampilan lebih maksimal sehari-hari, bibir kering adalah masalah yang perlu diatasi segera. Dengan perawatan alami, bibir tak akan lagi kering asalkan dilakukan dengan benar dan rutin.

Sebelum menilik apa saja cara mengatasi bibir kering, ketahui apa yang menjadi pemicu bibir kerings secara umum:

  • Panas dalam.
  • Terlalu sering membasahi bibir yang merupakan kebiasaan.
  • Kebiasaan merokok.
  • Dehidrasi
  • Terkena paparan sinar matahari yang menghilangkan kelembaban bibir.

Jadi untuk mengatasi bibir yang kering sehingga kelihatan kurang sehat dan menarik, ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

(Baca juga: cara alami memerahkan bibir)

1. Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak sangat efektif digunakan sebagai solusi bibir kering ditambah juga pecah-pecah. Asalkan digunakan setiap hari, ada hasil memuaskan yang bisa diperoleh.

  • Caranya: Ambil saja setetes atau 2 tetes minyak jarak yang bisa langsung dioles ke bagian bibir kering Anda beberapa kali sehari. Atau, campurkan sesendok teh minyak jarak dengan sesendok teh gliserin serta beberapa tetes jus lemon untuk kemudian diaplikasikan ke bibir Anda sebelum berangkat tidur setiap malam. Paginya barulah Anda bersihkan menggunakan kapas bersih yang sudah dicelupkan ke air hangat.

2. Minum Air Putih

Bila air putih dapat digunakan sebagai cara merawat kulit tubuh supaya mulus, tentunya ini juga akan berfungsi sama pada bibir kering dan pecah-pecah Anda. Kekurangan air putih bisa menjadikan tubuh dan kulit terkena dehidrasi dan dehidrasi inilah yang membuat bibir kering hingga pecah-pecah. Jadi setiap sebelum makan atau minum apapun, awali dengan meminum air putih 1 gelas; pastikan bahwa setiap harinya ada 8-10 gelas air putih yang Anda konsumsi agar bibir menjadi lebih lembab. Hal ini juga berguna untuk mendetoksifikasi tubuh di mana segala racun berbahaya akan dikeluarkan dari dalam tubuh.

(Baca juga: cara memerahkan bibir)

3. Menggunakan Petroleum Jelly

Untuk bibir kering, jangan ragu pula untuk memakai petroleum jelly karena manfaatnya yang baik sebagai pelindung bibir dari kekeringan dan kerusakan.

  • Caranya: Sediakan petroleum jelly, ambil secukupnya untuk dioleskan ke bibir kering Anda beberapa kali sehari agar selalu lembab. Jangan lewatkan juga pemakaian tepat sebelum tidur supaya semalaman bibir tetap ternutrisi. Atau, Anda juga bisa menggunakan petroleum jelly setelah sebelumnya Anda lapisi dengan madu murni tipis-tipis pada bibir Anda. Setelah beberapa menit, gunakan kapas yang dicelup ke air hangat untuk membersihkan madu dan petroleum jelly dari bibir Anda.

4. Memakai Mentimun

Seperti yang kita tahu, mentimun begitu kaya akan kandungan airnya. Jadi tak salah lagi bahwa mentimun adalah solusi sederhana dan alami untuk membantu melembabkan bibir kering dan juga menyehatkannya.

  • Caranya: Irislah mentimun tipis-tipis yang kemudian bisa Anda gosok-gosokkan ke bibir kering Anda dan biarkan larutan mentimun terserap sempurna pada kulit bibir. Tinggalkanlah selama maksimal 20 menit sebelum Anda menggunakan air untuk membersihkannya. Melakukan perawatan ini beberapa kali sehari bakal memberikan hasil yang jauh lebih sempurna.

(Baca juga: cara menghilangkan bibir hitam)

sponsored links

5. Menerapkan Gel Lidah Buaya

Lendir atau gel lidah buaya sudah banyak dipakai untuk tujuan perawatan kulit, termasuk juga cara mengatasi bibir kering. Manfaat lidah buaya untuk kulit terbilang besar, jadi Anda bisa langsung menggunakannya setiap hari karena sangat mudah juga untuk didapat.

  • Caranya: Baik itu bibir kering maupun yang disertai masalah pecah-pecah, silakan ambil gelnya yang kemudian dioles ke bibir kering hingga merata. Bibir yang perih karena pecah-pecah akan cepat pulih. Meski rasanya kurang enak, tapi gel lidah buaya akan memberikan hasil luar biasa positif, apalagi kalau memakainya secara rutin.

6. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa tak hanya baik dan efektif digunakan dalam perawatan rambut, tapi untuk kulit juga sangat luar biasa. Bahkan untuk bibir kering, minyak kelapa ini dapat menjadi pelembab alami yang dapat menyembuhkan bibir pecah-pecah sekalipun. Entah bibir Anda kering dan bermasalah disebabkan oleh udara yang dingin dan kering atau penyebab lainnya, minyak ini akan mengatasinya.

  • Caranya: Ambil minyak kelapa secukupnya yang kemudian bisa Anda usapkan ke bibir Anda sampai menyeluruh berulang kali. Pastikan bahwa perawatan bibir kering dengan minyak kelapa ini Anda lakukan beberapa kali dalam sehari agar kelembabannya selalu terjaga. Supaya hasilnya dapat dirasakan secara optimal, gunakan setiap hari.

(Baca juga: cara merawat kulit sensitif)

7. Memanfaatkan Kelopak Mawar

Anda suka dengan bunga mawar? Bila Anda memiliki tanamannya di rumah, kelopak bunganya dapat diandalkan sebagai ramuan merawat bibir kering Anda. Bahkan bagi yang sudah mengalami bibir pecah, bahan ini akan mengembalikan kelembaban dan kelembutannya.

  • Caranya: Ambil kelopak mawar segenggam saja yang kemudian Anda bisa cuci lebih dulu di dalam air. Lanjutkan dengan merendamnya di dalam susu murni beberapa jam, atau kalau tidak ada susu, Anda dapat menggantinya dengan gliserin. Beberapa jam sudah lewat, Anda dapat melumatkan kelopak mawar tersebut hingga membentuk pasta kental. Pasta itulah yang bisa dijadikan masker bibir dengan pemakaian 3 kali sehari termasuk sebelum tidur.

8. Memakai Madu

Seperti sudah menjadi rahasia umum, madu organik murni adalah salah satu bahan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan. Tak hanya menjauhkan Anda dari penyakit, madu pun mampu menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit bibir Anda dengan sifat antibakterinya.

  • Caranya: Sediakan madu organik yang benar-benar alami, lalu oleskan langsung ke bibir Anda yang mengalami kekeringan. Untuk bibir pecah-pecah juga boleh dipakai, namun pastikan Anda mengoleskannya sehari beberapa kali agar tetap lembab. Atau, buatlah pasta campuran dari gliserin dan madu yang kemudian diaplikasikan pada permukaan bibir Anda tepat setiap sebelum tidur malam sehingga paginya bibir menjadi lebih lembut.

(Baca juga: manfaat madu untuk bibir)

9. Menggunakan Gula

Bibir yang kering akan memicu tekstur yang kasar juga, oleh karena itu, gula adalah bahan alami tepat untuk merawat kesehatan kulit bibir Anda. Kelembutan alami pada bibir akan kembali dengan cepat setelah sel-sel kulit mati terangkat oleh larutan gula yang bertugas mengeksfoliasi.

  • Caranya: Sediakan gula sebanyak 2 sendok teh yang bisa Anda campurkan merata dengan madu sesendok teh. Pasta inilah yang perlu Anda terapkan pada bibir yang kemudian ditunggu selama beberapa menit. Gunakan jari tangan Anda yang sudah dicuci untuk menggosok-gosok lembut area bibir untuk mengangkat atau mengelupas sel-sel kulit mati. Setelah itu akhiri dengan membasuh bibir menggunakan air hangat.

10. Memakai Wortel

Selain dapat dimasak, manfaat wortel untuk kulit wajah sangat besar sehingga dapat dijadikan bahan perawatan sendiri di rumah. Kaya akan vitamin A, wortel akan membantu membuat bibir jauh lebih lembab sehingga mencegahnya atau menyembuhkan dari masalah bibir pecah-pecah.

  • Caranya: Sediakan wortel secukupnya untuk dihaluskan hingga kembut dan menjadi pasta kental. Lalu oleskanlah secara menyeluruh pada bibir. Anda perlu menunggu sekitar setengah jam agar larutan dapat terserap sempurna sebelum akhirnya bisa Anda bilas sampai bersih menggunakan air. Perawatan rutin setiap hari juga dapat mengatasi bibir yang kasar dan sudah pecah-pecah.

(Baca juga: cara mengatasi kulit wajah kering)

11. Menggunakan Lemon

Jeruk lemon yang kaya akan vitamin C tak hanya akan membuat bibir Anda lebih cerah saat menjadikannya sebagai bahan perawatan bibir. Lemon juga berguna dalam menjadikan bibir kering kembali lembab sehingga tampak sehat dan lembut tanpa kasar lagi. Sifat masam pada lemon adalah yang Anda butuhkan juga dalam mengatasi masalah bibir pecah-pecah.

12. Memakai Jeruk Nipis

Sama seperti jeruk lemon, jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga akan mampu mencerahkan sekaligus melembabkan dan menghaluskan kulit bibir Anda. Hanya dengan mengoleskan air perasannya ke bibir secara rutin, Anda bisa merasakan hasil efektifnya setelah beberapa minggu. Namun, Anda perlu mewaspadai akan rasa perih pada bibir Anda ketika jeruk nipis ini diaplikasikan; tak usah khawatir, rasa perih tersebut akan hilang sendiri ketika bibir sudah mulai sehat dan lembab.

(Baca juga: manfaat tomat untuk kulit)

sponsored links

13. Memanfaatkan Tomat

Selain wortel, ada jenis sayur lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk melindungi bibir dan mengatasi kekeringan pada area tersebut. Kandungan vitamin C dan E-nya yang tinggi akan membantu Anda dalam menjaga kelembaban bibir tanpa efek samping berbahaya. Anda boleh mengonsumsi tomat secara langsung setiap hari bila ingin merawat kesehatan kulit dari dalam, tapi dijadikan masker bibir pun boleh dicoba.

  • Caranya: Sediakan 1 buah tomat yang dalam keadaan segar, potong atau belahlah menjadi 2. Gunakan irisan atau potongan tomat tersebut untuk dioles ke bagian bibir kering Anda secara menyeluruh. Setelah bibir bawah dan atas teroles merata, Anda dapat membilasnya dengan air dingin nanti setelah 15 menit berlalu. Melakukan perawatan bibir satu ini setiap hari 1-2 kali sehari akan meningkatkan kelembaban secara lebih maksimal.

14. Menggunakan Mentega

Mentega yang biasanya dipakai untuk menikmati roti ketika sarapan atau sebagai bahan pembuat kue ini ternyata berfungsi menyembuhkan kulit bibir yang pecah-pecah. Kandungan asam lemak pada mentega sangat tinggi sehingga mampu mengatasi kulit bibir yang kering dan mengembalikan tingkat kelembabannya secara alami.

  • Caranya: Ambil mentega murni untuk digunakan secukupnya saja. Oleskan saja secara merata ke seluruh bagian bibir Anda, baik itu bagian atas maupun bawah supaya hasilnya sempurna. Tunggulah beberapa menit supaya khasiatnya meresap, barulah Anda menggunakan air serta sedikit sabun pembersih wajah untuk membersihkannya. Bahan ini juga akan menghilangkan warna bibir gelap jika dilakukan secara rutin.

(Baca juga: manfaat mentega untuk alis)

15. Memakai Krim Susu

Tak banyak yang mungkin tahu akan fungsi krim susu sebagai cara mengatasi bibir kering. Anda dapat memakainya sebagai pelembab bibir harian karena saking alaminya.

  • Caranya: Sediakan krim susu segar yang bisa Anda oles ke bibir bagian atas dan bawah. Tunggulah sekitar 10 menit, lalu Anda dapat membersihkan bibir menggunakan kapas yang sudah Anda celup pada air hangat. Melakukan perawatan ini setiap hari akan menyembuhkan bibir kering, kasar dan pecah-pecah.

16. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Penggunaan minyak zaitun juga menjadi salah satu cara melembabkan bibir kering serta pecah-pecah. Tak kalah dari bahan-bahan lain yang telah disebutkan, minyak zaitun pun adalah bahan alami yang akan menjaga kelembaban bibir dan bisa dipakai kapan saja Anda membutuhkannya sebagai pelembab bibir.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak zaitun sesuai dengan kebutuhan Anda. Aplikasikan langsung ke bibir Anda yang kering sehari beberapa kali; ini supaya bibir selalu dalam keadaan lembab dan terjaga kesehatannya. Minyak zaitun dapat menjadi alternatif dari minyak kelapa.

(Baca juga: manfaat minyak zaitun untuk rambut anak)

Cara Lain Mengatasi Bibir Kering

Setelah melihat apa-apa saja cara alami dengan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering, ada beberapa langkah lainnya yang perlu diperhatikan. Karena bibir kering juga dipicu dari kebiasaan, sebaiknya Anda menyimak dan mengikuti cara-cara berikut juga.

  1. Menghindari pemakaian lipstik. Kebanyakan produk lipstik akan memberikan efek kering pada bibir. Namun bila Anda bisa mendapatkan lipstik yang tepat, melanjutkan pemakaian tak akan menjadi masalah.
  2. Tidak bernapas lewat mulut sering-sering. Bibir menjadi mudah kering ketika Anda melakukan pernapasan lewat mulut. Hal ini lebih cenderung dialami oleh para perenang.
  3. Tidak menggigit bibir sering-sering. Menggigit bibir adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Selain menjadikan bibir mudah kering, kebiasaan inilah yang dapat memicu luka pada permukaan bibir.
  4. Tidak menjilat bibir terlalu sering. Bibir kering yang kemudian dibasahi dengan air liur justru akan membuatnya menjadi semakin kering. Menjilat bibir sering-sering justru malah akan menurunkan produksi minyak alami di bibir.
  5. Memenuhi nutrisi seimbang. Ketika tubuh kurang nutrisi, kulit bibir pun dapat terkena imbasnya, yaitu menjadi kering. Penuhi asupan nutrisi dengan benar, terutama vitamin B, vitamin C, asam lemak esensial, dan juga zat besi. Mengonsumsi bayam, brokoli, jeruk, jambu biji, serta alpukat adalah sangat penting.

(Baca juga: bahaya facial di salon)

Itulah sejumlah cara mengatasi bibir kering paling ampuh yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah untuk membuktikan keefektifannya. Karena mudah, tak ada alasan untuk tak mencobanya, dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 22nd, September 2016 / 08:03 Oleh :
Kategori : Bibir