Sponsors Link

21 Penyebab Kulit Hitam dan Cara Mengatasinya

Sponsored Links

Kulit merupakan aset berharga yang kita miliki. Bagaimanapun orang- orang akan melihat penapilan kita dari luar dan pertama kali yang akan dilihat adalah kulit kita. Mempunyai kulit yang sehat dan cerah adalah dambaan setiap orang. Kulit sehat akan selalu membarikan kesan segar bagi penampilan kita, dan kulit yang cerah akan selalu memberikan kesan menarik bagi setiap orang.

Sebagian besar orang di dunia ini pastilah ingin mempunyai kulit sehat dan juga cerah. Namun perbedaaan ras dan juga genetik menyebabkan orang- orang di dunia ini memiliki warna kulit yang berbeda- beda, ada yang putuh, putih agak kemeragan. Coklat sawo, sawo matang, hitam, dan lain sebagainya. Ini semua merupakan keragaman warna kulit yang ada di dunia. ( Baca Juga: Cara Memilih Bedak untuk Kulit Sawo Matang , Merk Foundation untuk Kulit Gelap)

Kulit kita mempunyai zat warna alami atau pigmen. Zat warna yang dimiliki oleh kulit ini disebut dengan melanin. Melanin sendiri merupakan zat warna yang terdapat pada kulit yang dihasilkan oleh sel- sel yang disebut sebagai melanosit. Fungsi dari melanosit sendiri pada dasarnya adalah menyerap keberadaan sinar UV dari matahari serta menjaga kesehatan kulit dengan mencegah adanya kerusakan pada kulit. Melanin inilah yang memberikan warna yang berbeda- beda pada kulit manusia.  Sehingga ada kulit yang berwarna coklat, pitih, hitam, agak kemerahan, dan lain sebagainya. Semua warna yang alami ini merupakan proses alam. Namun adakalanya terjadi perubahan warna kulit yang dikarenakan hal- hal tertentu. (Baca Juga: Merk Pelembab Wajah untuk Kulit Kering)

Warna kulit yang berbeda-beda merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Umumnya warna kulit yang kita punyai sejak dari kecil menjadi warna dasar dari kulit kita. Namun, terkadang ada pula yang mengalami perubahan warna kulit dari kulit dasarnya (misalnya pada dasarnya mempunyai warna kulit putih, namun karena seringnya melakukan sesuatu hal kulitnya berubah warna menjadi gelap). Perubahan warna kulit ini bisa terjadi dalam jangka panjang maupun dengan tempo yang singkat. Biasanya perubahan warna kulit yang terjadi adalah dari terang (putih) menjadi gelap (coklat atau hitam). Dan hal ini seringkali dikatakan sebagai proses penggelapan warna kulit.

Penggelapan Warna Kulit

Penggelapan warna kulit juga seringkali disebut dengan istilah pigmentasi. Penggelapan warna kulit yang disebabkan karen apigmentasi contohnya adlah hipermelanosis. Hipermelanosis ini dapat menyebabkan warna kulit bisa berubag menjdai coklat dan abu- abu yang terjadi pada lokasi melanin suatu lapisan kulit. Selain itu pigmentasi juga bisa disebbakan karen adanya berbagai penyakit tertentu dan juga karena disebabkan oleh logam tertentu.

Penyebab Kulit Hitam

Warna kulit yang gelap, atau orang biasanya menamai kulit hitam ternyata bisa disebabkan karena berbagai hal tertentu. Berbagai hal tersebut dapat menyebabkan atau memicu timbulnya warna kulit yang gelap, baik itu kulit wajah, kulit kaki dan juga tangan atau bagian tubuh yang lainnya.

Sebelumnya perlulah kita mengetahui bahwasannya penyebab utama yang menjadikan kulit wajah berwarna gelap adalah karena adanya perubahan pada kandungan pigmen kulit atau pigmentasi pada kulit. Proses yang menyebabkan kulit kita berwana gelap atau hitam ini sering disebut sebagi pigmentasi. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit ita menjadi berwarna gelap atau hitam antara lain atau pigmentasi adalah sebagai berikut:

  1. Melasma

Melasma seringkali disebut juga dengan istilah chloasma. Melasma ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pigmentasi pada kulit. Melasma ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh perubahan hormonal pada saat wanita mengalami kondisi tertentu, misal kehamilan, pemakaian alat kontrasepsi, ataupun pada saat wanita menopause. (Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah , Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah)

  1. Iritasi

Adanya iritasi maupun adanya bekas jerawat yang membandel merupakan salah satu penyebab utama kulit mengalami pigmentasi.

  1. Photo- Damage

Photo Damage merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kerusakan pada kulit wanita yang disebabkan karena paparan sinar matahari yang jumlahnya berlebihan. Paparan sinar matahari yang jumlahnya berlebihan dapat menyebabkan timbulnya bintik- bintik hitam pada kulit. Selain itu kulit juga akan terlihat kusam dan juga hitam tidak merata. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah)

  1. Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari secara langsung

Alasan dasar dari semua penyebab kulit menjadi berwarna gelap adalah karena terlalu banyak terkena paparan sinar matahari sebara langsung. Sinar matahari yang terlalu menyengat kulit akan mendatangkan dampak buruk yakni perubahan warna pada kulit yang terlihat cenderung menghitam. Dan hal ini sudah tidak menjadi rahasia lagi bagi kita semua.

sponsored links
  1. Peradangan yang terjadi pada kulit

Selain karena paparan sinar matahari secara langsung, salah satu penyebab dasar dari kulit yang mempunyai warna kehitaman adalah karena kulit mengalami peradangan. Peradangan yang terjadi pada kulit akan menyebabkan warna kulit menjadi kehitaman. Hal ini sangat terlihat jelas pada bekas luka. Dan adalam dunia medis kita akan mendengar hal itu disebut dengan istilah Hiper pigmentasi pasca inflamasi (HPI). Peradangan yang terjadi pada kulit ini akan memacu prosuksi melanin pada kulit kita. Beberapa  hal yang dapat menimbulkan kulit menjadi berwarna hitam karena Hiper pigmentasi pasca inflamasi (HPI) dalah jerawat, dermatitis, reaksi alergi, ititasi, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Penyebab Kulit Sensitif)

  1. Tekanan mental atau depresi

Tekanan mental merupakan salah satu faktor penyebab warna kulit menjadi gelap yang berasal dari dalam diri manusia. Tekanan mental atau depresi ini merupakan satu kondisi yang dapat menghambat perkembangan hormon- hormon maupun zat- zat yang dihasilkan oleh tubuh. Maka dari itu pembentukan zat warna kulit (melanin) juga akan terganggu perkembangannya.

  1. Lelah, letih, dan lesu

Lelah, letih, lesu merupakan satu kondisi yang mencerminkan kecapekan seseorang. Ini juga merupakan faktor yang dapat menghambat pembentukan melanin yang berasal dari dalam. Sehingga hal ini akan mendatangkan kulit yang tampak berwarna gelap.

  1. Keturunan

Salah satu faktor alamian yang dapat menyebabkan seseorang mempunyai kulit yang berwarna gelap adalah karena keturunan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya orang tua akan menurunkan sebagian gen yang dimilikinya kepada anaknya, termasuk gen tentang kulitnya. Warna kulit yang cenderung gelap akan bisa diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. (Baca Juga: Penyebab Keloid pada Kulit , Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah)

  1. Pengaruh pengonsumsian obat- obatan

Pengonsumsian obat- obatan yang terlalu banyak juga akan membawa dampak yang dapat menyerang kesehatan dan juga kecantikan yang kita miliki. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan dari pengonsumsia obat- obatan yang terlalu berlebihan adalah menyebabkan warna kulit menjadi gelap dan tidak terang.

  1. Penyakit kulit

Warna kulit yang menghitam dapat juga disebabkan karena adanya penyakit kulit tertentu. penyakit kulit merupakan suatu penyebab kulit menjadi berwarna hitam yang berasal dari dalam. Banyak sekali jenis dari penyakit kulit. Salah satu jenis penyakit kulit yang menyebabkan kulit nampak terlihat hitam adalah karena terhambatnya pertumbuhan zat- zat pigmen kulit atau melanin. (Baca Juga: Prosedur Chemical Peeling )

  1. Proses penuaan

Seiring berjalannya waktu, manusia pasti akan mengalami yang namnya proses penuaan. Proses penuaan merupakan suatu proses yang pasti ada dan pasti dilalui oleh semua orang. Tanpa kita sadari, proses penuaan yang berlangsung secara almi ini dapat memudarkan zat- zat warna kulit atau zat melanin kulit dan memudarkan kemampuan kulit dalam memproduksi melaninnya sendiri. Sehingga hal ini menyebabkan kulit tua nampak berwarna hitam.

  1. Kurang tidur malam

Kurangnya tidur malam juga menjadi salah satu bentuk dari penyebab kulit berwarna gelap atau hitam. Maka dari itu, bagi Anda yang gemar begadang pasti mempunyai resiko yang lebih besar terjangkit penggelapan warna kulit daripada mereka atau orang- orang yang mempunyai jam tidur teratur. (Baca Juga: Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda)

  1. Gangguan fungsi kelenjar endokrin

Salah satu penyebab kulit berwarna gelap dari dalam selanjutnya adalah karena adanya gangguan fungsi  kelanjar endokrin. Gangguan fungsi kelenjar endokrin mampu menjadikan kulit kita berwarna gelap.

  1. Perawatan kulit yang salah

Perawatan kulit yang salah akan menyebabkan efek negatif yang justru dapat membuat kulit menjadi rusak dan tidak bagus kondisinya. Salah satu efek negatif yang ditimbulkan dari perawtan kulit yang salah adalah kulit menjadi tampak gelap dan kehilangan kecerahannya. Terlebih jika yang digunakan adalah bahan- bahan perawatan dengan bahan kimia, maka hal ini akan semakin membuat kulit kita menjadi rusak dan tampak jelek. Maka dari itu sebaiknya hindarilah pemakaian prosuk perawatan kulit yang banyak mengandung bahan kimia. Produk perawatan kulit dengan bahan alami akan jauh lebih bagus dibandingkan dengan prosuk dengan bahan kimia. (Baca Juga:  Cara Menghilangkan Kulit Belang)

  1. Salah pemilihan kosmetik dan parfum

Seperti halnya pemilihan bahan perawatan kulit yang salah, pemilihan alat- alat kosmetik dan parfum juga akan menyebabkan kulit kita menjadi kehilangan zat melaninya dan akan tampak gelap dan kusam. Meskipun efek ini tidak langsung terjadi, namun dalam jangka panjang efek ini akan segera terlihat. (Baca Juga: Bahaya Penggunaan Kosmetik Yang Berlebihan)

  1. Radikal bebas

Radikal bebas dikenal sebagi zat perusak yang selalu berada di sekitar kita. radikal bebas ini ada dimana- mana, terlebih di area yang banyak mengandung polusi udara. Adanya radikal bebas ini tentu saja sangat berbahya, bukan hanya bagi kesehatan namun juga bagi kecantikan. Salah satu dampak negatif dari radikal bebas yang akan menyerang kecantikan kita adalah membuat kulit kita menjadi tampak gelap dan kusam. Hal ini karena sifat dari radikal bebas yang merusak jaringan kulit kita, termasuk juga zat warna atau melanin pada kulit. (Baca Juga: Manfaat Kiwi bagi Kulit)

  1. Debu dan polusi udara

Dbu dan polusi udara juga mempunyai peran terhadap proses pigmentasi pada kulit. Debu dan polusi udara sangat erat kaitannya dengan radikal bebas ini, sehingga adanya debu dan radikal bebas secara tidak langsung akan membuat kulit kita menjadi gelap. (Baca Juga: Cara Mencegah Penuaan Dini)

  1. Elektrostatik

Elektrostatik juga merupakan salah satu penyebab kulit menjadi berwarna gelap. Elektrostatik merupakan faktor yang menyebabkan kulit berwarna gelap yang datang dari luar tubuh manusia.

  1. Jarang mandi

Bagi orang yang jarang mandi pasti akan memperlihatkan perbedaan warna kulit yang dimilikinya. Bagi orang yang jarang mandi tentu saja akan memiliki warna kulit yang cenderung lebih gelap dan juga kusam. Hal ini karena mandi sendiri merupakan proses pembersihan kulit. Jika seseorang malas untuk membersihkan kulitnya, maka akan wajar jika mempunyai warna kulit yang gelap dan juga kusam. (Baca Juga: Penyebab Wajah Terlihat Tua)

  1. Malnutrisi

Malnutrisi merupakan gejal kekurangan vitamin, mineral, dan juga nutrisi esensial yang lainnya yang ada di dalam tubuh. Kekurangan nutrisi, vitamin, mineral dapat menyebabkan warna kulit menjadi gelap. Hal ini karena kulit kita juga butuh nutrisi, sehingga jika kita kekurangan nutrisi maka kulit kita pun juga akan kekurangan nutrisi. (Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan)

  1. Berbagai macam penyakit

Berbagai macam penyakit juga akan menyebabkan kulit menjadi berwarna gelap. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan kulit kita berubah warna menjadi gelap atara lain adalah:

  • Addisons disease, yakni penyakit yang timbul akibat dari kurangnya produksi steroid oleh kelenjar adrenal yang dimiliki tubuh.
  • Panyakit autoimun, yakni sejenis penyakit seperti lupus, dimana sistem imun dari tubuh akan menyerang jaringan dan juga organ tubuh kita sendiri.
  • Hemochromatosis, yakni suatu kondisi dimana tubuh seseorang memproduksi zat besi yang berjumlah terlalu banyak.
  • Berbagai penyakit yang terkait dengan liver, seperti misalnya sirosis hati.
  • Berbagai gangguan pencernaan yang serius.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan kulit kita menjadi berwarna gelap. Beberapa perubahan warna kulit menjadi gelap merupakan gejala yang tidak berbahaya. namun beberapa lagi merupakan pertanda datangnya penyakit ynag berbahaya. Maka dari itu jika Anda mengalami perubahan warna kulit menjadi mendadak gelap dan dirasa kurang normal, maka sebaiknya Ande memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mengatasi Kulit yang Berwarna Gelap

Mempunyai kulit yang gelap, bagi seseorang akan mengganggu rasa percaya dirinya. Hal ini karena warna kulit yang gelap akan menyebabkan seseorang menjadi terlihat kusam dan juga tidak terlalu baik dalam penampilan. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam)

Namun tidak usah khawatir atau terlalu panik, karena ada saja upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi warna kulit yang gelap ini. Upaya- upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan berbagai perawatan kecantikan yang alami maupun mengandung bahan kimia. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi adanya kulit yang berwarna gelap antara lain:

Sponsors Link

  1. Batasilah aktivitas di luar ruangan Anda diatas pukul 09.00

Matahari memang sangat ampuh untuk mengubah warna kulit menjadi gelap. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membatasi aktivitas di luar ruangan setelah pukul 09.00. jika terpakas harus melakukan aktivitas di luar ruangan pada jam- jam saat matahari terik, maka jangan lupa menggunakan pakaian yang panjang- panjang agar kulit Anda tidak terbakar. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kering)

  1. Menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan

Jika pekerjaan Anda menuntut agar Abda selalu berada di bawah terik matahari, maka jangan lupa untuk selalu menggunaka tabir surya pada saat berada di luar ruangan. Tabir surya akan membantu melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari yang dapat emmbakar kulit. Selain menggunakan tabir surya, menggunakan pakaian yang panjang juga sangat diperlukan agar nantinya kulit tangan dan kaki tida menjadi gelap. (Baca Juga: Pelembab Untuk Kulit Kombinasi)

  1. Perawatan menggunakan Yogurt dan Susu

Penawaran solusi pertama yang dapat digunakan untuk mengatasi adanya warna kulit yang gelap adalah dengan menggunakan perawatan yogurt dan juga susu. Susu dan yogurt ini mengandung asam laktat yang dapat dijadikan sebagai bahan pemutih alami untuk kulit. Jika kita rajin menggunakan perawatan dari keduan bahan ini maka kita kan mendapatkan kulit yang halus dan juga tampak lebih putih. Cara yang digunakan untuk melakukan perawtan kedua bahan ini adalah dengan mencampurkan 2 sendok yogurt dan juga 3 sendok susu. Aduk rata kedua campuran bahan tersebut, kemudian oleskan pada kulit Anda yang gelap dan diamkanlah selama 1 jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air panas. Ulangi proses seperti ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. (Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit)

  1. Perawatan dengan menggunakan madu dan minyak kepala

Tahukah Anda bahwa madu adalah bahan pangan yang mengandung asam glukonal, sedangkan minyak kelapa adalah bahan yang banyak mengandung asam hidroksida. Kedua asam tersebut (asam glukonat dan asam hidroksida) apabila digabungkan menjadi satu maka akan menjadi satu ramun yang dapat digunakan sebagai scrub untuk kulit. Scrub yang terbuat dari campuran madu dan juga minyak kelapa tersebut akan akan dapat membantu pengelupasan kulit yang gelap dan juga tidak merata. Selain itu ramuan madu dan minyak kelapa tersebut juga akan meremajakan kulit sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan juga tampak lebih putih. (Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut)

Cara perawatan menggunakan ramuan madu dan juga minyak kelapa adalah pertama, campurkanlah kedua bahan tersebut (madu dan minyak kelapa) dengan perbandingan jumlah yang sama. Setelah tercampur, oleskanlah pada bagian kulit yang gelap dan diamkanlah hingga kira- kira 30 menit. Setelah itu, basuhlah dengan menggunakan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak minimal 2 kali dalam seminggu, dan langsung lihat perubahannya pada waktu setelah 4 minggu.

  1. Perawatan dengan menggunakan minyak kelapa dan bubuk kulit jeruk

Salah satu vitamin yang baik untuk kulit adalah vitamin E. Minyak kelapa adalah sebuah bahan yang banyak mengandung vitamin E. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam minyak kelapa ini cukup banyak dan juga akan bermanfaat bagi kecantikan. Salah satu manfaat dari vitamin E bagi kulit adalah untuk melembab kan kulit. (Baca Juga: Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah)

Kita semua juga mengetahui bahwasannya jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Jeruk mengandung kandungan vitamin C dengan jumlah yang banyak. Vitamin C pun juga merupakan vitamin yang sangat berguna bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Ketika vitamin E bertemu dengan vitamin C dan dijadikan satu kesatuan maka akan memberikan efek yang sangat baik bagi kulit. Efek yang dihasilkan dari percampura n vitamin E dan C akan dapat meningkatkan produksi kolagen dan dapat mencerahkan kulit yang gelap. Cara yang dapat digunakan, pertama blender kulit jeruk yang sebelumnya telah diberikan tetesan minyak kelapa. Blenderlah kedua bahan ini sampai halus dan biarkan butirannya masih tersisa dan terasa kasar. Setelah itu oleskan pada area kulit Anda yang terlihat gelap. Lakukan cara seperti ini ketika menjelang tidur dan diamkanlah selama 30 menit, kemudian bilaslah dengan menggunakan air bersih dan lihatlah hasilnya setelah 1 bulan atau lakukanlah pada hasil yang Anda inginkan.

  1. Perawtan dengan kentang

Kentang ternyata mampunyai kemampuan untuk mengatasi kulit hitam, terlebih karena ditimbulkan oleh sinar matahari. Cara yang dapat dilakukan adalah mengupas ketang dan kemudian mencucinya. Kemudian irislah kentang tersebut dan gosok- gosoklah pada area kulit yang gelap. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Baca Juga: Manfaat Kentang Untuk Perawatan Kulit Wajah)

  1. Perawatan dengan menggunakan jus pepaya

Jus pepaya dapat digunakan sebagai perawatan kulit gelap akibat sinar matahari. Jus pepaya disini bukan diminum namun digunakan sebagai lulur. Oleskan jus pepaya ini ke bagian kulit yang gelap. Lakukan cara ini secara rutin, yakni minimal 2 kali seminggu sampai hasil yang diinginkan. (Baca Juga: Manfaat Masker Pepaya bagi Kulit)

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit yang berwarna gelap atau hitam dan mendapatka kulit cerah Anda. Demikianlah informasi mengenai kulit yang berwarna hitam. Semoga bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 12th, October 2016 / 23:03 Oleh :
Kategori : Kulit