8 Pelembab Untuk Kulit Kering dan Kusam

Sponsored Links

Kulit kering dan kusam bukanlah idaman karena setiap orang ingin kulitnya tampil sehat dan cerah. Namun tak semua orang bisa langsung mendapatkan kulit yang sehat dan cerah tersebut. Ada banyak yang kemudian memiliki masalah kulit misalnya kulit berminyak atau kulit kering. Sebenarnya banyak produk-produk perawatan yang sudah tersedia instan di pasaran. Sayangnya tak semua produk tersebut memberikan jaminan tidak akan berefek buruk pada kulit. Tak heran jika sebagian orang kemudian lebih memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami atau membuat ramuan dari bahan alami untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

Pelembab alami untuk mengatasi kulit kering dan kusam bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang memang aman bagi kulit. Berikut ini beberapa pelembab alami yang bisa digunakan untuk kulit kering dan kusam :

1. Minyak zaitun

Minyak zaitu mengandung banyak antioksidan dan asam lemak sehat yang baik bagi kulit. Ini akan mengaluskan dan mengatasi masalah kulit kering di seluruh tubuh. Cara menggunakannya yaitu :

  • Colek sedikit minyak zaitun virgin sebelum pelembab regular dipakai. Oleskan merata pada bagian kulit seperti wajah atau tangan yang memiliki kulit kering.
  • Sekitar setengah jam sebelum mandi, ambil minyak zaitun untuk dioleskan pada bagian tangan, kaki dan area lainnya. Pijat-pijat juga bagian kulit yang sudah dioles minyak zaitun. Setelah itu mandi dan baru kemudian aplikasikan pelembab ringan.
  • Campurkan dua sendok makan minyak zaitun, empat sendok makan gula merah, dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada kulit dengan gerakan melingkar untuk beberapa menit. Setelah itu mandi dan aplikasikan pelembab ringan.

(baca juga tentang penggunaan minyak zaitun lainnya : cara mengatasi kulit mengelupas, cara menghaluskan telapak tangan, cara menebalkan alis)

2. Krim susu

Lactic acid yang terdapat pada krim susu akan membantu membuang sel kulit mati pada kulit kering. Krim susu yang menyejukkan juga akan membantu menjaga pH kulit. Krim susu ini bisa menjadi pelembab alami bagi kulit kering. Cara menggunakannya yaitu :

  • Campurkan beberapa tetes jus lemon, satu sendok teh susu, dan dua sendok teh krim susu. Gosokkan krim campuran tersebut pada tangan dan kaki. biarkan selama beberapa saat sebelum mandi. Lakukan hal ini sekali dalam sehari.
  • Tambahkan krim susu secukupkan pada tepung sebanyak tiga sampai empat sendok makan. Pasta yang dibuat berupa pasta kental. Aplikasikan pasta tersebut pada bagian kulit wajah, tangan, dan kaki. biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini sekali dalam sehari.

2. Susu

Susu memiliki kandungan anti radang dan penenang yang sangat membantu dalam mengatasi kulit kering dan gatal. Dan asam laktat pada susu akan membersihkan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembabkan dirinya. Ini juga akan membantu mencerahkan kulit yang kusam. Cara menggunakannya yaitu:

  • Rendam handuk bersih pada susu dingin dan tempatkan handuk rendaman tersebut pada kulit yang kering selama 5 sampai dengan 7 menit. Bersihkan susu tersebut dengan handuk yang telah direndam di air hangat. ini akan melembabkan kulit secara alami. Lakukan setiap hari.
  • Tambahkan beberapa tetes dari air mawar pada empat sendok makan susu. Gosokkan campuran tersebut pada seluruh tubuh. Biarkan selama sepuluh menit lalu bersihkan tubuh dengan menggunakan air dingin. Ikuti cara ini dua kali dalam sehari.

4. Madu

sponsored links
Madu mengandung salah satu pelembab alami terbaik yang kaya akan antioksidan, anti mikroba dan kandungan bermanfaat lainnya. Madu bisa melembabkan kulit dan membuatnya menjadi halus. Tambahannya, madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang akan meningkatkan kesehatan kulit. Cara menggunakan madu sebagai pelembab yaitu :

  • Sebelum mandi, oleskan madu ke seluruh tubuh dan biarkan selama sekitar 5 sampai 10 menit. Ulangi hal tersebut setiap hari untuk memperoleh kulit yang lebih lembab.
  • Campurkan madu asli, beeswax, dan minyak zaitun. Cairkan beeswax di atas kompor dengan api kecil. Setelah itu campurkan dengan madu dan minyak zaitun. Aplikasikan campuran tersebut ke seluruh tubuh dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bersihkan tubuh dengan mandi. Ulangi setiap hari atau dua hari sekali.

(Baca juga manfaat madu untuk : cara menghilangkan keloid, cara mengatasi rambut kering, cara menghilangkan komedo)

5. Yogurt

Yogurt merupakan bahan yang dapat melembabkan kulit serta mengandung antioksidan dan anti peradangan. Ini dapat membantu mengatasi kulit kering. Sama seperti susu, kandungan asam laktat akan membantu mengusir bakteri dan jamur yang mungkin menyebabkan kulit kering dan gatal. Cara untuk menggunakannya yaitu:

  • Aplikasikan yogurt di tangan, wajah, dan kaki sambil dipijat-pijat. Biarkan selama 10 menit dan setelah itu bersihkan dengan mandi. Ini dapat membersihkan sel kulit mati sehingga kulit tubuh menjadi lebih segar. Lakukan cara ini satu kali dalam sehari.
  • Campurkan setengah cup yogurt dan tiga sendok makan pepaya. Campurkan dengan beberapa tetes madu dan jus lemon. Aplikasikan pada kulit dan biarkan selama 10 menit sebelum membersihkannya dengan air dingin. Lakukan sekali dalam seminggu.

6. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Ini mengandung asam lemak yang dapat membuat kulit menjadi lembab. Cara untuk menggunakannya yaitu :

  • Aplikasikan minyak kelapa hangat ke seluruh tubuh sebelum tidur. Bersihkan pada pagi harinya. Lakukan cara ini setiap hari untuk membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.
  • Aplikasikan minyak kelapa pada kulit yang kering setelah mandi. Saat kulit hangat saat mandi maka itu waktu yang tepat agar minyak kelapa dapat terserap dengan baik. Lakukan cara ini setiap hari.

7. Pisang

Pisang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering pada wajah dan leher. Caranya yaitu dengan menghancurkan satu buah pisang yang sudah dikupas. Setelah halus maka dapat digunakan sebagai masker wajah dan leher. Aplikasikan selama beberapa saat, setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat.

(baca juga kegunaan pisang lainnya untuk : cara mengatasi kulit keriput, cara memutihkan wajah secara alami, cara menghilangkan tahi lalat)

8. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya digunakan untuk perawatan rambut namun bisa juga untuk perawatan kulit. Salah satu manfaat lidah buaya untuk kulit yaitu sebagai pelembab untuk kulit kering dan kusam. Caranya cukup mudah yaitu dengan memotong lidah buaya. Potongan lidah buaya tersebut akan mengandung gel lidah buaya. Gel tersebut yang nantinya bisa digunakan dengan cara mengoleskannya pada kulit yang kering. Memotong lidah buaya sendiri tidaklah membuat tanaman mati atau layu, mereka dapat pulih sendiri dan kembali tumbuh.

sponsored links

Pencegahan Kulit Kering dan Kusam

Tips lainnya yang dapat digunakan untuk mencegah kulit menjadi kering dan kusam yaitu :

  • Minum banyak air – ini akan membantu tubuh tetap sehat dan dapat mengatasi masalah kulit kering dari dalam. Delapan sampai dengan sepuluh gelas setiap hari adalah jumlah ideal untuk air putih yang harus dikonsumsi setiap hari agar tubuh tetap sehat dan kulit tidak kering.
  • Menghindari penggunaan AC – AC bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Cobalah untuk menghindari berada di ruangan ber-AC sepanjang hari. Setidaknya gunakan humidifier atau tempatkan air dalam wadah di dekat tempat kita untuk melembabkan udara.
  • Penggunaan Sabun – Sabun yang digunakan mungkin juga dapat menjadikan kulit menjadi kering. Cobalah mengganti sabun yang berasal dari bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.
  • Mengonsumsi minyak ikan – Minyak ikan juga akan membantu mengatasi masalah kulit kering. Minyak ikan seperti salmon sangat baik bagus bagi tubuh karena mengandung asam lemak essential.
  • Berolahraga akan membuat kita berkeringat –  Ini akan membuat pori-pori terbuka dan membuat minyak keluar secara alami ke permukaan sehingga dapat melembabkankulit.
  • Gunakan rempah – Coba untuk menambahkan rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar pada menu makanan. Rempah-rempah tersebut dapat menyegarkan kulit dan mengatasi kulit kering.
  • Tidurlah yang cukup – Tubuh membutuhkan setidaknya delapan jam tidur setiap malam. Kurang tidur bisa berakibat pada kesehatan kulit.
Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 28th, December 2015 / 08:23 Oleh :
Kategori : Kulit