Sponsors Link

19 Cara Merawat Kulit Sensitif Pada Pria dan Wanita

Sponsors Link

Pernak pernik penampilan wanita biasanya tidak jauh dari persoalan busana atau bermake up. Beragamnya produk kecantikan dan kosmetik sekarang ini yang menawarkan berbagai manfaat disertai kemasan yang menarik, pasti banyak kaum wanita yang tergoda ingin mencoba. Misalnya saja mencoba BB Cream sebagai pengganti foundation atau ingin merasakan khasiat olay total effect night cream. Tetapi sayangnya, setiap kali mencoba satu produk perawatan, reaksi yang muncul bukannya membuat wajah jadi semakin kinclong. Justru reaksi yang tidak diharapkan seperti jerawat atau kulit kemerahan langsung muncul pada wajah. Kondisi kulit yang tidak mendukung ini tentu membuat Anda tidak bisa leluasa mencoba khasiat suatu produk.

ads

Ciri Kulit Sensitif

Mengapa kulit wajah tidak tahan dengan beragam kosmetik? Bisa jadi karena kulit Anda adalah jenis yang sensitif. Kondisi ini bisa diketahui dari beberapa ciri berikut ini:

  • Kulit sangat peka terhadap penyebab alergi kulit wajah.
  • Mudah bereaksi apabila terkena faktor lingkungan, seperti cuaca, sinar matahari, juga bahan kimia yang terdapat dari kosmetik.
  • Reaksi pada kulit sensitif adalah iritasi, gatal, atau kemerahan pada wajah.
  • Terlihat bersisik dan sangat kering di siang hari.
  • Bila ada noda di kulit wajah seperti flek atau bekas jerawat biasanya sukar dihilangkan.
  • Garis – garis pembuluh darah terlihat jelas karena kulit sangat tipis.
  • Terkadang kulit tampak memerah jika habis dibersihkan dan sering mengalami reaksi alergi seperti gatal, memerah, flek dan jerawat.

Memiliki wajah yang sensitif dan merawatnya bukan persoalan mudah, karena harus benar – benar memilih produk yang bisa diaplikasikan ke wajah tanpa membuat wajah mengalami reaksi. Bila tidak dirawat dengan benar, resikonya wajah akan mengalami iritasi, jerawat, atau meradang.

Perawatan Sehari-hari

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat wajah sensitif:

1. Jangan lakukan scrub

Karena kulit sensitif peka terhadap tekanan sekecil apapun, jika memungkinkan jangan gunakan scrub wajah ada jenis kulit ini. Manfaat eksfoliasi wajah hanya bekerja dengan baik bagi yang mempunyai tipe kulit wajah tidak sensitif. Pengelupasan wajah akan berbahaya untuk tipe kulit sensitif, karena bisa membuat kulit mengalami iritasi parah. Kalaupun ingin melakukan scrub wajah, cobalah manfaat oatmeal untuk kulit wajah sensitif sesekali.

2. Gunakan produk yang mengandung anti iritasi

Perhatikan kandungan di dalam produk pembersih wajah, krim, pelembab atau tabir surya dan lainnya sebelum dipakai ke wajah. Cari yang khusus diformulasikan untuk kulit sensitif. Jika ada kandungan anti iritasi, itu bisa digunakan untuk kulit sensitif.

3. Hindari produk wajah yang mengandung alkohol

Alkohol mengandung bahan yang bisa menyebabkan kekeringan bila digunakan untuk kulit, itulah sebabnya alkohol digunakan untuk pengobatan luka. Kulit sensitif cenderung kering dan mudah mengalami iritasi, karena itu pemakaian produk yang mengandung alkohol tidak disarankan. Bila ingin menggunakan alkohol untuk perawatan kecantikan, ada manfaat alkohol untuk rambut yang bisa dicoba sebagai cara menghilangkan kutu.

4. Tabir surya

Sangat perlu untuk melindungi kulit sensitif dari sengatan matahari, karena kecenderungannya untuk mudah terbakar dan mengalami iritasi. Pilihlah tabir surya yang mengandung zinc atau titanium dioxide. Kandungan bahan – bahan tersebut bisa mencegah iritasi pada kulit sensitif akibat sinar matahari. Wajah sensitif yang mengalami sengatan matahari bisa dirawat dengan menggunakan manfaat air teh untuk wajah.

5. Pilih pembersih yang tidak mengandung sabun

Pembersih yang mempunyai kandungan sabun bisa makin membuat kering kulit yang sensitif. Pilihlah pembersih yang Soap free agar kulit sensitif tidak mengalami reaksi buruk. Manfaat lidah buaya untuk kulit bisa memberi kesegaran pada kulit sensitif jika dipakai untuk menjadi masker wajah.

Sponsors Link

6. Jangan gunakan waslap

Hindari handuk atau waslap yang terlalu kasar untuk membersihkan dan juga mengeringkan wajah yang sensitif. Usahakan membersihkan wajah dengan kapas atau bahan handuk yang sangat lembut.

Penggunaan Masker

Selain perawatan yang dilakukan secara rutin setiap hari, perlu juga dilakukan perawatan dengan bahan alami yang bertujuan memberi kenyamanan bagi kulit yang sensitif.

1. Bersihkan wajah dengan susu

Susu murni merupakan pembersih yang bagus untuk cara merawat kulit sensitif. Susu mengandung anti inflamasi dan bahan yang melembutkan dan membantu mengatasi kulit yang gatal serta kering. Selain itu juga baik digunakan menjadi pelembab untuk kulit kering dan kusam. Untuk membersihkan wajah dengan susu, caranya celupkan kapas ke dalam sedikit susu murni dan usapkan ke wajah, biarkan 5-15 menit lalu bilas dengan air.

Manfaat susu untuk kulit lainnya adalah dengan menggunakannya sebagai masker wajah untuk melembabkan. Siapkan 1/2 sendok teh tepung gram, lalu campur dengan susu murni secukupnya. Tambahkan beberapa tetes madu dan air mawar, pakai di wajah dan kulit leher. Biarkan selama 10 menit lalu cuci wajah dengan air.

2. Minyak Kelapa

Extra virgin pure coconut oil adalah jenis minyak kelapa yang tepat untuk melembabkan wajah yang sensitif. Mengandung asam lemak dalam jumlah yang baik untuk membantu memberi kelembaban pada wajah sensitif. Juga memiliki sifat anti inflamasi dan anti mikroba atau bakteri, bahkan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Oleskan ke wajah sebelum tidur dengan sedikit pijatan lembut. Cuci wajah keesokan harinya, bisa dilakukan setiap hari. Manfaat minyak kelapa lainnya yang bisa digunakan yaitu manfaat minyak kelapa untuk alis dan manfaat vco untuk rambut bayi.

3. Air Mawar

Manfaat air mawar mempunyai sifat mendinginkan, anti inflamasi, anti oksidan serta bersifat astringent. Air mawar juga bisa menyeimbangkan PH di kulit wajah tanpa membuatnya terlalu berminyak atau kering. Karena itu air mawar merupakan toner yang cocok untuk kulit sensitif. Pemakaian teratur bisa mencegah penyebab kulit keriput di usia muda, memperkecil pori, dan memberi kilau pada wajah.

Selain itu, air mawar juga bermanfaat untuk membersihkan wajah secara alami. Celupkan saja kapas ke larutan air mawar secukupnya untuk membersihkan make up Anda.

4. Madu

Perawatan yang menggunakan madu diantaranya adalah manfaat madu untuk bibir yang bisa mengatasi problem bibir kering dan pecah – pecah. Selain itu madu juga bagus digunakan untuk masker wajah. Manfaat madu untuk masker wajah cocok untuk kulit wajah sensitif karena bisa memberikan efek menenangkan pada kulit wajah, bersifat anti bakteri, dan membantu peremajaan kulit.Oleskan madu ke seluruh kulit wajah lalu biarkan sekitar 20-30 menit, kemudian bilas dengan air.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya cocok untuk segala jenis kulit. manfaat lidah buaya untuk kecantikan bisa membantu masalah kulit sensitif. Lidah buaya membantu masalah radang pada kulit wajah sensitif secara alami. Bisa memberikan efek menenangkan pada kulit sensitif serelah mengalami reaksi tertentu.

6. Mentimun

Mentimun biasa digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata karena manfaat timun untuk wajah bisa digunakan untuk mengompres area bawah mata yang bengkak. Caranya mudah, siapkan mentimun secukupnya lalu hancurkan. Pakai di seluruh kulit wajah, biarkan selama kira-kira setengah jam, lalu cuci muka dengan air.

ads

7. Teh Hijau

Teh hijau yang penuh dengan anti oksidan sangat baik untuk orang yang memiliki kulit sensitif dan akan membuat  kulit tampak awet muda. Manfaat teh untuk wajah bisa didapat dengan merebus daun teh hijau sampai mendidih. Dinginkan, lalu saring. Tambahkan beberapa tetes madu, oleskan ke wajah menggunakan kapas. Biarkan selama sepuluh menit lalu bilas dengan air.

8. Mangga

Masker wajah dengan menggunakan mangga juga bagus untuk kulit yang sensitif. Mangga parut dan hancurkan sampai halus, campurkan dengan air mawar, madu, dan minyak kelapa secukupnya. Biarkan selama sekitar sepuluh menit, lalu cuci wajah dengan air biasa.

9. Kentang

Satu lagi bahan alami yang bisa dijadikan masker untuk merawat kulit wajah adalah kentang. Manfaat kentang untuk kulit wajah bisa mendinginkan kulit wajah yang sensitif. Perut kentang yang telah dikupas dan dicuci secukupnya, kemudian hancurkan sampai lumat. Tambahkan madu beberapa tetes. Lalu pakai di kulit wajah, biarkan sekitar 10-15 menit. Bilas dengan air bersih.

10. Coklat

Masker wajah yang berkhasiat dari bahan cokelat bisa kita gunakan untuk perawatan kulit sensitif. Cokelat bisa menghilangkan garis halus pada wajah, bekas luka, dan juga melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan polusi. Siapkan lima sendok makan bubuk coklat, empat sendok teh madu, dua sendok makan alpukat yang telah dihancurkan, dan tiga sendok makan tepung maizena. Campurkan semuanya hingga rata, lalu pakai di wajah selama 10-15 menit. Bersihkan dengan air biasa.

11. Pisang

Manfaat pisang untuk kulit sebagai perawatan wajah sensitif bisa dicoba. Hancurkan satu buah pisang sampai lumat, aplikasikan ke kulit wajah. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air biasa.

Perawatan Dari Dalam

Cara merawat kulit sensitif dapat juga dapat dilakukan dengan perawatan yang ditujukan untuk dalam tubuh kita. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sangat penting juga untuk menjaga kesehatan kulit.

1. Konsumsi Buah – Buahan

Kulit sensitif beresiko mudah menjadi kering dan keriput. Cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami adalah dengan rutin mencukupi kebutuhan vitamin C tubuh kita sejak dini dengan buah – buahan. Wortel, strawberry dan tomat mengandung banyak vitamin C yang baik untuk merawat kulit.

2. Minum Air Jeruk Lemon

Air jeruk lemon ini dapat dikonsumsi setiap hari pada pagi hari, tetapi pastikan jika Anda tidak memiliki penyakit lambung. Kandungan vitamin c dan antioksidan membantu kulit melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Air jeruk lemon membantu membuang racun dari  tubuh. Peras setengah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Tambahkan sedikit madu dan minum setiap pagi sebelum makan. Tunggu sekitar setengah jam sebelum sarapan.

3. Minum Air Putih

Air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, termasuk juga untuk kesehatan kulit. Usahakan minum air putih sebanyak  yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya untuk menghindari dehidrasi. Kulit yang mempunyai cukup kelembaban tidak mudah menjadi sensitif.

Tips Perawatan Lainnya

  • Jangan mencuci wajah dengan air panas.
  • Hindari produk yang berbahan dasar petroleum.
  • Hindari cuaca yang ekstrim
  • Jangan sampai melakukan perawatan wajah yang berlebihan misalnya memijat, scrub, atau membersihkan dengan kasar.
  • Hindari alkohol dan merokok.
  • Kenali bahan apa saja yang membuat alergi dan hindari menggunakannya.
  • Manfaat olahraga untuk kecantikan sangat baik bagi kulit. Lakukan olah raga yang rutin untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Dalam beberapa kasus, tidak menutup kemungkinan bahwa kulit yang sensitif bisa jadi merupakan tanda dari suatu penyakit yang lebih serius dalam tubuh. Oleh karena itu, apabila menemukan ternyata kulit Anda yang sensitif tidak bisa diatasi dengan perawatan ringan, sebaiknya segera konsultasikan hal ini dengan dokter ahli.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 05th, September 2016 / 04:03 Oleh :
Kategori : Kulit