Sponsors Link

25 Tips Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit Secara Alami

Sponsored Links

Penuaan sayangnya adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita hindari. Semua orang pasti akan mengalami penuaan secara fisik. Tubuh akan menua seiring usia kita juga. Namun penuaan yang terjadi secara alamiah ini bukannya tidak bisa kita atasi. Sebenarnya, tampak menua atau tidak itu semua tergantung diri kita dan bagaimana kita merawat diri. Kesalahan – kesalahan kecil dalam perawatan diri inilah yang biasanya menyumbangkan hasil kepada penuaan dini.

Proses penuaan tidak diinginkan oleh sebagian besar orang. Jika kita melihat para selebriti yang tampak cantik dan ganteng walaupun sudah berusia tua, mungkin kita juga akan berpikir tentang mengapa kita tidak bisa tampak sebagus itu ketika beranjak tua. Tentunya menyenangkan jika bisa menua dengan masih mempertahankan penampilan yang muda, bukan?

Anda pasti tahu bahwa dibutuhkan banyak biaya dan usaha untuk membuat seseorang tampak menua dengan anggun dan bergaya. Walaupun begitu, ada beberapa hal mudah yang bisa Anda terapkan dalam kebiasaan sehari – hari untuk mencegah penuaan dini, dan beberapa tips ini biasanya tidak memerlukan biaya yang banyak:

1. Tidur yang cukup

Semua orang tahu bahwa tidur adalah salah satu hal terpenting yang dapat menjaga agar tubuh dan pikiran kita tetap sehat dan berada dalam kondisi terbaik dan juga menjadi salah satu cara mencegah penuaan dini. Jika Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan tidur selama 8-9 jam sehari, kemungkinan besar Anda akan terlihat menua dalam waktu lima tahun kedepan.

2. Perbaiki posisi tidur

Posisi tidur juga sangat penting untuk diperhatikan. Jangan pernah tidur dengan posisi kepala menekan bantal, karena kerutan dari sarung bantal akan dapat menimbulkan ‘garis tidur’ yang akan berkembang menjadi keriput suatu saat nanti. Hal ini dapat menjadi penyebab kulit keriput di usia muda. Jadi, jika anda terbiasa untuk tidur dengan wajah menghadap bantal, sekarang sudah waktunya untuk mengubah kebiasaan tersebut.

3. Gunakan serum anti penuaan

Salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan menggunakan serum anti penuaan yang banyak dijual bebas di pasaran. Pilihlah krim yang cocok untuk wajah Anda. Agar tidak salah memilih, Anda bisa mencari reviewnya terlebih dulu di internet atau berkonsultasi dengan ahli kulit.

4. Membersihkan wajah dengan benar

Jika anda ingin tampak awet muda, tiga langkah berikut ini perlu dilakukan untuk mempertahankan penampilan tersebut. Langkah – langkah itu adalah mencuci muka, memberi penyegar, dan melembabkan wajah. Wajah yang terawat dan bersih tidak akan mudah terlihat tua dan keriput.

5. Gunakan pelembab berkualitas bagus

Tidak ada ruginya berinvestasi pada pelembab yang berkualitas bagus. Harga memang akan sebanding dengan kualitasnya, namun pelembab berkualitas bagus akan memberikan manfaat yang bagus bagi kulit wajah Anda. Pilihlah pelembab untuk kulit berminyak, pelembab wajah untuk kulit kering, atau pelembab untuk kulit kombinasi sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda yang akan bisa melindungi dan membuat kulit wajah tetap elastis.

6. Gunakan pembersih wajah yang bagus

Jangan gunakan sabun untuk membersihkan wajah Anda. Sabun tidak saja akan membuat kulit wajah kering tapi juga akan membuat keriput timbul di wajah. Gunakan pembersih wajah yang berbahan lembut untuk membersihkan kotoran dan minyak yang diproduksi kulit setiap hari dan selama kita tidur.

7. Lembabkan wajah sebelum tidur

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kemampuan kulit untuk menyerap bahan aktif dalam produk perawatan kulit lebih baik saat malam hari. Dengan begitu malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk menggunakan produk anti penuaan pada kulit.

sponsored links

8. Minum air putih yang banyak

Dalam setiap ritual perawatan kecantikan selalu ada saran untuk meminum air dalam jumlah yang cukup setiap harinya, ini karena air putih memang mempunyai khasiat untuk mencerahkan kulit, mempertahankan elastisitas dan memelihara kesehatan sehingga Anda akan tampak lebih muda.

9. Minum susu

Jadikan kebiasaan meminum susu paling tidak satu gelas setiap hari. Manfaat susu untuk kulit bagus karena bisa menghidrasi , melembabkan dan mencegah kulit menjadi kering. Selain itu susu juga bisa mengurangi penggelapan kulit yang ditimbulkan oleh pakaian atau proses penuaan. Kandungan dalam susu yang mempunyai asam amino, protein dan vitamin A yang bisa memberikan manfaat baik bagi kulit.

10. Merawat mata

Kondisi mata juga dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Rawatlah mata dengan menggunakan bahan alami. Manfaat timun untuk mata dan wajah bisa menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. Atau Anda juga bisa menggunakan cream untuk menghilangkan kantung mata yang banyak tersedia di pasaran.

11. Makan makanan sehat

Makanan dan penuaan dini sebenarnya sangat berhubungan. Banyak diantara ahli nutrisi setuju bahwa untuk mengurangi dampak negatif dari penuaan adalah dengan perencanaan makanan dan diet yang tepat. Walaupun demikian, mengubah kebiasaan makan seseorang adalah hal yang sulit untuk dilakukan karena banyaknya godaan dari restoran cepat saji. Anda bisa mencoba merubah kebiasaan makan sedikit demi sedikit untuk mulai mengonsumsi makanan yang sehat dengan diet seimbang.

12. Penuhi kebutuhan kalsium tubuh

Orang – orang yang mempunyai kandungan kalsium tinggi dalam tubuhnya akan mengalami lebih sedikit proses penuaan dan resiko kanker kulit dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kalsium. Kalsium menyediakan manfaat anti penuaan dan meningkatkan perlindungan dari kanker kulit. Kalsium juga adalah bahan yang sangat bermanfaat untuk peremajaan kulit.

13. Biasakan mengonsumsi vitamin

Meminum suplemen vitamin C dan E atau tablet anti oksidan sangat banyak membantu dalam mempertahankan penampilan yang lebih sehat dan muda.

14. Minum teh hijau

Manfaat air teh untuk wajah dan manfaat teh basi untuk wajah sangat baik untuk perawatan wajah, termasuk teh hijau. Belakangan ini teh hijau sedang digembar gemborkan sebagai salah satu minuman yang memiliki khasiat anti penuaan. Tidak saja mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer, teh hijau juga bermanfaat dalam membangun kepadatan tulang dan menjaga serangan penyakit mata yang datang seiring dengan penuaan.

15. Hindari melihat monitor yang posisinya rendah

Kasus ini banyak terjadi pada orang yang banyak bekerja dengan komputer. Pastikan tata letak monitor komputer sejajar dengan mata Anda, jangan membuat mata terpaksa melihat ke arah monitor yang lebih rendah. Melihat ke bawah membuat mata lebih mudah mengalami keriput dan bahu membungkuk yang akan membuat Anda tampak tua.

16. Olah raga

Tidak perlu dikatakan lagi, manfaat olahraga untuk kecantikan sangat besar untuk menghindari proses penuaan dini. Namun banyak dari Anda yang entah malas atau sibuk dengan kegiatan sehari – hari sehingga tidak sempat berolah raga. Jika perlu, tergetkan untuk bisa berolahraga minimal 30 menit sehari. Atau jika sulit menemukan waktu untuk mengolah tubuh, Anda bisa memperbanyak gerak. Misalnya dengan menggunakan tangga daripada lift, banyak berjalan kaki, dan lain – lain.

17. Perbanyak kegiatan luar ruangan

Jika Anda memiliki waktu untuk berolah raga, Anda bisa memilih alternatif untuk berolah raga di luar ruangan dibandingkan di dalam pusat kebugaran sebagai selingan. Cobalah memulai dengan olah raga lari pagi, bersepeda, senam, atau berenang pada saat matahari pagi sedang sangat baik untuk tubuh. Berada di udara pagi yang segar tidak saja akan memberikan kesegaran pada tubuh namun juga akan memperkuat tulang Anda.

18. Jangan membiasakan diri mengerutkan wajah

Ini adalah salah satu tips kecantikan yang tidak bisa diabaikan dalam mencegah kerutan di wajah. Sering mengerutkan wajah, contohnya dahi dan mulut bahkan seluruh kerutan yang kita buat di wajah karena berbagai sebab akan menyebabkan timbulnya garis halus di kulit wajah.

19. Gunakan tabir surya

Sinar matahari adalah salah satu penyebab kulit cepat keriput dan terlihat tua. Pemakaian teratur tabir surya akan mampu mencegah beberapa efek penuaan yang diakibatkan radiasi sinar matahari seperti noda hitam, keriput dan kulit yang mengendur. Cobalah cara menghilangkan noda hitam di wajah salah satunya dengan menggunakan manfaat masker pepaya untuk kulit.

sponsored links

20. Merawat gigi

Cara merapikan gigi akan berpengaruh pada penampilan Anda jika ingin tampak awet muda. Gigi yang tidak dirawat lambat laun akan menjadi keropos dan kotor. Selain mata, senyuman adalah hal kedua yang akan dilihat orang lain dari wajah Anda. Senyum yang sehat dan lebar akan memberi kesan wajah lebih muda. Sebaliknya, senyum yang berisi gigi keropos dan kotor, akan memberi kesan jika Anda lebih tua tidak penting apapun produk anti penuaan yang Anda pakai di wajah. Ada banyak cara merapikan gigi menggunakan behel, namun bagi Anda yang tidak ingin menggunakan behel, ada juga cara merapikan gigi tanpa behel yang bisa dicoba.

21. Belajar meditasi

Meditasi sudah terbukti menjadi salah satu aktivitas untuk anti penuaan yang berhasil pada masa sekarang ini. Mempelajari yoga adalah salah satu cara agar tubuh mendapatkan manfaat meditasi. Meditasi akan membuat Anda merasa lebih tenang secara mental sehingga juga berpengaruh kepada penampilan diri.

22. Makan banyak buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah tiket emas menuju awet muda. Buah dan sayur mengandung anti oksidan berupa vitamin A, C, dan E serta beta karoten. Anti oksidan melawan radikal bebas, kekurangan oksigen yang berakibat buruk bagi sel tubuh, dan dengan demikian melawan penuaan dini serta penyakit.

23. Lakukan pengelupasan kulit

Pengelupasan kulit tidak hanya bisa dilakukan dengan manfaat eksfoliasi wajah. Tubuh pun perlu di eksfoliasi agar lapisan kulit baru bisa tampak menggantikan lapisan kulit lama yang sudah kusam. Anda bisa melakukan lulur menggunakan manfaat garam untuk kulit untuk melakukan eksfoliasi.

24. Lakukan perawatan tubuh

Selain wajah, Anda bisa melakukan perawatan untuk leher, tangan, bahu dan bagian tubuh lainnya. Menghindari penuaan tidak akan berhasil jika hanya wajah saja yang terlihat muda, sementara bagian tubuh lainnya terlihat menua dan keriput. Beri pelembab untuk beberapa bagian tubuh lainnya sebelum tidur untuk menjaga kondisi kulit. Anda juga dapat melakukan pijat dan spa untuk merelaksasi kulit tubuh.

25. Buang kebiasaan buruk

Merokok dan minum dapat membuat Anda merasa lebih baik, namun kedua hal itu tidak bagus untuk kesehatan Anda. Kebiasaan buruk ini tidak akan membantu Anda tampak lebih muda. Beberapa penelitian justru menyatakan bahwa rokok adalah salah satu penyebab wajah terlihat tua di usia muda. Jika Anda terbiasa merokok dan minum alkohol setiap hari, bersiaplah untuk mengalami kulit keriput, kehilangan kolagen dan elastisitas kulit.

Selain beberapa kebiasaan kecil di atas yang dapat membuat Anda tampak awet muda, yang tidak kalah penting juga adalah sikap positif. Pertahankan sikap yang positif sehingga Anda akan mencapai keseimbangan mental dan menjauhkan stres. Sangat mudah untuk menjadi marah dan sinis, kedua hal itu adalah jalan tercepat untuk terlihat tua. Tetapi lebih sulit untuk bersikap sabar dan tenang. Tetaplah berpikiran positif untuk menjernihkan mental, dan Anda akan terlihat awet muda dengan sendirinya.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 30th, November 2016 / 09:34 Oleh :
Kategori : Kulit