Sponsors Link

50 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah <30 Menit

Sponsors Link

Biasanya jerawat pergi dengan meninggalkan sisanya yaitu bekas jerawat seperti flek hitam atau paling parah bopeng. Flek hitam disebabkan oleh sistem ekskresi yang berlebihan dari melanin yaitu suatu proses yang mendorong zat cair dan zat gas sisa metabolisme yang tidak baik untuk tubuh karna jika berlebihan akan menjadi racun kimiawi yang menyebabkan pigmen atau zat warna yang penting untuk melindungi kulit menjadi berlebihan dan muncul flek hitam di wajah.

ads

Berikut ini hal yang umum menjadi penyebab jerawat dan flek hitam:

1. Terkena paparan sinar matahari

Terkena paparan sinar matahari secara langsung tanpa menggunakan tabir surya akan menyebabkan flek hitam. Sinar matahari yang membuat flek hitam itu adalah sinar UVA dan UVB. Jadi baiknya gunakan body lotion yang mempunyai minimal SPF 15 ke bagian tubuh yang mudah terkena sinar matahari, seperti tangan, kaki, wajah dan leher.

Artikel terkait: Merawat Kulit agar Tidak Kusam

2. Polusi udara yang kotor

Polusi udara yang kotor biasanya kita temuka di kota-kota besar, asap dari kendaraan dan pabrik yang menjadi polusi. Untuk menghindarinya gunakanlah masker wajah jika sedang berada di luar.

3. Faktor zat kimiawi dari produk kosmetik atau dokter

Zat kimiawi memang mempercepat pemulihan kerusakan pada wajah, tapi juga mengalami efek samping setelahnya yaitu flek hitam. Jadi jika anda merasa produk kosmetik yang di gunakan memberikan efek samping, maka hentikanlah penggunaanya. Lebih bijak mengenali produk kosmetik yang cocok untuk kulit anda.

Artikel terkait:

4. Pil Kb

Salah satu alat kontrasepsi hormonal seperti pil kb ini mempengaruhi hormon pada tubuh sehingga mempunyai efek samping seperti flek hitam dan badan lebih gemuk. Namun tidak perlu takut, karena setiap tubuh manusia mempunyai respon yang berbeda, tidak semua orang terkena efek samping pil kb.

Artikel terkait: Cara Menghilangkan Flek Hitam akibat KB 

5. Ketidakseimbangan hormon

ads
Ketidakseimbangan horman adalah hal yang wajar, biasa disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Ciri-ciri ketidakseimbangan hormon seperti haid yang tidak teratur, mudah marah dan rambut rontok.

Artikel terkait:

6. Penggunaan parfum

Pada umumnya kita menggunakan parfum hanya untuk terasa wangi, namun penggunaan parfum yang tidak tepat juga bermasalah yang mengakibatkan flek hitam karna parfum mengandung photosentizer yang membuat kulit kita dengan mudah terkena oleh sinar matahari. dan efek terkena sinar matahari secara langsung sudah kita bahas di poin pertama.

7. Menggaruk wajah

Spontan kita akan menggaruk wajah ketika terasa gatal, dan efek dari garukan itu akan menyebabkan iritasi yang dapat merusak kulit dan berubah menjadi flek hitam. Jadi sebaiknya tahan diri untuk menggunakan wajah secara langsung, bisa menggunakan tisu, kapas atau benda-benda halus lainnya. karena kita juga tidak tahu apakah tangan kita dalam kondisi steril atau tidak ketika meggaruk wajah.

Artikel terkait: Penyebab Alergi Kulit Wajah 

8. Faktor penuaan

Ini dalah faktor alami, karna menjadi tua itu adalah sesuatu yang pasti. Meskipun kini banyak produk-produk yang menawarkan antiaging (mengencangkan kulit dan mencegah keriput), cepat atau lambat kulit kita akan keriput juga sering berjalannya waktu. Cantik fisik di usia muda, menjadi kenang-kenangan ketika sudah tua. Tapi inner beauty  atau cantik dari dalamnya hati tidak akan berubah meski waktu berganti.

Artikel terkait:

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Jika sudah terlanjur timbul flek hitam di wajah, maka secepat mungkin di hilangkan secara alami, sebelum secara medis. karna meggunakan masker alami dari buah-buahan, sayuran, telur bahkan madu yang terbukti lebih aman.

Berikut ini cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan aman :


1. Masker beras

Masker beras merupakan solusi untuk menghilangkan flek hitam, mencerahkan wajah. Cara membuat masker beras cukup mudah yaitu dengan tepung beras organik yang sudah dibersihkan dan direndam semalaman. Kemudian setelah itu tepung beras yang sudah di rendam di blender atau tumbuk sampai halus. Lalu jemur hingga kering, setelahnya pakaikan ke wajah secara rutin setiap harinya.

Artikel terkait:


2. Masker madu

Madu merupakan bahan herbal yang kandungannya paling banyak manfaat untuk anti aging, menghaluskan kulit dan menghilangkan jerawat. Caranya juga mudah, hanya sekedar oleskan ke wajah yang ada noda hitamnya. Lalu bersihkan dengan air hangat setelah kering.


3. Masker gel lidah buaya

Selain lidah buaya bermanfaat untuk menebalkan rambut, lidah buaya juga punya pengaruh yang baik untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya hampir sama dengan pemakaian untuk rambut, potong lidah buaya lalu ambil bagian gel nya dan oleskan ke wajah yang ada flek hitam. Setelah mengering, basuh dengan air hangat.


4. Masker tomat

Masker tomat juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit yang terkena flek hitam. Caranya cukup mudah, dengan menghaluskan tomat di blender lalu oleskan ke wajah. Untuk hasil masker yang optimal, gunakan sehari dua kali.


5. Masker kulit semangka

Kulit semangka mempunyai manfaat pada wajah karena semangka kaya akan serat, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Cara menggunakannya dengan mengiris semangka dan ambil kulitnya, gosok bagian dalam kulit semangkan pada wajah sampai sari semangka menyerap ke kulit. Setelah 20 menit bisa di bilas dengan air bersih atau hangat.


6. Masker kunyit

Kunyit adalah bahan alami yang bagus untuk mencerahkan kulit secara alami, menghilangkan flek hitam dan anti penuaan dini (anti aging). Caranya mudah dengan membuat pasta yang terdiri dari kunyit, madu dan minyak zaitun. Campur dan haluskan lalu oleskan ke flek hitam yang ada di wajah.


7. Masker mentimun

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata, masker mentimun juga bagus untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Cara dengan mengiris mentimun menjadi beberapa potong, lalu rendam. Setelah di rendam beberapa menit. ambil air rendaman mentimun untuk membasuh wajah.


8. Masker cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan bahan herbal yang alami untuk menghilangkan flek hitam pada wajah lebih cepat. Caranya hanya dengan mencampur cuka sari apel dengan air, lalu oleskan ke flek hitam. Setelah kering, basuh dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang baik.


9. Masker putih telur

Putih telur yang mentah sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan bekas-bekasnya. Caranya dengan pisahkan putih telur dan kuning telur, lalu oleskan putih telur ke wajah. Setelah kering, basuh dengan air bersih.


10. Masker minyak zaitun

Selain kegunaan utamanya untuk memijat kulit, minyak zaitun juga mempunyai manfaat untuk menjaga keindahan wajah. Cukup dengan oleskan minyak zaitun pada wajah, biarkan sekitar 10 menit lalu bilas dengan air bersih atau hangat.


11. Masker parutan jagung

Jagung mengandung nutrisi yang bagus untuk kelembaban kulih, anti aging dan kaya akan vitamin C. Cara menggunakannya dengan memarut jagung, lalu parut hingga alus sebelum di oleskan ke wajah. Setelah itu bilas dengan air bersih atau hangat.


12. Ampas teh hitam

Sebaiknya setelah meminum teh hitam, jangan dibuang ampasnya karena bermanfaat untuk keindahan kulit dan menghilangkan flek hitam. Caranya dengan oleskan ampas teh hitam ke wajah sekitar 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.


Cara menghilangkan flek hitam dengan produk kecantikan

Banyak orang yang tidak mau di repotkan dengan membuat bahan-bahan alami yang padahal mudah di dapatkan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Sebagian memepercayai wajah mereka dengan produk-produk kecantikan karena lebih praktis mendapatkanya, tidak perlu di olah seperti bahan alami.

Namun tetaplah berhati-hati, karna banyak sekali produk kecantikan yang di jual di drug store dan melabeli ‘mampu menghilangkan flek hitam’ namun malah memperparah kondisi kulit karna kandungannya yang tidak aman.

Berikut ini tips memilih produk kecantikan agar tidak salah pilih:


Lihat izin produksi dan tanggal kadaluarsanya

Pastikan produk kecantikan yang akan digunakan sudah mendapatkan izin Badan Pengawat Obat dan Makanan (BPOM) dan teliti dengan tanggal kadaluarsanya.


Cek kandungan-kandungan produk

Pastikan tidak ada zat-zat kimia yang berbahaya untuk kulit. seperti merkuri, hidrokinon,rhodamin B, asam retinoat dan sebagainya.

Ciri-ciri produk yang mengandung zat kimia berbahaya:

  1. krim cepat memutihkan kulit hanya dalam beberapa minggu, jika krim tersebut mengandung merkuri yang tinggi maka lebih cepat memutihkan di wajah.
  2. krim pada umumnya lengket, tidak menyatu.
  3. warna putih pada kulit terlihat pucat, bukan cerah.
  4. bila dioleskan, kulit terasa panas dan gatal.
  5. bila penggunaan krim di hentikan, akan menimbulkan iritasi dan wajah memerah.
  6. warna putih pada wajah lama lama berubah menjadi kusam dan menghitam.
  7. pori-pori tampak mengecil dan halus, ini karena lapisan kulit luar sudah terkena bahan merkuri yang menyebabkannya menjadi tipis.

Untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat, pilihlah produk yang mengandung :

1. Tretinoin

kolagen pada tretinoin mampu mengganti sel-sel lama yang telah rusak menjadi baru. sebelum menggunaakan tretinoin, baiknya menggunakan sunblock terlebih dahulu.

2. Alpha-Hydroxy Acids (AHA)

AHA mampu mengurangi flek hitam karena dapat membuat sel-sel kulit mati terganti dengan sel-sel kulit yang baru, sehingga lebih cerah.


Menghilangkan Flek Hitam Dengan Perawatan di Klinik Kecantikan

Bisa dibilang melakukan perawatan di klinik kecantikan adalah solusi yang aman, karena di kerjakan oleh orang-orang yang sudah ahli di bidangnya, terutama dokter dermatologist (dokter spesialis kecantikan). Berikut ini perawatan umum untuk menghilangkan flek hitam :


1. Peeling atau chemical peeling

Peeling merupakan perawatan kecantikan yang aman untuk kulit jika di lakukan dengan ahlinya dan cara yang tepat. Melakukan peeling cukup 3 kali dalam sebulan, jika terlalu berlebihan melakukan peeling akan membuat kulit iritasi.

Berikut ini manfaat dari melakukan peeling:

  • Mencerahkan kulit : Peeling dapat mengangkat sel kulit mati, lalu menggantinya dengan sel kulit baru yang membuat kulit terlihat lebih cerah.
  • Menghilangkan noda bekas jerawat: Ketika sel kulit mati terangkat dengan peeling, noda bekas jerawatpun ikut terangkat. Jadi peeling membersihkan jerawat beserta flek-fleknya.
  • Mengecilkan pori-pori : Pori-pori yang besar merupakan salah satu faktor munculnya komedo dan jerawat di wajah.


2. Mikro dermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan perawatan sejenis pengelupasan yang memproduksi kolagen, mengurangi garis-garis keriput, kulit menjadi lebih halus.


3. Metode laser

Laser merupakan perawatan wajah yang cukup menguras kocek, tidak semua dokter merekomendasikan tindakan laser ini, kecuali jika memang kondisi wajah sudah parah dan tidak kunjung membaik menggunakan cream dokter dan bahan-bahan alami lainnya. Metode laser dapat menghilangkan semua masalah pada wajah, seperti jerawat, komedo, pori-pori, flek hitam dan bekas-bekasnya.

Ada beberapa keuntungan melakukan metode laser:

  • Tidak menimbulkan sakit atau perih: cahaya yang ada pada laser cepat menemukan titik fokusnya pada permasalahan wajah. Mungkin awalnya terasa sedikit nyeri jika permasalahan wajah cukup parah.
  • Waktu penyembuhan singkat: inilah salah satu keunggulannya yang disukai orang-orang, metode laser dapat menyembuhkan permasalahan pada wajah tanpa waktu yang lama. Perubahan akan cepat terlihat setelah beberapa kali perawatan.
  • Berkurangnya rasa sakit pada kulit: Metode laser dapat mengurangi peradangan pada kulit, rasa sakit terhadap jerawat, kemerah-merahan dan bengkak.
  • Mematikan bakteri: Bakteri penyebab jerawat dapat dibasmi sampai ke akar-akarnya dengan metode laser, jadi jerawat tidak akan muncul kembali.
  • Produksi minyak di wajah menurun: Minyak berlebihan di wajah merupakan penyebab munculnya jerawat, dengan metode laser maka produksi minyak pun akan menurun.


4. Facial

Hampir semua klinik kecantikan mempunyai perawatan ini, sebelum facial lebih baik di konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Facial dapat membersihkan kotoran di wajah, mencerahkan dan membasmi jerawat.

Artikel terkait: Bahaya Facial di Salon


5. Tanam benang

Tanah benang merupakan perawatan yang memasukkan benang di bagian bawah kulit. Dengan tujuan untuk mengencangkan kulit dan tidak keriput.


6. Mesoterapi

Perawatan mesoterapi dilakukan dengan cara memasukkan vitamin dan zat-zat ke dalam lapisan kulit. Yang bertujuan untuk mengencangkan kulit, mengurangi lemak dan wajah menjadi sehat.


7. Botox

Botox bermanfaat untuk meremajakan kulit, wajah terlihat lebih muda dibanding umur aslinya, mengencangkan kulit dan bebas dari kerutan.


8. Intense pulse light plus

Ini teknik yang bermanfaat untuk mengatasi wajah yang kusam, menghilangkan flek hitam, meremajakan kulit dan anti aging.


9. Platelet rich plasma

Teknik itu memanfaatkan plasma darah yang di ambil dari pasien itu sendiri, lalu di proses sehingga menghasilkan platelet. Platelet itu nanti akan di suntikkan ke dalam kulit dengan tujuan untuk mengganti sel-sel kulit mati dengan sel-sel baru.


Baiknya sebelum melakukan perawatan di klinik kecantikan, di konsultasikan terlebih dahulu karena semua jenis perawatan tidak boleh di lakukan tanpa izin dokter, cari tahu bagaimana perawatan tersebut dan apakah manfaatnya sesuai dengan yang anda butuhkan.

Sponsors Link

Perawatan Untuk Mencegah Flek Hitam

Mumpung masih muda, dan kemungkinan faktor penuaan yang menyebabkan flek hitam masih jauh. Baiknya kita merawat kulit sedari dini. Berikut ini cara menghilangkan flek hitam di wajah :

1. Banyak minum air putih

Air putih selain berperan untuk menghindari dehidrasi, juga penting untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu mencegah munculnya flek hitam serta penuaan dini. Minumlah cukup air untuk tubuh sekitar 2 liter per hari.

2. Buah-buahan yang mengandung vitamin C dan E

Buah cocok sebagai menu dalam diet harian, selain untuk sumber vitamin juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya flek hitam. Karena pada umumnya, buah-buahan tidak memiliki racun apapun asal pembersihannya tepat. Jadi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah secara rutin karena aman untuk tubuh.

Contoh-contoh buah yang bermanfaat untuk kulit wajah :


Pisang

Buah kuning yang banyak ditemui ini ternyata kaya akan sumber vitamin sebagai anti aging (anti penuaan). Pisang memiliki vitamin A, vitamin B dan vitamin E yang jika di haluskan dan di tambahi madu berguna untuk timbulnya flek hitam.

Artikel terkait:  Manfaat Pisang untuk Kulit Wajah


Lemon

Buah lemon juga cocok sebagai menu dalam diet, karena lebih mengenyangkan ketika di minum 1 gelas dengan 1 sendok teh madu. Selain itu juga mempunyai kadar vitamin C yang tinggi untuk mencerahkan warna kulit, menghilangkan bekas jerawat dan mencegah timbulnya flek hitam.

Artikel terkait: Manfaat Lemon Untuk Rambut 

Jeruk

Seperti yang kita ketahui bahwa jeruk merupakan buah yang paling banyak mengandung vitamin C, dengan demikian juga membantu untuk merawat kulit dan mencegah timbulnya flek hitam. Mengkonsumsi buah bulat ini juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit secara alami. Selain itu kulit jeruk kering yang sudah di  hancurkan dan sudah membentuk bubuk juga bisa di gunakan sebagai scrub yang bisa di oleskan sebagai lulur ke tubuh.

Apel

Apel mengandung vitamin A, vitamin B dan vitamin C yang tinggi sebagai anti-oksidan untuk menjaga dan melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Kandungannya juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya flek hitam pada wajah. Buah yang memiliki banyak warna ini, cocok juga untuk melawan kanker dan mengobati asma.

Artikel terkait: Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Rambut

Pepaya

Sama seperti apel, pepaya juga mengandung vitamin yang tinggi sebagai anti-oksidan. Selain baik untuk di konsumsi tubuh, rutin menggunakan pepaya pada wajah dengan cara di gosok dengan lembut ke wajah juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan dini dan meremajakan kulit.

Artikel terkait: Manfaat Masker Pepaya bagi Kulit Wajah

3. Hindari merokok

Pada umumnya setiap orang menghindari merokok karna takut terkena serangan jantung dan kerusakan organ lainnya. Namun ternyata merokok juga mempengaruhi kecantikan kulit kita, terutama untuk kaum hawa.

Manfaat menghindari merokok untuk kulit:


1. Mencegah kerutan

Salah satu manfaat tidak merokok adalah mencegah kerutan pada kulit. Karena merokok dapat mempercepat berkembang dan menambah dalam keriput. Faktornya disebabkan karena bahan kimia dalam rokok mempunyai efek samping untuk perkembangan kulit dan gerakan merokok yang secara sistematis selalu sepemenciptakan kerutan yang lebih cepat pada area mulut dan hidung.


2. Mencegah bibir hitam

Pada umumnya ciri-ciri perokok terlihat dari warna bibirnya yang hitam. Panas pada puntung rokok yang ada di letakkan di bibir menjadi faktor utama penyebab bibir menjadi hitam. Ditambah lagi, sirkulasi darah atau sistem peredaran darah menajadi menurun dan itu mendukung penyebab bibir menjadi lebih gelap. Meskipun para wanita bisa menutupi warnanya dengan polesan lipstick, namun tetaplah warna bibir yang merah merona alami merupakan impian setiap orang, bahkan banyak orang yang menghabiskan kocek jutaan rupiah untuk sulam bibir.

Artikel terkait:


3. Bintik hitam pada wajah

Age spot atau bintik hitam pada wajah sering terjadi akibat paparan sinat matahari secara langsung tanpa tabir surya. Namun, orang yang merokok ternyata lebih mudah terkena bintik hitam dibandingkan mereka yang tidak merokok. Karena zat kimia dalam rokok yang tidak sehat untuk warna kulit (pigmen).


4. Mengurangi bau mulut dan gigi kusam

Pada umumnya yang kita ketahui konsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan gigi menguning. Namun, faktanya rokok juga mempunyai risiko seperti itu. Nikotin pada rokok yang menyebabkan perubahan warna pada gigi dan juga bau napas yang tidak enak. Tentunya kesehatan gigi dan mulut sangat mempengaruhi kepercayaan diri kita.


5. Mencegah jerawat dan bisul

Selain perawatan kulit untuk mencegah jerawat dan bisul, menghindari untuk merokok juga dapat mencegahnya. karena racun dan nikotin yang ada di dalam rokok menyebabkan muncul jerawat.

Artikel terkait:  Manfaat Seledri Untuk Wajah Berjerawat


4. Jam tidur yang cukup

Tidur sangat mempengaruhi kesehatan, yang terpenting dari tidur bukanlah kuantitas waktunya, tapi keefektifannya. Tidur sekitar jam 8 malam – 4 pagi sangat baik untuk regenerasi sel tubuh atau menumbuhkan kembali bagian tubuh yang bermasalah dan penyembuhannya. Selain itu krim malam pun lebih optimal berpengaruh pada waktu ini untuk meregenerasi kulit dan mengganti kulit mati. Misalnya kita tidur selama 6 jam tetepi tidurnya dari jam 3 pagi-9pagi, maka jam tidur yang efektif hanya 2 jam untuk meregenerasi kulit karena hormon melatonin sedang maksimal hanya setelah isya sampai seperti malam.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 19th, July 2016 / 05:44 Oleh :
Kategori : Kulit