14 Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Secara Alami

Sponsored Links

Kondisi kaki dengan tumit yang kering dan pecah – pecah adalah mimpi buruk bagi sebagian besar wanita. Kulit kaki memang lebih cenderung untuk mengalami kekeringan karena tidak ada kelenjar minyak yang terdapat di sana. Kondisi kering ini menyebabkan kulit kaki pecah – pecah. Kekurangan kelembaban, terkena polusi, dan berbagai masalah kulit turut menyebabkan kulit kaki terutama tumit menjadi pecah – pecah. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering , Cara Menghaluskan Kulit Kaki)

Tumit yang pecah – pecah akan tampak seperti ada celah di kulit atau retakan berupa garis – garis di kulit. Keadaan ini sebenarnya adalah masalah yang umum terjadi, terutama saat cuaca panas dan banyak orang yang lebih suka menggunakan sandal atau alas kaki yang terbuka. Untuk sebagian orang, hal ini hanyalah sebuah gangguan kecil, tetapi retakan pada kulit tumit bisa menjadi buruk. Bila kulit kering semakin parah bisa menimbulkan retakan yang semakin dalam dan bahkan sampai berdarah. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah , Cara Menghilangkan Belang di Kaki)

Perawatan Alami Tumit Pecah – Pecah

Untuk mencegah agar kulit tumit yang pecah – pecah tidak semakin parah, Anda bisa melakukan beberapa macam perawatan menggunakan bahan alami. Macam perawatan untuk cara mengatasi kaki pecah – pecah dan cara mengatasi tumit pecah-pecah adalah :

  1. Lemon, Garam, Glycerine dan Air Mawar

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat campuran ini adalah satu sendok makan garam, setengah cangkir air perasan lemon, dua sendok makan gliserin, dua sendok teh air mawar dan air hangat serta penggosok kaki. Cara membuat masker kaki dengan campuran ini adalah:

  • Siapkan baskom berisi air hangat dan tambahkan garam ke dalamnya. Tambahkan juga 8-10 tetes air perasan jeruk lemon, satu sendok makan gliserin dan datu sendok makan air mawar.
  • Rendam kaki sekitar 15-20 menit di dalam air ini.
  • Menggunakan penggosok kaki atau batu apung, gosok kaki bagian tumit dan sisi telapak sambil direndam .
  • Campurkan satu sendok gliserin, satu sendok air mawar, dan satu sendok teh air lemon. Oleskan pada tumit kaki. Karena campuran ini akan terasa lengket, Anda bisa menggunakan kaus kaki dan biarkan semalaman.
  • Cuci kaki dengan air hangat keesokan paginya, ulangi selama beberapa hari sampai tumit kaki menjadi halus.

Manfaat lemon untuk kulit adalah untuk mengatasi kulit tumit yang kasar dan kering, dan juga mencegah pecah – pecah pada tumit. Gliserin menghaluskan kulit, karena itu banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Air mawar mempunyai khasiat anti peradangan dan antiseptik yang bisa membantu menyembuhkan tumit pecah – pecah dan juga bisa digunakan untuk cara memutihkan kulit secara alami dalam waktu singkat.

  1. Minyak Sayur

Lemak dalam minyak sayur dapat memberi kelembaban dan mengatasi masalah tumit kaki yang pecah – pecah. Cara menggunakannya untuk tumit kaki yaitu:

  • Siapkan dua sendok teh minyak sayur
  • Cuci bersih kaki dan keringkan menggunakan handuk bersih.
  • Oleskan lapisan minyak sayur ke bagian tumit yang pecah – pecah.
  • Pakai kaus kaki dan biarkan semalaman.
  • Cuci kaki keesokan paginya, lakukan perawatan ini sekali sehari sebelum tidur malam.

(Baca Juga: Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Botak)

sponsored links
  1. Pisang dan Alpukat

Manfaat pisang untuk kulit dan manfaat alpukat untuk kulit bisa digunakan untuk mengatasi tumit yang pecah – pecah. Alpukat kaya akan minyak esensial, vitamin dan lemak yang dapat menghilangkan kulit kering. Sedangkan pisang bermanfaat sebagai pelembab dan bisa membuat kulit semakin lembut serta halus. Siapkan satu buah pisang matang dan setengah buah alpukat yang sudah dikupas daging buahnya. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Campur dan hancurkan pepaya dan alpukat, bisa menggunakan blender.
  • Oleskan pasta tebal ini ke tumit kaki yang pecah – pecah
  • Biarkan selama 15 atau 20 menit dan cuci kaki menggunakan air hangat. (Baca Juga: Manfaat Pisang Untuk Rambut)

Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari sampai kaki menjadi halus kembali.

  1. Jus Lemon dan Vaseline

Bahan yang digunakan dalam ramuan ini adalah campuran antara satu sendok teh vaseline dan empat atau lima tetes air perasan lemon serta air hangat. Melalui sifat asam lemon dan khasiat vaseline untuk melembabkan, masalah tumit kaki yang pecah akan bisa diatasi. Cara membuatnya yaitu seperti berikut:

  • Rendam kaki ke dalam air hangat selama lima belas sampai dua puluh menit, lalu keringkan.
  • Campur satu sendok teh vaseline dan beberapa tetes aie lemon. Gosok ramuan ini ke tumit yang kering dan pecah sampai terasa menyerap ke dalam kulit.
  • Pakai kaus kaki wol dan biarkan semalaman, cuci kaki keesokan harinya. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah)

Kaus kaki wol membantu mempertahankan panas tubuh agar ramuan dapat bekerja secara efektif. Lakukan perawatan ini setiap hari sebelum tidur malam. Cobalah manfaat vaseline untuk alis sebagai alternatif perawatan wajah lainnya.

  1. Lilin Parafin

Lilin parafin ternyata bermanfaat sebagai bahan alami yang dapat melunakkan kondisi kulit tumit kaki yang pecah – pecah dan kering. Bahan yang dibutuhkan untuk ramuan ini yaitu satu sendok teh lilin parafin dan dua atau tiga tetes minyak mustard atau minyak kelapa. Cara membuat ramuan ini yaitu:

  • Ambil sejumlah lilin parafin dan campurkan dengan minyak mustard atau minyak kelapa.
  • Panaskan campuran di wajan sampai lilinnya meleleh sempurna
  • Biarkan mendingin sampai ke suhu ruangan
  • Pakai campuran ini di kaki dan tutup dengan kaus kaki. Untuk has  il terbaik gunakan saat sebelum tidur malam setiap satu atau dua kali seminggu.
  • Cuci kaki keesokan harinya.

Berhati – hatilah agar tidak menggunakan ramuan saat lilin masih panas. Dan jika Anda mengidap penyakit diabetes, sebaiknya tidak mencoba merawat tumit yang pecah – pecah dengan ramuan ini. (Baca juga: Cara Menghilangkan Bulu Kaki , Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Kaki)

  1. Madu

Manfaat madu sebagai antiseptik alami bagi tumit yang pecah – pecah, manfaatnya yang menenangkan membantu merevitalisasi kulit kaki. Cara menggunakan madu untuk tumit kaki yang pecah – pecah adalah:

  • Campur satu cangkir madu dengan setengah ember air hangat
  • Randam kaki selama 15-20 menit
  • Gosok dengan lembut untuk tetap mendapatkan kaki yang lembut dan halus.

Lakukan perawatan ini setiap hari secara teratur untuk menghindari tumit yang pecah – pecah kembali. Cobalah juga manfaat madu untuk bibir dan manfaat madu untuk wajah.

  1. Tepung Beras

Tepung beras bisa mengelupas, memurnikan dan memulihkan kondisi kulit sehingga menjadi selembut satin dan halus. Bahan – bahannya adalah 2-3 sendok makan beras yang sudah digiling, satu sendok teh madu, tiga sampai empat tetes cuka apel. Cara membuatnya yaitu:

  • Campurkan tepung beras, madu dan cuka apel menjadi tekstur pasta yang kental.
  • Jika tumit sangat kering dan pecahnya lumayan parah anda bisa menambahkan minyak almond manis atau minyak zaitun sebanyak satu sendok.
  • Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit dan gosok perlahan menggunakan ramuan ini untuk menghilangkan sel kulit mati pada tumit kaki.

Perawatan kaki ini dapat dilakukan sekitar dua kali seminggu. Tepung beras juga memiliki manfaat untuk cara menghaluskan kulit wajah dan cara mengencangkan kulit wajah.

  1. Minyak Zaitun

Minyak ini adalah penyembuh ajaib dan berkhasiat menutrisi kulit yang membuat kulit lembut serta lunak. Menggunakan minyak ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan kaki yang halus dan lembut. Cara menggunakan minyak zaitun untuk tumit yang pecah – pecah yaitu:

  • Oleskan minyak zaitun menggunakan kapas ke tumit dengan gerakan melingkar selama 10-15 menit.
  • Pakai kaus kaki tebal dan biarkan selama satu jam.
  • Cuci kaki setelahnya. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun , Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

  1. Oatmeal

Manfaat oatmeal  untuk kulit sensitif telah dikenal dengan baik. Oatmeal memiliki khasiat anti peradangan dan melembabkan yang bisa membantu meluruhkan sel kulit mati dan melembutkan kulit. Bahan – bahan yang digunakan untuk ramuan ini adalah 4-5 tetes minyak zaitun dan satu sendok makan bubuk oatmeal. Cara membuat ramuan ini yaitu:

  • Campur oatmeal bubuk dan minyak zaitun sampai menjadi pasta tebal
  • Oleskan pada kaki yang kering dan pecah – pecah
  • Biarkan selama setengah jam lalu bilas dengan air dingin dan keringkan.

Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari sampai tumit yang kasar dan pecah – pecah menghilang. Ada pula manfaat minyak zaitun untuk rambut anak dan manfaat extra virgin olive oil untuk kecantikan.

  1. Minyak Wijen

Khasiat minyak wijen disebut sangat menutrisi kulit dan melembabkan. Minyak wijen mengatasi kulit tumit yang kering dan pecah – pecah dengan sangat efektif. Cara memakai minyak wijen untuk kaki yaitu:

  • Gosokkan empat atau lima tetes minyak wijen ke tumit kaki yang kering, kasar dan pecah – pecah.
  • Pijat sampai minyak terserap oleh kulit.

Lakukan perawatan ini setiap hari sebelum tidur malam sampai kondisi tumit membaik. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Mengelupas)

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa benar – benar memberikan hidrasi yang baik bagi kulit. Minyak ini melembabkan kulit tumit yang kering dan jugamenghilangkan sel kulit mati dengan menyerap ke dalam lapisan kulit dan menutrisinya. Cara menggunakan minyak kelapa untuk tumit kaki yang pecah-pecah yaitu:

  • Gosokkan minyak kelapa secukupnya pada tumit yang pecah – pecah.
  • Tutup kaki dengan kaus kaki dan pergi tidur malam.
  • Cuci kaki saat mandi keesokan harinya.

Perawatan ini bisa dilakukan sampai kaki terlihat halus kembali. Cobalah juga manfaat minyak kelapa untuk rambut dan gunakan minyak kelapa untuk cara menghilangkan bekas luka.

sponsored links

  1. Listerine

Obat kumur ini juga bisa menjadi perawatan yang digunakan untuk mengatasi kulit tumit pecah-pecah. Merendam kaki di dalam larutan listerine akan melembutkan kaki yang keras dan kasar sehingga lebih mudah untuk dikelupas atau digosok. Selain itu listerine juga mengandung antiseptik yang bisa menghilangkan bakteri di kulit kaki yang mengelupas. Cara menggunakan listerine untuk tumit yang kering, kasar dan pecah-pecah adalah:

  • Campur satu cangkir listerine, satu cangkir cuka putih, dua cangkir air dalam satu baskom.
  • Rendam kaki selama sepuluh sampai lima belas menit ke dalam baskom berisi campuran tersebut.
  • Angkat kaki dari baskom dan gosok menggunakan batu apung untuk mengelupas kulit mati.
  • Cuci dengan air bersih, keringkan dan beri pelembab.

(Baca Juga: Manfaat Odol Untuk Kecantikan , Cara Menumbuhkan Kumis Dengan Odol)

  1. Baking Soda

Baking soda adalah bahan pengelupas yang umum digunakan. Khasiatnya bisa menghilangkan sel kulit mati dan juga menenangkan kulit berkat kandungan anti inflamasinya. Karena itu baking soda juga dapat menjadi cara menghilangkan keloid secara alami dan secara cepat, serta cara menghilangkan belang di wajah dan cara menghilangkan tahi lalat.  Bahan yang diperlukan adalah tiga sendok makan baking soda, air hangat dan batu apung. Cara menggunakan baking soda untuk tumit kaki yaitu:

  • Isi 2/3 baskom dengan air hangat dan tambahkan baking soda. Aduk dengan baik sampai baking soda tercampur dan larut ke dalam air
  • Rendam kaki ke dalam larutan ini selama sepuluh sampai lima belas menit
  • Keluarkan kaki dari rendaman dan gosok dengan batu apung
  • Cuci kaki dengan air bersih

Lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

  1. Cuka Apel dan Garam Epsom

Asam dalan cuka apel akan melembutkan kaki yang kering dan kasar menjadi mudah di eksfoliasi. Cara menggunakannya yaiu dengan memasukkan satu cangkir cuka apel ke dalam baskom berisi air hangat. Rendam kaki ke dalam larutan tersebut selama lima belas menit dan gosok dengan batu apung setelahnya. Lakukan cara yang sama menggunakan garam epsom dan air hangat. Cobalah juga manfaat cuka apel untuk rambut dan waspadai bahaya cuka untuk rambut.

Dengan perawatan yang benar dan telaten, memerlukan waktu sekitar satu – dua minggu sampai terlihat tanda – tanda kulit yang mulai pulih tergantung dari seberapa parah kondisi kulit pada tumit Anda. Ada banyak cara untuk mempercepat pemulihan pada kulit kaki yang kasar, seperti rajin melembabkan kulit kaki, mengobati masalah kulit lainnya, dan mengatasi penyakit yang mungkin bisa menyebabkan kekeringan pada kulit kaki. Jadi, tunggu apa lagi untuk mencoba beberapa macam perawatan alami ini, marilah segera Anda terapkan agar tumit yang pecah – pecah bisa menjadi mulus kembali.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 21st, November 2016 / 01:01 Oleh :
Kategori : Kaki