Sponsors Link

13 Manfaat Air Garam Untuk Kulit dan Kecantikan

Sponsored Links

Garam adalah salah satu bumbu yang sering digunakan untuk masakan. Walaupun pada masa sekarang orang – orang mulai menyadari bahaya garam bagi tubuh jika digunakan atau dikonsumsi terlalu banyak, namun garam tetaplah merupakan bahan yang bermanfaat untuk digunakan pada perawatan kecantikan. Manfaat garam untuk kulit sangat berguna bagi wanita yang ingin merawat kecantikannya secara alami. Garam atau khususnya air garam yang didapatkan langsung dari air laut ataupun mencampur air dengan garam dapat digunakan untuk perawatan kecantikan. (Baca Juga: Manfaat Air Beras untuk Kecantikan)

Tentu saja siapa yang menyangka bahwa air garam bisa memiliki manfaat untuk kecantikan? Merawat kulit menggunakan garam juga termasuk aman dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar. Jadi Anda juga tidak perlu menggunakan perawatan yang berbiaya besar dan mengandung resiko, seperti perawatan dengan menggunakan bahan kimia yang banyak terdapat di dalam kandungan produk – produk kecantikan. (Baca Juga: Jenis Produk Pemutih Badan , Bahaya Penggunaan Kosmetik Yang Berlebihan)

Manfaat Air Garam Untuk Kulit

Sebenarnya apa sajakah kegunaan atau manfaat air garam untuk kulit yang bisa berguna untuk perawatan kecantikan, mari kita simak pembahasannya berikut ini:

  1. Facial Toner

Tidak perlu menggunakan toner wajah berbahan kimia jika ternyata air garam pun bisa menjadi toner wajah yang sangat efektif untuk membersihkan wajah. Salah satu manfaat membersihkan wajah dengan air garam adalah mengurangi kelebihan minyak di wajah, dengan demikian mengurangi resiko wajah berjerawat dan berkomedo. Air garam mengandung formula yang bisa melenyapkan minyak di kulit. Gunakan air garam untuk mencuci wajah secara teratur, dengan demikian bisa menjadikan wajah terbebas dari masalah kulit berminyak dan komedo. Bahan lain yang juga dapat digunakan sebagai toner wajah yaitu manfaat air teh untuk wajah dan manfaat air beras untuk kulit.

  1. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling ditakuti para wanita. Garam bisa menjadi salah satu bahan yang bisa  digunakan untuk merawat masalah jerawat di kulit. Air garam biasanya digunakan untuk menghilangkan jerawat karena garam mengandung sulfur dan potasium, selain itu air garam juga dapat membersihkan kotoran di wajah yang menjadi penyebab jerawat. Cara menggunakan garam untuk mengatasi jerawat adalah :

  • Siapkan seperempat sendok garam dan campur dengan segelas air hangat
  • Celupkan kapas ke dalamnya
  • Tempelkan kapas ke wajah yang berjerawat, biarkan sekitar satu menit.
  • Garam akan mengurangi bengkak dan radang pada jerawat.

Hilangkan jerawat dengan beberapa manfaat perawatan alami lainnya seperti manfaat daun kelor bagi kecantikanmanfaat daun pandan untuk wajah dan manfaat daun jambu biji untuk kecantikan wajah.

sponsored links
  1. Uap Wajah

Pori wajah yang tersumbat seringkali menjadi penyebab jerawat dan komedo. Untuk mengurangi resiko munculnya jerawat dan komedo, sesekali wajah harus diuap dengan manfaat air hangat untuk wajah yang dicampur garam agar pori – pori terbuka dan mudah dibersihkan. Menguapi wajah dengan air garam akan membuka pori – pori wajah dan menjadi cara menghilangkan komedo putih di hidung dan cara menghilangkan komedo membandel. Cara menggunakan garam untuk uap wajah sangat mudah, campur garam dalam air mendidih dan biarkan uapnya mengenai wajah Anda. Bisa juga dengan menempelkan handuk yang telah dicelup ke dalam air garam panas ke wajah. Biarkan selama sepuluh menit dan bilas wajah dengan air dingin. Selain menggunakan cara menghilangkan komedo dengan garam, ada juga cara menghilangkan komedo dengan putih telur.

  1. Mengelupas Sel Kulit Mati

Wajah kusam tidak enak dilihat dan terkesan kuyu. Air garam dapat membantu mengatasi masalah wajah yang kusam. Cara mengatasi wajah kusam yaitu dengan pijat wajah menggunakan air garam. Pijat wajah Anda menggunakan air garam dan minyak zaitun. Perawatan ini akan membuat kulit menjadi lebih lembut, kenyal dan bersinar alami, karena memijat wajah dengan air garam serta minyak zaitun memberi manfaat eksfoliasi wajah yang bisa meluruhkan sel kulit mati pada kulit wajah. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka keriput dan garis halus di wajah juga akan menghilang. Dengan mengelupas sel kulit mati maka akan menjadi cara menghilangkan komedo secara alami.

  1. Detosifikasi

Air garam bisa membantu melenyapkan semua racun yang ada di kulit wajah dan tubuh kita. Untuk kulit tubuh, campurkan garam ke dalam air mandi yang hangat dan jika ada bath tub, berendamlah selama beberapa menit di dalam air mandi yang telah dicampur garam. Sedangkan untuk kulit wajah, Anda cukup mencuci wajah dengan air garam dan biarkan beberapa manit. Air garam akan membantu menghilangkan racun – racun dari kulit wajah. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit agar Tidak Kusam)

  1. Menghilangkan Kantung Mata

Mata bengkak atau berkantung tentunya mengganggu penampilan karena kita selalu terlihat mengantuk atau habis menangis. Selain itu juga membuat wajah tidak segar dan terlihat lebih tua. Air garam juga bisa bermanfaat sebagai perawatan bagi mata yang berkantung atau bengkak dengan cara menghilangkan kantung mata dalam tiga hari dan cara menghilangkan kantung mata yang kendur. Dalam hal ini garam memiliki manfaat yang sama dengan manfaat mentimun untuk kulit sekitar mata. Kompres sekitar mata dengan air yang dicampur dengan garam selama beberapa menit untuk meredakan mata bengkak dan berkantung. Ada juga cara menghilangkan kantung mata dengan sendok yang bisa dicoba.

  1. Relaksasi

Kesibukan sehari – hari dan tubuh yang sering terpapar polusi juga bisa membuat kulit menjadi stres karena ketegangan otot – toto di sekitar kulit tersebut. Kulit yang mengalami stres perlu diberikan perawatan untuk merelaksasi otot di bawahnya. Manfaat relaksasi bagi kulit yang stres juga bisa didapatkan dari air garam. Caranya cukup mencuci wajah dengan air garam hangat sebelum tidur dan bilas dengan air dingin. Kulit akan menjadi bebas stres dan makin cerah bersinar berkat efek relaksasi dari garam tersebut, serta bisa menjadi cara menghilangkan kantung mata.

  1. Mencegah dan Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu dan membuat para wanita sebal karena kulit mulus jadi bernoda. Komedo yang banyak tampak di sekitar hidung berwarna kehitaman memang akan tampak jelas jika dilihat dari dekat. Air garam bermanfaat untuk mencegah munculnya ketombe dan menghilangkannya. Cara menggunakan air garam untuk merawat masalah komedo di wajah cukup dengan menggunakannya untuk mencuci wajah. Dengan demikian bisa menjadi cara menghilangkan komedo putih di hidung dan cara menghilangkan komedo membandel.

  1. Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi wanita yang memiliki kulit berminyak, memakai make up jadi agak sulit. Minyak bisa membuat make up cepat luntur. Selain itu ada juga masalah wajah yang mengkilap dan harus sering memakai kertas minyak untuk menyerapnya agar wajah tidak kusam. Air garam dapat digunakan untuk menyeimbangkan kadar minyak di wajah berkat kandungan zinc didalamnya. Gunakan garam yang dilarutkan dalam air untuk mencuci wajah. Cara itu sudah cukup untuk cara merawat kulit berminyak yang bisa mencegah wajah menjadi berminyak berlebihan.

  1. Menghilangkan Tanda Penuaan

Kulit yang keriput sebelum waktunya membuat kita mencari cara mencegah penuaan dini yang manjur , karena tentu kita tidak ingin tampak tua sebelum waktunya. Salah satu cara untuk mengatasi penyebab kulit keriput di usia muda adalah dengan menggunakan air garam, baik untuk mencuci muka maupun digunakan dalam air mandi kita. Rutin menggunakan air garam dalam perawatan kecantikan bisa menjadi cara mencegah penuaan dini pada kulit wajah dan tubuh.

  1. Merawat Infeksi Kulit

Anda tentu sering mendengar bahwa garam bisa menyembuhkan luka di kulit dengan cepat. Begitu pula dengan infeksi yang terdapat pada kulit. Kandungan kromium pada garam mampu mencegah infeksi dan radang pada kulit. Air garam dapat membunuh bakteri pada luka yang menjadi penyebab infeksi, karena itulah garam disebut bisa menyembuhkan luka. Cara menggunakan garam untuk menyembuhkan luka yaitu dengan membasuhkan air garam ke luka tersebut. Walaupun akan terasa sedikit perih, namun cara ini manjur untuk mempercepat penyembuhan. Garam yang digunakan adalah garam beryodium tinggi. (Baca Juga: Mikrodermabrasi , Penyebab Alergi Kulit Wajah)

  1. Menghaluskan Kulit

Air garam dapat memberikan manfaat eksfoliasi wajah dari fungsinya sebagai cara menghaluskan kulit wajah dengan menjadikannya bahan untuk mengelupas sel kulit mati di kulit wajah. Dengan demikian, air garam juga dapat berguna sebagai lulur untuk kulit tubuh yang akan menghaluskan kulit. Campurkan garam ke dalam air mandi Anda dan gosok – gosok tubuh ketika mandi dengan butiran garam yang terdapat di air.

  1. Menghilangkan Bopeng Di Wajah

Jaringan kulit yang rusak karena bekas luka, bekas cacar atau bekas jerawat dan menjadi bopeng bisa dirawat dengan menggunakan air garam. Cara menggunakan air garam untuk menghilangkan bopeng di wajah yaitu:

  • Siapkan air di dalam panci dan tambahkan garam secukupnya sampai larut
  • Panaskan di atas api, jangan sampai mendidih.
  • Celupkan handuk ke dalam air panas tersebut, tutup wajah menggunakan handuk
  • Diamkan sekitar sepuluh sampai lima belas menit lalu bilas dengan air dingin
  • Pijat wajah dengan air garam tersebut dan minyak zaitun beberapa tetes dengan gerakan memutar lembut
  • Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun , Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

sponsored links

Manfaat Air Garam Lainnya

Tidak hanya utuk kecantikan, air garam juga masih memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan. Beberapa manfaat air garam untuk kesehatan adalah:

  • Mengatasi Masalah Sinus

Sinus biasanya bermula dari masalah hidung yang tersumbat karena pilek, flu atau alergi. Air garam dapat digunakan untuk mencuci hidung agar saluran hidung yang mampet bisa terbuka, menghilangkan lendir yang kental atau mengering, membersihkan sinus dan mencegah penyebaran infeksi sinus. Larutan air garam yang bisa diteteskan ke hidung ini bisa ditemukan di apotek. (Baca Juga: Cara Memancungkan Hidung Pesek , Cara Memancungkan Hidung Tanpa Operasi)

  • Luka Pada Mulut

Air garam mampu menghentikan perdarahan, karena itu juga manjur untuk mengatasi luka di mulut atau pada gusi saat gigi tanggal dan gusi mengeluarkan darah. Caranya dengan mencampurkan garam ke dalam segelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur. (Baca Juga: Cara Memerahkan Bibir , Cara Mencerahkan Bibir Hitam)

  • Sakit Tenggorokan

Berkumur dengan air garam juga dapat meredakan sakit tenggorokan yang biasanya terasa ketika Anda sedang melakukan gerakan menelan. Namun Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter jika sakit tenggorokan terus berlanjut walaupun sudah berkumur dengan air garam. (Baca Juga: Cara Memutihkan Leher , Cara Mengencangkan Kulit Leher )

  • Membersihkan Telinga

Kotoran telinga yang menyumbat bisa membahayakan gendang telinga dan saluran dalam telinga, maka bila terjadi penyumbatan karena kotoran telinga harus segera dilakukan tindakan oleh dokter THT. Biasanya dokter akan membersihkan telinga dengan larutan air garam. Tentu saja membersihkannya harus dengan cara serta alat khusus agar aman dan kotoran telinga bisa keluar.

  • Membersihkan Kaki

Kaki yang lelah atau mengalami masalah seperti jamur, bau kaki, lecet dan sebagainya bisa dirawat menggunakan rendaman air garam. Caranya hanya merendam kaki ke dalam baskom berisi air hangat yang sudah dicampur garam, kemudian biaskan selama beberapa menit sampai kaki sudah terasa nyaman kembali. (Baca Juga:  Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah , Cara Menghilangkan Belang di Kaki)

Mudah bukan cara menggunakan air garam untuk merawat kecantikan kulit. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk pergi ke salon dan mencoba berbagai perawatan kulit yang mahal.  Garam sangat mudah ditemukan dan harganya pun tidak menguras kantong. Cobalah dulu menggunakan air garam untuk perawatan kulit sederhana dan lihat hasilnya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 11th, November 2016 / 22:52 Oleh :
Kategori : Kulit