Sponsors Link

12 Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami Paling Ampuh

Sponsored Links

Bibir seringkali dianggap sebagai pusat perhatian dari wajah seseorang, terutama pada wanita. Pentingnya bibir sebagai bagian dari keseluruhan penampilan harus dijaga dan dirawat dengan benar. Bentuk bibir akan berbeda pada setiap orang tergantung susunan genetika di tubuh mereka. Ada yang memiliki bibir tipis dan ada juga yang memiliki bibir yang tebal. Setiap bentuk bibir juga memiliki keunikannya tersendiri dan tidak ada bibir yang benar – benar persis sama antara satu orang dengan lainnya. (Baca Juga: Cara Memilih Lipstik Sesuai dengan Warna Bibir , Manfaat Aha Untuk Bibir)

Ada yang senang memiliki bibir tipis, namun ada pula yang menganggap bibir penuh lebih seksi. Bibir yang lebih besar atau penuh dianggap sebagian orang lebih menarik atau lebih mengundang. Akan tetapi sebagian orang yang memiliki bibir tebal juga mempunyai masalah tersendiri. Terkadang bibir tebal bisa kelihatan ‘dower’ atau tidak menarik, tergantung dari ukuran bibir tersebut dan juga seberapa telaten pemilik bibir merawatnya. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bibir Hitam)

Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami dengan Perawatan Harian

Bagi orang yang tidak puas dengan bentuk bibirnya yang tebal biasanya ingin memiliki bibir yang kecil. Mengecilkan bibir yang sudah kita dapat sejak lahir tentunya tidak bisa disamakan dengan cara mengecilkan betis atau cara mengecilkan paha. Perlu beberapa trik yang harus dilakukan agar bibir bisa tampak lebih kecil. Supaya bibir bisa terlihat lebih kecil, harus dilakukan perawatan yang layak untuk bibir Anda.

1. Menggunakan Es Batu

Es batu bukan hanya bermanfaat untuk minuman segar namun juga seringkali digunakan untuk keperluan kecantikan, antara lain bisa digunakan untuk alis dan kantung mata. Cara menggunakannya dengan menempelkan es batu selama semenit pada bibir. Gunanya akan membuat otot bibir berkerut dan tampak mengecil. Bibir kecil dengan menggunakan es batu ini tidak akan permanen tapi hasilnya cepat bisa dilihat. Kegunaan es batu lainnya untuk kecantikan adalah cara menghilangkan kantung mata dengan es batu dengan mengompresnya serta manfaat es batu untuk alis yang digunakan sebelum mencabut alis agar tidak terasa sakit.

2. Membersihkan Bibir

Menjaga bibir tetap bersih dan membersihkannya secara berkala adalah cara yang baik untuk membuat bibir tampak kecil. Bibir harus dibersihkan minimal seminggu sekali, jika tidak bibir akan tampak hitam karena kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk. Pemikiran bahwa bibir yang hitam akan membuat bibir tampak kecil tidak sepenihnya benar, karena bibir hitam justru tampak tidak menarik. Gunakan scrub berbahan gula pasir dan lemon atau lidah buaya untuk membersihkan bibir secara teratur. Selain bisa digunakan untuk scrub bibir, masih ada banyak manfaat lemon untuk kulit, manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan manfaat lidah buaya untuk kulit.

sponsored links

3. Melembabkan Bibir

Bibir yang lembab juga sangat penting karena dengan memberi pelembab akan membuat bibir lembut dan halus. Ketika bibir tidak memiliki kelembaban maka bibir akan tampak kering, dan kekeringan itu akan membuat bibir tampak lebih besar. Jadi, kalau ingin memiliki bibir yang tampak lebih kecil maka kita harus melembabkan bibir secara teratur. Produk pelembab bibir sudah banyak seperti lip gloss, lip butter dan lipstik cair yang sekaligus bisa menjadi cara mengatasi bibir kering. Pilihlah yang tidak menimbulkan efek glossy karena akan membuat bibir tampak besar. Gunakan lip gloss jangan diseluruh bibir akan tetapi gunakan di bagian tengah bibir untuk mengurangi efek kilapnya. Bahan alami seperti manfaat madu untuk bibir dan manfaat mentega untuk bibir juga dapat menjadi cara melembabkan bibir.

4. Merawat Luka di Bibir

Bibir yang mengalami luka atau cedera juga akan tampak membengkak dan besar. Cedera pada bibir ini bisa terjadi karena berbagai sebab, misalnya kebiasaan mengigit bibir, terbentur atau jatuh, juga akibat kena pukulan dan lain sebagainya. Cedera pada bibir akan meninggalkan bekas luka permanen jika tidak dirawat dengan benar. Luka kecil dapat diatasi dengan es batu agar segera mengering, sedangkan untuk luka yang lebih serius bisa menemui dokter untuk mengobatinya. Untuk perawatan bibir lainnya, Anda bisa mencoba cara memerahkan bibir dan cara menghilangkan bibir hitam agar bibir makin indah.

Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami dengan Make Up

Walaupun mengecilkan bibir sebenarnya merupakan upaya yang tidak mudah karena bentuk bibir merupakan bawaan dari genetika kita yang tidak dapat diubah, akan tetapi dengan bantuan alat – alat make up kita dapat saja dengan gampang membuat bentuk bibir tampak lebih kecil. Make up adalah jurus jitu bagi Anda yang tidak percaya diri dengan bentuk bibir yang besar. Ada beberapa langkah make up yang dapat membuat bibir tampak lebih menarik dan kecil, yaitu: (Baca Juga: Bahaya Make Up Palsu)

1. Foundation

Foundation dapat menjadi cara memakai bedak agar tahan lama. Memakai foundation di bibir bisa menjadi cara yang membantu karena bisa mengurangi warna asli bibir yang terlalu cerah dan mengaburkan garis bibir sehingga tampak lebih kecil. Cara membaurkan foundation di bibir dengan benar yaitu dengan bantuan spons make up dan sedikit saja foundation yang dituangkan ke telapak tangan. Gosokkan foundation dengan merata di bibir dengan bantuan spons make up lalu biarkan beberapa saat sampai mengering dan menyatu dengan kulit. Setelah itu barulah tambahkan make up lainnya pada bibir seperti lipstik. Ada beberapa merk foundation untuk kulit gelap yang terbaik dan bahkan sekarang Anda bisa menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation. Jika kulit Anda sawo matang, setelah menggunakan foundation, cobalah cara memilih bedak untuk kulit sawo matang.

2. Lip Concealer

Menggunakan lip concealer akan membantu bibir tampak lebih natural. Pilihlah concealer yang memiliki warna sama atau mendekati warna bibir Anda. Aplikasikan dengan hati – hati concealer ke bagian atas bibir dan ke bawah bibir. Jika tidak ada spons make up, Anda bisa menggunakan jari untuk mengoleskannya. Pastikan concealer membaur dengan sempurna pada kulit dan tidak terlihat belang, sehingga bibir akan terlihat sempurna bentuknya dan lebih kecil dari biasanya. Jika wajah Anda bulat, cobalah cara make up natural untuk wajah bulat untuk menyempurnakan tata rias wajah. Jika memiliki bibir yang hitam, Anda bisa mempelajari juga cara memakai lipstik untuk bibir hitam agar penampilan bibir makin sempurna.

3. Lip Liner

Pensil bibir juga bisa digunakan untuk membentuk bibir menjadi lebih kecil. Gunakan warna pucat dan netral sekitar satu milimeter dari garis bibir. Pilihlah warna beberapa tingkat lebih gelap daripada warna kulit Anda. Jangan mengaplikasikan pensil tebal – tebal, karena cara tersebut justru membuat bibir terlihat lebih tebal. Goreskan pensil bibir di sepanjang garis bibir dengan tipis, jika bisa jangan terlihat bentuk garisnya. Cara ini juga akan menjadi cara menipiskan bibir yang tebal. Agar make up makin sempurna, anda perlu tahu beberapa merk bb cream untuk kulit berminyak, merk bedak padat untuk kulit berminyak dan merk bedak untuk kulit berminyak lainnya yang bagus bagi Anda yang memiliki kulit berminyak.

4. Lipstik

Pemilihan lipstik yang tepat bisa membuat bibir tampak lebih kecil. Pilihlah lipstik yang berwarna ringan, cerah dan tidak menarik banyak perhatian ke bibir Anda. Hindari lipstik yang glossy, shiny atau pearly atau mengandung glitter karena akan membuat bibir tampak besar. Pilihlah lipstik bertekstur matte dan creamy dengan merk lipstik tahan lama.  Perhatikan juga cara memilih lipstik sesuai warna bibir dan cara memakai lipstik untuk bibir hitam. Jika ada, gunakan lipstik menggunakan kuas bibir agar lebih rapi. Supaya bibir tampak semakin cantik, cobalah cara alami memerahkan bibir dengan pasta gigi, madu, jeruk nipis, mentega, dan beberapa bahan lainnya. Kandungan AHA dalam kosmetik untuk bibir juga dapat memberikan manfaat AHA untuk bibir seperti melembabkan, mencerahkan dan bisa berfungsi sebagai anti oksidan bagi bibir.

Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami dengan Senam Bibir

Walaupun ada perdebatan apakah senam bibir memang bisa membuat bibir tampak lebih kecil, tidak ada salahnya mencoba. Ada beberapa cara senam bibir yang bisa dicoba:

sponsored links

1. Lion’s Breath

Senam bibir atau juga biasa disebut Lion’s Breath karena sekilas ekspresi kita akan terlihat mirip singa yang mengaum. Senam bibir ini dilakukan dengan cara membuka mulut lebar – lebar selama beberapa detik, kemudian tutup. Senam bibir ini bisa Anda lakukan beberapa kali sehari. Berhati – hatilah agar tidak membuka mulut terelalu lebar sehingga menyebabkan cedera atau pegal pada rahang. (Baca Juga: Manfaat Odol Untuk Kecantikan)

2. Mengerutkan Bibir

Gerakan mengerutkan bibir merupakan bagian dari latihan facial yoga. Gerakan ini selain bertujuan untuk mengencangkan otot wajah juga bisa membuat bibir menjadi kencang dan lebih kuat. Lakukan gerakan mulut seperti akan memberi ciuman jauh dengan mengerutkan bibir sejauh – jauhnya kedepan agar otot bibir dan wajah juga tertarik. Variasi gerakan kedua yaitu dengan mengerutkan bibir dan angkat ke posisi sampai hampir menempel ke hidung. Tahan sampai selama lima detik. Lepaskan dan ulangi sebanyak lima kali. (Baca Juga: Cara Mencegah Kerutan di Wajah)

3. Mengisap Bibir

Latihan ini mengencangkan otot di sekitar bibir dan di dalam bibir. Masukkan jari telunjuk ke dalam mulut dan mengisap sekeras mungkin. Otot di sekitar pipi dan mulut akan terasa berkontraksi. Tahan selama lima menit, kemudian rilekskan otot mulut dan keluarkan jari telunjuk. Ulangi sebanyak sepuluh kali, pastikan jari Anda bersih sebelum memulai latihan bibir ini. (Baca Juga: Manfaat Akupuntur Wajah Untuk Kecantikan)

4. Membentuk Huruf O

Latihan ini dilakukan dengan membentuk bibir menjadi huruf O. Majukan bibir membentuk huruf O kecil dan tahan sampai terasa otot pipi berkontraksi. Setelah itu lepaskan untuk sementara dan ulangi lagi sekitar sepuluh kali gerakan. Berhati – hatilah dalam melakukan senam bibir ini, jangan sampai terlalu memaksa diri saat melakukannya agar tidak menimbulkan rasa sakit pada otot – otot wajah sekitar bibir. (Baca Juga: Cara Agar Pipi Tidak Tembem , Cara Meniruskan Pipi Tembem)

Tips Lain Untuk Mengecilkan Bibir

Masih ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan bibir dalam kehidupan sehari – hari. Cobalah lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Bersihkan bibir setidaknya sekali seminggu.
  • Lembabkan bibir menggunakan pelembab atau ramuan alami setiap hari.
  • Jaga bibir tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih 6 sampai 8 gelas per hari.
  • Rawatlah bibir segera jika mengalami cedera dan hentikan kebiasaan mengigit bibir.
  • Sering tersenyum juga dapat menjadi cara yang sangat baik untuk membuat bibir tampak lebih kecil.
  • Hindari mengigit bibir atau mengelupas kulit bibir yang kering.

(Baca Juga: Pelembab Untuk Kulit Kombinasi , Merk Pelembab untuk Kulit Berminyak)

Sebenarnya tidak ada masalah dengan kondisi bibir yang lebih besar, namun seringkali pendapat umum dapat mempengaruhi wanita yang memiliki bentuk bibir lebih besar sehingga menginginkan bibir yang lebih kecil berdasarkan standar kecantikan pada umumnya. Akan lebih baik jika Anda yang memiliki bentuk bibir besar atau lebar tidak terlalu merasa tertekan dengan apa yang dimiliki. Pada dasarnya semua wanita cantik menurut caranya sendiri, karena itu cobalah untuk mencintai diri Anda dan penampilan alamiah Anda sendiri. Temukanlah cara untuk menonjolkan kelebihan daripada memikirkan kekurangan diri sendiri saja.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 04th, November 2016 / 12:29 Oleh :
Kategori : Bibir