Sponsors Link

16 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami Super Ampuh

Sponsors Link

Kutil dalam istilah medis disebut Papilloma, karena penyebabnya adalah virus HPV atau Human Papilloma Virus. Kutil berupa penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan, sebagian besar digolongkan dalam sejenis tumor jinak yang tidak bersifat kanker atau tidak bersifat ganas. Virus ini menyerang lapisan kulit dan membuat produksi keratin dan protein keras menjadi berlebihan dari jumlah yang diperlukan oleh tubuh. Terjadinya infeksi juga turut memperparah kondisi kutil ini. Sebagian besar kutil tidak terasa sakit. Bentuknya bisa berdiameter antara 0,1-1 cm dan terletak di berbagai bagian tubuh, menonjol dari kulit.

ads

Jenis Kutil

Kutil digolongkan dalam empat kelompok umum oleh para ahli yaitu :

  • Common Warts – Yaitu jenis kutil yang permukaannya kasar, jika diraba teksturnya berupa benjolan yang menebal. Biasa disebut papula atau plak. Kutil jenis ini biasanya terdapat di buku jari, jari tangan, siku atau lutut. Terkadang juga mempunyai bintik – bintik kecil gelap yang terbentuk dari pembuluh darah yang beku.
  • Verrucas – Kutil jenis ini biasa terdapat di telapak kaki, tumit atau jari kaki. Biasanya tumbuh ke dalam kulit akibat tekanan telapak kaki dan karena itu kutil jenis ini bisa terasa agak sakit. Bentuknya memiliki titik hitam di tengah dengan warna putih yang mengeras di sekelilingnya.
  • Plane Warts – Jenis kutil ini berbentuk bulat, datar dan permukaannya mulus. Warnanya bisa kekuninga, coklat atau menyasuaikan dengan warna kulit penderita.
  • Filliform Warts – Kutil jenis ini bentuknya panjang, biasa terdapat di kelopak mata, leher dan ketiak.

Walaupun tergolong tidak berbahaya, tetap saja keberadaan kutil di kulit ini mengganggu kenyamanan dan penampilan. Meskipun dalam kasus yang umum, kutil bisa dibiarkan membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun rasanya lebih baik jika menggunakan cara – cara alami untuk menghilangkannya secara lebih cepat dan aman.

1. Pohon Awar -Awar

Pohon ini banyak terdapat di kebun, merupakan tumbuhan perdu atau semak yang tingginya bisa mencapai 1,5 hingga 5 meter. Daunnya mirip dengan daun pohon nangka. Batangnya bengkok – bengkok dan bergetah bening. Getahnya sangat baik untuk mengobati kutil, herpes, sakit kepala, bisul dan lain – lain. Caranya dengan mengambil daun awar – awar yang masih melekat di batangnya agar getah yang terletak di pangkal pokok daunnya tidak mengering. Oleskan getah secukupnya ke permukaan kutil. Lakukan secara rutin hingga kutil sembuh.

2. Air Cuka

Teteskan sedikit air cuka pada kapas secukupnya kemudian dioleskan ke permukaan kutil. Ulangi setiap hari selama tiga sampai empat minggu. Perawatan dengan menggunakan cuka ini biasanya akan terasa perih namun efektif untuk mengangkat kutil hingga ke akarnya. Selain untuk kulit, manfaat cuka untuk rambut juga sangat baik untuk membersihkan rambut dari ketombe dan juga kutu rambut. Selain cuka putih, manfaat cuka apel untuk rambut juga bagus untuk masalah rambut kering, kusam dan berketombe.

Sponsors Link

3. Bawang Putih

Tumbuk satu siung bawang putih hingga halus, lalu dioleskan ke permukaan kutil, tutup dengan plester. Ulangi terus hingga kutil hilang, dan jangan lupa juga untuk rajin mengganti plester. Perawatan menggunakan bawang putih ini efeknya akan terasa panas pada kulit tetapi lama kelamaan kulit yang diolesi bawang putih akan melembut. Itu adalah pertanda bahwa kutil sudah mulai sembuh. Tidak hanya menjadi cara untuk merawat kutil, ada juga cara merawat kuku dengan bawang putih. Bawang putih menjadi salah satu cara merawat kuku agar tidak kuning dan bersih serta bisa juga menjadi cara memanjangkan kuku dengan cepat.

4. Getah Pepaya

Manfaat masker pepaya bagi kulit dan manfaat pepaya untuk rambut telah lazim diketahui. Namun pepaya juga bisa dijadikan bahan untuk cara menghilangkan kutil secara alami. Ambil getah pepaya secukupnya saja lalu oleskan ke kulit yang berkutil. Ulangi sampai kutil sembuh dan hilang.

5. Kulit Pisang

Kulit pisang yang biasanya langsung dibuang setelah buahnya dimakan ternyata mempunyai manfaat untuk menyembuhkan kutil. Kulit pisang bagian dalam bisa juga menjadi obat tradisional untuk masalah kutil. Caranya kerok kulit pisang bagian dalam menggunakan sendok, lalu lumatkan hingga halus. Oleskan ke bagian kulit yang ditumbuhi kutil hingga kering. Lakukan cara ini sampai kutil hilang. Untuk buah pisangnya sendiri, manfaat pisang untuk rambut adalah sebagai salah satu cara melembutkan rambut yang kasar. Sedangkan manfaat pisang untuk kulit adalah sebagai cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami.

6. Minyak Kastor dan Baking Powder

Campuran minyak kastor dan baking powder dapat merawat kulit yang terkena kutil. Campurkan dalam jumlah yang sama secukupnya saja, lalu oleskan dengan kapas atau cotton bud ke permukaan kutil. Campuran ini dapat menyebabkan iritasi sehingga kulit menjadi terkelupas. Cocok digunakan untuk kutil berbentuk datar di punggung tangan atau wajah. Minyak kastor juga digunakan sebagai salah satu cara menebalkan bulu mata.

7. Minyak Pohon Teh

Minyak dengan warna hijau kekuningan ini dihasilkan dari pohon yang tumbuh di Australia. Oleskan minyak pohon teh ke permukaan kutil dan ulangi sampai kutil telah sembuh. Untuk air tehnya sendiri, manfaat air teh untuk wajah dapat Anda coba antara lain untuk mengatasi mata panda, wajah terbakar matahari, dan lainnya.

8. Irisan Lemon

Jeruk lemon sangat banyak manfaatnya. Antara lain ada manfaat jeruk lemon untuk wajah dan manfaat lemon untuk rambut. Taruh irisan lemon secukupnya diatas kutil lalu tutup dengan plester, setelah beberapa saat buka dan bersihkan. Lakukan terus hingga kutil mulai sembuh dan hilang.

9. Daun Kemangi

Daun yang biasa dimakan sebagai lalapan atau bumbu masakan ini mempunyai aroma wangi yang khas. Untuk mengatasi kutil, remas sejumlah daun kemangi segar dan taruh remasannya ke atas kulit yang berkutil. Tutup dengan plester untuk beberapa saat, kemudian bersihkan. Cara ini bisa diulangi sampai kulit yang ditumbuhi kutil menunjukkan tanda – tanda kesembuhan. kasiat daun lainnya yang bisa anda coba yaitu: manfaat daun pandan untuk wajah, manfaat daun kemuning untuk wajah, manfaat daun jambu biji untuk wajah, dan manfaat sirih untuk perawatan alis.

10. Minyak zaitun dan wortel

Manfaat wortel untuk kulit sebagai sayuran yang mengandung banyak vitamin A diketahui sangat baik sebagai cara mencegah penuaan dini pada kulit. Sedangkan manfaat minyak zaitun untuk rambut anak juga telah sering digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut anak. Campur minyak zaitun dan wortel secukupnya hingga menjadi pasta lalu balurkan ke kulit yang terkena kutil, biarkan antara 15-30 menit. Lalu cuci bersih setelahnya.

11. Nanas

Ya, buah nanas ternyata juga bisa dijadikan bahan untuk cara menghilangkan kutil secara alami. Buatlah jus nana secukupnya, lalu rendam bagian kulit yang ditumbuhi kutil tersebut selama beberapa saat, cara ini dapat anda ulangi sampai kutil tersebut menghilang dan kulit kembali mulus.

12. Kentang

ads
Tidak hanya manfaat kentang untuk kulit wajah yang antara lain menjadi cara menghilangkan kantung mata yang kendur dan cara alami menghilangkan mata panda, kentang juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kutil. Caranya dengan membuat jus kentang secukupnya, lalu oleskan jus tersebut ke permukaan kulit yang ditumbuhi kutil. Biarkan selama kurang lebih 20 menit lalu bilas dengan air hingga benar – benar bersih.

13. Lidah Buaya

Manfaat aloe vera untuk rambut sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe diperoleh dari bagian gel tanaman ini, sedangkan bagian dari lidah buaya yang mempunyai khasiat melenyapkan kutil adalah getahnya. Caranya cukup dengan mengoleskan getah tersebut ke permukaan kutil secara berulang sampai kutil tersebut sembuh.

14. Bawang Merah

Selain bawang putih, ternyata bawang merah juga bisa dipakai untuk mengatasi kutil. Caranya dengan menghaluskan bawang merah secukupnya dan ditempelkan ke bagian kulit yang ditumbuhi kutil. tutup dengan perban atau plester bila perlu untuk beberapa saat, kemudian bersihkan dengan baik. Ada pula manfaat bawang merah untuk alis yang berguna untuk perawatan alis agar tumbuh semakin indah. Untuk perawatan alis selain bawang merah, manfaat baby oil untuk alis dan manfaat tomat untuk alis juga bisa dicoba.

15. Daun Dewa

Tanaman ini berasal dari Cina dan Myanmar, berkhasiat mengobati tumor dan kanker. Cara pemakaiannya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun hingga halus lalu dioleskan ke bagianyang berkutil. Tutup dengan perban atau plester selama beberapa waktu, lalu bersihkan sebelum dipakai kembali, dan ganti perban atau plester tersebut. Lakukan sampai kutil sembuh.

16. Biji Jali

Jali adalah sejenis tumbuhan biji – bijian yang berasal dari Asia Timur dan Malaya. Beberapa varietas bisa dimakan dan dijadikan obat. Ambil sekitar 15-60 gram biji jali kering lalu direbus dengan 6 gelas air. Bagi menjadi dua gelas dan tunggu hingga dingin. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari.

Kutil dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita atau dengan benda yang telah terkontaminasi dengan virus karena terkena kontak dengan penderita pula. Misalnya sepatu, kaus kaki, handuk, pisau cukur, gunting kuku, pakaian dan lainnya. Untuk diperhatikan, ada beberapa hal yang harus dihindari agar tidak membuat kutil yang diderita semakin parah atau untuk menghindari tertular virus HPV, yaitu:

  • Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh yang kuat akan meningkatkan pula kemampuan kita untuk menolak serangan berbagai jenis penyakit, termasuk dari serangan virus HPV yang menjadi penyebab kutil. Agar tubuh selalu sehat dan memiliki daya tahan yang baik, kita harus membiasakan diri berolahraga, memakan sayur dan buah, menghindari rokok, tidur larut, serta menghindari berbagai macam kebiasaan tidak sehat lainnya.

  • Jangan Digaruk

Hindari menggaruk atau mencongkel kutil karena efeknya bisa menjadi berbahaya. Upaya menggaruk atau mencongkelnya bisa menyebabkan infeksi yang akan membuat kondisi kutil makin parah, yang kelak akan sulit ditangani dengan pengobatan sederhana.

Jika beberapa usaha pengobatan dengan menggunakan bahan alami belum membuahkan hasil yang memuaskan, sangat disarankan agar Anda melanjutkan berkonsultasi dengan dokter ahli. Walaupun secara umum kutil ini tidak berbahaya, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya resiko bahaya yang dapat timbul. Yang perlu diwaspadai adalah jika kutil sampai menyebar ke bagian tubuh yang lain, mulai terasa sakit, bahkan hingga menimbulkan perdarahan. Bisa jadi itu adalah tanda dari penyakit yang lebih serius.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Monday 18th, July 2016 / 05:45 Oleh :
Kategori : Kulit