Sponsors Link

22 Tips Agar kulit menjadi Putih secara Alami

Sponsors Link

Kulit putih dan bersih menjadi impian banyak wanita. Kebanyakan wanita mempunyai pandangan bahwa kulit putih akan menambah kesempurnaan penampilan dan kecantikannya. Jika kulit kusam dan kering, kebanyakan wanita akan kebingungan dalam memilih warna pakaian yang cocok untuk dikenakannya. Kulit putih akan memudahkan dalam memilih pakaian yang sesuai karena kulit putih akan tetap cocok menggunakan warna pakaian apapun, bahkan warna yang mencolok sekalipun.

ads

Banyak cara untuk membuat kulit menjadi putih, baik yang memakai bahan kimia semacam memakai sabun pemutih, lotion pemutih, krim pemutih, mengkonsumsi obat pemutih. Bahkan ada yang lebih membahayakan yaitu memakai kosmetik dengan bahan pemutih yang berbahaya. Menggunakan bahan-bahan kimia tesebut sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kulit serta tubuh anda. Sebenarnya masih ada cara untuk memutihkan kulit dengan bahan alami yang aman. Selain lebih murah pada ongkosnya bahan alami juga lebih aman dan sehat untuk kesehatan kulit. Sebenarnya menggunakan bahan-bahan alami untuk memutihkan kulit anda tidak begitu sulit asal tahu cara menggunakannya.

Beberapa cara agar kulit putih secara alami adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan bluberry

Menurut penelitian bluberry merupakan buah yang paling kaya akan vitamin C yang dapat memutihkan kulit. Selain vitamin C bluberry masih banyak mengandung bahan yang sangat baik untuk kesehatan kuit. Seperti vitamin E, vitamin K serta serat. Selain memutihkan wajah bluberry dapat merawat kulit agar tetap sehat dan cantik.  Manfaat bluberry pada kulit antara lain, mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari sinar UV, mencegah jerawat serta mencegah keriput pada kulit. Cara untuk menggunakan bluberry untuk memutihkan kulit anda adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari dengan dibuat juz, selai atau campuran kue.
  • Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker caranya yaitu dengan memblendernya lalu oleskan pada kulit anda. Biarkan kandungan vitamin yang ada didalam bluberry membantu meremajakan kulit anda
  • Biarkan masker bluberry kering lalu bilas dengan air bersih

2. Menggunakan lemon

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam lemon dapat mencerahkan dan memutihkan kulit. Produk kosmetik banyak sekali yang mengandung lemon sebagai bahan dasar karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam lemon dapat memutihkan, menghilangkan flek hitam pada kulit serta menghilangkan kekusaman pada kulit. Kandungan antioksidan yang ada pada lemon sangat bagus untuk pertumbuhan sel kulit baru. Cara menggunakan lemon untuk memutihkan dan mencerahkan kulit yaitu dengan cara membuat masker dengan perasan lemon. Caranya yaitu:

  • Ambil satu buah lemon, kupas lalu cuci dengan air bersih
  • Peras buah lemon tersebut, lalu campur dengan air (banyaknya air sama dengan banyaknya hasil perasan).
  • Ambil kapas, lalu oleskan pada kulit.
  • Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

Lakukan cara tersebut 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Hasil kulit anda akan terlihat lebih putih dari sebelumnya setalah anda melakukan rutin selama 3 sampai 4 minggu. Dengan cara ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama namun jauh lebih aman untuk kesehatan anda.

3. Perawatan dari bengkuang

Sudah dari zaman dahulu yaitu zaman kerajaan bengkuang digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit. Para bangsawan yang dahulu belum ada kosmetik secara kimia, mereka menggunakan bengkuang untuk memutihkan kulit. Bengkuang mengandung pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C. Cara menggunakan bengkoang untuk memutihkan kulit yaitu dengan cara dibuat masker. Caranya yaitu:

  • Ambil satu buah bengkuang, lalu kupas kulitnya sampai bersih kemudian cuci dengan air bersih.
  • Potonglah bengkoang yang telah bersih menjadi dua bagian, lalu parut.
  • Peras hasil parutan, lalu taruh air hasil perasan dalam mangkok
  • Diamkan air hasil perasan sampai satu jam hingga terlihat ada bagian putih yang mengendap seperti tepung.
  • Buanglah air yang ada diatas endapan putih, lalu gunakanlah endapan putih itu sebagai masker.
  • Oleskan masker pada bagian yang diinginkan agar kulit menjadi lebih putih lalu biarkan masker tersebut kering.
  • Bilas dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk.

4. Menggunakan susu

Susu dapat memutihkan kulit karena susu mengandung bahan yang dapat melawan flek hitam serta dapat mencerahkan kulit. Susu mengandung vitamin dan zat aktif yang dapat memutihkan kulit. Cara memutihkan kulit dengan cara dibuat masker susu yaitu sebagai berikut:

  • Pilihlah susu yang tidak menggunakan pemanis. Lalu campurkan dengan sedikit air.
  • Oleskan pada bagian kulit yang diinginkan agar lebih putih.
  • Biarkan masker kering lalu oleskan kembali sesuai keinginan dan kebutuhan kulit anda.
  • Bilas dengan air bersih jika masker untuk wajah, jika untuk tubuh bisa digunakan saat mandi.

Lakukan perawatan tersebut 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Setelah penggunaan lebih dari 3 kali maka akan terlihat hasilnya.

(Baca juga kegunaan susu pada : cara meluruskan rambut, cara merawat kuku)

Sponsors Link

5. Menggunakan pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan memutihkan kulit anda. Pepaya dapat memutihkan kulit dengan dibuat masker, carannya yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan juz pepaya sebanyak 3 sendok makan, untuk bahan tambahan siapkan oatmeal sebanyak 1/3 cangkir kecil dan madu murni sebanyak 1 sendok makan.
  • Campur ketiga bahan tersebut, lalu aduk hingga rata.
  • Bersihkan dahulu bagian kulit yang akan diolesi masker dengan air bersih, lalu keringkan dengan handuk.
  • Oleskan secara tipis dan merata bahan yang telah dicampu rata pada bagian kulit yang diinginkan.
  • Diamkan sampai kering yaitu sekitar 10 sampai 15 menit.
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih.

Demikian cara menggunakan pepaya sebagai masker untuk memutihkan kulit. Lakukan secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan lihat hasilnya setalah anda melakukan selama satu setengah bulan.

(Baca juga kegunaan pepaya pada : cara menghitamkan rambut, cara merawat agar rambut tidak bercabang)

6. Menggunakan yoghurt

Yoghurt memang baik untuk kesehatan tubuh kita, ternyata tidak hanya untuk bagian dalam tubuh kita tetapi juga untuk bagian luar tubuh kita seperti kulit kita. Yoghurt dapat memutihkan kulit dan juga dapat menghaluskan kulit anda. Caranya dengan cara menggunakannya sebagai masker. Cara membuat maskernya dengan mencampurkan yoghurt dengan madu. Kemudian oleskan campuran yoghurt dan madu tersebut pada bagian kulit yang anda inginkan agar lebih tampak cerah dan putih. Biarkan masker kering dengan membiarkan selama 10 menit lalu setalah kering bersihkan dengan air bersih.

7. Menggunakan kentang

Kentang selama ini terkenal sebagai bahan dasar kue ataupun sayur. Ternyata kentang juga mengandung vitamin yang dapat memutihkan dan mencerahkan kulit. Caranya dengan membuat masker dari bahan dasar kentang yang ditambah dengan bahan tamabahan madu. Cara membuat maskernya cukup mudah yaitu:

  • Ambil kentang lalu kupas dan cuci dengan air bersih
  • Parutlah kentang lalu campurakan satu sendok teh madu sehingga jadilah masker kentang
  • Oleskan masker kentang tersebut pada kulit anda
  • Diamkan sampai 20 menit agar masker kering dan kandungan yang ada dalam masker meresap dalam kulit
  • Bilas dengan air bersih

Masker kentang ini cocok untuk semua jenis kulit, sehingga anda merasa aman jika menggunakannya agar kulit anda putih dan bersih.

8. Menggunakan jeruk nipis dan putih telur

Jeruk nipis sering menjadi bahan dasar produk kosmetik karena kandungan vitamin C yang dapat memutihkan kulit. Sementara putih telur dapat mengencangkan kulit sehingga kulit menjadi kencang dan mulus. Jika jeruk nipis dan putih telur dicampur maka akan jadi ramuan yang menjadikan kulit putih, kencang dan mulus. Caranya yaitu dengan menjadikan bahan tersebut menjadi masker, yaitu caranya sebagai beriku:

  • Peras jeruk nipis lalu campurkan perasan jeruk nipis dengan puth telur
  • Oleskan masker ini pada kulit anda
  • Biarkan sampai kering yaitu sekitar 20 menit lalu basuh dengan air dingin

Agar hasilnya lebih memuaskan gunakanlah masker ini secara teratur minimal dalam waktu 2 minggu.

9. Menggunakan almond

Almond dapat memutihkan kulit karena almond dapat mengurangi kegelapan pada warna kulit sehingga kulit tampak lebih putih. Almond sebagai bahan dasar dengan dicampur dengan bahan tambahan yaitu susu dan kunyit. Caranya yaitu:

  • Ambil 4 samapai 5 biji almond dan satu ruas kunyit lalu rendam dalam susu cair.
  • Rendam dalam kurang lebih 10 jam, lalu ambil kunyitnya.
  • Haluskan almond lalu campur dengan air susu yang tadi buat merendam sehingga terbentuk menjadi pasta
  • Oleskan pasta tadi pada kulit anda lalu diamkan sampai kering kalau bisa biarkan sampai semalaman
  • Bilas pagi harinya dengan air bersih. Lakukan ini 2 minggu sekali.

(Baca juga kegunaan almond lainnya pada : cara menghilangkan lemak di perut, cara menghaluskan telapak tangan)

10. Dengan lada manis (paprika)

Paprika selain buat sayur bisa digunakan untuk memutihkan kulit dengan cara dibuat masker. Paprika dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam kulit sehingga kulit sehat dan putih alami. Cara membuat masker paprika sangat mudah, yaitu ambil paprika lalu cuci bersih lalu blender paprika sehingga hasilnya menjadi pasta paprika. Oleskan pasta paprika halis blenderan pada kulit anda. Biarkan agar kering selama 20 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih. Kulit akan menjadi putih alami dan sehat setalah anda menggunakan masker tersebut secara rutin selama beberapa minggu.

11. Menggunakan tahu putih

Tahu putih terbuat dari bahan dasar kedelai. Kedelai mengandung bahan yang dapat memutihkan kulit seperti, protein, kalsium, lemak sehat, antioksidan dan aneka mineral yang dibutuhkan kulit dalam tubuh. Cara untuk memutihkan kulit denga tahu putih tidak perlu dibuat masker. Caranya dengan menyajikan menu-menu makan setiap hari dengan aneka menu yang berbeda dengan bahan dasar tahu putih. Dengan mengkonsumsi tahu putih maka anda melakukan pemutihan kulit secara alami dari dalam yaitu dari faktor makanan yang dikonsumsi.

12. Menggunakan nasi merah

Cara memutihkan kulit dengan nasi merah juga tidak perlu susah dengan dibuat masker, tetapi dikonsumsi dengan menjadikan makanan pokok atau tambahan setiap hari. Nasi merah mengandung vitamin B, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan oleh kulit guna untuk pergantian kulit atau regenerasi kulit. Dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah sehingga kadar gula dalam tubuh kita terpenuhi. Gula darah dalam tubuh sangat berhubungan erat dengan regenerasi kulit sehingga nasi merah dapat memutihkan kulit jika kita mengkonsumsinya secara rutin.

13. Menggunakan minyak zaitun

ads
Minyak zaitun merupakan minyak alami yang aman untuk memutihkan kulit. Cara menggunakan minyak zaitun sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya pada kulit yang kusam. Lalu diamkan beberapa menit agar kering. Bilas dengan air bersih sekalian saat mandi.

(Baca juga tentang manfaat minyak zaitun lainnya untuk : cara mengatasi kulit mengelupas di tangan, cara memanjang kuku)

14. Menggunakan air beras

Air beras sangat bagus untuk kesehatan dan regenerasi kulit. Caranya bisa dengan dimasak dan diminum yang biasa oleh orang Jawa dinamakan air taji. Cara lain bisa digunakan untuk membasuh muka. Air beras yang masih segar, gunakanlah untuk membasuh muka. Kandungan zat-zat yang ada didalamnya dapat membantu memutihkan kulit secara alami.

15. CMasker lidah buaya dan jeruk nipis

Jeruk nipis memang sudah terkenal bisa untuk memutihkan kulit secara alami. Manfaat lidah buaya untuk kulit juga dapat memutihkan secara alami. Kedua bahan ini jika dicampurkan dan dibuat masker dapat menjadikan kulit putih secara alami. Caranya yaitu:

  • Ambil satu jeruk nipis lalu peras
  • Ambil sepotong lidah buaya lalu ambil sarinya
  • Campur kedua bahan tersebut lalu adu hingga rata
  • Oleskan pada kulit lalu diamkan agar mengering kira-kira 15 menit lalu bilas dengan air dingin

Selain menutihkan kulit, masker lidah buaya dan jeruk nipis dapat membantu mengurangi noda hitam bekas jerawat.

16. Masker tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung banyak viatmin C yang dapat memutihkan kulit. Selain mudah didapat tomat juga bukan buah yang mahal. Cara membuat masker dengan tomat juga mudah. Cara membuat masker dengan tomat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu tomat ukuran besar, lalu parut tomat tersebut
  • Tambahkan tambahkan 2 sampai 3 tetes air perasan lemon dan 3 tetes air mawar
  • Campur ketiga bahan tersebut lalu jadilah masker tomat
  • Oleskan masker tomat pada kulit anda dan diamkan sekitar 15 menit agar kering, kemudian bilas dengan air dingin

Demikian cara membuat masker tomat. Lakukan masker tomat minimal seminggu sekali agar kulit anda bisa beregenerasi dengan baik sehingga tampak putih secara alami.

17. Masker lemon dan madu

Lemon mengandung vitamin C serta madu yang dapat melembabkan dan melembutkan kulit. Gunakan masker lemon dan madu untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Cara membuat masker lemon sangat mudah yaitu:

  • Pertama ambil lemon lalu kupas dan peras lemon
  • Ambil air perasan lemon lalu tampung dalam wadah.
  • Ambil satu sendok madu lalu campurkan dengan perasan lemon jadilah masker lemon
  • Oleskan masker lemon pada kulit anda, biarkan kering dalam 20 menit lalu bilas dengan air bersih

Kandungan vitamin C dalam lemon memutIhkan kulit serta menyerap kelebihan minyak dalam kulit. Gunakan masker ini secara rutin sehingga kulit akan putih alami dan sehat terawat.

18. Menggunakan apel

Buah apel merupakan buah yang sering digunakan sebagai pencuci mulut. Tetapi buah apel mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A, B, C serta antioksidan yang dapat meremajakan kulit dan membuat kulit menjadi putih secara alami. Kulit apel akan memberikan manfaat pada kulit sehingga PH kulit seimbang dan tidak mudah iritasi. Kandungan antioksidan dalam apel akan membantu regenerasi kulit yang rusak sehingga sel-sel kulit yang mati tidak tertumpuk tetapi terangkat sehingga tidak terjadi kulit kusam. Cara membuat masker apel :

  • Siapkan bahan apel, oatmeal dan susu cair
  • Pertama blender buah apel sampai halus, lalu tambah kan oatmeal dan susu cair
  • Campur ketiga bahan tersebut lalu aduk hingga rata sehingga jadi masker yang siap dipakai
  • Oleskan masker apel pada kulit anda, diamkan agar masker kering selama 20 menit lalu bersihkan dengan air dingin
  • Lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal

(baca juga manfaat apel lainnya sebagai : cara menghilangkan keloid, cara menghilangkan bekas luka)

19. Menggunakan kunyit dan susu

Jika menggunakan kunyit asli terlalu susah, anda bisa menggunkan kunyit bubuk dan susu bubuk. Kunyit mempunyai khasiat untuk memutihkan kulit secara alami, caranya yaitu dengan dijadikan masker dengan dicampur dengan susu bubuk. Susu juga kaya akan nutrisi yang dapat membantu memutihkan kulit anda secara alami. Cara membuat masker jika menggunakan kunyit bubuk sangat mudah.

  • Pertama ambil satu sendok kunyit bubuk, lalu campur dengan satu sendok susu bubuk lalu beri air bersih secukupnya. Aduk sampai rata dan menjadi krim masker
  • Oleskan masker yang telah jadi pada kulit anda
  • Tunggu 15 menit agar masker anda kering dan kandungan yang ada di dalam masker dapat terserap dengan baik oleh kulit anda
  • Setelah kering bilas dengan air dingin
  • Lakukan cara ini sesuai kebutuhan, jika ingin kulit cepat putih maka lakukan minimal 3 kali dalam seminggu

20. Menggunakan kunyit dan madu

Agar lebih mudah maka gunakan kunyit bubuk. Cara menggunakan kunyit dengan madu untuk memutihkan kulit dengan dijadikan masker. Caranya yaitu, ambil satu sendok bubuk kunyit dan 1/2 sendok madu. Campurkan kedua bahan tersebut lalu aduk hingga merata sampai berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta kunyit pada kulit dan biarkan sampai 10 menit. Jika sudah kering bilas dengan air bersih. Kulit akan tampak lebih putih dan cerah.

21. Menggunakan kunyit dan air mawar

Apa berbedaan campuran kunyit dengan madu dan campuran kunyit dengan air mawar? Perbedaannya adala terletak pada tambahan manfaat pada kulit. Persamaannya sama-sama memutihkan kulit karena kandungan kunyit yang ada. Air mawar akan membantu merilekskan kulit sehingga, kulit akan tampak lebih segar alami. Cara membuat masker dari bahan ini juga cukup mudah yaitu, seperti yang sebelumnya siapkan kunyit bubuk sebanyak satu sendok makan lalu tambahkan 2 sendok makan air mawar. Campur keduanya hingga rata. Lalu oleskan pada kulit anda dan biarkan sampai kering. Setalah kering bilas dengan air bersih.

22. Menggunakan scrub kunyit

Ada cara lain selain masker untuk memutihkan kulit dengan menggunakan kunyit yaitu dengan menggunakan scrub yang terbuat dari kunyit. Cara membuat scrub yang terbuat dari kunyit yaitu: campurkan bubuk kunyit dengan oatmeal kemudian aduk hingga merata dan jadikan sebagai scrub. Sangat mudah bukan? Gunakan scrub kunyit tersebut tiga hari sekali agar kulit anda tampak lebih putih, kencang dan bersih bersinar.

Demikian beberapa cara alami untuk memutihkan kulit. Kulit sangat perlu untuk dijaga kesehatannya. Tidak hanya tampil cantik tetapi juga sehat itulah hidup yang seimbang dan menyenangkan. Selamat mencoba beberapa tips yang cocok untuk anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 22nd, December 2015 / 08:40 Oleh :
Kategori : Kulit