Sponsors Link

17 Penyebab Kulit Berminyak – Dampak dan Cara Menanganinya

Sponsors Link

Kulit manusia memang mempunyai kondisi yang berbeda- beda. Semua orang di dunia ini memang memiliki berbagai karakteristik kulit yang tidak sama satu dengan yang lainnya, baik itu halus dan kasarnya, gelap dan terangnya, serta kering dan lembabnya. Semua ini merupakan jenis kulit yang berbeda- beda. (Baca Juga: Cara Menghaluskan Kulit Wajah , Cara Mencerahkan Kulit Wajah)

ads

Salah satu jenis atau karakteristik kulit yang dimiliki seseorang adalah kulit yang berminyak. Kulit berminyak ini merupakan kulit yang seringkali terlihat basah karena adanya minyak dari dalam tubuh yang keluar dari kulit tersebut. Beberapa bagian dari tubuh manusia akan sangat terlihat berminyak. Bagian kulit yang sangat terlihat berminyak biasanya adalah wajah. Wajah merupakan salah satu bagian dari tubuh yang paling sering terlihat gilap akibat minyak yang ada. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering , Merk Foundation untuk Kulit Gelap)

Meskipun kulit yang berminyak adalah salah satu karakteristik dari kulit yang dimiliki seseorang, namun ternyata minyak yang timbul pada kulit ini dapat juga dipicu karena berbagai hal. Berbagai hal yang dapat memicu timbulnya minyak pada kulit ini disebabkan karena hal- hal yang datang dari dalam maupun dari luar kulit itu sendiri. (Baca Juga: Merk Bedak Padat untuk Kulit Berminyak)

Ada berbagai hal yang dapat memicu timbulnya minyak pada kulit. Dengan kata lain ada berbagai hal yang dapat menyebabkan timbulnya kulit berminyak. Beberapa hal yang menyebabkan kulit berminyak tersebut adalah:

1. Keturunan

Salah satu penyebab kulit menjadi berminyak yang pertama adalah karena keturunan. Keturunan ini menjadi penyebab kulit berminyak yang alami. Sebagai anak yang terlahir dari kedua orang tua, terkadang memiliki beberapa hal yang diturunkan dari orang tua. Hal ini karena orang tua mewariskan sebagian sifat genetikanya kepada anaknya. Maka tidak menutupi kemungkinan bahwa orang tua juga akan mewariskan sifat produksi minyak berlebihnya pada anaknya. Hal ini merupakan proses alam yang mana tidak dapat dicegah kedatangannya, namun bisa dibatasi kadar minyaknya. Oleh karena itu orang- orang yang mempunyai kulit berminyak dan orang tuanya pun juga memiliki karakteristik kulit yang sama (berminyak), mungkin saja hal ini adalah suatu proses penurunan dari orang tua kepada anaknya. (Baca Juga: Merk Bedak Padat untuk Kulit Berminyak , BB Cream Untuk Kulit Berminyak)

2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak

Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya makanan yang terlalu banyak mengandung lemak adalah makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh manusia, terlebih dalam waktu yang sering dan juga dalam jangka panjang. Makanan yang banyak mengandung lemak akan menyebabkan adanya lemak yang tertimbun di dalam tubuh kita, dan kemudian akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan terjadi karena banyaknya lemak yang tertimbun di dalam tubuh kita antara lain kelebihan kolesterol, obesitas, diabetes dan juga menyebabkan kulit berminyak. (Baca Juga: Manfaat Mentimun untuk Wajah , Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut)

Sebenarnya, bila dibandingkan dengan berbagai penyakit berat yang dapat timbul karena lemak yang berlebihan ini, kulit yang berminyak adalah dampak yang ringan. Namun, tetap saja kulit yang berminyak akan menjadi masalah yang serius dan juga menjadi hal yang sangat merugikan, terlebih bagi seorang wanita. Mengapa wanita adalah orang yang cenderung panik memiliki kulit berminyak? Hal ini karena wanita sangat peduli tentang penampilan dan juga kecantikannya, maka dari itu kulit yang berminyak menjadi salah satu masalah bagi wanita.

3. Hormon yang tidak seimbang

Penyebab timbulnya masalah kulit berminyak yang selanjutnya adalah karena adanya hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh. Hormon yang seimbang ini akan mendatangkan berbagai dampak, salah satunya adalah kulit yang berminyak. Hormon yang tidak seimbang ini biasanya terjadi saat seseorang menginjak remaja. Kulit berminyak banyak terjadi pada bagian wajah, maka dari itu sering kali kita melihat bahwasannya anak- anak yang mulai memasuki remaja banyak yang memiliki kulit wajah yang berminyak dan bahkan menimbulkan jerawat. Hal ini karena memang perubahan hormon ini banyak dialami anak- anak remaja. (Baca Juga: Manfaat Kuning Telur Untuk Wajah , Manfaat Timun Untuk Wajah)

4. Salah memilih kosmetik

Seperti yang kita ketahui, kulit berminyak paling banyak menyerang pada bagian wajah. Bagian wajah ini akan tampak paling kemilau karena minyak dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Kita sendiri pun mengetahui bahwa bila ada yang menyebut “kulit berminyak”, biasanya memang selalu mengarah pada wajah. Nah, salah satu penyebab kulit wajah ini mempunyai ekstra minyak yang berlebih, salah satunya disebabkan karena salah pemilihan kosmetik.

Memilih kosmetik sendiri merupakan satu kegiatan yang sangat penting dan dibutuhkan banyak ketelitian dan juga pertimbangan. Hal ini karena apabila kita memilih kosmetik yang salah maka akan menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit wajah kita, salah satunya adalah menyebabkan kulit menjadi berminyak. (Baca Juga: Bahaya Penggunaan Kosmetik , Bahaya Kandungan Paraben)

Disarankan bagi Anda untuk tidak memakai kosmetik yang terlalu banya mengandung bahan kimia. Hal ini karena bahan kimia akan mampu membawa dampak buruk seperti memproduksi minyak berlebih dan bahkan iritasi. Lebih baik menggunakan kosmetik yang mengandung bahan dasar alami saja, karena hal itu akan lebih aman.

ads

5. Memiliki pola hidup yang tidak sehat

Seiring dengan perkembangan zaman, terkadang aktivitas yang berlebihan akan menyita perhatian kita secara khusus. Akibatnya sering menjalani lembur dan juga memiliki pola tidur pendek dan tidak teratur menjadi makanan sehari-hari, terlebih bagi mereka yang bekerja di perusahaan yang kejar target.

Bagi masyarakat perkotaan khususnya, memiliki pola tidur yang tidak teratur merupakan salah satu hal yang buruk dan dapat berdampak pada kesehatan kita. Bukan hanya kesehatan saja, namun juga mempengaruhi penampilan kita. Pola tidur yang tidak teratur akan menyebabkan gangguan pada kulit muncul, yakni masalah produksi minyak di dalam wajah yang berlebihan. Ya, tidur yang tidak teratur akan membuat minyak pada wajah menjadi mengumpul. Akibatnya, hal ini akan membuat penampilan wajah kita menjadi lebih kusam dan tampak gelap. (Baca Juga: Manfaat Olahraga untuk Kecantikan , Cara Mengatasi Kulit Kusam)

6.  Teralu sering stress

Jika di atas sudah disebutkan bahwasannya tidur yang tidak teratur akan membuat kulit wajah kita menjadi berminyak, maka terlalu sering stress juga merupakan hal sama. Terlalu sering merasa stress akan menyebabkan produksi minyak yang ada di wajah kita menjadi berlebihan.

Ketika kita stress, prosuksi hormon kortisol akan meningkat yang otomatis menyebabkan produksi minyak dari kelenjar minyakpun akan meningkat. Hal ini tentu saja akan menyebabkan tubuh menghasilkan minyak dalam jumlah yang berlebihan dan akan membuat wajah menjadi berminyak. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah , Cara Memutihkan Wajah)

7. Peningkatan suhu udara

Selain berbagai hal yang berasal dari dalam, salah satu penyebab masalah produksi minyak berlebihan pada wajah berasal dari faktor alami yang tidak berasal dari manusia itu sendiri. Faktor alami tersebut adalah adanya peningkatan suhu udara yang terlalu tinggi.

Peningkatan suhu udara yang terlalu tinggi dapat menyebabkan produksi minyak di dalam tubuh kita menjadi meningkat. Sebagi contoh adalah di musim panas atau kemarau. Pada musim ini kulit akan lebih cepat berminyak, sehingga wajah akan terlihat mengkilap karena adanya minyak yang berlebihan.  (Baca Juga: Penyebab Kulit Sensitif , Sampo Untuk Rambut Berminyak)

8. Tanning

Istilah “tanning” barangkali belum diketahui oleh banyak orang. Tanning merupakan istilah yang digunakan untuk proses pewarnaan kulit. Proses tanning ini ternyata mempuyai dampak buruk terhadap produksi kulit yang baru. Meskipun kita akan melihat setelah tanning kulit mejadi kering, namun lama- kelamaan hal tersebut akan merubah kulit menjadi terlalu banyak mengeluarkan minyak yang berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan tanning menjadi salah satu penyebab kulit yang berminyak. (Baca Juga: Penyebab Kulit Hitam , Masker untuk Kulit Kering dan Flek Hitam)

9. Obat- obatan

Obat- obatan yang seringkali dikonsumsi ketika sakit juga dapat menyebabkan timbulnya gangguan pada kulit, yakni menyebabkan kulit menjadi berminyak. Jika Anda merasa ada suatu kelainan yang terjadi pada kulit wajah Anda setelah mengonsumsi obat- obatan, maka sebaiknya Anda segera mengonsultasikannya ke dokter kulit.

10. Terlalu banyak garam

Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat membuat tubuh kita sulit untuk menyerap air, bahkan yang lebih parah garam bisa menjadikan kulit kita menjadi meradang. Hal ini akan menimbulkan gangguan pada kulit kita, seperti kulit menjadi banyak mengandung minyak, timbul bercak merah, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Manfaat Air Garam Untuk Kulit  , Cara Menghilangkan Komedo Dengan Garam)

11. Olahan buah kelapa

Tahukah Anda bahwa semua makanan yang mengandung kelapa ternyata dapat menyebabkan timbulnya kulit yang berminyak? Buah kelapa sendiri bisa digunakan sebagi bahan dasar pembuatan minyak goreng, sehingga menginsumsi olehan kelapa bisa menimbulkan kulit yang berminyak, hal tersebut bukanlah seseuatu hal yang mengherankan. Beberapa makanan yang mengandung buah kelapa seperti santan, gudeg, es kelapa, serabi, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Perawatan Alis)

12. Terlalu banyak mengonsumsi kacang- kacangan

Aneka macam kacang juga merupakan salah satu penyebab munculnya kulit yang berminyak. Hal ini karena kebanyakan, kacang- kacangan mengandung banyak kandungan minyak yang dapat berpotensi menularkan minyak pada wajah kita sehingga menimbulkan jerawat. Salah satu jenis kacang yang paling efektif untuk membuat kulit menjadi berminyak adalah kacang tanah. (Baca Juga: Manfaat Almond Untuk Perawatan Rambut)

13. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan

Gorengan dapat menimbulkan minyak berlebih pada wajah? Hal ini bukan sesuatu yang mengherankan. Gorengan sendiri merupakan makanan yang digoreng dan otomatis mengandung minyak, maka suatu kewajaran apabila kulit wajah menjadi berminyak setelah mengonsumsi gorengan ini.

14. Terlalu banyak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein

Bagi Anda yang suka mengonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein, maka Anda lebih beresiko memiliki minyak berlebihan pada kulit wajah Anda. Hal ini karena kafein yang terdapat pada minuman memiliki efe samping menjadika kelenjar adrenalin terpicu sehingga kulit wajah akan cepat berminyak dan akhirnya menimbulkan jerawat. Beberapa minuman yang banyak mengandung cafein antara lain: kopi, teh, dan juga minuman yang mengandung soda.(Baca Juga: Manfaat Kopi Untuk Kulit , Manfaat Teh Untuk Wajah)

15. Terlalu banyak mengonsumsi olahan susu

Susu memang mempunyai manfaat yang tinggi bagi kesehatan. Namun tahukah Anda bahwa susu ini jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan menjadikan kulit menjadi tampak berminyak. Terlebih adalah susu sapi. Saat kita mengonsumsi susu sapi dalam jumlah yang berlebih, maka akan menimbun minyak di dalam tubuh kita sehingga hal ini akan menjadikan kulit wajah kita menjadi berkeringat dan semacamnya. (Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit , Manfaat Susu Untuk Kulit)

16. Mi instan

Jika Anda adalah penggemar mi instan, maka Anda sebaiknya sebaiknya membaca tentang ini. mi instan ternyata mempunyai dampak buruk bukan hanya untuk kesehatan, namun juga untuk kecantikan. Slaah satu dampak dari mi instan untuk kecantikan adalh sebagai penyebab munculnya minyak berlebih. Mi instan ini banyak mengandung proten dan juga minyak jenuh yang tentunya akan menjadi suatu penyebab timbulnya minyak berlebih pada kulit wajah.

17. Pergantian musim

Perubahan musim ternyata juga dapat menjadikan kulit kita menjadi berminyak. Biasanya perubahan musim yang menjadikan kulit kita berminyak adalah perubahan musim dari panas ke dingin dan juga sebaliknya. (Baca Juga: Merk Pelembab untuk Kulit Berminyak , Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur)

Itulah beberapa penyebab kulit yang berminyak, terutama kulit wajah. Selanjutnya, apa saja dampak kulit wajah yang berminyak?

Dampak Kulit Wajah yang Berminyak

Kulit wajah yang berminyak tentu saja memiliki banyak sekali dampak negatif. Beberapa dampak negatuf yang akan ditimbulkan dari kulit yang berminyak antara lain:

  1. Menyebabkan munculnya jerawat dan komedo
  2. Kulit wajah terlihat kusam
  3. Kulit wajah terlihat gelap
  4. Penggunaan make up tidak bertahan lama
  5. Menyebabkan banyak kotoran menempel

(Baca Juga: Bahaya Make Up Palsu , Cara Menghilangkan Komedo Dengan Putih Telur)

Itulah beberapa dampak yang akan terjadi dari kulit wajah yang berminyak ini. lalu, bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang berminyak?

Cara Menangani Kulit Berminyak

Tidak sedikit orang di dunia ini yang dibuat bingung dengan kehadiran kulit yang berminyak ini, terutama kulit wajah. Kalangan yang paling khawatir terhadap datangnya kulit wajah yang berminyak pastinya adalah kaum wanita. Kekhawatiran para wanita terhadap datangnya kulit wajah yang berminyak memanglah suatu kewajaran. Namun, tidak sepantasnya hal ini terlalu ditanggapi dengan keterlaluan. Pasalnya ada beberapa cara yang dapat diakukan untuk menangani kulit wajah yang berminyak tersebut, atau dengan kata lain ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk merawat kulit yang berminyak. Beberapa cara yang dapat digunakan sebagi perawatan terhadap kulit wajah yang berminyak antara lain adalah sebagai berikut:

1. Rajin mencuci muka

Cara pertama untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, atau cara pertama dalam perawatan untuk kulit wajah yang berminyak adalah dengan rajin mencuci muka. Ya, hal ini karena dengan mencuci muka maka kulit wajah kita akan tampak segar. Mencuci muka juga dapat mengurangi kadar minyak dalam wajah kita, sehingga akan bagus untuk wajah yang berminyak.

Dan untuk menghindari adanya minyak yang berlebih pada wajah, kita bisa mencuci muka kita dengan menggunakan sabun 2x sehari dan jangan lebih. Mengapa mencuci muka menggunakan sabun hanya diperbolehkan selama 2x sehari? Hal ini karena terlalu banyak mencuci muka dengan menggunakan sabun akan dapat mengikis lapisan kulit wajah yang kemudian akan menjadi berbahaya apabila terkena oleh sinar matahari. Selain itu, kelebihan sabun juga akan memproduksi banyak minyak yang berlebih. (Baca Juga: Manfaat Air Hangat Untuk Perawatan Wajah , Manfaat Teh Basi Untuk Wajah)

Sponsors Link

2. Banyak meminum air putih

Cara selanjutnya yang dapat untuk mengatasi kulit wakah yang beminyak adalah dengan banyak meminum  air putih.  Air putih yang banyak dikandung dalam tubuh akan memberikan efek atau dampak sedikitnya kandungan minyak yang ada di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi banyak air atau mengonsumsi jumlah air yang cukup bagi bayi (kurang lebih 2 liter satu hari), akan menyebabkan lancarnya metabolisme yang ada di dalam tubuh kita. Dan pada saat yang bersamaan pula, jika tubuh mengandung jumlah air yang cukup maka keringat yang dihasilkan akan mengandung sedikit minyak. (Baca Juga: Manfaat Air Beras untuk Kecantikan , Manfaat Air Beras Untuk Kulit)

3. Menggunakan Putih Telur

Putih telur merupakan salah satu ramuan yang dapat digunakan untuk menangani masalah kulit wajah yang berminyak. Dalam menangani masalah wajah yang berminyak ini, putih telur digunakan dalam berbagai macam cara, dan salah satunya adalah digunakan untuk masker. Cara yang dapat digunakan untuk menjadikan putih telur sebagai masker muka adalah  dengan memecahkan telur terlebih dahulu, kemudian memisahkannya antara yang bagian kuning dan bagian yang putih. Kemudian kocoklah putih telur yang sudah dipisahkan tadi sampai berbusa. Setelah berbusa, gunakan putih telur yang sudah berbusa tadi pada wajah/ muka sebagai masker dan tunggulah hingga kering atau sambil melakukan aktivitas lainnya. Setelah itu bilaslah masker putih telur tersebut dengan menggunakan air hangat dan juga bilaslah secara pelan- pelan. Hal ini perlu dilakukan karena melepaskan masker yang terlalu cepat akan dapat merusak kulit. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah dengan Putih Telur , Manfaat Putih Telur Untuk Rambut Rusak)

4. Tomat/ Timun/ Kentang

Tahukah Anda, selain banyak digunakan sebagai bahan makanan sehari- hari dan juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan, tomat, timun, dan juga kentang merupakan bahan yang ampuh untuk melawan berbagai masalah kulit yang menyerang kita?

Cara yang dapat dilakukan untuk menangani kulit yang berminyak menggunakan ketiga bahan tersebut adalah dengan mengirisnya dan keludian menempelkannya ke dalam wajah. Cara ini dapat dilakukan menjelang tidur malam. Pertama, cucilah dengan bersih ketiga bahan tersebut. Lalu pilihlah satu jenis saja untuk diiris- iris. Seelah diiris- iris, usapkanlah irisan tadi pada wajah kita dan biarkanlah mengering. Keesok an harinya, usaplah wajah Anda dengan menggunakan handuk dan juga air hangat. Setelah dirasa cukup, segera bilaslah dengan air dingin untuk dapat menutup kembali pori- pori wajah yang telah membuka sebelumya. Lakukanlah kegiatan yang demikian secara rutin untuk dapat megasilkan hasil yang  maksimal. (Baca Juga: Manfaat Tomat untuk Kulit , Manfaat Kentang Untuk Perawatan Kulit Wajah)

5. Daun seledri

Banyak sekali kandungan manfaat yang dimiliki oleh adun seledri, salah satu manfaatnya adalah untuk mengurangi kandungan atau kadar minyak dalam wajah. Untuk mendapatkan manfaat yang demikian dari daun seledri, cara yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

  • Siapkan air dalam panci kecil, sekitar 2 gelas air
  • Rebus air tersebut.
  • Potonglah seledri dalam uuran yang kecil- kecil.
  • Stelah air mendidih, masukkan irisan seledri tersebut.
  • Rebus seledri selama kurang lebih 15 hingga 20 menit, kemudian angkat dan dinginkan.
  • Kemudian oleskan pada wajah secara merata dan tunggulah hingga benar- benar meresap, dan lanjutlah membilasnya dengan pembersih muka.

(Baca Juga: Manfaat Daun Seledri untuk Alis , Manfaat Seledri Untuk Wajah)

Nah, itulah cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit berminyak dengan menggunakan daun seledri.

6. Menggunakan masker lemon

Lemon sangat dikenal sebagi buah yang menyegarkan bagi badan kita, banyak mengandung vtamin C untuk badan, dan juga untuk menutrisi kulit kita. Salah satu manfaat yang dimiliki oleh lemon ini adalah dapat mengontrol prosuksi minyak yang berlebihan yang terjadi pada wajah.

Cara yang dapat digunakan adalah dengan membuat semacam masker lemon untuk wajah kita. kandungan vitamin C dalam buah lemon tidak hanyak menyegarkan wajah kita, namun juga dapat menghilangkan bekas jerawat dan juga mencerahkan kulit.(Baca Juga: Manfaat Lemon Untuk Kulit  , Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah)

Cara membuat masker waja dari lemon ini adalah dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dan juga madu, dan kemudian oleskan pada wajah dan juga pada leher. Tunggulah hingga selama 15 menit dan kemudian bilaslan dengan emnggunakan air bersih.

7. Bengkoang

Perawatan dengan menggunakan bengkoang juga bisa Anda lakukan di rumah pada kulit Anda yang berminyak.  Caranya, ambillah bengkoang secukupnya, kemudian haluskan, dan gunakan sebagai masker pada saat menjelang tidur. Jangan lupa bahwa kulit wajah harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker. Akan lebih baik lagi jika bengkoang ini dicampur dengan kentang yang sudah dihaluskan juga. (Baca Juga: Tips Agar kulit menjadi Putih secara Alami)

8. Menggunakan kertas minyak wajah

Apabila wajah sudah terlihat berminyak, maka salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan kertas minyak wajah khusus. Anda hanya harus menepuk- nepuknya pada wajah Anda. Kertas minyak khus wajah dapat Anda peroleh di berbagai toko. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Berminyak  , Cara Mengatasi Wajah Berminyak)

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak. Jika Anda rutin melakukan perawatan, maka Anda akan mendapatkan kulit cantik Anda kembali dan terbebasa dari kulit wajah yang berminyak.

 

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Sunday 13th, November 2016 / 23:52 Oleh :
Kategori : Kulit