Sponsors Link

22 Cara Mengatasi Kulit Kusam secara Alami

Sponsors Link

Kulit kusam adalah masalah yang cukup pelik bagi para wanita karena hampir seluruh wanita tentunya mendambakan kulit yang sempurna dan cantik. Kulit kusam juga merupakan sebuah tanda bahwa keadaannya sedang tidak sehat. Regenerasi sel baru yang terganggu dapat menimbulkan kulit kusam karena kekusaman tersebut berasal dari sel-sel kulit mati yang seharusnya sudah terangkat dan terganti dengan yang baru.

ads

Ada berbagai sebab dari kulit kusam, seperti kurang tidur, stres, faktor lingkungan di mana kulit kerap terkena paparan polusi, jarang membersihkan diri, jarang berolahraga, pola makan yang kurang benar, serta kekurangan cairan alias air putih. Jadi, adakah cara mengatasi kulit kusam yang bisa Anda pakai di rumah?

(Baca juga: penyebab wajah kusam)

1. Membersihkan Tubuh Rutin

Kulit yang kusam bisa saja dikarenakan kurangnya kedisiplinan dalam membersihkan diri. Baik wajah maupun tubuh perlu secara rutin untuk dibersihkan. Dengan mandi dan membersihkan wajah secara rutin sehari 2 kali setiap hari akan dapat membuat kulit bebas dari kekusaman. Jadi, bila mungkin Anda pernah mendengar bahwa sekadar berwudhu mampu mencerahkan kulit wajah, ini ada benarnya. Karena sudah diteliti, maka para umat Islam yang akan mendapatkan keuntungan dari kegiatan berwudhu tersebut untuk kesehatan dan kecerahan kulitnya.

2. Berolahraga Teratur

Olahraga memang akan membuat seseorang penuh keringat, namun justru hal inilah yang dianggap sehat. Berolahraga bukanlah kegiatan yang hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, tapi nyatanya juga bisa menjadikan kulit lebih cerah. Setelah berkeringat akibat latihan fisik yang kita lakukan, keringat-keringat ini bakal membuat kotoran di pori-pori terdorong. Jadi secara tidak langsung, wajah akan tercerahkan secara alami tanpa harus bersusah-payah.

(Baca juga: pelembab untuk kulit kering dan kusam)

3. Menjauhi Stres

Stres adalah sumber penyakit dan stres jugalah yang memicu masalah kulit kusam hingga terkadang berjerawat. Karena seseorang mengalami keadaan tertekan, kesehatan tubuh dan kulit keduanya bakal menjadi menurun. Gejolak hormon tubuh akan terpicu dan menjadi tidak stabil dan mampu memroduksi minyak berlebih yang ujung-ujungnya menjadikan kulit kusam. Banyak piknik adalah solusi supaya tidak stres dan menyehatkan kulit.

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Konsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari tak hanya akan menjadikan tubuh selalu terhidrasi, tapi kulit juga akan ikut menjadi lebih cerah. Saat kurang minum air putih, kulit tubuh akan menjadi kering dan kusam, jadi memang sangat penting untuk mengonsumsinya serutin mungkin. Sebagai cara merawat kulit agar tidak kusam, banyak-banyaklah memenuhi asupan cairan tubuh Anda dari air putih.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

5. Memakai Lotion Pelembab

Kulit kusam sama dengan kulit yang tidak sehat di mana permukaannya kerap kali pecah-pecah dan kering. Supaya kelihatan lebih cerah dan sehat, menggunakan lotion pelembab secara rutin adalah yang terbaik. Tepat sebelum Anda berkegiatan dan sebelum tidur, sebaiknya pakai lotion pelembab kulit yang cocok dengan tipe kulit Anda. Bila Anda tak tahu produk yang tepat, mengonsultasikan dengan ahlinya adalah keputusan yang bijak supaya Anda tak salah.

6. Menghindari Begadang

Begadang dapat menjadi kebiasaan buruk karena selain merusak kesehatan tubuh, hal ini mampu menjadikan kulit lebih kusam. Tidur yang berkualitas adalah dengan waktu antara 8-10 jam setiap harinya. Jadi bila Anda tidur dengan waktu kurang dari itu, hal tersebut tidaklah baik, apalagi kalau sampai kelebihan. Mencerahkan kulit yang kusam juga dapat dilakukan dengan mengambil waktu 1 jam setiap hari untuk tidur siang.

(Baca juga: cara merawat kulit berminyak)

7. Menjaga Pola Makan

Selain tubuh, kulit juga memerlukan nutrisi, seperti halnya protein, serat, mineral, vitamin, hingga antioksidan. Pola makan yang baik adalah pola makan yang sehat di mana Anda dapat mulai mengonsumsi makanan-makanan bergizi, seperti buah naga, pepaya, jambu biji, alpukat, manggis, dan lainnya yang bagus untuk kulit.

8. Menggunakan Es Batu

Es batu selain bisa menyegarkan minuman, bahan sederhana ini dapat dijadikan perawatan kulit sehari-hari tanpa ribet. Menggunakan es batu untuk menghilangkan kekusaman pada kulit agaknya begitu diragukan. Namun, buktikan sendiri bahwa cara ini secara efektif akan membuat kulit wajah lebih cerah.

  • Caranya: Buatlah air es dari campuran madu dan perasak jeruk nipis. Setelah es batu jadi, tempelkan lalu gosoklah pelan-pelan ke area wajah tepat sebelum Anda tidur. Bila sudah semalaman, Anda dapat menggosokkannya lagi esok paginya. Hasil biasanya sudah dapat dilihat hanya dalam waktu 2-3 hari perawatan.

(Baca juga: cara mencegah penuaan dini)

ads

9. Menggunakan Aprikot

Tak banyak yang tahu bahwa aprikot bisa menjadi salah satu solusi dalam mencerahkan kulit kusam secara alami. Aprikot dengan kekayaan vitamin A-nya akan selalu membuat kulit lentur serta lembut dan mampu menjadi agen eksfoliasi wajah. Sebagai eksfoliator alami, aprikot memiliki peran untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit serta melegakan pori-pori yang tersumbat.

  • Caranya: Sediakan aprikot secukupnya yang kemudian dapat Anda kupas, tumbuk, lalu rendam semalaman di dalam air. Campurkan sedikit minyak zaitun ke dalam tumbukan aprikot tersebut, lalu oleskan ke tubuh maupun wajah atau area tubuh mana saja yang ingin Anda cerahkan. Selama 20 menit Anda boleh menunggu sebelum akhirnya kulit dibilas dengan air hangat.

10. Memanfaatkan Lemon

Anda harus tahu dan membuktikan sendiri manfaat jeruk lemon untuk wajah di mana memang lemon ini sangat bagus dalam mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C-nyalah yang mampu meningkatkan kecerahan kulit dan menjauhkannya dari kekusaman. Sifat masamnya bakalmembuat segala flek dan kotoran terangkat.

  • Caranya: Sediakan jeruk lemon 1 buah saja lalu Anda bisa potong menjadi dua sebelum kemudian Anda bisa oles dengan madu. Lanjutkan dengan menggosokkannya ke seluruh area wajah sampai merata. Bilaslah menggunakan air hangat selama kira-kira setengah jam. Kulit bakal terlihat cerah apabila Anda melakukan perawatan ini baru 3-4 kali saja dan buktikan efektivitasnya.

(Baca juga: cara memutihkan kulit secara alami)

11. Menggunakan Putih Telur

Menggunakan putih telur tak kalah efektif dari bahan-bahan alami lainnya, namun perlu diwaspadai bahwa penggunaan putih telur dapat memberikan rasa perih. Hal ini pada umumnya akan dirasakan oleh yang kulitnya berjenis sensitif. Bila ingin membuat kulit wajah lebih putih dan jauh lebih kusam, masker putih telur adalah salah satu solusi terbaik.

  • Caranya: Sediakan putih telur 1 saja yang kemudian Anda kocok sampai keluar busanya. Tuang madu murni secukupnya, aduk-aduk, lalu oles ke seluruh wajah setiap sehabis mandu. Tunggulah sampai masker mengering dan kaku, baru lanjutkan dengan membilas menggunakan air hangat. Seminggu 3 kali adalah waktu perawatan terbaik untuk hasil maksimal.

12. Memakai Nanas

Nanas adalah jenis buah yang banyak dibuat sebagai bahan rujak yang nikmat. Namun ternyata buah berwarna kuning ini mengandung enzim yang bisa menjadi eksfoliator kulit. Vitamin C di dalamnya pun tinggi sehingga tak hanya mencerahkan tapi juga bakal membasmi jerawat serta membersihkan pori-pori.

  • Caranya: Juslah buah nanas yang sudah Anda kupas dan potong-potong, lalu ambil kapas untuk dicelupkan ke dalam larutan jus tersebut. Terapkanlah ke area wajah Anda dan tunggu sampai mengering sebelum dibilas dengan air biasa.

(Baca juga: cara mencegah kerutan di wajah)

13. Memanfaatkan Daun Neem

Bahan alami satu ini sanggup juga dipakai sebagai pencerah kulit yang kusam. Selain itu, segala bentuk masalah kulit, seperti flek hitam dan pigmentasi juga akan teratasi dengan bahan ini.

  • Caranya: Sediakan daun neem bersama dengan daun kemangi India yang sudah dikeringkan dan menjadi bubuk lalu campur dengan sesendok teh bubuk cendana dan sesendok teh madu murni. Gunakan sebagai masker wajah atau bisa juga untuk dioles ke area tubuh lainnya yang ingin dirawat. Ramuan masker ini bakal secara efektif mencerahkan kulit dengan mengeksfoliasi kulit.

14. Memakai Yogurt

Yogurt tawar adalah yang paling baik digunakan untuk merawat kulit dan memang penggunaannya termasuk di dalam cara merawat wajah agar tidak kusam. Selain dapat dijadikan menu diet harian, Anda juga bisa menggunakannya untuk perawatan luar wajah Anda.

  • Caranya: Sediakan yogurt sesendok teh bersama dengan pisang yang sudah ditumbuk ½ buah saja serta madu secukupnya. Campur seluruh bahan sebelum kemudian dioles ke kulit wajah, atau bila ingin ke bagian tubuh lainnya silakan menambah takaran. Bilas kulit sampai bersih sesudah 15 menit berlalu.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah)

15. Menggunakan Stroberi

Stroberi selain kaya akan vitamin C juga memiliki kandungan serat tinggi, rendah gula, dan sifat antioksidan. Jadi, Anda dapat memanfaatkan buah segar ini tak hanya untuk mencerahkan kulit yang kusam, tapi juga sebagai pencegah penuaan dini.

  • Caranya: Sediakan beberapa buah stroberi segar yang sudah dicuci bersih, lalu lumatkan sampai halus dan campurkan dengan sedikit madu murni. Larutan ini bisa Anda oles ke wajah dan tubuh yang kusam dan biarkan selama 20 menit. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencampurkan tumbukan stroberi dengan air mawar supaya kulit tampak bercahaya dan lebih sehat.

16. Memanfaatkan Coklat

Coklat adalah bahan lainnya yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kusam tanpa takut menyebabkan efek samping seperti timbulnya jerawat. Dark chocolate adalah yang paling direkomendasikan karena kaya akan antioksidan.

  • Caranya: Sediakan bubuk kakao ½ sendok teh yang dicampurkan dengan 2 sendok teh susu kelapa, susu kedelai, atau susu biasa, dan juga ½ sendok makan madu murni. Larutan yang sudah jadi dapat Anda aplikasikan ke wajah secara merata, lalu tunggu kering sebelum dibasuh dengan air dingin.

(Baca juga: manfaat susu untuk kulit)

Sponsors Link

17. Menggunakan Minyak Kelapa

Kaya akan nutrisi, minyak kelapa siap juga mencerahkan kulit Anda yang kusam, baik itu kulit tubuh maupun wajah. Tak hanya itu, minyak kelapa juga sangat berguna dalam menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Cukup mudah dan sederhana penggunaannya karena Anda hanya perlu memijatkan beberapa tetes minyak ini ke tubuh maupun wajah secara merata. Lakukan saja sama seperti ketika Anda menggunakan lotion pelembab, namun kali ini bahannya adalah bahan alami.

18. Memakai Almond

Almond adalah jenis kacang bergizi yang tak hanya bisa dijadikan cemilan sehat. Untuk mencerahkan kulit yang kusam pun bisa juga memanfaatkan almond yang sudah dikupas kulitnya.

  • Caranya: Sediakan almond secukupnya yang sudah dipisahkan dari kulitnya, lalu giling dan tumbuklah hingga membentuk pasta. Campur bersama sedikit susu, lalu aplikasikan ke wajah maupun area kulit tubuh lainnya setiap pagi. Biarkan kering lebih dulu barulah Anda membilas sampai bersih dengan air dingin. Mengonsumsinya juga boleh-boleh saja untuk menyehatkan kulit dari dalam.

(Baca juga: cara menghilangkan bibir hitam)

19. Menggunakan Kacang Kenari

Selain almond, kacang kenari juga bisa dijadikan bahan perawatan wajah yang kusam. Kandungan asam lemak esensialnya sangat tinggi untuk menjaga kulit senantiasa lembab. Kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya bakal meningkatkan elastisitas kulit, sementara kolagen akan dipertahankan dengan besi serta seng. Tambahkan sarapan Anda dengan kacang kenari sebanyak 6 biji setiap harinya, kunyah-kunyahlah.

20. Memanfaatkan Lidah Buaya

Karena tingginya manfaat lidah buaya untuk kecantikan, tak heran kalau bahan ini juga sanggup Anda andalkan saat Anda mencoba mencerahkan kulit. Supaya tidak kusam, gunakan lidah buaya yang kaya dengan kandungan antibakteri, anti-inflamasi, antiseptik, dan juga anti-aging.

  • Caranya: Anda bisa meminum setiap harinya secangkir jus lidah buaya murni tanpa gula setiap pagi sebelum perut terisi makanan apapun. Atau, bisa juga lidah buaya ini Anda campur bersama madu sebanyak 2 sendok teh. Campuran ini dapat Anda oles langsung ke bagian kulit yang kusam dan hendak Anda cerahkan. Bilas setelah mengering sampai kulit bersih dari sisa masker.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering dan bersisik)

21. Menggunakan Gula

Gula adalah bahan utama yang bisa Anda jadikan scrub pembersih wajah yang mampu menghilangkan kekusaman kulit wajah. Untuk membersihkan tubuh pun juga sama efektifnya, hanya saja takaran ramuan perlu lebih banyak dari yang di bawah ini.

  • Caranya: Sediakan gula merah sesendok makan yang dicampur dengan gula putih serta air secukupnya. Setelah scrub atau pasta kasar sudah jadi, oleskan ke area wajah atau tubuh lainnya sambil dipijat-pijat. Sel-sel kulit mati akan terangkat dan barulah Anda bisa membilasnya sampai bersih.

22. Memakai Madu

Madu murni juga kaya akan nutrisi yang bisa membantu mencerahkan kulit kusam. Baik itu dipakai atau diaplikasikan langsung ke kulit wajah serta tubuh atau mencampurkannya dengan jus lemon, semuanya sama berkhasiatnya. Kandungan antiseptik, anti-inflamasi dan juga antioksidannya benar-benar tinggi sehingga kulit tak hanya cerah tapi juga sehat.

(Baca juga: penyebab kulit kering)

Itulah serangkaian cara mengatasi kulit kusam secara alami yang patut Anda coba di rumah. Untuk hasil maksimal, tentu perawatan rutin lebih dianjurkan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 05th, October 2016 / 11:44 Oleh :
Kategori : Kulit