Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Kulit Belang Secara Alami

Sponsored Links

Kulit adalah bagian yang sangat sensitif dari tubuh seseorang. Salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah warna kulit yang tidak merata atau kulit belang. Biasanya, seseorang memiliki satu bagian kulit dengan bagian kulit yang lain dengan warna yang cukup berbeda dan terlihat mencolok. Hal tersebut seringkali mengganggu penampilan.

Penyebab Kulit Belang

Kulit belang dalam dunia medis juga sering disebut dengan hiperpigmentasi, di mana terjadi perubahan warna kulit pada bagian tertentu. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan kulit belang adalah: (Baca Juga: Cara Menghilangkan Belang di Wajah , Cara Memutihkan Tangan)

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari adalah faktor paling umum yang sering memicu warna kulit belang. Biasanya, bagian kulit yang sering terkena paparan sinar matahari akan memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan kulit yang tidak terkena paparan sinar matahari. Kulit yang terkena paparan sinar matahari akan memproduksi melanin dalam jumlah yang besar sehingga menyebabkan penggelapan warna kulit. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menghindari paparan sinar matahari di atas jam 9 pagi karena berpotensi menggelapkan warna kulit. Paparan sinar matahari tersebut menyebabkan kulit kita terkena radiasi UV A dan UV B. (Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam , Manfaat Oatmeal untuk Wajah Sensitif)

2. Jerawat

Penyebab paling umum lainnya yang membuat kulit belang adalah jerawat. Saat memiliki jerawat, tidak jarang seseorang akan menyentuh jerawatnya tersebut. Bahkan beberapa orang sering tergoda untuk memencet jerawatnya tersebut dengan tujuan agar jerawat segera hilang. Namun, cara tersebut terbukti akan menyebabkan peradangan pada jerawat dan menyebabkan warna kulit berubah. Jerawat yang dipencet akan meninggalkan bekas hitam pada kulit sehingga terjadilah perbedaan warna kulit pada bekas jerawat dan juga kulit normal di sekitar jerawat. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menyentuh jerawat atau bahkan memencetnya. Pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih ketika menyentuh jerawat sehingga mencegah perkembangan bakteri pada kulit yang berjerawat. (Baca Juga: Manfaat Daun Mint Untuk Wajah , Manfaat Air Hangat Untuk Wajah)

3. Radang pada Kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Ada yang mampu bertahan dari berbagai jenis infeksi, namun ada pula jenis kulit sensitif yang mudah terkena infeksi berbagai jenis bakteri atau kuman. Infeksi tersebut biasanya akan menyebabkan kulit mengalami radang dan menimbulkan warna kulit yang tidak merata (belang). Adapun beberapa jenis peradangan pada kulit yang menyebabkan warna kulit belang adalah:

sponsored links
  • Psoriasis merupakan sejenis penyakit kulit yang membuat kulit nampak bersisik dan berwarna putih keperakan. Psoriasis biasanya ditandai dengan gejala berupa penebalan kulit yang diawali dengan warna kulit kemerahan dan rasa gatal yang luar biasa. Ketika kulit yang bersisik tersebut terkelupas, biasanya akan terjadi pendarahan di bawah kulit.
  • Kista sebasea merupakan penyakit kulit yang disebabkan karena muara kelenjar jerawat mengalami penyumbatan dan tidak bisa keluar ke permukaan kulit. Akibatnya muncul benjolan kecil pada kulit yang berisi cairan kolesterol. Benjolan tersebut akan hilang dengan sendirinya namun meninggalkan bekas hitam di kulit.
  • Eksim merupakan penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal luar biasa. Karena rasa gatal yang luar biasa itulah biasanya penderita eksim akan menggaruk kulitnya hingga menyebabkan lecet dan bengkak. Hal tersebut menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit yang menimbulkan bekas dan membuat warna kulit menjadi belang.

Baca Juga:

4. Kosmetik atau Produk Perawatan Kulit

Beberapa produk perawatan kecantikan sering menawarkan hasil berupa warna kulit yang lebih cerah dan merata. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Beberapa jenis produk kosmetik mengandung beberapa jenis bahan kimia yang justru akan menyebabkan warna kulit tidak merata (belang). Jika Anda ingin melakukan perawatan kecantikan lebih baik gunakanlah bahan alami. Selain relatif mudah didapat, bahan alami juga tidak menimbulkan efek samping bagi kulit. (Baca Juga: Bahaya Penggunaan Kosmetik Yang Berlebihan , Bahaya Kandungan Paraben pada Kosmetik)

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit belang. Dari beberapa faktor yang telah dijelaskan di atas, biasanya masyarakat Indonesia umumnya memiliki kulit belang karena terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Gangguan kulit belang ini sifatnya memang menurunkan rasa percaya diri. Untuk itulah, Anda hendaknya melakukan perawatan kulit untuk mengatasi kulit belang tersebut.

Cara Menghilangkan Kulit Belang dengan Bahan Alami

Untuk menghilangkan kulit belang, Anda tidak harus melakukan perawatan mahal di klinik kecantikan atau ahli kesehatan kulit. Anda cukup memanfaatkan beberapa jenis bahan alami berikut ini.

1. Minyak Zaitun

Sejak dahulu, minyak zaitun memang dipercaya sebagai bahan alami untuk kecantikan. Selain meningkatkan kecantikan kulit, minyak zaitun juga dipercaya meningkatkan kesehatan alami kulit karena kaya akan kandungan nutrisi. Tidak hanya itu saja, minyak zaitun juga sangat kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun itulah yang dipercaya mampu mempercepat proses pencerahan warna kulit sehingga tidak belang. Untuk mengatasi kulit belang, Anda cukup mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit yang belang. Lakukan hal tersebut setiap hari agar nutrisi dari minyak zaitun diserap sempurna oleh kulit Anda. (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

2. Madu

Madu adalah bahan alami yang telah dipercaya sejak dahulu untuk merawat kecantikan kulit. Madu kaya akan kandungan nutrisi, seperti thiamin (vitamin B1), ribovlafin, vitamin C, vitamin B6, asam folat, dan juga vitamin K. Berbagai kandungan nutrisi dalam madu tersebut mampu mencerahkan kulit belang akibat paparan sinar matahari maupun paparan toksin akibat radikal bebas. Untuk mengatasi kulit belang menggunakan madu, Anda cukup mengoleskan madu pada bagian kulit yang gelap. Diamkan hingga mengering kemudian bilas menggunakan air hangat. (Baca Juga: Manfaat Madu untuk Wajah , Manfaat Madu Untuk Masker Wajah)

3. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu. Kandungan nutrisi di dalam yogurt seperti vitamin A, B1, dan C dipercaya mampu mengembalikan warna alami kulit. Selain itu, yogurt juga dipercaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit gelap, memudarkan flek hitam, serta menghilangkan warna kemerahan pada kulit. Untuk mengatasi kulit belang, Anda cukup mengoleskan yogurt ke bagian kulit yang berwarna gelap. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga:

4. Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan tambahan makanan yang sering digunakan untuk membuat kue atau roti. Namun, kali ini kita akan memanfaatkan baking soda untuk menghilangkan kulit belang. Khasiat baking soda adalah untuk mencerahkan bagian kulit yang berwarna gelap sehingga kulit belang dapat teratasi. Untuk mengatasi permasalahan kulit belang, campurkan baking soda dengan sedikit air dingin. Setelah tercampur rata, oleskan pada bagian kulit yang berwarna gelap. Lakukan pijatan ringan pada bagin kulit yang diolesi baking soda. Setelah itu diamkan beberapa saat hingga baking soda mengering. Terakhir, bersihkan baking soda menggunakan air bersih. (Baca Juga: Cara Mengencangkan Kulit Wajah)

5. Lemon

Lemon merupakan buah yang sangat kaya kandungan vitamin C. Vitamin C memiliki peranan besar dalam proses pencerahan kulit. Maka tidak heran jika berbagai jenis produk perawatan kecantikan sering memanfaatkan ekstrak lemon untuk mencerahkan kulit. Kali ini, kita juga akan memanfaatkan lemon untuk mengatasi kulit belang. Caranya sangat mudah. Cukup potong lemon menjadi dua bagian atau lebih. Gosokkan potongan lemon tersebut pada bagian kulit yang belang. Kandungan vitamin C pada lemon secara efektif akan mencerahkan bagian kulit yang berwarna gelap sehingga mengikuti bagian kulit yang berwarna cerah. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah , Manfaat Lemon Untuk Rambut)

sponsored links

6. Tomat

Selain lemon, tomat juga menjadi salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, vitamin C sangat efektif untuk mengatasi permasalahan kulit gelap dan belang. Untuk mengatasi masalah kulit belang menggunakan tomat, Anda cukup menghaluskan tomat menjadi berbentuk jus. Setelah itu, oleskan jus tomat tersebut pada bagian kulit yang belang. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. (Baca Juga: Manfaat Tomat untuk Kulit)

7. Kentang

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kulit belang selanjutnya adalah kentang. Kentang sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat sop. Namun kali ini kita akan memanfaatkan ketang untuk mencerahkan kulit gelap sekaligus untuk mengatasi permasalahan kulit belang. Caranya cukup mudah. Cukup siapkan kentang 1 bah kemudian cuci dan kupas. Haluskan hingga berbentuk seperti pasta. Gunakan pasta kentang tersebut sebagai lulur pada bgain kulit yang belang. Kandungan vitamin C dalam kentang berguna untuk mencerahkan bagian kulit yang gelap. Selain itu, proses luluran menggunakan kentang juga efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

8. Bubuk Kunyit

Kunyit sejak lama telah dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan herbal. Kandungan vitamin C dalam kunyit juga tergolong cukup tinggi. Selain itu, kunyit juga mengandung bahan aktif yang bersifat anti inflamasi. Karena itulah kunyit juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri saat haid. Namun, kali ini kita akan memanfaatkan kunyit untuk mengatasi kulit belang. Caranya cukup mudah. Anda cukup menyediakan bubuk kunyit dan air perasan jeruk lemon. Campurkan kedua jenis bahan tersebut hingga menjadi bentuk pasta. Kemudian oleskan pasta kunyit tersebut pada kulit yang belang. Diamkan selama 20 hingga 30 menit kemudian bersihkan menggunakan air dingin. (Baca Juga: Manfaat Kentang Untuk Kulit Wajah , Manfaat Masker Kunyit untuk Wajah)

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kulit belang. Jika warna kulit Anda sudah tidak belang, maka langkah selanjutnya adalah melakukan tindakan pencegahan agar kulit tidak kembali belang. Usahakan agar Anda mengurangi aktivitas di bawah sinar matahari setelah jam 9 pagi. Jika aktivitas Anda mengharuskan untuk berada di bawah sinar matahari maka gunakanlah celana panjang atau rok panjang serta baju dengan lengan panjang. Anda juga bisa mengoleskan tabir surya ke bagian kulit yang tidak tertutupi pakaian.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Sunday 09th, October 2016 / 23:15 Oleh :
Kategori : Kulit