Sponsors Link

7 Cara Merawat Kuku Kaki yang Rusak dan Bau

Sponsors Link

Kaki merupakan bagian tubuh manusia yang seringkali lupa untuk diperhatikan. Padahal sebenarnya kaki juga membutuhkan perawatan agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. Bagian kaki yang rentan terkena masalah adalah kuku kaki. Banyak orang mengalami masalah kuku kaki karena kurang menjaga kebersihan diri sendiri sehingga muncul jamur atau lebih parahnya terkena infeksi karena virus atau bakteri. Kuku kaki juga bisa menjadi rusak ketika terluka pada bagian tersebut. Biasanya luka karena tertimpa sesuatu atau terjepit. Bahaya cat kuku pun bisa menyebabkan kuku bermasalah. Cat kuku palsu bisa mengandung bahan kosmetik yang berbahaya. Untuk menghindari bahaya make up palsu, pastikan hanya berbelanja dari toko yang terpercaya. Sebagai efek dari berbagai masalah kuku tersebut, kuku kaki bisa menjadi rusak dan bau. Ciri-ciri kuku yang tidak sehat lainnya yaitu:

ads
  • Kuku tidak mengkilap
  • Warna kuku keruh, tidak cerah
  • Kuku menjadi tebal

Kuku kaki adalah pelindung bagi jari-jari kaki anda ketika terjadi benturan dengan benda-benda asing. Kuku kaki sebaiknya tidak dibiarkan panjang karena dapat menyebabkan kotoran masuk dan mengendap di sela-sela kuku. Bagi anda yang sudah terlanjur mengalami masalah kuku kaki yang rusak dan bau, anda pasti akan segera mencari cara untuk mengatasinya karena kuku kaki yang rusak dan bau akan membuat anda tidak nyaman dan terganggu. Bau tersebut bisa berasal dari jamur atau kotoran namun bisa juga karena adanya nanah yang tersembunyi di bawah kuku akibat dari luka.

Jika anda memiliki kuku kaki yang rusak dan bau, tidak usah buru-buru pergi ke dokter karena sebenarnya anda bisa mengobati terlebih dulu dengan cara yang bisa dilakukan sendiri. Jika memang keadaan kuku tidak juga membaik, baru anda disarankan untuk pergi ke dokter agar mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Namun untuk pergi ke dokter atau tidak, itu adalah pilihan anda. Jika anda ingin memberikan perawatan sendiri pada kuku yang rusak dan bau, pastikan untuk memilih cara-cara yang benar. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kuku kaki yang rusak dan bau adalah sebagai berikut:

1. Gunakan cairan antiseptik

Kuku kaki yang rusak dan bau harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum memulai rangkaian perawatan lainnya. Memberikan perawatan pada kuku kaki juga merupakan salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Merawat kuku yang rusak dan bau sedikit berbeda dari cara merawat kuku agar tidak kuning atau cara merawat kuku agar cantik dan bersih. Anda bisa menggunakan cairan antiseptik untuk membersihkannya. Cairan ini juga berguna untuk membunuh kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan keadaan kuku yang rusak dan bau menjadi lebih parah. Bersihkan kuku kaki anda dengan cairan antiseptik sampai benar-benar bersih. Satu hal yang harus anda ingat ketika melakukan perawatan pada kuku kaki yang bau dan rusak adalah melakukannya dengan telaten dan sabar.

Sponsors Link

2. Berhenti memakai sepatu untuk sementara

Masalah kuku kaki yang rusak dan bau bisa disebabkan karena pemakaian sepatu yang ukurannya tidak pas atau sepatu anda tidak bersih. Sepatu yang bau juga akan menyebabkan kuku anda bau. Jika anda telah mengalami gejala kuku kaki tidak sehat namun masih memakai sepatu, kemungkinan besar hal tersebut akan membuat keadaan kuku kaki menjadi lebih parah. Jika tidak terpaksa menggunakan sepatu, anda bisa menggunakan sandal yang terbuka agar kuku kaki anda tidak semakin tersiksa. Namun jangan lupa untuk memastikan keadaan kuku kaki anda selalu bersih.

3. Rendam dengan campuran air hangat dan garam

Tidak hanya terdapat manfaat air garam untuk wajah, tetapi juga untuk kuku kaki yang rusak dan bau. Garam memiliki kemampuan sebagai anti inflamasi. Air hangat yang dicampur dengan sedikit garam untuk merendam kaki akan membantu mencegah kuku kaki terkena infeksi. Jika pun terlanjur telah memiliki masalah kuku kaki, garam akan mencegah keadaannya menjadi lebih parah. Rendamlah kaki dengan air hangat yang dicampur garam tersebut setiap hari sebelum tidur. Lakukan perendaman selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu anda bisa mengelap kaki dan kuku anda dengan handuk bersih.

4. Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan nutrisi yang baik untuk kuku kaki. Penggunaan minyak zaitun untuk kuku kaki yang rusak dan bau dapat merangsang pertumbuhan kuku dengan lebih cepat. Dengan begitu, kuku yang rusak akan tergantikan dengan kuku baru yang sehat. Selain itu, anda bisa memakai minyak zaitun sebagai cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh. Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk perawatan pada kuku yang sehat sehingga tampilan kuku menjadi lebih mengkilap. Banyak orang juga memakai minyak zaitun sebagai cara memanjangkan kuku dengan cepat.

5. Gunakan belimbing wuluh

Jika anda tidak menyediakan cairan antiseptik di rumah, anda bisa menggunakan air yang terkandung dalam buah belimbing wuluh untuk membasuh kuku kaki yang rusak dan bau. Belimbing wuluh dapat dipakai untuk membunuh bakteri dan kuman pada kuku kaki. Kuku kaki yang dirawat dengan belimbing wuluh juga akan lebih kuat dan tidak mudah rapuh sehingga anda akan terhindar dari masalah kuku lainnya.

6. Gunakan air jeruk nipis

Air jeruk nipis juga sama baiknya dengan belimbing wuluh. Tidak hanya terdapat manfaat jeruk nipis untuk rambut yang bisa diambil darinya. Selain untuk membersihkan kuku dari kuman dan bakteri, jeruk nipis juga mampu menguatkan kuku tanpa mengandung efek samping seperti bau yang tidak sedap atau hal lainnya. Untuk pemakaiannya, anda bisa memilih memeras langsung air jeruk nipis tersebut ke atas kuku kaki atau dengan mencampurkannya dengan air hangat untuk merendam kuku kaki anda selama 10 sampai 15 menit. Lakukan perendaman saat malam sebelum tidur.

Sponsors Link

7. Biarkan kuku yang rusak tumbuh terganti dengan kuku baru

Sambil melakukan beberapa perawatan di atas, anda bisa menunggu kuku yang rusak dan bau tergantikan dengan kuku baru yang cantik. Jika kuku telah panjang, lakukan pemotongan namun jangan sampai memotongnya terlalu pendek karena dapat menyebabkan ujung jari kaki menjadi luka dan sakit. Selalu berhati-hatilah ketika memotong kuku agar tidak sampai terluka yang bisa mengakibatkan infeksi.

Cara Mencegah Kuku Rusak dan Bau

Jika anda telah berhasil menangani masalah kuku yang rusak dan bau, anda juga perlu mengetahui cara untuk mencegah agar kuku tidak kembali rusak dan bau. Anda pun bisa menerapkannya meski selama ini anda tidak memiliki masalah dengan kuku kaki agar tidak sampai terkena masalah di kemudian hari. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan:

  • Selalu menjaga kebersihan kaki dan sepatu yang digunakan dengan sering mencuci kaki hingga bersih menggunakan sabun.
  • Usahakan untuk selalu memakai alas kaki meski di dalam rumah karena lantai tidak selalu steril. Gunakan alas kaki yang memang khusus untuk di dalam rumah.
  • Memotong kuku kaki dengan teratur.
  • Jangan memakai cat kuku palsu atau memakai cat kuku terlalu lama.

Itulah cara merawat kuku kaki yang rusak dan bau secara alami. Intinya, selalu jaga kebersihan kuku kaki karena bagian ini rentan terkena kotoran yang bisa saja mengandung kuman dan bakteri atau bahkan jamur. Semoga cara tersebut bisa memberikan solusi untuk masalah kuku kaki anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 28th, May 2016 / 05:36 Oleh :
Kategori : Kuku dan Jari