Sponsors Link

20 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Kaki Dengan Cepat Secara Alami

Sponsored Links

Kulit yang halus dan mulus menjadi keinginan setiap wanita. Kalau bisa, memiliki kulit mulus tidak hanya di wajah saja, tetapi juga di seluruh kulit tubuh. Tetapi lumayan sulit untuk menjaga kulit tubuh tetap mulus, karena kerap kali timbul noda hitam berupa bercak di kulit karena berbagai sebab. Biasanya flek hitam ini terlihat di area kulit wajah, namun seringkali juga terlihat di kulit kaki.

Flek hitam di kaki sangat tidak sedap dilihat dan membuat kita tidak percaya diri menggunakan busana yang memperlihatkan bagian kaki. Bagi wanita yang sering mengenakan rok atau busana yang tidak menutupi bagian kaki, noda pada kulit kaki akan menjadi masalah yang cukup mengganggu, karena kulit kakinya akan terlihat tidak mulus. Kaki yang tidak mulus bisa memberi kesan kalau pemiliknya kurang memperhatikan perawatan diri alias jorok. Itu menimbulkan kesan yang salah tentang diri kita.

Penyebab Flek Hitam Di Kaki

Walaupun kulit kaki berbeda dengan kulit wajah, penyebab munculnya flek hitam di kaki serupa dengan yang terjadi pada kulit wajah. Beberapa penyebabnya yaitu:

  • Sering Terkena Sinar Matahari

Kaki yang sering terkena matahari tanpa dilapisi tabir surya bisa menunjukkan tanda tanda munculnya flek hitam atau kaki belang, yaitu warna kulit kaki tidak merata. Bagian yang terkena matahari berwarna lebih gelap atau bebercak hitam.

  • Gaya Hidup

Kalau kita sering terkespos dengan debu dan polusi kemudian jarang membersihkan tubuh setelahnya, atau merokok, jarang tidur dengan benar, semua itu dapat menyebabkan kulit menjadi tidak sehat kondisinya, termasuk kulit kaki, yang bisa mengalami munculnya flek hitam tersebut.

  • Alergi

Reaksi alergi yang dialami seseorang akibat tidak cocok dengan suatu makanan atau obat bisa menimbulkan flek hitam di kulit tubuh, tidak terkecuali pada kulit kaki. Jika ini yang terjadi, kita harus memperhatikan penyebab alergi kulit kaki, yang kurang lebih akan sama dengan penyebab alergi kulit wajah. Penggunaan lotion untuk kulit kaki yang tidak cocok dengan kondisi kulit kita juga bisa menyebabkan reaksi alergi, atau penggunaan krim untuk mencukur kaki.

  • Gigitan Nyamuk

Kondisi iklim kita yang tropis memungkinkan nyamuk berkeliaran terutama pada saat musim panas. Gigitan nyamuk yang terasa gatal akan memancing rasa ingin menggaruk, dan garukan tersebut biasanya menimbulkan bekas kehitaman di kulit. Karena bagian kaki biasanya terbuka, nyamuk juga biasanya mengigit pada kulit kaki.

  • Bekas Luka

Flek hitam di kaki juga bisa muncul dari bekas luka yang sudah lama, atau bekas luka yang terjadi ketika mencukur bulu kaki. Untuk membuat kaki kembali mulus, perlu dilakukan suatu cara menghilangkan bekas luka yang ampuh dan manjur.

  • Hormonal

Keadaan hormon yang tidak seimbang bisa juga menjadi penyebab munculnya flek hitam di kaki, sama dengan penyebab flek hitam di wajah. Kondisi yang membuat kondisi hormon tidak seimbang misalnya pubertas, kehamilan, pemakaian obat tertentu yang mengandung hormon, dan alat kontrasepsi.

Perawatan Untuk Flek Hitam Di Kaki

Pada dasarnya untuk menghilangkan flek hitam hampir sama prinsipnya dengan memutihkan kulit atau mengikis lapisan kulit agar kulit yang baru bisa tumbuh menggantikan kulit yang bernoda. Flek hitam di kaki tidak jauh berbeda dengan flek hitam di wajah, karena itu cara menghilangkan flek hitam di wajah terkadang mirip dengan tips untuk bintik hitam di kaki. Banyak cara alami menghilangkan bintik hitam di kaki, yaitu seperti ini:

Sponsors Link

1. Jeruk Lemon dan Gula

Tidak hanya ada manfaat jeruk lemon untuk wajah, ada juga manfaat dari jeruk lemon ini untuk menghilangkan flek hitam di kaki. Campurkan jus dari jeruk lemon dengan sedikit gula, lalu gosokkan ke bagian kaki yang ada flek hitamnya. Gosokkan selama sekitar 15 menit, lalu bersihkan kaki. Perawatan ini bisa dilakukan 1-2 kali seminggu. Jeruk lemon juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi muka berminyak.

2. Garam

Selain manfaat garam untuk rambut berketombe, ada juga manfaat garam untuk kulit, yaitu sebagai scrub untuk kulit kaki yang memiliki bercak hitam. Dicampur dengan madu dan minyak zaitun secukupnya, garam bisa menjadi bahan untuk merawat kaki yang mengalami flek hitam. Gosokkan pada kaki selama kurang lebih 20 menit, lalu bersihkan.

3. Minyak mustard

Mustard adalah rempah – rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi (jenis brassica dan sinapis). Untuk mendapatkan minyaknya berasal dari biji mustard yang diolah. Minyak ini mempunyai khasiat anti bakteri, mengandung vitamin A, B dan E. Pijat kaki dengan minyak ini selama kurang lebih 10 menit, lalu bersihkan. Bisa dilakukan satu atau dua kali seminggu.

4. Beras Kencur

Manfaat masker beras kencur tidak hanya baik untuk kulit wajah, akan tetapi juga bermanfaat untuk menghilangkan bintik hitam atau flek hitam di kulit kaki. Cara membuatnya, rendam beras secukupnya selama kira – kira 5-10 menit, lalu tumbuk sampai halus dan campur dengan kencur sebanyak setengah ons. Gosokkan ke kaki sampai agak mengering, kemudian bersihkan. Lakukan perawatan ini secara rutin sekitar satu atau dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

5. Madu

Manfaat madu untuk kecantikan ada banyak, diantaranya manfaat madu untuk rambut, manfaat madu untuk bibirmanfaat madu untuk masker wajah dan sebagai salah satu campuran pelembab untuk kulit kering dan kusam. Madu dapat membantu cara menghilangkan flek hitam di kaki. Caranya dengan mengoleskan madu ke area kaki yang terdapat flek hitamnya. Diamkan selama beberapa menit, lalu basuh dengan air hangat.

6. Scrub kopi

Manfaat kopi untuk kulit bisa digunakan sebagai scrub untuk kulit kaki yang bermasalah dengan flek hitam. Caranya campurkan ampas kopi dan minyak zaitun, gosokkan ke bagian kaki sambil dipijat sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Selain itu ada juga manfaat kopi untuk rambut dan manfaat ampas kopi untuk rambut.

7. Gula dan Minyak Zaitun

Bahan scrub untuk kaki yang terbuat dari gula dan minyak zaitun juga baik untuk menghilangkan flek hitam di kaki, karena ada cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun yang berarti bisa juga digunakan untuk flek hitam di kaki. Selain itu, ada juga manfaat minyak zaitun untuk rambut anak.

8. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan yaitu manfaat lidah buaya untuk kulit yang bisa membantu mengatasi masalah flek hitam di kaki. Caranya dengan memarut lidah buaya kemudian dicampur dengan minyak zaitun, dipakai di kaki selama 5 menit. Kemudian dibersihkan. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu sampai mendapat hasil yang diinginkan.

9. Kulit Pepaya

Pepaya mempunyai manfaat masker pepaya bagi kulit. Namun tidak hanya buahnya saja, kulit pepaya pun bisa dibuat menjadi bahan untuk merawat flek hitam. Tempelkan kulit pepaya ke flek hitam di kaki, biarkan beberapa saat lalu bersihkan.

10. Kentang

Walaupun yang biasa digunakan adalah manfaat kentang untuk perawatan kulit wajah, tidak berarti kentang juga tidak berkhasiat untuk merawat kulit kaki. Iris kentang tipis – tipis lalu tempelkan pada kulit kaki yang terkena flek, sambil digosok sedikit, lalu biarkan selama beberapa saat. Kemudian bersihkan.

sponsored links

11. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal sebagai salah satu cara memutihkan wajah secara alami. Karena manfaatnya itulah, jeruk nipis juga akan berguna untuk mengatasi masalah flek hitam di kaki. Caranya tinggal menggosokkan jeruk nipis ke area kaki yang ada flek hitamnya, biarkan selama beberapa menit. Kemudian bersihkan.

12. Madu dan Putih Telur

Campurkan madu dan putih telur secukupnya, lalu oleskan ke bagian kaki. Biarkan sampai agak mengering kemudian bersihkan dengan sabun agar bau amis telur tidak tertinggal. Putih telur juga bisa menjadi cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh.

13. Teh

Tidak hanya menggunakan manfaat teh untuk rambut, namun teh juga bisa digunakan sebagai bahan untuk mengatasi flek hitam. Ambil sisa teh yaitu ampasnya lalu gosokkan ke kaki selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan cermat.

14. Daun Kapuk Randu

Kapuk randu adalah tanaman tropis yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini biasanya diambil buahnya saja, dan digunakan untuk pembuatan bantal, kasur, dan lain – lain. Cuci bersih daun kapuk randu, lalu gosokkan daunnya ke kaki.

15. Daun Gambir

Daun yang berasal dari tanaman gambir ini bisa digunakan untuk cara menghilangkan flek hitam di kaki. Hancurkan daun gambir sampai menjadi serbuk, lalu campur dengan air sampai agak cair. Balurkan ke kaki, biarkan selama 2 jam agar meresap. Kemudian bersihkan sampai tuntas. Bisa dilakukan berulang d an secara rutin agar hasilnya tampak.

16. Bawang Merah

Walaupun terasa pedan di mata, manfaat bawang merah untuk alis sangat baik untuk merawat alis agar tebal, dan terhindar dari jamur. Potong – potong bawang merah dan gosokkan ke kaki. Bawang merah akan membantu pengelupasan kulit sehingga kulit yang berflek hitam akan mengelupas dan digantikan dengan lapisan kulit baru.

17. Jus Jeruk dan Cuka Apel

Campur jus jeruk atau air perasan buah jeruk dan cuka apel dengan perbandingan 1:2. Gunakan sebagai scrub kaki pada bagian kaki yang terdapat flek hitam. Selain bermanfaat untuk scrub kaki, ada juga manfaat cuka apel untuk rambut. Untuk jus jeruk juga bisa diganti dengan jus jeruk lemon.

18.Mentimun

Setelah dikupas dan dicincang, hancurkan mentimun sampai halus. Balurkan agak tebal ke seluruh bagian kaki yang terlihat ada flek hitam. Biarkan selama 20 menit kemudian cuci. Manfaat timun untuk wajah juga bisa dicoba untuk merawat kulit wajah.

19. Minyak Vitamin E

Buka kapsul vitamin E dan oleskan isinya ke flek hitam di kulit kaki. Sebelum menggunakan vitamin E ini, lakukan tes alergi terlebih dulu, karena pada beberapa orang vitamin E bisa menimbulkan reaksi alergi.

20. Chemical Peeling

Tidak hanya untuk kulit wajah, namun ternyata prosedur chemical peeling juga bisa diterapkan pada kulit kaki. Agar diketahui, kulit baru yang tumbuh setelah menjalani prosedur ini akan lebih sensitif dan harus dihindari agar tidak terkena sinar matahari selama beberapa waktu.

Kenalilah penyebab flek hitam di kaki dengan baik, baru kita bisa memilih perawatan apa yang paling cocok untuk menghilangkan flek hitam tersebut. Beberapa jenis perawatan diatas sangat mudah untuk dilakukan di rumah karena bahan yang digunakan adalah bahan alami, sehingga biayanya tidak besar dan juga minim resiko alergi karena bahan kimia.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 10th, August 2016 / 04:38 Oleh :
Kategori : Kaki