Sponsors Link

13 Manfaat Alpukat Untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Sponsored Links

Bila mendengar kata alpukat, pasti langsung terbayang jus buah-buahan yang berwarna hijau segar yang sedap diminum dingin pada siang hari terik. Buah alpukat memang mempunyai rasa yang enak. Tetapi ada sebagian orang yang takut mengonsumsinya karena beranggapan buah ini bisa menyebabkan gemuk. Hal ini karena buah alpukat mengandung lemak. Padahal buah alpukat mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan.

Yang terdapat dalam alpukat bukan lemak yang akan menyebabkan obesitas, melainkan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Dalam alpukat juga terkandung kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, air, juga serat yang banyak. Itulah sebabnya alpukat tidak hanya berguna bagi kesehatan tapi juga berguna bagi kecantikan, dalam hal ini manfaatnya yang banyak bagi kulit seperti dibawah ini:

1. Melembabkan Kulit

Masker untuk pelembab menggunakan campuran alpukat, madu, dan yoghurt. Kandungan minyak dan vitamin E dalam alpukat dapat memberi kelembaban pada kulit yang bermasalah, madu bisa melembutkan kulit dan mempunyai kandungan antioksidan yang banyak. Cara kedua yaitu mencampurkan setengah buah alpukat dan 1 sendok teh minyak almond, minyak jojoba atau minyak zaitun. Selain mempunyai manfaat untuk kulit, manfaat almond untuk rambut juga bisa Anda coba, salah satunya sebagai cara menghilangkan kutu rambut dengan telurnya.

2. Meremajakan Kulit

Paparan polusi atau sinar matahari akan menyebabkan tubuh memproduksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Kandungan vitamin C, E dan flavonoid dalam alpukat baik untuk mencegah radikal bebas, juga kulit yang mengelupas akibat kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi. Untuk menunjang perawatan alami pada wajah dengan alpukat, manfaat lidah buaya untuk kulit wajah sebagai pelembab untuk kulit kering dan kusam.

3. Menghaluskan Kulit

Kulit yang halus menjadi salah satu kebanggaan kaum wanita termasuk kulit pada tangan. Kulit tangan yang kasar dan mengelupas karena sering melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga pastinya tidak diinginkan. Untuk mengembalikan kehalusan kulit tangan, ada cara mengatasi kulit mengelupas di tangancara menghaluskan telapak tangan dan cara melembutkan telapak tangan yang kasar dengan scrub alpukat. Caranya campurkan alpukat yang sudah dihaluskan, oatmeal, dan lemon sampai rata lalu digosokkan sambil dipijat ke tangan selama 20 – 25 menit. Bilaslah tangan dengan air hangat sesudahnya hingga bersih.

Sponsors Link

4. Mencerahkan Kulit

Wajah yang kusam dapat mengganggu penampilan seseorang. Wajah kusam ini bisa terjadi karena berbagai faktor misalnya sering terkena sinar matahari, kosmetik yang tidak cocok, jarang membersihkan wajah, kurang makan sayur dan buah serta masih banyak lagi. Untuk mengatasinya dapat dibubuhkan masker alpukat pada wajah minimal sekali sehari. Caranya mencampurkan buah alpukat dengan satu sendok madu dan beberapa tetes jeruk nipis, campurkan hingga menjadi pasta dan pakaikan ke wajah. Mencerahkan kulit merupan salah satu manfaat rambutan untuk kecantikan dan manfaat bengkoang untuk kulit.

5. Mengatasi Kulit Keriput

Kandungan kalium dan mineral yang tinggi dalam alpukat sangat bermanfaat mengembalikan elastisitas kulit sehingga tidak mudah terbentuk keriput di wajah. Kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab kulit keriput di usia muda dan cara mengatasi kulit keriput secara alami bisa membantu mengatasinya.

6. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak dapat membuat make up sulit diaplikasikan ke wajah karena akan mudah luntur. Belum lagi jika berkeringat atau kepanasan, minyak akan semakin terlihat. Masker ini bisa mengatasi minyak berlebihan pada wajah. Bahannya adalah putih telur, setengah alpukat dan lemon. Manfaat jeruk lemon untuk wajah salah satunya memang bisa mengatasi wajah berminyak. Sebaiknya diblender agar tercampur rata menjadi pasta. Pakai selama 15-20 menit lalu bersihkan wajah setelahnya. Anda bisa mencoba campuran lain yaitu menggunakan manfaat tomat untuk wajah dengan alpukat. Masker tomat juga menjadi salah satu cara memutihkan wajah secara alami.

7. Membersihkan Wajah

Campurkan satu kuning telur, setengah cangkir susu, dan setengah alpukat. Aduk hingga rata bertekstur seperti lotion atau pasta, lalu aplikasikan ke wajah, lakukan secara teratur. Campuran ini akan menghilangkan kotoran dan racun yang menumpuk di pori – pori kulit, yang tertinggal saat dibersihkan. Rambut juga bisa mendapatkan salah satu manfaat telur untuk rambut yaitu melalui manfaat masker kuning telur. Manfaat air hangat untuk wajah juga sebagai salah satu cara membersihkan wajah.

8. Pengelupasan Kulit

Terkadang sel kulit mati di wajah ada yang tidak terbawa ketika dibersihkan. Untuk itu harus dilakukan eksfoliasi kulit secara berkala. Manfaat eksfoliasi wajah salah satunya bisa didapatkan melalui pemakaian buah alpukat. Caranya dengan mencampurkan setengah alpukat, satu sendok teh madu, dan setengah sendok teh cuka apel hingga rata dan diamkan di kulit wajah selama 15 menit. Setelahnya bilas wajah dengan air dingin.

9. Menghilangkan Flek Hitam

Susu murni dapat dicampurkan dengan alpukat yang sudah dihaluskan untuk dipakai sebagai masker pada wajah. Pemakaian yang teratur lambat laun akan menghilangkan flek hitam di wajah Anda. Selain menggunakan masker susu, pepaya menjadi salah satu bahan dalam pembuatan masker untuk kulit kering dan flek hitam, juga ada cara lain menghilangkan flek hitam akibat KB suntik.

sponsored links

10. Mengatasi Kulit Kaki Yang Pecah – Pecah

Daging buah alpukat dihaluskan dengan blender lalu dioleskan ke kulit kaki sambil digosok serta dipijat perlahan. Bilas setelah 15 sampai 30 menit. Masalah pada kulit kaki selain tumit yang pecah – pecah juga bisa terdapat bintik hitam di kaki yang sukar dihilangkan. Cara alami menghilangkan bintik hitam di kaki dengan buah alpukat bisa menjadi solusi yang baik, dan untuk masalah kuku kaki yang rusak, ada juga cara merawat kuku kaki yang rusak dan bau yang mudah.

11. Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain dengan layanan kecantikan terkini mikrodermabrasi dan chemical peeling, perawatan alami dengan masker alpukat sebaiknya dicoba. Cara membuat masker yaitu  ambil buah alpukat yang sudah dihancurkan dagingnya sampai halus, kemudian campurkan dengan beberapa tetes minyak zaitun hingga bertekstur seperti pasta. Minyak zaitun juga merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam campuran ramuan yang dipakai sebagai cara menghilangkan bekas luka.

13. Memutihkan Kulit Tubuh

Salah satu tips agar kulit menjadi putih secara alami adalah dengan melakukan luluran secara teratur. Guna lulur adalah untuk meluruhkan lapisan kulit mati sehingga warna kulit bisa tampak lebih cerah. Cara menggunakan alpukat untuk memutihkan tubuh ini adalah dengan menjadikannya bahan lulur yang dipakai di seluruh kulit tubuh. Oleh karena itu buah alpukat yang diperlukan agak banyak agar bisa mencukupi untuk seluruh tubuh. Campurkan buah alpukat yang telah dihaluskan lalu gosokkan ke seluruh tubuh sambil pijat perlahan, lakukan sebelum mandi hingga mencapai hasil yang diinginkan. Bisa dicampurkan dengan minyak zaitun agar tidak terlalu kesat campurannya.

Untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal, pilihlah buah alpukat yang mempunyai tingkat kematangan yang baik. Perhatikan bedanya apakah bagian lunak pada buah alpukat itu karena buah sudah matang sempurna atau akibat dari benturan ketika jatuh sehingga membuatnya lembek. Bagian tubuh yang mendapatkan manfaat alpukat selain kulit yaitu rambut yang juga bisa mendapatkan manfaat buah alpukat untuk rambut, manfaat alpukat untuk rambut rontok, dan manfaat masker alpukat untuk rambut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 22nd, June 2016 / 07:32 Oleh :
Kategori : Kulit