Sponsors Link

19 Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah secara Alami

Sponsored Links

Kaki yang kering dan pecah-pecah tentu tak akan begitu nyaman ketika digunakan beraktivitas seperti biasa. Selain adanya rasa perih pada bagian yang pecah-pecah, hal ini juga bakal otomatis menurunkan rasa percaya diri ketika harus mengenakan alas kaki terbuka, seperti sandal atau sepatu sandal. Ketidaknyamanan pun akhirnya menjadi dobel meski Anda memakai sepatu tertutup sekalipun.

Kurangnya perawatan kaki dapat menjadi salah satu faktor yang membuat kaki mudah kering serta akhirnya pecah-pecah. Namun kaki yang demikian bisa juga disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh Anda. Paparan sinar matahari yang terlalu sering pun merupakan faktor penyebab lain yang perlu Anda waspadai. Jadi, apa kira-kira cara mengatasi kaki pecah-pecah secara alami dan aman?

(Baca juga: penyebab kulit kering dan kusam)

1. Petroleum Jelly

Untuk mengatasi kaki yang berkulit kering ditambah juga dengan pecah-pecah dan kasar, petroleum jelly boleh menjadi solusi yang Anda pertimbangkan. Bagi Anda yang mengalami pecah-pecah khususnya di bagian tumit, bahan satu ini sudah cukup banyak digunakan sebagai obat.

  • Caranya: Rendamlah dulu kaki Anda di dalam air hangat, barulah setelah selesai Anda bisa aplikasikan petroleum jelly ke seluruh bagian kaki yang pecah-pecah. Atau, Anda juga dapat menambahkan sesendok teh jus lemon di dalam petroleum jelly sebelum diaplikasikan ke bagian kaki yang kering dan kasar. Tak sampai di situ, Anda masih harus menyiapkan sepasang kaos kaki untuk menutupi kaki setelah dioles petroleum jelly; tujuan hal ini adalah supaya bahan petroleum jelly dapat meresap dengan lebih mudah dan maksimal. Untuk hasil super maksimal, Anda bisa menggunakan metode satu ini setiap menjelang tidur setiap hari di mana esok paginyalah Anda baru mencuci kaki.

2. Madu

Karena madu merupakan salah satu bahan yang digunakan sebagai cara mengatasi kulit wajah kering secara aman dan alami, maka madu pun sebenarnya adalah bahan yang juga ampuh untuk mengatasi kaki kering. Sifat pelembab alami serta antibakteri di dalamnya adalah yang diunggulkan sehingga pasti bermanfaat.

  • Caranya: Sediakanlah air hangat di dalam sebuah baskom secukupnya yang bisa digunakan untuk merendam kaki. Tambahkan dengan madu sebanyak 1 cangkir ke dalam air tersebut, aduk-aduk merata. Rendamlah kaki ke dalam air madu hangat tersebut selama 15-20 menit lamanya, lalu lanjutkan dengan menggosok-gosoknya supaya sel kulit mati terangkat. Beberapa kali seminggu Anda dapat melakukan ini atau juga bisa setiap hari demi perubahan yang lebih cepat.

(Baca juga: cara menghilangkan belang di kaki)

3. Gliserin

Pelembab alami dan humektan di dalam gliserin cukup tinggi sehingga akan sangat membantu dalam melembabkan kaki yang kering dan bahkan pecah-pecah. Gliserin merupakan bahan alami yang juga bisa diandalkan sebagai obat alami kaki kasar serta pecah-pecah.

  • Caranya: Ambil gliserin bersama juga dengan jus lemon di mana kadar masing-masing dibuat sama. Namun Anda juga boleh menambahkan sedikit air mawar apabila memang mudah memperolehnya. Setelah tercampur dengan baik, terapkan langsung ke kaki Anda dan tunggu kering selama 20 menit sebelum dibilas dengan air biasa. Metode ini sebaiknya dilakukan setiap hari selama kurang lebih 2-3 minggu untuk melihat hasil terbaiknya.

4. Cuka Putih

Bagi Anda yang ingin kaki kembali halus dan mulus tanpa pecah-pecah dan kering lagi, silakan rawatlah dengan cuka putih. Asam asetatnya akan membantu mengatasi masalah pecah-pecah pada kulit kaki dan membuat pengelupasan sel kulit mati jauh lebih gampang.

  • Caranya: Sediakan cuka putih sebanyak 1 cangkir yang kemudian bisa Anda campurkan bersama dengan air sebanyak 2 cangkir. Rendamlah kaki Anda yang kering dan pecah-pecah ke dalam larutan ini selama 10-15 menit sampai sel-sel kulit mati gampang terkelupas. Gosok-gosok bagian kaki dengan batu apung dan cuci serta keringkan kaki. Jangan lupa untuk tetap mengoleskan pelembab kaki seperti biasa supaya kelembabannya tetap terjaga dengan baik.
  • Alternatif: Pilihan cara lainnya adalah dengan membuat sendiri scrub kaki di mana cuka putih ini dicampurkan bersama tepung beras segenggam dan juga madu murni beberapa sendok untuk membentuk pasta kental. Pasta scrub yang sudah jadi dapat Anda oles ke bagian kaki yang kasar dan pecah-pecah sambil memijat lembut. Sesudah beberapa menit, cucilah kaki menggunakan air hangat sampai bersih. Dalam 1 minggu, Anda bisa mengulanginya 1 atau 2 kali saja; hasil dijamin memuaskan apabila dilakukan secara teratur.

5. Minyak Zaitun

Bahan alami lainnya yang bisa Anda andalkan ketika kaki pecah-pecah adalah minyak zaitun. Menawarkan segudang manfaat, minyak zaitun ini tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh tapi juga efektif dalam menjaga kesehatan kulit. Asalkan memakainya secara teratur sebagai obat kaki pecah-pecah, minyak ini akan sangat berguna dan menyembuhkan dengan cukup cepat.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak zaitun untuk Anda oles langsung pada bagian kaki yang pecah-pecah, baik itu di area tumit atau bagian lainnya. Asalkan memakainya secara rutin, minyak zaitun ini akan melembabkan kaki Anda yang kering dan kasar serta mengembalikan kulit yang pecah-pecah menjadi lembut kembali. Selain menjadi bersih, kaki pun bakal mulus seperti yang Anda dambakan.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering dan bersisik)

6. Garam

Garam adalah bahan lainnya yang bisa Anda coba gunakan sebagai obat ampuh penyembuh kaki pecah-pecah. Bumbu dapur serbaguna ini akan menjaga kelembaban kaki Anda dan Anda bisa melancarkan pula peredaran darah di kaki secara alami.

  • Caranya: Silakan Anda coba untuk mencampurkan garam ½ cangkir ke dalam air hangat yang sudah ada di baskom tempat merendam kaki Anda nantinya. Sesudah tercampur rata, Anda dapat merendamkan kaki ke dalam air garam hangat tersebut selama 10 menit lamanya. Gunakan batu apung untuk menggosok-gosok bagian kaki, dan rendam lagi selama 10 menit. Keringkan setelah itu dan gunakan pelembab untuk mengunci kelembaban.

7. Pisang

Pisang yang matang adalah salah satu bahan termurah yang bisa Anda dapatkan dan gunakan sebagai cara mengatasi kulit kaki kering secara alami. Berkat efek dan sifat pelembab alaminya, pisang mampu memberikan solusi yang alami dan cepat dalam melembutkan kembali kaki Anda.

  • Caranya: Sediakan buah pisang matang yang kemudian Anda lumatkan hingga akhirnya menjadi adonan pasta. Sesudah membersihkan kaki Anda, oleskan pasta pisang ini langsung pada bagian yang kering dan pecah-pecah di kaki Anda. Biarkanlah selama 10-15 menit supaya kulit kaki Anda dapat menyerapnya dengan sempurna. Cucilah kaki menggunakan air hangat, lalu rendamlah kaki pada air dingin selama 10 menit. Melakukan metode perawatan ini beberapa kali seminggu atau justru setiap hari akan membuat kaki kembali lembut dan mulus tanpa takut akan pecah-pecah lagi.

(Baca juga: cara merawat kulit agar tidak kusam)

sponsored links

8. Oatmeal

Ada banyak manfaat oatmeal yang ditawarkan untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk mengatasi masalah kaki kering dan pecah-pecah. Buatlah sendiri di rumah scrub ampuh dari oatmeal ini untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kaki dan menjadikannya lembut serta lembab kembali.

  • Caranya: Campurkanlah oatmeal sebanyak 1 sendok makan saja bersama dengan minyak jojoba sedikit untuk membentuk adonan pasta. Aplikasikan pasta yang sudah jadi ke kaki yang pecah-pecah nan kering tadi. Sesudah dioles merata, tinggalkan ½ jam lamanya sebelum kemudian Anda mengambil air dingin untuk membersihkannya. Keringkan dengan menepuk-nepuk kaki, lalu hari berikutnya bisa Anda ulangi cara ini agar kaki yang pecah-pecah dapat dengan cepat pulih serta mulus seperti dulu lagi.
  • Alternatif: Siapkan secangkir oatmeal yang ditambah dengan minyak zaitun serta madu murni dengan takaran masing-masing ¼ cangkir saja. Buatlah scrub alami dari ketiga bahan tersebut. Sebelum mengaplikasikan pasta scrub ini, rendamlah dulu kaki Anda ke dalam air hangat. Tunggu 30 menit sebelum akhirnya Anda bisa membilas kaki menggunakan air hangat. Gunakan pelembab atau krim kaki setelahnya; lakukan perawatan ini beberapa kali dalam seminggu demi hasil maksimal.

9. Minyak Kelapa

Ada lagi bahan alami yang Anda bisa gunakan untuk mengatasi maupun mencegah kaki pecah-pecah, yakni minyak kelapa. Selain minyak zaitun, jenis minyak satu ini banyak digunakan untuk merawat kulit serta rambut. Sama aman dan efektifnya dengan minyak zaitun, Anda dapat memercayakan hasil terbaik pada minyak kelapa ini.

  • Caranya: Pertama-tama hendaknya Anda merendam kaki di dalam air sabun yang kemudian dilanjutkan dengan menggosok-gosok kaki menggunakan batu apung. Cucilah kaki setelah itu dan keringkan secara total. Barulah minyak kelapa Anda oleskan merata pada kaki yang kering dan pecah-pecah di mana otomatis minyak ini dijadikan sebagai pelembab alami. Ketika selesai, pastikan Anda mengenakan kaos kaki dan membiarkannya semalaman ketika Anda tidur; esok paginya, Anda akan menjumpai kaki yang lebih lembut setelah melepaskan kaos kaki.

Ada baiknya Anda melakukan metode perawatan dengan minyak kelapa ini beberapa kali dalam seminggu atau setiap hari supaya pecah-pecah pada kaki cepat hilang.

(Baca juga: cara menghilangkan bulu kaki)

10. Alpukat

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau manfaat alpukat untuk kulit begitu besar. Daging buah alpukat juga baik untuk memberikan kelembaban pada kulit karena di dalamnya terdapat segudang vitamin serta mineral yang sangat luar biasa berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Itulah mengapa alpukat sering dijadikan masker bagi kulit wajah.

  • Caranya: Lumatkan daging buah alpukat hingga halus, lalu balurkan secukupnya pada kaki yang kering serta pecah-pecah. Jangan lupa selama mengoleskan pun Anda perlu memberikan pijatan lembut pada area kaki hingga merata. Tunggulah selama beberapa menit, lalu bilas kaki dengan air biasa hingga bersih.

Ingat bahwa alpukat merupakan buah yang kaya akan vitamin E di mana fungsi dari vitamin ini adalah sebagai antioksidan. Segala sel-sel kulit mati penyebab kaki kusam, kering, kasar dan pecah-pecah akan otomatis terangkat ketika Anda menggunakan alpukat untuk perawatan kaki Anda. Kandungan vitamin A-nya yang juga tinggi bakal membantu produksi kolagen yang lebih banyak juga.

11. Tepung Beras

Untuk mengeksfoliasi kulit kaki Anda yang pecah-pecah, tepung beras juga adalah bahan yang sangat aman untuk dipakai karena memang berguna sebagai eksfoliator. Selain mengatasi kulit kaki pecah-pecah, bahan ini juga ampuh dalam mencegah kondisi tersebut. Jadikan scrub dengan menggunakan bahan satu ini untuk menjaga kesehatan kulit kaki Anda.

  • Caranya: Buatlah scrub dari bahan ini dengan mencampurkan segenggam tepung dengan madu serta cuka sari apel beberapa sendok teh. Aduk-aduk sampai merata dan terbentuk adonan pasta kental. Apabila kondisi kaki Anda yang pecah-pecah cukup serius, tambahkan juga minyak almond manis atau minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan. Sebelum dioles dengan pasta tepung beras ini, pastikan Anda sudah merendam lebih dulu kaki Anda di dalam air hangat selama 10 menit. Metode perawatan ini akan bekerja secara maksimal jika Anda melakukannya setiap hari atau setidaknya 3-4 kali dalam seminggu.

(Baca juga: cara alami menghilangkan bintik hitam di kaki)

12. Jeruk Nipis

Demi menyembuhkan kulit kaki Anda yang pecah-pecah secara alami, jeruk nipis adalah bahan yang mudah, mudah dan efektif untuk Anda andalkan. Tak cuman berguna sebagai obat batuk atau dijadikan minuman, jeruk nipis merupakan bahan yang mampu menghaluskan kembali kulit kaki yang kering dan kasar. Namun memang bagi yang punya kulit sensitif, penggunaan bahan ini akan memberikan sedikit efek rasa perih.

  • Caranya: Sederhana saja, Anda cukup menyediakan 1-2 buah jeruk nipis tua yang bisa Anda kemudian belah menjadi 2. Sesudah itu, gosokkanlah bagian dalam jeruk nipis secara langsung pada bagian kulit kaki Anda yang kering serta pecah-pecah. Ketika Anda melakukan perawatan ini secara rutin, akan ada hasil memuaskan yang Anda dapatkan.

13. Mentimun

Berkadar air tinggi, mentimun kerap menjadi bahan alami yang digunakan untuk melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Jadi, tak ada salahnya kalau Anda pun mengandalkan bahan ini untuk mengatasi kaki yang kering, kasar bahkan pecah-pecah sekalipun. Sifat pelembab alaminya bakal secara efektif membuat kulit kembali mulus.

  • Caranya: Sediakan mentimun secukupnya yang bisa Anda kupas terlebih dulu, lalu tumbuklah mentimun ini samoai halus. Bila ingin cara yang lebih cepat, blenderlah mentimun yang sudah disiapkan. Tumbukan atau hasil blenderan mentimun bisa langsung Anda aplikasikan pada kaki yang pecah-pecah dan kering tadi hingga merata. Bila melakukannya rutin, ini akan mengembalikan kelembaban serta kelembutan kulit kaki Anda.

14. Lemon

Buah lemon yang berkadar tinggi akan vitamin C ini benar-benar ampuh digunakan tak hanya sebagai pemutih kulit saja. Manfaat lemon untuk kulit begitu banyak dan salah satunya adalah sebagai solusi kaki pecah-pecah. Kandungan asam pada lemon inilah yang dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit kaki yang kering dan kasar.

  • Caranya: Sediakan sebaskom air hangat yang nantinya untuk tempat Anda merendamkan kaki. Tambahkan dengan jus lemon secukupnya ke dalam air hangat tersebut sehingga menjadi air lemon hangat. Masukkan kaki yang sudah Anda bersihkan ke dalam air ini dan pastikan airnya tak terlalu panas atau justru malah kulit Anda makin kering dan mudah pecah-pecah nantinya. Gosoklah pelan-pelan bagian yang pecah-pecah pada kaki Anda menggunakan batu apung sambil merendamnya. Sesudah selesai, cucilah kaki dengan air biasa dan keringan menggunakan handuk sebelum Anda memakai pelembab khusus kaki seperti biasanya.

(Baca juga: penyebab kulit kering)

Sponsors Link

15. Air Mawar dan Gliserin

Sebelumnya kita telah membahas efektivitas gliserin untuk mengatasi masalah kulit kaki yang pecah-pecah. Rupanya, air mawar pun bisa juga dikombinasikan dengan gliserin ini untuk mengatasi masalah kulit kering dan kasar pada bagian kaki. Di dalam air mawar ada kandungan vitamin E, C, D, A serta B3 yang begitu tinggi, ditambah pula sifat antioksidan, antiseptik dan anti-inflamasi.

  • Caranya: Siapkan kedua bahan dalam takaran yang sama masing-masing dan campurkan sampai rata. Setelah itu, Anda tinggal memakainya dengan cara mengoleskan ke bagian kaki yang pecah-pecah beserta area lain yang kiranya kering dan kasar. Lakukan perawatan kaki ini setiap sebelum tidur setiap harinya agar hasil terbaik bisa Anda peroleh.

16. Parafin Wax

Masalah pecah-pecah pada kulit kaki juga dapat Anda coba atasi dengan parafin wax atau lilin parafin di mana pertolongan ini bakal begitu cepat sebagai emolien alami. Tugas dari bahan ini adalah untuk melembutkan kembali kulit yang kasar, kering dan retak.

  • Caranya: Siapkan parafin wax atau lilin parafin sebanyak 1 blok saja, lalu lelehkan. Hasil lelehan tersebut dapat Anda coba campurkan bersama dengan minyak mustard 2 sendok makan atau minyak kelapa juga boleh. Tunggu sampai lebih dingin dan terbentuk lapisan tipis di atasnya. Setelah itu, celupkan kaki Anda ke dalam campuran tersebut dan rendam selama 10 detik, angkat dan celupkan lagi. Lakukan hal ini selama beberapa kali saja. Sesudahnya, Anda bisa menutupi kaki Anda dengan plastik lalu tinggalkan ½ jam sebelum akhirnya Anda melepas plastik tersebut dan membersihkan kaki dari lilin yang menempel.

Ada baiknya untuk melakukan perawatan ini 1 atau 2 kali dalam 1 minggu. Pastikan juga bahwa Anda tak mencelupkan kaki langsung ke larutan tersebut saat masih panas karena hanya akan membuat kaki Anda lebih kering dari sebelumnya dan berpotensi teriritasi. Metode ini pun dilarang bagi yang memiliki sirkulasi darah yang kurang lancar serta mempunyai riwayat penyakit diabetes.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering dan bersisik)

17. Air Hangat

Bila Anda menginginkan cara yang paling mudah dan tanpa menghabiskan banyak waktu, Anda bisa menggunakan air hangat saja untuk mengatasi kaki pecah-pecah. Anda cukup menyediakan air hangat secukupnya pada sebuah wadah seperti baskom yang pas untuk merendam kaki Anda. Merendam kaki di dalam air hangat setiap beranjak tidur setiap malam akan memberikan efek yang luar biasa pada kaki yang kering dan pecah-pecah tadi.

18. Minyak Wijen

Selain minyak kelapa dan zaitun, minyak wijen pun bila tersedia di rumah dapat Anda jadikan solusi bagi kaki yang pecah-pecah dan sedang tak berkondisi baik. Tak hanya mengembalikan kelembaban pada kaki Anda, minyak wijen pun dapat menjadi salah satu cara menghaluskan kulit kaki yang kasar dan kering.

  • Caranya: Pastikan bahwa Anda sudah merendam kaki Anda lebih dulu di dalam air hangat yang kemudian Anda bisa gosok-gosok dengan batu apung. Sesudah dikeringkan, barulah Anda ambil beberapa tetes minyak wijen untuk diterapkan pada bagian kaki Anda yang kering serta pecah-pecah. Seperti penggunaan minyak kelapa tadi, Anda memerlukan sepasang kaos kaki untuk menutup kaki Anda dan meninggalkannya semalaman yang artinya pemakaian bahan ini adalah setiap malam sebelum tidur. Ulangi metode perawatan ini beberapa kali dalam seminggu hingga kelembaban dan kelembutan kulit kaki kembali seperti semula.

19. Minum Air Putih

Kelihatannya simpel, tapi banyak orang yang lupa melakukan hal ini setiap harinya. Minum air putih sebaiknya tak hanya 3-5 gelas saja per hari, tapi 8-10 gelas untuk menghidrasi tubuh. Ingat bahwa kaki yang pecah-pecah diawali dari kondisi kering dan kasar lebih dulu. Ini bisa saja disebabkan oleh kebutuhan air putih yang tak Anda penuhi dengan baik.

Per hari, Anda memerlukan air sebanyak 2 liter supaya kulit dapat tetap terhidrasi dengan baik sehingga kaki nantinya lama-kelamaan bakal sembuh dari pecah-pecah. Air putih merupakan salah satu cara termudah dalam mengembalikan kelembaban kulit pada tubuh Anda. Hilangnya air pada lapisan teratas kulit masih bisa dikembalikan, jadi minumlah banyak-banyak air putih setiap harinya.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di kaki)

Itulah sederet cara mengatasi kaki pecah-pecah secara alami yang bisa Anda mulai coba di rumah. Tak sulit untuk memraktikkan beberapa bahan di atas, jadi tak ada salahnya mengambil beberapa cara sebagai referensi demi kulit kaki Anda kembali sehat dan mulus.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 29th, October 2016 / 14:30 Oleh :
Kategori : Kaki