Sponsors Link

20 Langkah Perawatan Kulit Kering, Kasar dan Bersisik

Sponsored Links

Kulit yang berjenis kering memang cukup mengganggu penampilan karena biasanya bila disentuh akan terasa kasar dan terkadang bahkan bersisik. Kulit selalu membutuhkan nutrisi supaya kondisinya sehat dan baik, jadi ketika nutrisi tak terpenuhi dengan baik, kulit pun akan semakin kering yang berisiko pecah-pecah juga. Jadi, bagaimanakah cara perawatan kulit kering yang benar?

(Baca juga: penyebab kulit kering)

1. Mengurangi Mandi

Mandi yang teratur memang bertujuan untuk membersihkan diri dan menjaga kesehatan kulit serta memberi perlindungan dari bakteri. Namun ketika terlalu sering mandi, hal ini juga ternyata malah tidak baik untuk kulit. Mandi sering-sering justru bisa menjadikan kulit lebih cepat kehilangan kelembabannya sehingga mengalami kekeringan.

Untuk itulah, penting juga untuk mandi sehari 2 kali saja dan itupun tak perlu terlalu lama. Bahkan disarankan pula oleh para pakar kecantikan untuk memakai sabun di area wajah, ketiak, serta alat genital. Sabun khusus juga bisa digunakan, yakni sabun yang memang dikhususkan bagi yang pemilik jenis kulit kering.

2. Minum Banyak Air Putih

Karena penyebab kulit kering dan kusam salah satunya adalah kekurangan air atau cairan yang dinamakan dengan istilah dehidrasi, maka sebaiknya Anda mulai memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Minumlah air putih yang cukup banyak dalam sehari setiap harinya, yaitu 8-10 gelas atau setara dengan 2 liter.

3. Memakai Madu

Untuk mengatasi kulit kering, Anda juga bisa mengandalkan madu murni sebagai bahan perawatan yang efektif. Karena madu kaya akan vitamin dan mineral, maka sangat cocok untuk digunakan sebagai pelembab bagi kulit yang benar-benar kering, kasar dan kusam. Entah itu dijadikan sebagai obat oles atau dikonsumsi, madu dapat memberikan manfaat besar bagi kulit dari dalam maupun dari luar.

(Baca juga: cara mengatasi kulit wajah kering)

4. Menghindari Asap Rokok

Bila Anda seorang perokok, sadari bahwa merokok aktif akan menjadikan kulit semakin kering dan bagi perokok pasif yang hanya terkena asapnya pun juga memperoleh efek yang sama. Merokok tak hanya tak baik bagi paru-paru, tapi asap rokok juga sudah terbukti membuat kelembaban pada kulit berkurang. Tak hanya kering serta kusam, kulit juga terancam pecah-pecah.

5. Mengeringkan Tubuh setelah Mandi dengan Menepuk-nepuk

Setelah mandi, jangan menggosok-gosok badan dengan handuk seperti yang kebanyakan orang lakukan. Kebiasaan seperti ini perlu Anda hentikan karena menggosok malah justru akan membuat kulit makin kering kondisinya. Tepuk-tepuk saja dan biarkan airnya terserap ke handuk.

6. Menggunakan Pelembab Seusai Mandi

Sabun yang mengandung pelembab terkadang belum cukup untuk membuat kulit mendapatkan kembali kelembabannya. Pakailah pelembab setiap sesudah mandi karena penggunaan pelembab ini akan membuat kulit menjadi jauh lebih lembab dan terhindar dari kekeringan sepanjang hari. Apapun pelembab yang dipilih, sebaiknya adalah pelembab yang memang mampu menutrisi kulit dengan baik.

(Baca juga: pelembab untuk kulit kering dan kusam)

7. Olahraga Teratur

Kurang olahraga tak hanya berakibat pada timbulnya penyakit di dalam tubuh, seperti tekanan darah yang naik maupun kolesterol tinggi. Olahraga yang kurang juga bisa membuat seseorang mengalami masalah kulit. Bahkan diketahui ada hampir 50 persen sendiri penderita kulit kering yang memang jarang berolahraga.

Olahraga yang bisa dilakukan tak perlu yang super berat karena pada dasarnya olahraga seperti jalan santai, jogging atau yoga sangat baik untuk tubuh. Lakukanlah paling tidak setiap pagi selama setengah jam untuk membuat tubuh bugar dan kulit segar. Buktikan sendiri keefektifan dari olahraga rutin bagi kulit.

8. Menggunakan Yogurt dan Pisang

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik tak sulit karena Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang dekat di sekitar Anda seperti yogurt dan pisang. Jadikanlah kombinasi bahan tersebut sebagai masker di mana pisang bisa dihaluskan lebih dulu dan campurkan bersama yogurt hingga adonan pasta terbentuk.

sponsored links

Cucilah wajah lebih dulu sehingga wajah sudah dalam keadaan bersih. Oles masker kombinasi pisang dan yogurt tadi secara merata, lalu diamkan 1-2 jam saja. Akhiri perawatan dengan cara membilas menggunakan air dingin hingga sisa-sisa masker bersih. Anda bisa mencoba melakukannya rutin setiap hari 1 kali untuk hasil sempurna.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kaki kering)

9. Memakai Lidah Buaya

Seperti kita tahu, manfaat lidah buaya untuk kecantikan kulit sangat tinggi dan manfaatnya tak sekadar bisa dirasakan untuk rambut. Mineral alami di dalamnya sangat lengkap sehingga sering digunakan sebagai pelembab kulit alami. Inilah mengapa lidah buaya menjadi solusi bagi yang memiliki kulit kering.

Gunakan lidah buaya yang masih segar alias yang baru saja dipetik dan ambil gel yang secukupnya saja lalu oles pada seluruh bagian kulit tubuh yang hendak dirawat. Tunggulah sampai kulit terasa kencang dan kaku karena gelnya terserap ke dalam kulit. Sesudahnya, gunakan air biasa untuk membilas hingga kulit bersih dari gel.

10. Menggunakan Minyak Zaitun

Dari sejak zaman Mesir Kuno, minyak zaitun merupakan bahan favorit para puteri kerajaan dalam merawat kecantikan mereka. Ini karena adanya kandungan vitamin E yang berkadar tinggi di dalamnya yang berperan sebagai penjaga kesehatan kulit. Kulit yang kering pun bisa diatasi dengan baik.

Minyak zaitun yang digunakan sebaiknya adalah yang benar-benar memiliki kualitas terbaik dan ambil beberapa tetes setiap kali menggunakannya. Oles ke bagian kulit tubuh yang dirasa kering sambil memberi pijatan lembut selama 15 detik. Diamkan hingga mengering dan bila sudah teresap, gunakan air dingin untuk membilasnya hingga bersih.

(Baca juga: masker untuk kulit kering dan flek hitam)

11. Memakai Mentimun

Masih ada juga cara merawat kulit kering dengan bahan alami yang efektif dan mudah didapat, yakni timun. Manfaat timun untuk wajah sudah tak usah diragukan lagi karena memang timun sendiri efektif dalam menghilangkan mata panda. Kesegaran yang diberikan oleh kandungan air pada timun sangat berkhasiat untuk kulit tangan serta kaki.

Kupas serta cucilah mentimun lebih dulu, kemudian haluskan dengan cara memarut atau memblendernya. Barulah sesudah itu bisa Anda oles ke bagian kulit tubuh yang begitu kering untuk dirawat. Lakukan setiap hari untuk memperoleh manfaat yang besar dari mentimun ini bagi kulit kering Anda.

12. Memakai Minyak Nabati

Hampir sama sebenarnya dengan minyak zaitun, di mana minyak nabati ini adalah minyak yang sesuai untuk mengatasi kulit kering. Kandungan baik di dalam minyak ini akan membantu Anda mendapatkan kembali kelembaban yang sempat hilang. Penggunaannya persis seperti ketika Anda menggunakan minyak zaitun di mana sangat sederhana dan tanpa membutuhkan banyak waktu.

Siapkan minyak nabati yang kemudian bisa diambil beberapa tetes saja. Lanjutkan dengan mengoleskannya ke kulit tangan, kaki, atau bagian tubuh lain yang kulitnya terasa kering. Melakukannya sehari 2-3 kali setiap hari serutin mungkin bakal memberikan hasil paling maksimal sehingga kulit jauh dari kekeringan, kasar dan kusam.

(Baca juga: vitamin untuk kulit kering)

13. Memperbanyak Konsumsi Makanan dengan Kandungan Asam Lemak

Konsumsi makanan yang tepat juga turut memberikan Anda hasil terbaik dalam mengatasi masalah kulit kering. Konsumsilah makanan-makanan yang kandungan asam lemaknya begitu tinggi karena memang asam lemak tinggi bisa menjaga kulit untuk tetap ternutrisi dengan baik. Kandungan nutrisi seperti asam lemak omega-3 merupakan salah satu yang bisa Anda andalkan untuk memberikan kelembaban pada kulit.

Makanan apa saja yang kiranya bisa Anda konsumsi setiap hari? Makanan yang berkandungan asam lemak omega-3 tidak hanya ikan salmon saja, tapi kenari pun memiliki kadar tinggi omega-3 sehingga bisa membantu Anda mendapatkan asupan nutrisi jauh lebih lengkap dan baik. Masukkan saja kedua bahan makanan ini pada menu diet Anda.

14. Memakai Alpukat

Alpukat memang segar dan nikmat ketika dijadikan jus, khususnya bila ditambah dengan susu coklat. Bila Anda hendak mengatasi masalah kulit kering, buah ini bisa Anda kerok dagingnya yang kemudian dilumatkan hingga menjadi pasta. Oles ke area kulit yang kering, tunggu beberapa saat sebelum akhirnya bisa dibilas dengan air biasa.

sponsored links

15. Menggunakan Minyak Kelapa

Sebagai cara mengatasi kulit kering pada wajah, minyak kelapa juga sangat berguna, karena ada kandungan asam lemak di dalamnya yang akan mengembalikan kelembaban yang sempat hilang dari kulit. Hangatkan lebih dulu sebelum diaplikasikan merata pada kulit yang kering; lakukan perawatan ini setiap hendak berangkat tidur di malam hari.

(Baca juga: pelembab wajah untuk kulit kering)

16. Memakai Susu Murni

Mengandung sifat anti-inflamasi, susu murni mampu menjadikan kulit kering menjadi lebih lembab. Siapkan kain atau handuk bersih yang kemudian dicelup ke dalam susu dingin, lalu letakkan pada kulit yang kering selama 7 menit sebelum akhirnya dibasuh menggunakan air hangat. Pelembab alami dari susu akan tinggal di dalam kulit Anda apabila melakukan perawatan ini setiap hari.

17. Memanfaatkan Oatmeal

Oatmeal tak hanya sehat dan baik untuk kesehatan jantung, nyatanya oatmeal juga berfungsi melembabkan kulit kering dikarenakan kandungan proteinnya yang tinggi. Tuang saja secangkir oatmeal ke dalam air hangat untuk mandi pada bathtub Anda. Tambahkan pula minyak lavender sedikit dan berendamlah di sana sekitar 15-30 menit; lakukan seminggu sekali secara rutin supay hasilnya memuaskan.

18. Memakai Minyak Almond

Hangatkan minyak almond sebelum Anda mengaplikasikannya ke bagian tubuh yang kulitnya sangat kering. Sama seperti minyak zaitun serta minyak kelapa tadi, pijat-pijatkan pada kulit secara lembut dan tunggulah 30 menit sebelum Anda mandi. Setelah mandi, aplikasikan pelembab seperti biasa; lakukan perawatan ini sehari 1 kali.

(Baca juga: cara merawat kulit agar tidak kusam)

19. Menggunakan Gliserin dan Air Mawar

Kombinasi antara gliserin dan air mawar sangat efektif dalam membuat kulit kering menjadi jauh lebih lembab. Cukup dengan mencampurkan keduanya dengan takaran yang sama, langsung oles ke bagian kulit kering tepat sehabis mandi setiap hari. Melakukannya rutin akan membiarkan Anda melihat hasil terbaik.

20. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang sangatlah banyak digunakan untuk kesehatan, namun untuk kecantikan pun tak kalah berkhasiat. Bahan alami ini bahkan mampu menjadikan kulit lembab secara alami cukup dengan membelahnya menjadi 2 dan mengoleskan bagian dalamnya ke kulit yang kering. Setelah beberapa menit, bilas menggunakan air hangat untuk membersihkan kulit. Lakukanlah serutin mungkin demi mendapatkan hasil yang sempurna.

(Baca juga: penyebab kulit cepat keriput)

Itulah 20 cara perawatan kulit kering paling ampuh yang bisa Anda coba supaya keluhan kulit kasar, bersisik dan pecah-pecah bisa dicegah maupun diatasi dengan baik.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 23rd, November 2016 / 05:43 Oleh :
Kategori : Kulit