Sponsors Link

9 Manfaat Garam untuk Kulit dan Cara Penggunaannya

Sponsors Link

Garam dapur bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu untuk melezatkan masakan. Manfaat garam untuk rambut berketombe mungkin sudah diketahui sebagian orang. Namun bumbu serbaguna ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kulit. Garam terbuat dari air laut yang diolah hingga menjadi butiran-butiran mengkristal. Oleh karena itulah garam terasa asin. Kandungan dalam garam antara lain natrium, kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Berbagai kandungan mineral yang terdapat dalam garam tersebut memberikan manfaat yang baik ketika diaplikasikan pada kulit. Harganya yang murah dan mudah didapat, bisa menjadi pilihan cerdas anda. Apa saja manfaat garam untuk kulit? Mari kita simak penjelasannya dalam artikel kali ini!

ads

1. Mengatasi jerawat

Manfaat penting garam bagi kulit adalah dapat mengatasi jerawat, baik itu jerawat yang ada di muka, punggung, atau bagian tubuh lainnya. Jerawat dapat terjadi karena berbagai sebab. Masalah hormonal, stres, keturunan, radikal bebas, bakteri, dan alergi makanan bahkan dapat menyebabkan jerawat yang sulit dihilangkan. Pasti sangat menyebalkan jika anda telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi jerawat tapi belum juga berhasil. Tapi sudahkan anda mencoba menggunakan garam untuk mengatasinya? Garam dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Caranya sangat mudah, seperti berikut :

  • Siapkan kapas, garam, gelas, air hangat, air dingin, dan handuk bersih
  • Buatlah larutan garam dengan setengah gelas air hangat dan 2 sendok makan garam
  • Setelah larut masukkan kapas ke dalam gelas tersebut kemudian tempelkan kapas pada area yang berjerawat
  • Diamkan beberapa saat, Setelah itu bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih
  • Gunakanlah secara teratur hingga jerawat anda mengering dan akhirnya menghilang

Cara lainnya, anda bisa mencampur garam dengan madu kemudian mengoleskannya ke wajah, diamkan 10 sampai 15 menit kemudian bilas dengan air.

2. Mengangkat sel kulit mati

Garam dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyebabkan wajah dan kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Kulit mati yang tidak diangkat akan menyebabkan berbagai masalah kulit. Garam yang digunakan sebagai scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus membantu peremajaan sel-sel kulit. Anda bisa mencampurkan garam bersama salah satu dari aneka jenis buah yang anda haluskan terlebih dahulu. Selain itu anda juga bisa menggunakan minyak almond atau minyak zaitun kemudian mengaplikasikannya pada wajah dan kulit tubuh sebagai scrub sambil melakukan pijatan dengan lembut. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara menjaga penampilan diri wanita. Jika kulit bersih, penampilan pun akan lebih menarik.

3. Mengatasi kulit berminyak

Masing-masing orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang kering, normal, atau berminyak. Banyak masalah yang bisa ditimbulkan karena keadaan kulit yang berminyak. Minyak berlebih pada wajah dapat menyebabkan kulit kusam dan munculnya jerawat. Oleh karena itulah banyak orang mencari cara mengatasi muka berminyak. Garam dapat menyeimbangkan kadar minyak pada wajah. Jika anda memiliki kulit berminyak, garam dapat menyerap kelebihan minyak pada wajah anda sehingga keadaan kulit wajah menjadi normal.

Sponsors Link

Kandungan zinc dalam garam dapat mengatur produksi kelenjar sebum yang memproduksi minyak alami pada wajah. Anda dapat menggunakan garam dengan cara dilarutkan dalam air kemudian digunakan untuk membasuh muka. Setelah itu jangan lupa untuk membilas wajah dengan air dingin.

4. Menghilangkan komedo

Ada satu masalah kulit lagi yang tak kalah menyebalkan dengan jerawat, yaitu komedo. Komedo umumnya menyerang daerah T di wajah. Komedo memang bisa muncul kapan saja meski anda sudah rajin membersihkan wajah secara teratur. Menghilangkan komedo dengan menggunakan kuku hanya akan merusak kulit wajah dan bisa menyebabkan peradangan atau infeksi. Melakukan facial di salon pun bisa membuat kulit anda bermasalah jika tidak cocok.

Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan garam dapur yang pasti tersedia di rumah anda sebagai cara menghilangkan komedo secara alami. Garam mampu mencegah terjadinya penumpukan kotoran di dalam pori-pori yang dapat menyebabkan komedo. Caranya, anda bisa mencampur sesendok garam dengan sesendok gula lalu gunakan untuk menggosok bagian wajah yang terserang komedo. Garam dapat mencegah anda mengalami bahaya facial di salon sembarangan.

5. Mencegah penuaan dini

Konsumsi garam yang terlalu berlebihan memang dapat menyebabkan rusaknya jaringan kolagen dan bisa menyebabkan dehidrasi. Tapi tahukah anda jika ternyata penggunaan garam langsung pada kulit justru dapat menjadi salah satu cara mencegah penuaan dini seperti kulit keriput. Banyak hal dapat menjadi penyebab kulit keriput di usia muda.

Anda dapat mencampurkan beberapa sendok garam ke dalam air mandi anda. Garam akan membantu anda mengatasi kulit keriput sebelum waktunya. Selain itu, air mandi yang dicampur garam juga dapat memberikan efek relaksasi pada kulit dan tubuh sehingga terbebas dari rasa lelah setelah beraktivitas seharian.

6. Mengatasi infeksi kulit

Makanan dapat menjadi penyebab alergi kulit wajah dan tubuh yang bisa berujung pada peradangan dan infeksi. Garam merupakan salah satu bahan yang dapat dijadikan sebagai antiseptik alami. Garam mengandung kromium yang dapat mencegah terjadinya infeksi dan peradangan pada kulit. Jika kulit anda sudah terlanjur infeksi, anda bisa menggunakan larutan garam sebagai bahan untuk mempercepat penyembuhannya. Meski anda akan merasakan perih, air garam mampu mempercepat penyembuhan infeksi karena dapat membunuh bakteri. Gunakan garam beriodium tinggi untuk mengatasi infeksi pada kulit.

7. Lulur untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit

Mungkin anda belum pernah menggunakannya. Tapi garam memang dapat dijadikan lulur untuk merawat kesehatan kulit dan menjadikannya lebih cerah. Mirip dengan penggunaan scrub, lulur garam dapat dicampurkan dengan minyak zaitun yang memang memberikan banyak sekali nutrisi dan manfaat bagi kulit. Selain itu, garam juga bisa dicampur dengan kopi atau minyak almond yang sama-sama memberikan nutrisi bagi kulit agar lebih cerah dan terasa lembut.

Sponsors Link

8. Menutrisi kulit

Anda tidak punya waktu ke salon atau merasa terlalu banyak pengeluaran untuk perawatan kulit dan wajah? Mungkin menggunakan garam bisa menjadi alternatif lain bagi anda yang menginginkan kulit sehat tanpa harus pergi ke salon. Garam dapat mengembalikan keseimbangan alami pH kulit. Kulit tentu juga membutuhkan vitamin dan mineral untuk dapat tetap dalam kondisi  bersih dan sehat tanpa masalah. Garam dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit tersebut.

Untuk memberikan nutrisi pada kulit tubuh, anda bisa menggunakan garam sebagai lulur dengan mencampurkannya dengan susu. Sedangkan untuk menutrisi kulit wajah, anda bisa membuat larutan garam sebagai pengganti toner. Caranya sangat mudah. Sediakan air hangat, garam secukupnya, semprotan kosong. Air hangat berfungsi untuk melarutkan garam. Masukkan garam beserta air hangat ke dalam botol semprotan, kocok-kocok hingga larut, kemudian semprotkan pada area wajah. Biarkan air garam tersebut meresap melalui pori-pori wajah anda agar anda dapat merasakan manfaat air garam untuk wajah anda.

9. Menyembuhkan luka bakar

Luka bakar dapat memberikan sensasi yang sangat tidak nyaman pada kulit. Terkadang orang merasa kebingungan untuk mengobati luka bakar tanpa harus membawanya ke dokter. Ternyata, garam dapat membantu menyembuhkan luka bakar skala ringan. Jika anda terkena luka bakar, jangan panik. Segera carilah garam dapur kemudian balurkan pada bagian kulit yang luka. Bagian tersebut memang akan terasa perih namun garam dapat mencegah luka anda menjadi lebih parah. Setelah dibubuhi garam, kulit tidak akan terasa panas.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui 9 manfaat garam untuk kulit. Garam memang sangat membantu dalam mendapatkan kulit yang cantik dan sehat serta membantu mengatasi berbagai masalah kulit yang tidak diinginkan. Sebagai tambahan, pengolesan garam pada bibir juga dapat menjadi salah satu cara melembabkan bibir. Sekian info kali ini dan semoga bermanfaat!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 21st, May 2016 / 18:13 Oleh :
Kategori : Kulit