Sponsors Link

25 Penyebab Wajah Bruntusan dan Gatal Paling Sering Terjadi

Sponsored Links

Pernahkah anda melihat wajah seseorang yang sepertinya dipenuhi bintik-bintik merah atau bahkan anda sendiri yang mengalaminya? Bintik kecil yang kemerahan itu sering disebut dengan istilah bruntusan. Sebenarnya, bruntusan sering terjadi di seluruh bagian tubuh sebagai hasil dari apa yang di cebut biang keringat. Namun, bruntusan yang terjadi di kulit wajah adalah salah satu bentuk lain dari jerawat.

Biasanya, yang mengalami jerawat parah adalah para remaja yang kadar hormonnya memang sedang bergejolak tidak stabil. Tetapi bruntusan pada wajah bisa terjadi pada orang yang lebih dewasa juga, karena berbagai sebab. Bruntusan ini biasanya membuat wajah tampak tidak mulus karena dipenuhi bintil – bintil kecil kemerahan, bahkan terkesan bahwa sang pemilik wajah tidak pernah memperhatikan kebersihan wajahnya.

Apa itu bruntusan?

Bruntusan adalah istilah yang sering digunakan pada kulit wajah yang dipenuhi bintil – bintil kecil berwarna kemerahan dan menyebar di seluruh bagian wajah, biasanya dalam bentuk yang berdekatan atau merapat, tidak seperti jerawat besar yang biasanya agak terpisah letaknya. Terkadang berisi cairan bening atau nanah, karena itu bruntusan ini cepat menyebar jika di pencet atau di garuk, karena memang kemunculannya diiringi dengan rasa gatal, terlebih kalau jumlahnya banyak. Sama seperti jerawat, pori – pori yang tersumbat juga menjadi penyebab munculnya bruntusan ini.

Mengapa wajah menjadi bruntusan ?

Kulit wajah yang sedang dihinggapi bruntusan ini akan tampak tidak sehat dan mengurangi rasa percaya diri untuk memperlihatkan wajah di depan umum. Agar bisa mengobati dan merawat wajah supaya kembali mulus, kenali dulu apa saja yang bisa menjadi penyebab wajah bruntusan :

1. Ketidakseimbangan Hormon

Tidak hanya remaja saja yang bisa mengalami ketidakseimbangan hormon, orang dewasa pun bisa. Penyebabnya beragam, bisa karena pengobatan tertentu, penggunaan alat kontrasepsi, kondisi menjelang menstruasi, dan kehamilan. Kondisi ini akan memancing munculnya bruntusan di kulit wajah.

2. Stress

Kondisi pikiran yang tidak fokus akibat stres mempengaruhi kinerja tubuh juga. Karena kinerja tubuh terganggu dengan datangnya stres dan depresi, nutrisi untuk kulit pun bisa berkurang. Keadaan kulit yang kekurangan nutrisi memungkinkan segala macam masalah kulit mulai muncul, termasuk bruntusan tersebut. Manfaat seledri untuk wajah bisa membantu menutrisi kulit wajah dan manfaat air garam untuk wajah bisa memberikan efek rileks pada kulit wajah.

3. Alergi

Ini adalah penyebab yang paling mungkin terjadi jika segala macam perawatan untuk kulit bruntusan tidak membawa hasil yang memuaskan. Penyebab alergi kulit wajah bisa muncul dari sesuatu yang kita konsumsi, yang membuat tubuh bereaksi pada asupan apapun yang tidak cocok dengan tubuh kita. Reaksi tubuh itu muncul dalam bentuk bruntusan pada kulit.

sponsored links

4. Kulit wajah tidak bersih

Penyebab kulit wajah tidak bersih tentunya karena jarang cuci muka atau dibersihkan dengan layak. Kulit wajah yang kotor memungkinkan bakteri dan kuman dari kotoran yang menempel bersarang di kulit wajah sehingga menimbulkan bruntusan yang parah. Manfaat oatmeal untuk wajah sensitif bisa membantu meredakan gatal dan kemerahan karena bruntusan.

6. Kulit Berminyak

Pori – pori bisa tersumbat juga karena jenis kulit berminyak yang terkadang memproduksi minyak berlebihan di wajah. Kelenjar minyak yang terlalu aktif juga memungkinkan kotoran, kuman dan bakteri cepat menempel ke kulit wajah. Carilah cara mengatasi muka berminyak dan cara merawat kulit berminyak agar masalah bruntusan dapat teratasi.

7. Merokok

Merokok berarti memasukkan racun ke tubuh kita. Asapnya sendiri saja sudah mengandung racun yang tentu saja tidak baik untuk tubuh. Bruntusan ini terjadi karena ekspos kulit terhadap zat nikotin dari rokok. Rawatlah bruntusan yang timbul dengan manfaat menthol untuk wajah.

8. Makanan

Kurang makanan bergizi, senang makan yang mengandung kolesterol tinggi seperti gorengan dan makanan bersantan juga punya andil dalam masalah bruntusan di wajah, karena akan mempengaruhi produksi minyak di wajah pula.

9. Sering Begadang

Pentingnya tidur cukup agar kulit tetap sehat bukan sekedar mitos belaka. Kulit yang tidak segar akibat kita sering tidur malam dan tidak teratur jam tidurnya akan mudah ditumbuhi bruntusan tersebut. Kulit yang banyak ditumbuhi jerawat bisa dirawat dengan manfaat daun jambu biji untuk wajah. Hilangkan juga mata panda akibat sering begadang dengan manfaat daun mint untuk wajah.

10. Kosmetik

Seringkali kita memakai kosmetik bukan karena fungsinya tetapi karena mengikuti tren terbaru. Perlunya menyelidiki kandungan kosmetik yang akan kita coba sangat penting, karena kita bisa tahu apakah kosmetik itu cocok dengan wajah kita atau tidak dan menghindari bahan kosmetik yang berbahaya, seperti adanya bahan pemutih wajah berbahaya. Karena jika dipakai, kosmetik yang mengandung bahan berbahaya akan menimbulkan reaksi pada kulit wajah seperti bruntusan. Kurangi juga pemakaian make up tebal yang dapat membuat kulit tidak pernah ‘bernapas’.

11. Sering Naik Motor

Sekarang ini tidak aneh lagi melihat wanita yang naik motor. Seringnya naik motor akan mempermudah kulit wajah menjadi kotor karena terekspos pada asap kendaraan dan debu, apalagi jika menggunakan helm yang jarang dibersihkan, kotoran pada helm tersebut akan sangat mudah berpindah ke kulit wajah sehingga menjadi bruntusan. Rawatlah kulit yang sering terkena polusi dengan manfaat daun pandan untuk wajah.

12. Pengelupasan Berlebihan

Karena ingin cantik dan memiliki kulit halus sebagai manfaat eksfoliasi wajah, ada orang yang lupa diri dan melakukan scrub wajah terlalu sering dari yang idealnya hanya 1-2 kali seminggu. Kulit yang terlalu sering dikelupas akan menjadi sensitif dan mengalami iritasi. Iritasi kulit juga dapat menimbulkan bruntusan.

13. Masalah Pencernaan

Masalah pada saluran pencernaan juga bisa menyebabkan bruntusan pada wajah kita. Hal ini biasanya disebabkan karena jenis makanan yang kita makan, sehingga membuat sistem pencernaan tidak lancar. Kulit akan menjadi kusam juga. Makanan yang sehat akan memperbaiki masalah pencernaan dan menjadi cara merawat wajah agar tidak kusam.

14. Ketombe Pada Rambut

Bila kita memiliki rambut yang berketombe, bisa jadi ketombe inilah yang turut menyebabkan munculnya bruntusan di wajah kita, karena wajah menjadi kotor akibat ketombe yang jetuh dan menempel ke kulit wajah. Atasi masalah ini dengan mencari cara menghilangkan ketombe, dan bruntusan bisa berkurang dengan cepat.

15. Rambut Berminyak

Kondisi rambut yang berminyak juga bisa membuat kulit wajah terkena imbasnya. Minyak dari kulit kepala bisa turun ke wajah dan menyebabkan wajah jadi makin berminyak, sehingga tersumbatlah pori-pori dan menjadi penyebab wajah bruntusan. Untuk mengurangi minyak pada rambut yang bisa berefek ke kulit wajah, cari tahu dulu apa penyebab wajah berminyak.

16. Pergantian Musim

Cuaca yang tidak menentu atau pergantan musim kadang bisa mempunyai efek buruk pada kulit kita. Kulit bisa menjadi sensitif dan mudah mengalami masalah, terkait dengan perubahan temperatur, kelembaban, panas terik atau hal lainnya yang berhubungan dengan pergantian musim.

Cara Mencegah Wajah Bruntusan

sponsored links
Setelah mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab kulit bruntusan, kita bisa mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mencegahnya. Cara pencegahan itu adalah seperti berikut :

  • Gunakan Produk Non Komedogenik

Untuk merawat wajah kita bisa beralih menggunakan produk yang mencantumkan non komedogenik pada kemasannya. Artinya, produk tersebut sudah mengandung bahan yang tidak akan menimbulkan komedo, jerawat, dan menimbulkan bruntusan. Misalnya untuk sabun muka, produk clenser dan toner, pelembab, foundation dan lainnya.

  • Hindari menyentuh wajah

Mungkin karena kebiasaan, kita sering tanpa sadar menyentuh atau memegang – megang wajah dengan tangan yang kotor sehingga kotoran berpindah dari tangan ke muka kita. Hal ini adalah cara cepat untuk menimbulkan jerawat atau bruntusan di wajah. Selalu pastikan tangan sudah dicuci bersih saat akan membubuhkan make up atau jika akan membersihkan muka. Salah satu perawatan yang bagus adalah dengan manfaat daun kemuning untuk wajah.

  • Perhatikan Pola Makan

Menjaga pola makan yang sesuai dan tepat waktu adalah cara untuk mencegah gangguan pencernaan yang bisa menimbulkan bruntusan di wajah. Juga ingat untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya nilai gizi serta vitamin.

  • Tidur Cukup

Hilangkan kebiasaan begadang atau tidur larut dengan memperbaiki pola tidur kita, dengan pola tidur yang benar maka tubuh kita juga akan berfungsi maksimal dan berpengaruh kepada kesehatan kulit pula. Meremajakan kulit yang lelah bisa dengan menggunakan manfaat daun pegagan untuk kulit sebagai perawatan alaminya. Hilangkan mata panda akibat sering begadang dengan cara alami menghilangkan mata panda yaitu dengan masker wajah berbahan alami.

  • Jangan Memencet

Bruntusan yang banyak di wajah memang membuat kesal dan ingin segera menghilangkannya. Kadang bahkan tidak bisa menahan diri untuk memencet kalu terlihat bruntusan itu sudah mulai kering. Tapi bahaya bila memencet atau memecahkan jerawat bisa membuat jerawat tersebut menyebar dan meradang. Gunakan manfaat daun kelor bagi kecantikan untuk merawat wajah yang berjerawat.

  • Pastikan Kulit Selalu Bersih

Cara untuk memastikan bahwa jerawat tidak akan pernah mampir ke wajah kita adalah dengan rajin membersihkan wajah, minimal dua kali sehari sudah cukup. Bila perlu jangan hanya menggunakan sabun muka tetapi gunakan juga toner dan cleanser.

  • Hindari Stress

Kelola masalah dengan baik, lakukan yoga atau meditasi lainnya untuk menghindari stress yang melanda kita. Dengan menjauhkan diri dari stress, kulit wajah pun tidak akan selalu tegang dan bisa rileks, karena dalam keadaan stress kulit wajah akan berada dalam keadaan tegang sesuai dengan ekspresi wajah kita. Manfaat totok aura wajah bisa merelaksasi wajah yang tegang karena stress.

  • Minum Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup akan membantu tubuh mendapatkan kesegaran. Air putih dipercaya mampu membilas racun di dalam tubuh dengan baik dan menutrisi kulit agar tetap terjaga kelembaban alaminya. Air putih juga bisa menjadi cara mencegah kerutan di wajah yang alami dan cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari.

Kulit yang terkena masalah seperti bruntusan akan membutuhkan waktu agak lama untuk pulih kembali. Jika usaha untuk mencegahnya sudah dilakukan tetapi bruntusan masih saja muncul di wajah, mungkin perlu penanganan dokter ahli kulit untuk perawatan dan penyembuhannya agar bisa sembuh tuntas.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Saturday 13th, August 2016 / 04:34 Oleh :
Kategori : Kulit