Sponsors Link

26 Cara Menghilangkan Kutil Dengan Cepat Paling Efektif

Sponsored Links

Kutil merupakan sebuah kondisi penyakit kulit yang biasanya tidaklah terlalu diperhatikan. Kalaupun seseorang menyadari adanya kutil pada kulitnya, justru hanya akan diabaikan karena dianggap sebagai tumor jinak oleh medis. Meski tak membahayakan kesehatan, cukup risih juga tentunya bila pada permukaan kulit muncul kutil yang ukurannya pun dapat berbeda-beda.

Kutil sendiri adalah hal yang dapat dialami oleh siapapun tanpa memandang usia, karena dari anak-anak sampai orang dewasa berpotensi mengalaminya. Ada banyak pemicu kutil dan salah satunya adalah virus di mana pemicu ini adalah yang paling umum. Bila Anda adalah tipe orang yang terganggu dengan adanya kutil, cara menghilangkan kutil di bawah ini bisa langsung dicoba.

(Baca juga: cara menghilangkan noda hitam di wajah)

1. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau yang juga banyak dikenal dengan sebutan tea tree oil sudah sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Jadi, tak ada salahnya bila Anda mencobanya untuk mengobati kutil Anda karena efeknya sama dengan ketika menghilangkan panu.

  • Caranya: Hilangkan kutil yang kiranya mengganggu dengan menyediakan minyak pohon teh secukupnya saja, lalu celupkanlah kapas bersih pada larutan tersebut. Tempelkan pada area kutil dan tutup dengan plester. Anda bisa melakukan pengobatan dengan cara ini sehari 2 kali secara rutin dan hasilnya akan kelihatan setidaknya dalam 3 minggu penggunaan minyak ini.

2. Memakai Kentang

Manfaat kentang untuk kulit wajah begitu besar, jadi adalah keputusan yang tepat bila Anda memakai kentang untuk mengatasi masalah kutil. Kentang tak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, tapi juga memberikan efek positif bagi kulit dan menjaga kesehatannya.

  • Caranya: Kentang perlu Anda lumatkan lebih dulu hingga halus; gunakan blender supaya lebih gampang. Ketika bentuknya sudah hampir mirip bubur atau pasta, oleskanlah ke bagian permukaan kulit yang terkena kutil. Tunggulah sekitar 20 menit supaya khasiatnya meresap, barulah basuh untuk membersihkannya. Melakukannya paling tidak 2 minggu setiap hari akan membuat kutil mengempis secara berangsur, asalkan pengobatan ini dilakukan benar-benar rutin.

(Baca juga: manfaat lidah buaya untuk kulit wajah)

3. Memanfaatkan Lidah Buaya

Seperti yang sudah khalayak ketahui, lidah buaya merupakan tanaman multifungsi yang bisa dikonsumsi maupun digunakan sebagai bahan perawatan kulit serta rambut. Untuk menghilangkan kutil, Anda juga dapat memanfaatkan lidah buaya sehingga nantinya kutil akan mengempis tanpa efek samping.

  • Caranya: Sediakan 1-2 batang lidah buaya, lalu ambil getahnya dengan cara memotong-motong batangnya menjadi beberapa bagian. Getah atau lendir inilah yang bisa Anda gunakan untuk dioles ke bagian kulit berkutil. Biarkan sampai kering sebelum menggunakan air hangat untuk membilasnya sampai bersih. Supaya maksimal hasilnya, Anda dapat melakukan cara ini sehari 3 kali kira-kira 1 bulan agar kutil dapat mengempis dan hilang.

4. Menggunakan Bawang Putih

Karena bersifat antibakteri, antijamur dan antiviral, bawang putih akan membantu Anda melawan segala bentuk infeksi kulit. Untuk kulit berkutil, Anda selalu dapat mengandalkan bawang putih walaupun memang aromanya tak begitu menjadi favorit kebanyakan orang.

  • Caranya: Sediakan 1 siung bawang putih untuk kemudian dilumatkan setelah dikupas dan dibersihkan. Hasil lumatan dapat dioles secara merata ke area kulit berkutil dan tutuplah dengan perban atau plester. Tinggalkan selama 20 menit barulah Anda kemudian membasuh area tersebut. Selama seminggu, lakukan perawatan atau pengobatan ini setiap hari 2 kali sehari, namun untuk kutil yang ukurannya lebih besar akan lebih lama hilangnya.

(Baca juga: cara merawat kuku dengan bawang putih)

sponsored links

5. Daun Baru Cina

Demi kutil cepat hilang, Anda juga bisa memanfaatkan daun baru cina yang memang belum terlalu familiar bagi kebanyakan orang. Daun tanaman ini berkhasiat tinggi dengan zat-zat yang mampu bereaksi untuk melawan kutil tanpa menyebabkan adanya efek samping berbahaya bagi kulit.

  • Caranya: Sediakan daun baru cina sebanyak 10 gram yang kemudian bisa Anda cuci lebih dulu, baru setelah itu Anda tumbuk hingga lembut. Hasil tumbukan yang halus tersebut bisa Anda tempelkan pada bagian kulit berkutil, tunggulah kira-kira 15 menit. Bersihkanlah area tersebut setelah 15 menit. 3-4 kali sehari adalah pemakaian yang dianjurkan dan akan lebih maksimal bila dilakukan selama 1 bulan hingga kutil mengempis.

6. Memakai Baking Soda

Selain dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat di wajah, baking soda adalah bahan alami yang mampu mengusir kutil. Berkandungan sifat anti inflamasi dan antiseptik, baking soda menjadi lebih terpercaya dalam mengatasi kutil.

  • Caranya: Sediakan baking soda sebanyak 1 sendok teh yang dicampur dengan cuka putih dengan takaran yang sama. Buatlah pasta kental dari campuran tersebut, lalu pasta bisa dioles secukupnya pada area berkutil sehari 2 kali, yaitu pagi dan malam. Atau, campurkan baking soda dengan minyak jarak di mana pasta ini juga bisa Anda aplikasikan langsung ke kulit berkutil dan diamkan semalaman dengan ditutup perban, baru esoknya Anda bilas.

(Baca juga: cara menghilangkan bekas luka)

7. Menggunakan Daun Mahkota Dewa

Mungkin kebanyakan orang lebih familiar dengan kegunaan buah mahkota dewa ketimbang bagian daunnya. Namun rupanya ada banyak manfaat yang juga ditawarkan oleh daun mahkota dewa ini, termasuk cara menghilangkan kutil secara sempurna.

  • Caranya: Sediakan daun mahkota dewa sebanyak 5 lembar yang bisa Anda cuci bersih lebih dulu. Daun ini kemudian dapat Anda lumatkan sampai benar-benar halus dan balurkanlah ke area berkutil. Gunakan kain kasa untuk menutupnya, tinggalkan selama 1 jam sebelum kemudian dibuka kembali. Lakukanlah sehari 2 kali, yakni pagi dan sore; melakukannya setiap hari akan menghilangkan kutil sampai tuntas.

8. Memakai Cuka Sari Apel

Bahan alami yang kerap dimanfaatkan sebagai penurun kadar kolesterol tinggi ini ternyata juga berguna ketika mengatasi masalah kulit seperti kutil. Ini berkat adanya kandungan antiviral, antijamur, serta antibakteri.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel secukupnya yang bisa dicampurkan pada air sedikit. Solusi ini bisa langsung Anda aplikasikan pada kulit yang terkena kutil menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam larutan. Setelah dioles, area kulit tersebut bisa Anda tutup atau balut memakai kain kasa. Selama beberapa minggu, gunakan cara sederhana ini asalkan dilakukan rutin setiap hari. Kutil akan berubah warna menjadi gelap, tapi jangan khawatir karena setelah itu akan memudar secara tuntas.

(Baca juga: cara menghilangkan bintik hitam di wajah)

9. Menggunakan Getah Pepaya

Kebanyakan orang akan lebih mengetahui manfaat dari daun pepaya, namun tidak begitu familiar dengan khasiat dari getah pepaya. Kali ini ada kabar gembira, yaitu getah pepaya bisa digunakan sebagai penghilang kutil secara alami tanpa adanya efek samping.

  • Caranya: Dari pohon atau buah pepaya langsung, ambil getahnya, lalu oles secara menyeluruh pada kulit yang berkutil. Ketika mengoleskannya, Anda bisa sekaligus menekannya sedikit supaya teresap sempurna. Tunggulah kira-kira 15 menit sebelum kemudian Anda dapat membilasnya menggunakan air hangat. Untuk hasil terbaik, Anda perlu melakukannya serutin mungkin dalam beberapa minggu demi melihat efeknya.

10. Memanfaatkan Kulit Pisang

Mungkin ada banyak orang yang akan memanfaatkan buah pisang dari pada kulitnya karena manfaat pisang untuk kulit wajah pun sudah terbukti baik. Namun yang perlu Anda ketahui di sini adalah bahwa kulit pisang pun dapat menjadi penghilang kutil yang efektif dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi.

  • Caranya: Gunakan selembar kulit pisang yang bisa Anda potong, disesuaikan dengan ukuran dan banyaknya kutil pada area kulit Anda. Tempelkan dengan menggunakan plester luka, dan lakukanlah perawatan ini setiap hendak berangkat tidur di malam hari untuk meninggalkannya semalaman. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menggunakan kulit pisang hijau daripada kulit pisang matang.

(Baca juga: manfaat pisang untuk rambut)

11. Menggunakan Biji Jali

Untuk menghilangkan kutil, biji jali dapat menjadi alternatif pilihan juga. Merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari suku padi, dan paling umum dijumpai di daerah Jawa Timur, bahan ini ternyata berkhasiat tinggi untuk membersihkan kulit dari kutil.

  • Caranya: Sediakan biji jali secukupnya, pastikan bahwa biji tersebut sudah Anda keringkan. Rebus bersama dengan air sebanyak 6 gelas. Didihkan hingga berkurang menjadi sebanyak 2 gelas air. Sesudah dingin, minumlah air rebusan tersebut dan lakukan sehari 2 kali dengan banyak 1 gelas masing-masing setiap kali minum. Inilah cara untuk mengatasi kutil sampai tuntas asalkan dilakukan setiap hari.

12. Memakai Bawang Merah

Selain dari bawang putih, bawang merah pun menjadi bahan alami penghilang kutil. Bawang merah tak hanya bisa digunakan sebagai penyedap masakan karena berbagai masalah kulit pun juga dapat diatasi olehnya dengan cara sederhana.

  • Caranya: Sediakan sesiung bawang merah yang bisa Anda iris-iris, dan irisan tersebut dapat Anda rendam di dalam cuka selama kurang lebih 3 menit. Selesai direndam, Anda dapat menempelkan irisan bawang merah pada kulit berkutil. Tunggulah sambil menutupnya dengan kapas, lalu diplester. Penggunaan cara ini secara rutin setiap hari sehari 2 kali akan menghilangkan kutil secara sempurna.

(Baca juga: manfaat bawang merah untuk alis)

13. Menggunakan Getah Pohon Awar-awar

Satu lagi bahan tradisional yang bisa dimanfaatkan ketika muncul kutil pada permukaan kulit, yakni getah pohon awar-awar. Jika Anda termasuk familiar dengan tanaman ini, Anda dapat menggunakannya sampai kutil mengecil dan makin mengempis sampai akhirnya hilang.

  • Caranya: Ambil batang muda dari pohon awar-awar, lalu patahkanlah demi mendapatkan getahnya. Bila batang pohonnya cukup sulit untuk dipatahkan, Anda dapat menggunakan getah yang diambil dari daun awar-awar. Getah yang sudah diambil dapat langsung Anda oles pada bagian kulit berkutil, dan jangan lupa sambil dioles bisa juga Anda menekan-nekannya. Diamkan lebih dulu hingga getah mengering, lalu bilaslah. Dalam sehari, lakukan perawatan ini 2 kali, yakni pagi dan sore sampai kutil hilang.

sponsored links

14. Memakai Kapur Sirih

Ada lagi bahan ampuh alami yang bisa Anda andalkan dalam mengusir kutil, yaitu kapur sirih di mana memang telah sangat dipercaya dapat mengatasi masalah-masalah kesehatan. Dengan sifat antibakterinya, kapur sirih akan bekerja aktif menghilangkan kutil sampai benar-benar pudar.

  • Caranya: Sediakan kapur sirih secukupnya yang bisa Anda coba campurkan bersama dengan deterjen sampai merata. Setelah pasta jadi, oles ke bagian kulit berkutil yang lalu Anda diamkan selama beberapa jam. Ketika sudah kering, langsung bilas dengan air; melakukannya sehari sekali setiap hari akan membuat kutil cepat hilang, namun waspadai efek kerasnya.

(Baca juga: manfaat sirih untuk alis)

15. Menggunakan Daun Kemangi

Mengandung sifat anti inflamasi dan antibakteri, daun kemangi pun dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang kutil alami. Asalkan dilakukan secara rutin, ada perkembangan cepat yang bakal didapat oleh pemakainya.

  • Caranya: Ambil beberapa lembar daun kemangi segar dan lumatkan setelah dicuci. Hasil lumatan halus tersebut dapat Anda gosok-gosokan pada kutil dan tinggalkan lumatan daun kemangi di sana lalu balut dengan kain kasa. Proses ini perlu dilakukan sehari 2 kali setiap harinya supaya kutil cepat hilang.

16. Memakai Air Garam

Kandungan abrasif pada garam adalah hal terbaik karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada area dekat kutil. Untuk mengobati dan menghilangkan kutil, garam juga bisa digunakan, apalagi dengan mengombinasikannya dengan batu apung.

  • Caranya: Rendam area kulit berkutil pada larutan garam serta air hangat selama 10 menit, lalu batu apung dapat Anda pakai untuk diusap-usap ke kulit hingga kutil mengelupas. Memang proses ini cukup tidak nyaman, namun Anda kemudian dapat melanjutkan dengan menekan kutil menggunakan kapas selama 10 menit, barulah area tersebut Anda bersihkan. Area kulit berkutil tersebut bisa ditutup menggunakan plester, dan plester ini perlu diganti secara teratur hingga kutil sembuh.

17. Memanfaatkan Jus Nanas

Bila Anda mencari cara menghilangkan kutil secara alami, jus nanas bisa diandalkan karena mengandung sifat antibiotik tinggi. Oleh karena itulah, bila Anda ingin merasakan sendiri bagaimana efektifnya jus nanas ini, silakan Anda buat ramuan sederhana ini.

  • Caranya: Sediakan jus nanas secukupnya, lalu bagian kulit yang ada kutilnya dapat Anda rendam selama kira-kira setengah jam. Melakukan perawatan ini secara rutin akan membuahkan hasil yang sangat optimal, khususnya bila dilakukan serutin mungkin.

(Baca juga: cara menghilangkan tompel secara alami)

Cara Lain Menghilangkan Kutil

Selain dari cara alami dengan bahan-bahan natural di atas, ada juga cara-cara lain yang bisa Anda pertimbangkan. Di bawah ini adalah sejumlah cara alternatif yang bisa Anda coba.

  1. Imiquimod (obat berbentuk krim).
  2. Veregen
  3. Imunoterapi
  4. Pemotongan kutil (hanya dilakukan oleh para ahli medis).
  5. Pembakaran kutil (bisa dilakukan oleh dokter maupun individu).
  6. Nitrogen cair.
  7. Cantharidin
  8. Lakban
  9. Asam salisilat

(Baca juga: prosedur chemical peeling)

Itulah 26 cara menghilangkan kutil secara ampuh dan cepat yang bisa Anda pertimbangkan. Berhasil atau tidak, tentu itu kembali lagi kepada kesabaran dan niat Anda dalam menghilangkan kutil.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 22nd, September 2016 / 13:40 Oleh :
Kategori : Kulit