8 Perawatan Bibir Pecah Pecah Secara Alami

Sponsored Links

Setiap bagian tubuh penting untuk dirawat dan dijaga. Perawatan bertujuan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan tidak gampang sakit. Tubuh yang tidak terawat akan gampang rusak. Sama halnya seperti benda, jika tidak dijaga dan dirawat sebagaimana mestinya, maka tentu akan cepat rusak dan hancur. Begitu juga tubuh manusia perlu perawatan yang teratur agar tidak hancur atau sakit. (Baca juga ( langkah perawatan kulit kering , Cara Alami Memerahkan Bibir)

Perawatan juga berguna untuk memperindah penampilan. Penggunaan produk kosmetik yang tidak tepat, pengaruh makanan yang kurang sehat, serta gaya hidup yang salah dapat mengurangi indahnya penampilan tubuh. Penyebab lain seperti stress juga dapat menyebabkan masalah pada tubuh seperti: rambut rontok, wajah berjerawat, kulit keriput dan lain sebagainya. Untuk itu penting adanya perawatan pada tubuh. (Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok Pada Pria , Manfaat Timun Untuk Wajah)

Bibir sebagai bagian dari anggota tubuh juga banyak memiliki masalah yang dapat mengganggu penampilan dan kesehatan.  Bibir adalah anggota tubuh yang penting, yang berfungsi sebagai alat ucap dan tempat masuknya makanan dan minuman. Bibir tentu juga perlu dirawat agar tetap sehat dan cantik. (Baca Juga: Manfaat Anggur Untuk Rambut)

Bibir yang indah dan sehat akan memberikan kesan tersendiri bagi seseorang. Bagi wanita, bibir yang merah dan lembut sangat diidamkan. Semua wanita menginginkan bibir yang demikian. Tidak heran jika para wanita baik muda maupun tua selalu menjaga penampilan bibirnya untuk selalu terlihat bagus.  Salah satu cara yang kerap digunakan yaitu menggunakan pewarna bibir. Hiasan pada bibir tersebut membuat bibir menjadi indah dan menunjang penampilan. (Baca juga tips menghilangkan bibir hitam ,  cara memilih lipstik sesuai warna bibir)

Namun bibir juga memiliki beberapa masalah yang sering terjadi. Diantaranya adalah bibir pecah-pecah. Kondisi ini membuat bibir terasa sakit dan perih. Bibir pecah-pecah yang dibiarkan akan semakin perih dan susah digerakan, apalagi ketika hendak makan. Ini disebabkan oleh kondidisi kesehatan yang kurang baik.

Penyebab Bibir Pecah-pecah

Bibir pecah-pecah biasanya pernah dialami oleh semua orang, baik pria atau wanita. Penyebab dari kondisi bibir yang demikian bisa beragam pada setiap orang. Ada beberapa faktor atau penyebab terjadinya bibir pecah-pecah dan kering, diantaranya sebagai berikut:

  • Kurang vitamin C

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang setiap harinya. Jika  asupan tersebut tidak terpenuhi maka akan menimbulkan efek pada tubuh. kurangnya konsumsi  vitamin C dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan, salah satunya menyebabkan bibir pecah-pecah dan kering. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen , Manfaat Vitamin E Untuk Kulit)

  • Menjilat bibir berlebihan

Jika cuaca panas dan gerah, biasanya orang sering menjilat bibir agar tetap lembab. Namun kebiasaan ini bisa mengakibatkan bibir pecah dan tambah kering. Menjilat bibir sebenarnya tidak masalah jika dilakukan sesekali saja. Namun jika terlalu sering, kebiasaan tersebut membuat bibir semakin kering dan pecah lalu terasa perih. (Baca Juga: Cara Mencerahkan Bibir Hitam , Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami)

  • Dehidrasi

Dehidrasi karena kurangnya cairan dalam tubuh menjadi salah satu penyebab dari timbulnya bibir pecah-pecah dan kering. Karena kesibukan, seseorang bisa saja lupa untuk minum. Akibatnya mereka mengalami dehidrasi dan menimbulkan masalah pada bibir. Dehidrasi juga kerap terjadi saat cuaca yang begitu panas, sehingga tubuh mengeluarkan cairan keringat yang banyak dan mengakibatkan tubuh kekurangan cairan. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit agar Putih , Penyebab Kulit Cepat Keriput)

sponsored links

  • Obat-obatan/ suplemen

Salah satu penyebab dari timbulnya pecah-pecah pada bibir adalah pengaruh obat atau suplemen.  Beberapa jenis obat tertentu  seperti vitamin A atau obat-obatan retinoidlithium, dan obat untuk kemoterapi bisa membuat bibir pecah-pecah. (Baca Juga: Vitamin untuk Kulit Kering , Produk Vitamin Rambut Kering)

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari terjadinya bibir pecah-pecah, maka akan mudah untuk mencari apa solusinya.  Oleh sebab itu, sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan dan makanan yang kita konsumsi serta memperhatikan asupan gizi dan asupan air putih.

Cara Merawat Bibir Pecah-Pecah

Beberapa tips dapat anda ikuti untuk menjaga kesehatan dan keindahan bibir anda.  Cara berikut ini akan mambantu anda mencegah terjadinya bibir pecah pecah. Jika dilihat dari beberapa penyabab yang tertera diatas, maka langkah awal untuk Perawatan Bibir Pecah Pecah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Buah dan sayuran banyak mengandung vitamin, salah satunya vitamin C. vitamin C berfungsi untuk menjaga imun agar tetap kuat dan terhindar dari serangan virus  dan penyakit. Selain itu vitamin C juga berguna untuk mencegah masalah pada bibir. (Baca Juga: Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Rambut , Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Wajah)

2. Hindari kebiasan buruk terhadap bibir

Terkadang bibir pecah-pecah bukan disebabkan oleh jarangnya makan buah dan sayur, namun karena kebiasaan yang tidak baik, yaitu sering menjilat bibir. Bagi sebagian orang menjilat bibir sudah menjadi kebiasaan yang reflek dan susah dihilangkan. Sehingga bibir mereka menjadi pecah-pecah dan kering lalu perih. (Baca juga: Cara Menipiskan Bibir , manfaat mentega untuk bibir dan tips menggunakannya)

3. Perbanyak minum air putih

Kurangnya konsumsi air putih tidak saja menyebabkan masalah pada bibir, namun juga pada kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu  banyak minum air putih adalah kunci dari hidup sehat. Untuk merawat bibir pecah-pecah maka perbanyaklah minum air putih. (Baca Juga: Manfaat Air Garam Untuk Kulit , Manfaat Air Beras untuk Kecantikan)

4. Gunakan pelembab bibir

Anda bisa menggunakan kosmetik perawatan bibir untuk membuat bibir anda lembab. Penggunaan lip balm atau pelembab bibir lainya seperti bahan alami bisa anda terapkan pada bibir agar tidak pecah-pecah. Baca juga ( merk lipstik yang cocok untuk bibir kering)

Perawatan Bibir Pecah-Pecah Secara Alami

Untuk perawatan bibir agar terhindar dari masalah kering dan pecah-pecah, maka anda bisa menggunakan bahan alami yang kaya akan manfaat untuk bibir. Cara alami adalah salah satu perawatan yang ampuh dan bagus yang bisa anda lakukan. Apa saja bahan alami yang bagus untuk perawatan bibir? berikut ulasannya.

Sponsors Link

1. Madu

Madu memiliki seribu manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk perawatan bibir pecah-pecah, anda bisa menggunakan madu sebagai pelembab alami. Caranya, ambil sedikit madu, Lalu oleskan pada bibir secara merata. Biarkan beberapa saat hingga madu meresap pada bibir. Baca juga ( manfaat madu untuk bibir , Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit)

2. Minyak Zaitun

Selain bisa merawat rambut dan kulit, Minyak Zaitun juga bisa mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Minyak Zaitun bisa menjadi salah satu bahan alami untuk anda gunakan. Caranya, cukup dengan mengoleskan pada bibir dan biarkan sampai meresap. Sebenarnya tidak hanya Minyak Zaitun yang baik digunakan, minyak lain seperti: minyak kelapa, almond, dan mentega juga bisa melembabkan bibir dan mencegah bibir pecah-pecah. lihat juga (manfaat minyak zaitun untuk bibir , Manfaat Minyak Zaitun untuk Alis )

3. Tomat

Buah Tomat memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang berguna untuk merawat bibir pecah-pecah dan kering. Caranya sangat sederhana, cukup dengan mengoleskan irisan Tomat pada bibir anda. (Baca Juga: Manfaat Tomat untuk Kulit , Manfaat Tomat Untuk Wajah)

4. Lidah buaya

Tanaman lain yang kaya manfaat untuk perawatan kulit adalah Lidah Buaya.  Selain bisa digunakan sebagai  cara merawat rambut dengan lidah buaya dan manfaat lidah buaya untuk kulit, tanaman ini juga bisa merawat bibir pecah-pecah. Caranya oleskan gel Lidah Buaya pada bibir dan biarkan meresap, lalu cuci. (Baca juga : manfaat aha untuk bibir , cara melembabkan bibir)

Demikianlah cara dan perawatan bibir pecah-pecah yang  bisa anda lakukan. Jagalah kesehatan dan gaya hidup anda lebih sehat, agar tubuh dan kulit serta bibir anda juga tetap sehat dan terjaga.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 23rd, December 2016 / 00:44 Oleh :
Kategori : Bibir