Sponsors Link

Manfaat Mentega Untuk Bibir dan Tips Menggunakannya

Sponsors Link

Untuk Anda yang senang pada dunia masak memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya mentega. Bahan masakan ini kita gunakan hampir setiap hari, baik untuk olesan roti, membuat kue, atau untuk menumis. Asal muasal kata mentega didapat dari bahasa Portugis yaitu Manteiga. Mentega adalah bahan masakan yang berasal dari produk susu sapi. Umumnya mentega memang berasal dari produk hewani yaitu lemak susu hewan. Lemak susu inilah yang kemudian olah atau diproses menggunakan air, garam dan susu. (Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit , Manfaat Susu Untuk Kulit)

ads

Proses Pembuatan Mentega

Membuat mentega dilakukan dengan cara mengaduk krim susu menggunakan pengaduk mentega sampai terbentuk menjadi lemak yang padat. Mentega yang sudah terbentuk padat tersebut lalu dicetak kembali untuk dipasarkan.Kita mengenal beberapa merk mentega dengan kemasan bulat atau kotak yang ada di pasaran. Saat proses pengadukan mentega, akan ada cairan yang terpisah. Cairan itu kelak yang disebut sebagai Buttermilk. (Baca Juga: Manfaat Susu Untuk Rambut)

Manfaat Mentega Untuk Tubuh

Walaupun sudah sejak lama orang menyatakan didalam mentega terdapat kandungan lemak dan kolesterol yang kurang baik untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi dengan benar dan dalam jumlah yang sewajarnya, mentega justru akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Cobalah simak beberapa uraian berikut:

  • Mentega bisa berfungsi sebagai antioksidan

Berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari kerusakan pada sel tubuh akibat radikal bebas. Hal ini didapatkan dari kandungan vitamin E, K dan Selenium dalam mentega. Mencegah kerusakan sel berarti juga dapat mencegah kerusakan saraf tubuh dari fungsi yang merugikan tubuh. (Baca Juga: Manfaat Kiwi bagi Kulit)

  • Mentega bisa mengatasi masalah tulang

Seperti osteoporosis dan artritis dengan manfaat kandungan vitamin K didalamnya. Dengan demikian juga bisa membantu mengatasi nyeri sendi dan juga memperkuat otot tubuh jika dikonsumsi dalam porsi yang benar. (Baca Juga: Cara Mengencangkan Paha)

  • Mentega bisa menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah dan mencegah kanker

Kandungan vitamin A, E dan selenium dalam mentega yang berfungsi sebagai anti oksidan dapat mencegah pemicu sakit jantung dan pertumbuhan sel kanker yang kerap menjadi penyebab seseorang menjadi sakit.

  • Mentega bisa mencegah masalah infeksi jamur

Kandungan asam laurat pada mentega akan bermanfaat untuk mencegah jamur dan infeksi kurap. (Baca Juga: Penyebab Alergi Kulit Wajah , Penyebab Kulit Kepala Gatal)

  • Mentega juga bisa dijadikan bahan untuk perawatan kecantikan

Perawatan kecantikan yang menggunakan mentega antara lain yaitu merawat kulit wajah dengan membuat mentega menjadi salah satu bahan dalam masker wajah, dan juga perawatan bibir dengan menggunakan mentega. (Baca Juga: Manfaat Masker Kopi)

Sponsors Link

Bagaimana mentega bisa bermanfaat untuk bibir?

Kandungan gizi dalam mentega seperti yang telah disebutkan di atas membuat mentega memiliki khasiat yang baik bagi perawatan kecantikan. Manfaatnya dalam kecantikan yaitu antara lain adalah manfaat mentega untuk alis yang bisa membantu pertumbuhan alis menjadi lebat dan hitam alami. Mentega juga memiliki manfaat yang baik untuk bibir, yaitu beberapa diantara manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Mentega Untuk Mengatasi Bibir Kering dan Pecah

Bibir yang kering dan pecah tidak enak dilihat dan tidak nyaman pula bagi pemiliknya. Memiliki bibir yang kering membuat sulit memakai lipstik kesayangan karena jika dipakai lipstik tersebut akan tampak tidak mulus di bibir sehingga tidak membuat bibir jadi cantik namun malah akan menegaskan tampilan kulit bibir yang pecah – pecah. Lapisan kulit bibir yang tipis dan tidak mengandung kelenjar minyak bisa menjadi lebih rentan terhadap kondisi yang kering. Penyebabnya bisa bermacam – macam, antara lain cuaca, kurang minum air putih, panas dalam, kurang makan sayuran dan buah, sering menjilat bibir dan penggunaan obat tertentu untuk mengobati suatu penyakit. (Baca Juga: Manfaat Oatmeal untuk Wajah Sensitif  , Manfaat Edamame untuk Kecantikan)

Mentega dapat menjadi salah satu cara melembabkan bibir yang sangat berkhasiat. Menggunakan mentega pada bibir dapat menjadi cara mengatasi bibir kering dan pecah serta mengelupas. Cara menggunakan mentega untuk bibir sangat sederhana, cukup dengan mengoleskan sejumlah kecil mentega pada bibir. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur agar mentega dapat meresap dengan baik. Selain mentega, bibir juga bisa dilembabkan dengan menggunakan tomat, mentimun, madu, jeruk dan minyak kelapa.

2. Mentega Untuk Memerahkan Bibir

Sebagian wanita beruntung memiliki bibir yang merah merona secara alami. Namun sebagian lagi hanya bisa memimpikan untuk memiliki bibir merah yang alami tersebut. Bibir yang berwarna hitam akan menyulitkan ketika hendak merias wajah, karena warna bibir yang hitam tidak bisa menyerap warna lipstik dengan baik. Warna lipstik yang digunakan di bibir tidak akan keluar secara sempurna karena terkadang warna hitam bibir lebih dominan daripada warna lipstik. Penyebab bibir bisa menjadi hitam yaitu karena kebiasaan merokok, jarang makan sayur dan buah, sering terkena sinar matahari, minum alkohol.

Jika Anda ingin tahu cara memerahkan bibir dan cara menghilangkan bibir hitam, maka mentega adalah jawabannya.  Sebagai cara alami memerahkan bibir, mentega memiliki khasiat yang sangat baik. Cara menggunakannya juga tidak merepotkan sama sekali. Anda hanya tinggal mengoleskan mentega pada bibir untuk beberapa lama, kemudian lihat hasilnya jika dapat digunakan secara telaten dan teratur. Pelajari juga cara make up natural untuk wajah bulat agar wajah Anda semakin mudah dirias dengan teknik tertentu.

Tips Menggunakan Mentega

Mentega memang bukan hanya bahan makanan yang berlemak saja, akan tetapi mentega punya berbagai macam manfaat seperti manfaat mentega untuk bibir dan untuk melembabkan bibir yang kering. Beberapa macam bahan alami yang memiliki manfaat baik untuk alis yaitu manfaat seledri untuk alis, juga manfaat baby oil untuk alis yang bisa membuat alis menjadi tumbuh lebat dan hitam. Tidak perlu menggunakannya secara berlebihan, gunakanlah secukupnya saja. Karena terlalu banyak justru akan memberi efek yang tidak diinginkan.

Menggunakan mentega atau memakannya terlalu banyak akan menimbulkan masalah pada kesehatan seperti kolesterol dan jantung. Karena itu gunakanlah mentega secukupnya saja, bila perlu hanya seujung jari tangan ketika dioleskan ke bibir. Anda bisa menggunakan merk apa saja sepanjang itu mengandung bahan yang aman.

Seandainya cara memerahkan bibir dengan mentega tidak berhasil, mungkin saja bibir Anda memang berwarna hitam secara alami. Jadi janganlah juga terlalu memaksakan diri untuk memiliki bibir yang merah bila warna bibir anda memang sulit diubah. Berusaha menerima diri sendiri apa adanya adalah suatu hal yang baik untuk ketenangan jiwa. Anda bisa mensiasati warna bibir yang hitam dengan teknik make up yang benar.

ads

Perawatan Bibir Lainnya

Semua wanita pastinya ingin memiliki bibir yang sempurna baik kondisi dan bentuknya, karena bibir adalah hal kedua setelah mata yang akan menjadi perhatian orang lain jika sedang berkomunikasi. Memiliki bibir yang cantik tentunya akan menjadi hal yang cukup menunjang penampilan dan rasa percaya diri seorang wanita. Beberapa cara untuk merawat bibir yang bisa digunakan untuk menjaga bibir tetap cantik yaitu:

  • Merawat Bibir Dengan Madu

Manfaat madu untuk kecantikan telah lama diketahui sejak dulu kala. Cairan kental kecoklatan yang dihasilkan para lebah ini memang memiliki manfaat yang super untuk kecantikan wanita. Cara merawat bibir dengan madu pun sangat sederhana, cukup dengan mengoleskan madu ke kulit bibir sebelum tidur malam dan pada pagi hari sebelum sarapan agar madu dapat meresap secara sempurna pada kulit bibir terlebih dulu. Manfaat madu untuk bibir ada beberapa, diantaranya untuk menyembuhkan sariawan, mengatasi bibir yang mengalami kekeringan dan pecah – pecah, memerahkan bibir secara alami, cara menghilangkan bibir hitam, dan melembabkan bibir.

  • Merawat Bibir Dengan Tabir Surya

Sama seperti kulit wajah dan tubuh, kulit bibir pun bisa menghitam dan kering jika sering atau terlalu lama terekspos sinar matahari. Karena itu bibir perlu perlindungan yang tepat untuk mencegahnya menjadi hitam, kering dan pecah – pecah akibat sinar matahari. Gunakan lip gloss atau lip balm yang mengandung pelindung UV, sekarang produk ini banyak ditemui di pasaran. Sudah banyak produsen merk kosmetik yang membuat pelindung bibir yang mengandung UV protection. Pilihlah dengan teliti, lihat kandungan yang tertera pada kemasan lebih dulu untuk menghindari bahaya kandungan paraben dan bahan kosmetik yang berbahaya pada kosmetik yang bisa sangat berbahaya bagi tubuh kita. Ketahui juga cara memakai eyeliner agar tidak luntur yang benar untuk mendukung tata rias wajah yang cocok.

  • Merawat Bibir Dengan Scrub

Pengelupasan sel kulit mati pada bibir sama pentingnya dengan melakukan manfaat eksfoliasi wajah atau scrub pada kulit wajah dan kulit tubuh. Akan tetapi cara mengelupas kulit mati pada bibir ini tidak sama dengan wajah dan tubuh, karena untuk mengelupas kulit bibir tentu saja tidak bisa menggunakan cara yang sama disebabkan bentuk bibir yang kecil dan lebih sensitif. Mengelupas kulit bibir bisa dilakukan ketika kita sedang menggosok gigi. Caranya dengan menggosok kulit bibir dengan sikat gigi secara perlahan menggunakan gerakan melingkar, lakukan selama beberapa saat saja tidak perlu berlama – lama. Kemudian bersihkan bibir ketika kita berkumur untuk menghilangkan odol dari mulut. Gunakan pelembab untuk bibir sesudahnya agar bibir tidak menjadi semakin kering setelah digosok.

  • Merawat Bibir Dengan Air Putih 

Air putih sangat berguna untuk menjaga kelembaban kulit jika kita meminumnya dalam jumlah yang tepat. Begitu pula dengan kulit bibir. Jika konsumsi air putih bisa memenuhi kebutuhan tubuh setiap harinya, maka kita tidak akan perlu khawatir tentang bibir yang kering dan pecah – pecah. Cara mengatasi kulit kering dan bersisik juga cara menghaluskan kulit kaki harus kita lakukan jika tidak ingin mengalami kekurangan tersebut.

  • Merawat Bibir Dengan Asupan Gizi Memadai

Kulit akan tampak cerah dan kenyal serta segar jika kebutuhan nutrisinya terpenuhi sehingga tidak mengalam dehidrasi atau kekurangan cairan. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur juga dapat membantu mengurangi resiko bibir menjadi kering dan pecah – pecah. Untuk menunjang penampilan bibir yang sehat, ketahui juga cara memilih bedak untuk kulit sawo matang.

  • Merawat Bibir Dengan Menggunakan Lipstik yang Tepat

Bibir dapat menjadi rusak apabila kita sering menggunakan kosmetik yang tidak cocok. Saat ini sudah banyak merk lipstik tahan lama yang juga dapat merawat bibir dengan berbagai kandungan di dalamnya yang diproduksi oleh berbagai merk ternama. Anda tinggal memilih salah satu diantaranya. Jangan lupa terapkan juga cara memakai lipstik untuk bibir hitam dan cara memilih lipstik sesuai warna bibir yang tepat agar penampilan tampak menonjol.

  • Merawat Bibir Dengan Pelembab

Kulit bibir perlu diberi pelembab untuk mencegahnya menjadi kering serta pecah. Jenis pelembab untuk bibir banyak yang bisa digunakan, seperti lip gloss, lip balm, petroleum jelly, lip butter dan bahkan menggunakan bahan masakan seperti mentega juga bisa jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih irit. Waspadai juga bahaya make up palsu jika kurang teliti memilih pelembab bibir. Ada juga tips memilih anting sesuai bentuk wajah yang bisa Anda coba.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 05:22 Oleh :
Kategori : Bibir