Sponsors Link

17 Penyebab Kulit Kering dan Kusam

Sponsors Link

Kulit kita mempunyai kondisi yang berbeda- beda. Kulit satu orang dengan orang lain mempunyai karakteristik yang berbeda- beda. Salah satu letak perbedaannya adalah pada kelembabannya. Kelembaban kulit ini berbeda- beda. Ada kulit yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, namun ada pula jenis kulit yang mempunyai tingkat kelembaban yang rendah. Kulit yang memiliki tingkat kelambaban yang rendah disebut juga dengan kulit yang kering.

ads

Dalam dunia medis atau dunia kesehatan, kulit yang kering lebih dikenal dengan istilah iktosis, yakni sebuah gangguan yang menyerang kesehatan kulit iktosis sendiri merupakan peristiwa hilangnya kelembaban yang terdapat pada lapisan epidermis kulit yang dapat mendatangkan berbagai dampak negatif. Salah satu dampak negatif yang dapat ditimbulkan adalah hilangnya tingkat keelastisitasan pada kulit dan berbagai dampak negatif lainnya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik , Penyebab Kulit Kering)

Penyebab Kulit Kering

Kulit yang kering ini merupakan salah satu karakteristik kulit. Kulit kering tidak dimiliki oleh semua orang, namun sebagian orang memiliki karakteristik kulit yang kering ini. Kulit kering ini kemunculannya dapat disebabkan oleh karena berbagai hal. Kulit kering biasanya terjadi pada bagian- bagian tubuh tertentu. salah satu bagian dari tubuh yang mempunyai kulit kering adalah bagian wajah.

Tahukah Anda bahwa kulit kering ini bisa saja ditimbulkan oleh berbagai hal. Beberapa hal yang menyebabkan munculnya kulit kering antara lain:

  1. Cuaca

Cuaca adalah salah satu hal yang sangat mempengaruhi kelembaban yang dimiliki kulit. Pergantuan cuaca atau cuaca yang ekstrim akan membuat kulit menjadi mudah mengalami kekeringan. Kulit yang sangat kering ini biasanya terjadi pada saat suhu udara dan juga kelembaban udara berada pada derajat rendah. Hal ini karena memang kulit manusia harus melewati masa penyesuaian terlebih dahulu akibat adanya pergantian musiam, terlebih dari suhu yang panas ke suhu yang dingin. (Baca Juga: Manfaat Oatmeal untuk Wajah Sensitif , Penyebab Alergi Kulit Wajah)

  1. Air Conditioner (AC)

Air Conditioner  (AC) merupakan alat pendingin ruangan yang banyak dipakai oleh kebanyakan orang saat sedang menemui cuaca yang panas. Namun tahukah Anda bahwasannya AC ini justru dapat menyebabkan terjadinya kekeringan pada kulit kita? saat AC dinyalakan, akan menurunkan kelembaban udara. Dan penurunan kelembaban udara ini dapat mengakibatkan kulit menjadi terasa atau terlihat kering. (Baca Juga: Manfaat Aqua Skin Whitening , Pelembab Wajah untuk Kulit Kering)

  1. Pemakaian sabun dan deodorant berlebihan

Terkadang pemakaian beberapa bahan kosmetik terkadang akan mengakibatkan terjadinya beberapa maslah pada kulit. Salah satunya adalah masalah kulit kering. Penyebab kulit yang terasa kering dapat disebbakan oleh karena penggunaan sabun serta deodorant. Penggunaan sabun dan juga deodorant yang berlebih atau tidak cocok jenisnya akan menghilangkan lapisan lemak dan juga air dari kulit. Tidak hanya deodorant dan jug sabun saja, namun pemakaian detergent dan juga sabun antiseptik juga menyebabkan hal yang sama. Hal ini secara tidak langsung akan menyebabkan kulit kita menjadi kering. Maka dari itu akan lebih baik bagi kita untuk menghindari pemakaian sabun, deodorant, detergent yang terlalu banyak dan juga tidak cocok bagi kulit. Jika Anda marasakan ketidakcocokan antara sabun yang Anda pakai dengan kulit Anda, lebih baik segera berhenti menggunakan produk tersebut dan beralihlah kepada produk yang lain. (Baca Juga: Cara Agar Bulu Ketiak Tidak Tumbuh Lagi)

  1. Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari

Sinar matahari banyak seklai mengandung sinar ultravioleh atau sinar UV. Sinar UV ini akan bersifat merusak atau membahayakan, baik bagi kesehatan maupun bagi kecantikan, terutama kulit wajah. Maka dari itu terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama juga akan menyebabkan kulit kita menjadi kering. Selain akan menjadikan kulit kita kering, paparan sinar matahari secara langsung juga akan membuat warna kulit menjadi terlihat lebih gelap dan juga kusam. (Baca Juga: Penyebab Kulit Hitam , Cara Mengatasi Kulit Kusam)

ads
  1. Terlalu sering mandi menggunakan shower dan air panas

Terlalu sering mandi menggunakan shower dan juga air panas ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini karena mandi menggunakan shower dan juga air panas akan dapat menyebabkan hancurnya lapisan lemak pada permukaan kulit yang merupakan pelembab alami bagi kulit. Akibatnya kulit akan tampak kering, karena panas juga akan menyebabkan minyak alami kulit semakin cepat kering. (Baca Juga: Manfaat Air Hangat Untuk Perawatan Wajah)

  1. Iritasi

Iritasi merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Iritasi yang menyerang kulit dapat disebabkan karena berbacam- macam hal, salah satunya karena adanya kain yang dipakai oleh seseorang. Benda- benda yang dipakai untuk mencuci baju, seperti detergent, pemutih, pelembut, dan sebagainya bisa menjadi penyebab iritasi. Selain barang- barang tersebut masih ada banyak barang yang menyebabkan iritasi. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Sensitif , Manfaat Wortel Untuk Kulit)

  1. Menggosok kulit

Menggosok kulit merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dan bertujuan untuk membersihkan kulit. Namun tahukah Anda bahwa ternyata menggosok  kulit ternyata bisa menyebabkan kulit menjadi kering, terlebih jika menggunakan alat gosok seperti spon. Yang memicu kulit menjadi kering adalah adanya gesekan yang terjadi antara kulit dengan alat gosok ini. (Baca Juga: Manfaat Tomat untuk Kulit)

  1. Pertambahan usia

Seiring berjalannya waktu, manusia akan bertambah semakin tua. Semakin tuanya manusia ini tanpa disadari bisa membawa perubahan- perubahan tertentunpada kulit. Salah satu perubahan yang dapat terjadi pada kulit di usia yang semakin menua adalah timbulnya kulit yang kering. Semakin seseorang berusia tua, maka kulitnya akan semakin kering. Hal ini dapat terjadi karena semakin tua seseorang maka akan semakin berkurang hormon- hormon yang diprosuksi, termasuk juga hormon- hormon yang bertakutan dengan kesehatan kulit. Maka dari itu jika kita bandingkan kulit kita yang masih muda dengan kulit- kulit orang tua pasti akan terlihat perbedaan jauh, dimana kulit orang tua atau kakek nenek kita akan terlihat jauh lebih kering daripada kulit kita. (Baca Juga: Penyebab Wajah Terlihat Tua)

  1. Menggunakan handuk langsung setelah mandi

Hal ini yang seringkali kita lakukan, dan bahkan banyak orang lakukan, yakni menggunakan handuk untuk mengeringkan badan secara langsung setelah mandi. Dan tahukah Anda bahwa mengeringkan badan menggunakan handuk setelah mandi secara langsung dapat memicu adanya kulit yang kering. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena mandi merupakan proses melembabkan kulit. Kelita setelah mandi tiba- tiba badan kita langsung dikeringkan dan tidak ada air atau zat lainnya yang menempel di kulit kita, maka kita akan kehilangan kelembaban kulit kita tersebut.

  1. Karena kondisi kesehatan tertentu

Salah satu hal yang mennyebabkan kulit menjadi kering adalah karena adanya penyakit- penyakit tertentu. Beberapa penyakit mempunyai gejala atau bahkan menyebabkan kulit menadi kering. Tidak hanya kering saja, namun terkadang kulit menjadi bersisik dan berwarna kemerahan. Biasanya penyakit yang melatar belakangi hal tersebut adalah penyakit dermatitis atau psoriasis. Selain penyakit tersebut, kulit yang bersisik dan terkadang berwarna kemerahan juga berhubungan dengan beberapa penyakit tertentu, yakni penyakit diabetes atau kurang aktifnya kelenjar teroid.

  1. Keturunan

Faktor alami yang tidak dapat disalahkan atas berbagai kondisi kesehatan kulit adalah faktor krturunan. Faktor keturunan ini merupakan warisan dari orang tua yang melahirkan kita di dunia ini, maka dari itu apa yang dimiliki oleh orang tua terkadang diturunkan kepada anak- anaknya, termasuk juga faktor genetik dan semacamnya. Salah satu yang dapat diturunkan oleh orang tua adalah jenis kulit, baik it u berminya, kering, ataupun yang lainnya. (Baca Juga: Penyebab Keloid pada Kulit)

  1. Efek samping dari jenis obat- obatan yang dikonsumi

Obat sebagai penyambung nyawa dikala sakit, biasanya akan disertai dengan beberapa gejaka- gejala tertentu. atau yang biasa disebut dengan efek samping. Slah satu efek yang ditimbulkan dari penggunaan obat- obatan adalah terjadinya kulit yang kering. Meskipun kita sebelumnya mengenal bahwa orang yang mengonsumsi obat tersebut tidak memiliki karakteristik kulit yang kering, namun penggunaan obat- obatan tertentu akan menimbulkan dampak negatif atau efek samping berupa kulit yang kering. Maka dari itu jika Anda tiba- tiba mengelami kulit yang kering setelah mengonsumsi obat tertentu, maka kemungkinan obat itu yang meyebabkannya. Untuk hal yang seperti ini wajib melaporkannya ke dokter. (Baca Juga: Bahaya Facial di Salon)

  1. Infeksi jamur kulit yang parah

Penyebab kulit kering yang selanjutnya adalah adanya infeksi jamur yang parah. Infeksi jamur yang sudah parah kondisinya akan dapat menyebabkan kondisi yang fatal, seperti terjadinya kulit kering ini.

  1. Kurangnya asupan mineral

Kurangnya asupan mineral yang dikonsumsi seseorang akan menyebabkannya memiliki kulit yang kering. Mineral sangat penting bagi kesehatan kulit, sehingga apabila kulit kurang mendapatkan asupan mineral maka kulit akan mengalami gangguan kesehatan dan salah satunya akan tampak kering. (Baca Juga: Cara Mencegah Kerutan di Wajah)

  1. Kurangnya asupan vitamin B2 dan vitamin E

Beberpa jenis vitamin mempunyai peran yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa vitamin yang mempunyai peranan sangat besar bagi kesehatan kulit adalah vitamin B2 dan juga vitamin E. vitamin- vitamin tersebut sudah dikenal dalam menjaga kesehatan kulit. Sehingga apabila seseirang kurang mengansumsi makanan yang banyak mengandung vitamin- vitamin tersebut maka  akan menyebabkan gangguan terjadi  pada kulit, termasuk menjadikan kulit menjadi kering. Tidak hanya menyebabkan kulit menjadi kering saja, namun juga menjadikan kulit akan tampak kusam. Vitamin- vitamin tersebut dapat kita temukan di beberapa jenis seyur- sayuran dan juga buah- buahan. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen)

  1. Penggunaan kosmetik yang kurang tepat

Semua orang, terutama wanita yang meggunakan kosmetik pastinya bertujuan untuk menjadikan wajah tamoak cantik dab juga kulit dan yang lainnya tampak cantik. Namun tahukah Anda bahwa ternyata tidak semua jenis kulit cocok menggunakan berbagai kosmetik. Salah penggunaan atau pemilihan kosmetik yang salah akan dapat merusak kulit. Sehingga akibat yang ditimbulkan bukannya wajah yang cantik, namun justru wajah yang rusak dan tidak cantik sama sekali. Salah satu dampak dari penggunaan kosmetik yang salahkulit wajah yang menjadi mengering. Selain kulit yang kering, beberapa masalah lain seperti kulit yang berminyak, munculnya jerawat, hingga iritasi dapat terjadi akibat salah penggunaan kosmetik ini. (Baca Juga: Bahaya Penggunaan Kosmetik Yang Berlebihan , Bahaya Kandungan Paraben pada Kosmetik)

  1. Berbagai penyebab lainnnya

Ada banyak sekali penyebab kulit kita menjadi kering yang bila kita teisik satu per satu akan menjadi satu pembahasan yang sangat panjang. Selain hal- hal yang telah dijelaskan di atas, masih ada beberapa penyebab lain yang disinyalir menyebabkan kulit kita menjadi kering. Beberpa penyebab lain tersebut adalah:

  • Seringkali begadang atau tidur larut malam
  • Terlalu sering mengonsumsi makanan yang menyebabkan kulit menjadi kering
  • Kebiasaan memforsir tenaga fisik dan juga mental
  • Seringkali menahan keinginana untuk Buang Air Besar, Buang Air Kecil, menahan rasa lapar dan juga haus
  • Kebiasaan mengonsumsi makanan- makanan yang pedas, kering, dan juga makanan yang mempunyai rasa pahit.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kulit kering yang dimiliki oleh manusia. Penyebab- penyebab tersebut bisa secara mudah menjadikan kulit langsung kering. Namun sebagian penyebab akan membutuhkan proses yang lama untuk menciptakan kulit yang kering. Sebenarnya apa yang kita lakukan setiap hari dan apa yang ada di sekitar kita dapat dengan sangat mudah mempengaruhi kesehatan kulit kita. Namun terkadang kita tidak menyadarinya dan akan sadar ketika kulit kita sudah menjadi kering. Kita akan menyadari bahwa kulit kita kering setelah mengetahui beberapa gejala kulit kering.

Gejala- gejala Kulit Kering

Kulit yang kering memang tidak mendera semua orang. Bahkan seseorang yang terjangkit kulit kering tidak mengalami sepanjang hidupnya, namun hanya sementara. Namun ada pula orang- orang yang mengalami kulit kering ini di sepanjang hidup mereka. Bagi orang- orang yang mengalami kondisi kulit kering sementara waktu atau tidak permanen, mereka akanmerasakan kulit kering menyerang pada waktu- waktu tertentu saja, dan terkadang hanya pada bagian- bagian tertentu.

Sponsors Link

Kulit yang kering mempunyai beberapa gejala yang dapat dilihat secara fisik atau dapat pula dirasakan. Beberapa gejala yang menandai terjadinya kulit kering antara lain:

  • Permukaan kulit terasa lebih kasar dan juga terlihat kasar
  • Kulit yang kering akan terasa lebih kencang atau kaku, terlebih pada saat mandi, setelah mandi, ataupun saat berenang
  • Terdapat retakan atau garis- garis halus yang terdapat pada kulit
  • Terkadang tumbuh sisik dan mengelupas
  • Pada kondisi yang sudag parah, terdapat sebuah retakan yang dalam dan terkadang akan mengeluarkan darah

Itulah beberapa tanda yang dapat kita temui pada kulit yang kering. Dari beberapa tanda diatas mungkin saja tidak semua tanda dapat kita jumpai. Namun semua tanda- tanda tersebut dapat mengindikasikan adanya kondisi kulit yang kering.

Kondisi kulit yang kering terkadang memang membuat sebagian orang menjadi sedih dan gundah gulana. Yang paling memperhatikan mengenai keadaan kulit adalah kaum wanita. Hal ini karena memang kaum wanita mempunyai perhatian lebih terhadap kondisi fisik atau badannya, sehingga apabila mendapati kulit yang kering para wanita akan lebih peka dan sensitif daripada laki- laki.

Karena rasa peduli dan sensitifnya wanita terhadap kecantikan yang dimilikinya, maka akan menyebabkan wanita melakukan berbagai usaha atau berbagai hal untuk dapat menyembuhkan kulit yang kering tersebut dan mendapatkan kulit yang lembab dan halus kembali. Bermacam- macam usaha untuk dapat mengatasi kulit kering ini akan dilakukan oleh orang- orang yang peduli terhadap kesehatan dan juga kecantikan kulit mereka.

Berbagai Cara untuk Mengatasi Kulit Kering

Kulit yang kering sebenarnya bukanlan masalah kulit yang berat atau berbahaya. Bahkan  usaha untuk dapat mengatasi kulit kering ini bersifat sederhana. Namun usaha yang sederhana ini membutuhkan konsistensi untuk dapat menghasilkan hasil yang optimal. Beberapa usaha yang dapat dilakukan hanyalah berkaitan dengan kebiasaan hidup. Dan jika ingin mengatasi problematika tersebut, maka kita hanya perlu mengubah beberapa kebiasaan hidup kita menjadi kebiasaan yang baru.

Beberapa usaha yang dalap dilakukan untuk mengatasi masalah kulit yang kering ini adalah sebagai berikut :

  1. Perhatikan frekuensi mandi dan juga durasi mandi

Jika Anda adalah tipikal orang yang menyukuai mandi yang terlalu sering dan setiap mandi memakan waktu yang lama, maka Anda adalah termasuk orang- orang yang salah. Mulai sekarang Anda harus memperhatikan pola mandi yang Anda lakukan. Aturan mandi yang benar adalah sebagai berikut: pastikan Anda mandi setiap hari (jangan mandi hanya 2 hari sekali atau seminggu sekali), lakukan aktivitas mandi Anda secukupnya saja. Kemudian jangan mandi  terlalu sering apalagi terlalu jarang, lakukan mandi ini secukupnya saja. Kemudian usahakan durasi mandi jangan terlalu lama namun juga jangan terlalu sebentar, waktu mandi yang baik adalah kurang dari 10 menit namun tidak kurang dari 5 menit. Maka bagi Anda yang selama ini mempunyai pola mandi yang salah, Anda bisa mengganti pola mandi Anda mulai sekarang. (Baca Juga: Tips Membuat Kulit Putih)

  1. Gunakanlah sabun yang mengandung pelembab.

Pelembab sangat bermanfaat untuk menjaga kadar kelembaban pada kulit, sehingga akan terlihat segar. Anda bisa menggunakan sabun yang megandung pelembab untuk menjaga kulit Anda agar tetap segar. Jika perlu, Anda juga dapat menggunakan pelembab khusus yang dipakai setelah mandi. Hal ini karena pelembap mempunyai peran yang sangat penting iuntuk menjauhkan kulit dari kekeringan. (Baca Juga: Pelembab Untuk Kulit Kering dan Kusam)

  1. Hindarilah panas akibat sinar matahari yang terlalu lama

Tekena paparan dari sinar matahari yang terlalu lama akan menyebabkan kulit kita menjadi kering. Maka dari itu kita perlu membatasi diri kira dari paparan sinar matahari, agar nantinya kulit kita tidak menjadi kering dan juga tidak sehat. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah)

  1. Cukupi kebutuhan cairan sehari- hari

Kekurangan cairan yang ada di dalam tubuh akan menyebabkan kulit menjadi kering dan tidak lembab. Oleh karenai itu, kita harus memebuhi kebutuhan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Cukupilah kebutuhan cairan Anda setiap hari dengan jumlah kira- kira sebanyak 2 hingga 3 liter air sehari. Jumlah tersebut akan bisa memenuhi kebutuhan cairan diri Anda sehingga akan menyebabkan kulit menjadi lebih lembab dan terhindar dari kekeringan. (Baca Juga: Manfaat Air Garam Untuk Wajah)

  1. Lakukan perawatan untuk kulit kering secara alami

Seperti halnya marawat jenis kulit- kulit yang lainnya, kulit kering ini juga mempunyai teknik perawatan khusus yang bersifat alami. Beberapa perawatan alami yang dapat dilakukan terhadap kulit kering adalah sebagai berikut:

  1. Campurkanlah kuning telur, air mawar, air jeruk nipis, minyak zaitun, dan juga jus jeruk masing- masing satu sendok. Kemudian campur semua bahan- bahan tersebut, dan oleskan pada wajah Anda pada pagi hari. Diamkanlah selama kurang lebih 20 menit, dan kemudian bersihkanlah menggunakan air bersih.
  2. Buatkah masker alami dari madu, telur, minyak zaitun, dan juga air mawar. Kandungan- kandungan bahan ini akan sangat baik untuk merawat kulit yang kering.
  3. Menggunakan pelembab herbal yang lembut di seluruh tubuh, terutama di bagian kulit yang seringkali kering seperti siku dan lutut.
  4. Tingkatkanlah kelembaban Anda kulit dengan menggunakan perawtan gel herbal alami yang dibuat dari kandungan lidah buaya dan juga minyak esensial.
  5. Bila perlu, seringlah untuk mengonsumsi teh herbal yang banyak mengandung timbuh- tumbuhan yang dapat menyeimbangkan kelembaban kulit kita. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit yang kita miliki.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun , Pelembab Untuk Kulit Kombinasi)

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan sendiri di rumah untuk merawat kulit kita yang kering agar menjadi lebih baik dan kita akan mendapatkan kulit yang tidak kering lagi. Cara- cara tersebut dapat kita lakukan sendiri dan dapat dilakukan di rumah, sehingga praktis.

Demikianlah berbagai informasi mengenai kulit kering, semoga bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Thursday 13th, October 2016 / 00:21 Oleh :
Kategori : Kulit