Sponsors Link

11 Penyebab Kulit Keriput di Usia Muda

Sponsors Link

Menjaga kecantikan kulit harus dilakukan seawal mungkin supaya terhindar dari keriput dini. Keriput dini banyak disebabkan oleh kurangnya vitamin dan nutrisi yang menjadi asupan sehat bagi tubuh serta gaya hidup yang tidak sehat. Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak sekali cara merawat kulit mulai dari perawatan yang tergolong ringan hingga perawatan yang ekstrim dan penuh resiko. Beragam metode kecantikan mulai tanam benang, operasi, suntik dan lain sebagainya merupakan beberapa metode perawatan yang kini banyak dipilih dalam mempercantik wajah yang cukup beresiko pada kesehatan.

ads

Kulit keriput merupakan sebuah proses penuaan alami yang dapat terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Namun keriput bisa menimbulkan masalah ketika terjadi terlalu dini. Keriput dini dapat membuat terjadinya penuaan cepat sehingga akan tampak lebih tua dari usia yang seharusnya. Hal ini tentu dapat membuat penampilan anda sehari- hari menjadi  kurang maksimal. Penyebab kulit keriput di usia muda ini, dapat terjadi karena hal-hal berikut ini :

1. Salah memilih produk kecantikan

Saat ini terdapat banyak sekali beragam produk kecantikan yang beredar di pasaran. Beragam produk kecantikan tersebut mengandung banyak bahan kimia yang terkadang dapat menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada kulit wajah. Efek- efek yang biasa timbul umumnya disebabkan karena pemberhentian pemakaian dari kosmetik yang bersangkutan terutama dari krim pemutih. Beberapa gangguan yang banyak ditimbulkan adalah bintik hitam hingga keriput. Jeli memilih kosmetik membantu anda untuk dapat lebih menjaga kesehatan kulit terutama pada wajah.

2. Kurang minum air putih

Kurang minum air putih banyak berdampak buruk bagi kesehatan dimana salah satunya adalah memunculkan keriput. Kurangnya air putih yang dikonsumsi ternyata dapat membuat kulit menjadi stress sehingga mudah berubah menjadi kusam dan keriput. Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat dimulai dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap hari untuk menjaga kesehatan sekaligus kecantikan kulit. Air putih sendiri merupakan air yang dapat menunjang kesehatan pencernaan serta berguna untuk menyegarkan kembali badan.

3. Sering terkena paparan sinar matahari

Masalah keriput pada wajah ternyata dapat pula disebabkan oleh terlalu seringnya kulit wajah terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari yang dapat membakar kulit umumnya dimulai pada pukul 09. 00 ke atas. Paparan sinar matahari tersebut dapat membuat garis- garis halus muncul yang lama kelamaan akan berubah semakin jelas sehingga membentuk keriput.

Sponsors Link

4. Kurang mengkonsumsi vitamin dan mineral

Kekurangan vitamin dan mineral ternyata dapat menimbulkan kerutan pada kulit wajah. Hal ini banyak terjadi pada para wanita yang salah dalam memilih program diet. Ada banyak dari mereka yang menghilangkan menu-menu penting yang kaya akan vitamin serta mineral yang seharusnya mereka konsumsi sehari-hari.

5. Kebiasaan merokok

Gaya hidup yang tidak sehat salah satunya adalah kebiasaan merokok. Orang yang gemar merokok biasanya akan mudah mengalami keriput dini. Hal ini dapat terjadi karena darah yang beredar, jumlahnya di bawah standar dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Bahaya merokok bukan hanya berdampak buruk bagi kulit namun ternyata juga menyebabkan bahaya penyakit lain seperti kanker, bahaya pada janin dan lain-lain.

6. Cara memijat wajah yang salah

Banyak wanita yang mengandalkan pemakaian produk kecantikan untuk menghentikan keriput di wajah. Penggunaan krim atau produk kecantikan memang menjadi salah satu solusi yang tepat, namun cara memijatnya yang bisa jadi tidak benar. Memijat wajah yang dianjurkan adalah dengan menggerakkan tangan ke atas. Cara memijat dengan gerakan ke bawah, dapat memunculkan keriput lebih cepat.

7. Penurunan berat badan yang drastis

Memiliki tubuh ideal tentu menjadi keinginan bagi banyak orang. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal sendiri dapat dilakukan dengan cara berdiet. Namun masalahnya tidak semua jenis diet itu dianjurkan karena dapat menimbulkan efek tertentu pada tubuh. Hal ini banyak terjadi pada diet yang dilakukan secara ekstrim.

Diet ekstrim dapat menyebabkan berat badan tubuh berkurang begitu cepat, diet ini membuat lemak  dengan cepat menghilang sehingga membuat kulit mengendur dan keriput. Ada baiknya bagi anda yang ingin melakukan diet, sebaiknya menurunkan berat badan sedikit demi sedikit lalu diimbangi dengan olahraga.

8. Tidur dengan posisi yang salah

Tidur ternyata dapat menyebabkan kulit mengalami keriput. Tidur yang dapat menyebabkan kulit mudah keriput adalah tidur yang dilakukan dengan satu sisi. Tidur yang disarankan adalah dengan cara terlentang sehingga tidak terjadi gesekan serta tekanan pada wajah.

9. Sering menggosok mata

Kebiasaan yang satu ini bukan hanya berbahaya untuk mata namun juga membuat kulit pada area mata menjadi rusak. Kebiasaan menggosok mata biasanya dilakukan untuk mengatasi rasa kurang nyaman akibat debu yang masuk. Untuk menghindari iritasi mata serta rusaknya kulit di area mata ada baiknya jika mulai sekarang anda membiasakan diri untuk menghilangkan debu atau benda asing lainnya menggunakan air.

Sponsors Link

10. Kurangnya waktu istirahat

Kurang tidur dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari insomnia atau bahkan karena tugas yang menumpuk. Hal ini sering terjadi pada para pekerja dengan pekerjaan yang menggunung. Kurang tidur tidak hanya membuat timbulnya lingkaran hitam pada mata melainkan juga membuat kulit menjadi lebih mudah keriput. Kurang tidur memiliki banyak dampak negatif lainnya seperti kurang fokus serta rasa tertekan.

11. Terlalu banyak mengerutkan kering

Terlalu banyak mengerutkan kening membuat garis- garis halus di kulit mulai muncul. Selain kebiasaan mengerutkan kening, kebiasaan mengerucutkan bibir ternyata juga dapat membuat kulit mengalami keriput dini. Akan lebih baik jika anda membiasakan diri untuk tersenyum dibandingkan dengan mengerucutkan bibir.

Cara Mencegah Datangnya Keriput Dini

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah datangnya keriput dini mulai dari :

  • Konsumsi makanan sehat

Makanan ternyata tidak hanya berperan dalam menambah energi tubuh, namun ternyata juga dapat membawa pengaruh pada kecantikan kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, anda membutuhkan makanan dengan banyak kandungan vitamin serta mineral yang bagus untuk kulit. Salah satu jenis makanan sehat yang dapat mempercantik kulit dapat anda temukan dalam buah- buahan.

  • Lakukan pola hidup sehat sehari-hari

Melakukan pola hidup sehat dapat dimulai dengan mengatur kegiatan anda sehari- hari dengan menyeimbangkan waktu bekerja dan tidur. Bekerja yang berlebihan dan kurangnya waktu tidur menyebabkan terjadinya stres pada kulit sehingga terjadi keriput. Selain itu, melakukan pola hidup sehat juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan baju tertutup serta menggunakan topi atau penutup kepala saat keluar rumah sehingga tidak terkontak langsung dengan sinar matahari. biasakan juga menggunakan sunblock saat keluar rumah.

  • Lakukan perawatan wajah

Merawat wajah supaya terhindar dari keriput dini dapat dilakukan dengan menggunakan mentimun, tomat, susu, minyak zaitun bengkoang juga putih telur. Bahan-bahan alami tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan masker yang dapat mengencangkan kulit wajah.

Bagi anda yang sibuk dan tidak punya waktu untuk membuat masker berbahan alami maka dapat membeli masker di toko kosmetik yang kini tersedia banyak sekali jenisnya. Berbagai perawatan pencegahan kulit keriput ini bisa dilakukan sebelum tanda-tanda keriput tersebut menjadi sulit untuk dihilangkan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 21st, December 2015 / 08:06 Oleh :
Kategori : Kulit