Sponsors Link

13 Cara Merawat Kulit Kering dan Bersisik Secara Rutin

Sponsors Link

Kulit kering bisa tampak bersisik, pecah – pecah, dan juga warna kulit tidak merata. Bahkan akan terasa kasar jika disentuh. Selain itu, kulit wajah yang kering juga dapat mempengaruhi rona wajah Anda secara keseluruhan dan juga pada akhirnya akan mengakibatkan make up Anda juga tidak akan tampak maksimal hasilnya. Hal ini akan menjadi semakin buruk apabila kulit kering tersebut mulai bersisik. Kulit kering dan bersisik terutama akan terlihat pada tangan dan kaki, serta membuat penampilan jadi kurang enak dilihat. Selain itu, penyebab kulit cepat keriput bisa berasal dari kondisi kulit kering yang tidak dirawat.

ads

Penyebab kulit kering bisa bervariasi. Sebagian besar disebabkan karena kondisi kulit yang memang diturunkan secara genetis, sehingga kulit Anda memang sudah kering secara alami. Penyebab lainnya secara umum,  kondisi kulit yang kering terjadi pada saat musim dingin. Udara dingin dan kering juga akan menyedot kelembaban dari kulit yang semula halus dan lembut. Penyeban lainnya adalah proses penuaan, kekurangan nutrisi, atau kelainan genetik dan penyakit tertentu. Sebagian besar kondisi kulit kering tidak membutuhkan pengobatan dokter untuk mengatasinya, melainkan cukup dengan melakukan pengobatan sendiri menggunakan perawatan sehari – hari atau dengan menggunakan bahan alami.

Bahan alami Untuk Kulit Kering

Cara mengatasi kulit kering pada wajah ada banyak macamnya. salah satunya dengan bahan alami. Keuntungan dari menggunakan bahan alami adalah biaya yang lebih murah dan resikonya tidak sebesar jika Anda menggunakan perawatan dengan bahan kimia apabila tidak cocok dengan kondisi kulit. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dijadikan perawatan kulit kering:

1. Minyak Zaitun

Dalam minyak zaitun terkandung banyak antioksidan dan asam lemak yang sehat untuk kulit di seluruh tubuh sehingga menjadi lembut dan lembab alami. Juga bisa menjadi pelembab untuk kulit kering dan kusam. Cara menggunakan minyak zaitun untuk kulit kering yaitu:

  • Campurkan sedikit minyak zaitun ke dalam pelembab kulit yang biasa Anda pakai.
  • Sekitar setengah jam sebelum mandi, oleskan minyak zaitun ke kulit tubuh Anda dan pijat perlahan. Kemudian gunakan pelembab berbahan ringan setelah mandi.
  • Campurkan dua sendok makan minyak zaitun, empat sendok makan bubuk gula merah, dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke kulit tubuh dengan perlahan dan gerakan melingkar selama beberapa menit, lalu mandi dan gunakan pelembab setelahnya.

2. Krim Susu

Asam laktat dalam krim susu dapat membantu mengelupas kulit kering. Sifat alami krim susu yang melembutkan juga membantu mempertahankan tingkat PH dalam kulit. Selain itu krim susu juga merupakan pelembab yang sangat baik untuk kulit. Cara menggunakan krim susu untuk kulit kering adalah:

  • Campur beberapa tetes air lemon, satu sendok teh susu dan dua sendok teh krim susu. Gosokkan ke tangan dan kaki Anda. Biarkan beberapa saat sebelum mandi. Lakukan ini sehari sekali setiap hari.
  • Tambahkan krim susu secukupnya ke dalam tiga atau empat sendok makan tepung gram sampai menjadi pasta yang tebal. Oleskan pasta tersebut ke wajah, tangan dan kaki lalu biarkan selama lima belas menit. Cuci dengan air hangat, lakukan perawatan ini sehari sekali setiap hari.

3. Susu

Susu memiliki manfaat anti inflamasi dan melembutkan yang dapat menyingkirkan kulit kering dan bersisik. Selain itu, asam laktat dalam susu dapat mengelupas sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit dalam menahan kelembabannya dan mencerahkan rona wajah Anda. Cara merawat kulit kering dengan susu adalah:

  • Rendam sebuah waslap bersih ke dalam susu dingin dan tempelkan waslap tersebut ke kulit yang kering selama beberapa menit. Bilas dengan lembut menggunakan waslap lain yang direndam ke dalam air hangat. Dengan cara ini kelembaban alami akan tetap bertahan pada kulit Anda. Lakukan ini setiap hari.
  • Tambahkan beberapa tetes air mawar ke dalam beberapa sendok makan susu. Gosokkan campuran ini ke seluruh badan Anda. biarkan selama sepuluh menit dan bilas tubuh dengan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan dua kali sehari.

Manfaat susu untuk kulit adalah juga sebagai pelembab wajah untuk kulit kering . Ada pula manfaat susu kedelai untuk kulit selain manfaat susu sapi yang bisa digunakan.

ads

4. Madu

Madu seringkali dianggap sebagai salah satu pelembab alami yang mengandung anti oksidan serta anti mikroba. Manfaat madu untuk kulit juga membantu menjaga kelembaban pada kulit sehingga tetap halus dan lembut dengan menggunakan manfaat madu untuk masker wajah. Juga mengandung berbagai vitamin serta mineral esensial yang baik untuk kesehatan kulit. Cara menggunakan madu untuk kulit kering yaitu:

  • Sebelum mandi, gosokkan madu ke seluruh tubuh dan biarkan selama lima sampai sepuluh menit. Ulangi setiap hari untuk mendaptkan kulit yang lembab alami.
  • Campur dengan jumlah yang sama madu murni, lilin lebah dan minyak zaitun. Lelehkan lilin lebah dalam panci kecil dengan api kecil. Angkat dari kompor dan campurkan madu serta minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke seluruh tubuh dan biarkan selama sepuluh menit, lalu mandi. Ulangi setiap hari.

5. Yogurt

Yogurt adalah bahan pelembab kulit yang sangat baik. Selain itu mengandung antioksidan dan anti radang yang bisa menenangkan kulit kering, bersisik dan gatal. Cara menggunakan yogurt untuk kulit kering dan bersisik yaitu:

  • Tuangkan yogurt segar ke tangan, wajah dan kaki lalu pijat dengan lembut. Biarkan sekitar sepuluh menit dan mandi . Manfaat eksfoliasi dari yogurt akan mengelupas kulit kering dan membuat kulit menjadi segar. Lakukan perawatan ini sekali sehari.
  • Ambil setengah mangkuk yogurt dan tiga sendok makan pepaya yang sudah dihancurkan. Tambahkan beberapa tetes air lemon dan madu. Oleskan ke kulit dan biarkan selama sepuluh menit. Cuci dengan air dingin. Lakukan perawatan ini sekali seminggu saja.

Yogurt juga sering digunakan sebagai masker untuk kulit kering dan flek hitam sehingga juga bisa menjadi cara mengatasi kulit kering dan bersisik.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk cara merawat kulit kering karena banyaknya kandungan asam lemak yang bisa menggantikan kelembaban kulit yang hilang. SElain itu, ada juga manfaat minyak kelapa untuk rambut. Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi kulit kering dan bersisik yaitu:

  • Gosokkan minyak kelapa hangat ke seluruh tubuh sebelum tidur malam. Bersihkan ketika mandi pagi. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk memastikan kulit Anda halus dan lembut.
  • Pakai minyak kelapa pada kulit Anda yang kering dan bersisik setelah mandi. Ketika kulit masih hangat dan lembut sehabis mandi, minyak kelapa akan lebih mudah terserap. Hal ini bisa dilakukan setiap hari.

7. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak, vitamin dan antioksidan yang membantu memperbaiki kulit dari dalam. Kandungan vitamin A nya yang tinggi juga berperan dalam perawatan kulit dan perbaikan kondisi kulit menjadi lembut dan halus. Selain itu manfaat alpukat untuk kulit juga bisa menjadi cara mencegah penuaan dini. Cara menggunakan alpukat untuk merawat kulit yang kering dan bersisik yaitu:

  • Hancurkan daging buah alpukat sampai menjadi pasta yang lembut. Gosokkan pasta ke seluruh kulit yang kering. Biarkan selama sepuluh atau lima belas menit dan cuci dengan air dingin. Ulangi perawatan ini sekali sehari.
  • Hancurkan satu setengah buah alpukat matang dan campurkan satu setengah cup madu serta oleskan ke seluruh tubuh dan biarkan selama lima belas menit sebelum dibilas. Gunakan campuran ini satu atau dua kali seminggu, dan jangan melebihi jumlah tersebut.

8. Oatmeal

Anda juga bisa menggunakan oatmeal untuk melembabkan dan memulihkan kulit yang kering. Kandungan protein tinggi dalam oatmeal meninggalkan lapisan pelindung pada kulit Anda, yang mencegah kehilangan kandungan air dalam kulit dan membantu mempertahankan kelembaban. Selain itu, oatmeal juga memiliki kandungan anti inflamasi dan anti oksidan yang sangat baik untuk kondisi kulit secara keseluruhan. Cara menggunakan oatmeal untuk kulit kering yaitu:

  • Buatlah masker wajah dengan mencampurkan satu buah pisang matang yang dihancurkan dengan satu mangkuk butiran oatmeal dan tambahkan sedikit susu hangat. Oleskan ramuan ini dan biarkan selama 10-15 menit. Cuci dengan air hangat. Gunakan perawatan ini selama sekali seminggu.

Ada pula manfaat oatmeal untuk wajah sensitif, selain itu oatmeal dapat menjadi cara memutihkan kulit secara alami.

9. Minyak Almond

Minyak amond adalah sumber yang sangat bagus dari vitamin E,yaitu vitamin untuk kulit kering dan dianggap sebagai salah satu pelembab yang paling baik untuk kulit kering. Minyak almond juga sangat mudah menyerap di kulit karena tidak lengket sehingga menjadi cara mengatasi kulit wajah kering yang paling baik, begitu juga dengan bagian tubuh yang lainnya. Cara menggunakan minyak almond untuk mengatasi kulit kering adalah:

  • Hangatkan sedikit minyak almond dan gosokkan pada kulit tubuh sebelum mandi sambil dipijat sedikit. Ketika kulit masih lembab sehabis mandi, gunakan pelembab. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap almond, sebaiknya tidak menggunakan perawatan kulit kering dengan cara ini.

10. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah adalah untuk menenangkan kulit dan berfungsi sebagai anti jamur dan antiseptik bagi kulit yang dapat membantu mengatasi kulit kering, bersisik dan mencegah kulit mengelupas. Juga sebagai cara merawat kulit agar tidak kusam. Ramuan yang menggunakan lidah buaya dapat membentuk lapisan pelindung bagi kulit dan menjaga kulit dari segala bentuk masalah. Cara menggunakan lidah buaya untuk kulit kering dan bersisik adalah:

  • Kupas lidah buaya dan oleskan gelnya ke kulit Anda yang kering, biarkan selama sepuluh sampai lima belas menit. Cuci dengan air hangat, lakukan perawatan ini dua kali sehari.
Sponsors Link

Tips Perawatan Kulit Kering Sehari – hari

Selain menggunakan bahan alami, kulit yang kering dan bersisik juga dapat diatasi dengan beberapa tips berikut ini:

1. Temukan Pelembab yang Cocok

Masalah kulit kering bisa terjadi pada siapa saja. Jika Anda bisa menemukan pelembab yang sesuai dengan kulit kering Anda yaitu yang bisa membantu mengatasi masalah kekeringan kulit dan tidak membuat kulit menjadi semakin buruk kondisinya. Pelembab yang mengandung Gliserin dan Pertoleum Jelly sangat baik untuk mengatasi masalah kulit kering dan melenyapkan penyebab kulit kering dan kusam .

2. Ubah Kebiasaan Sehari – hari

Banyak hal bisa menjadi penyebab kulit kering dan bersisik, namun pada umumnya penyebabnya ada pada rutinitas harian Anda. Sangat mudah untuk memperburuk kondisi kulit bahkan tanpa menyadarinya. Penyebab apapun dari mulai sabun berbahan kasar, pemakaian air panas sampai ke kandungan kimia tertentu dalam kosmetik yang digunakan bisa mempengaruhi kondisi kulit Anda dengan menghilangkan kelembaban dan minyak alami kulit. Gunakan sabun yang ringan, atau produk yang mengandung bahan alami. Serta kurangi kebiasaan mandi dengan air panas.

3. Cegah Kulit Kering

Tidak hanya memerlukan pelembab yang sangat bagus, melindungi kulit dari faktor eksternal penyebab kulit kering juga sangat diperlukan. Misalnya, memakai sarung tangan saat  udara dingin, jaket, topi, scarf atau tabir surya. Menggunakan pelembab ber SPF juga salah satu langkah perlindungan kulit yang bisa dilakukan. Selain itu Anda juga bisa memilih bahan pakaian yang lebih lembut. Mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3, seperti ikan laut dan kenari.

Kulit yang sehat dan kenyal serta terjaga kelembabannya dengan baik bisa kita dapatkan jika memperhatikan perawatan kulit kita sehari – hari. Menggunakan cara perawatan yang tepat untuk mengatasi kulit kering, Anda bisa mempertahankan kelembaban sehingga bisa melindungi kulit dari penyebab kulit kering dan kusam serta bersisik. Anda harus melakukannya secara rutin dan telaten untuk kembali mendapatkan kulit yang halus dan mulus.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 07:00 Oleh :
Kategori : Kulit