10 Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

Sponsored Links

Vitamin E sering dikatakan sebagai zat ajaib yang memiliki banyak manfaat dari mulai mengobati masalah kesehatan seperti jantung dan sirkulasi darah sampai ke masalah kecantikan. Pasti Anda sering mendengar tentang manfaat vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Vitamin E memang sangat populer untuk digunakan sebagai bagian dari perawatan kulit karena bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Beberapa karakteristik dari vitamin E adalah mengandung sifat antioksidan dan mudah larut dalam lemak. Vitamin E atau Alpha Tocopherol adalah anti oksidan yang banyak ditemukan di makanan seperti sayuran hijau, kacang, biji – bijian, makanan laut dan buah – buahan. (Baca Juga: Makanan Untuk Kulit Berminyak , Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Rambut)

Anda bisa menggunakan vitamin E dengan mengoleskannya langsung pada kulit ataupun dengan cara diminum. Suplemen vitamin E biasanya diberikan oleh dokter apabila tubuh tidak bisa menyerap vitamin E yang terkandung dalam makanan sehari- hari seseorang.Tidak hanya dalam bentuk kapsul atau suplemen dan krim untuk pemakaian luar saja, vitamin E juga dapat ditemukan dalam makanan. Manusia dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin E sebanyak 30 IU (International Unit) setiap harinya. Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan kerusakan saraf dan pecahnya sel darah merah, namun hal ini sangat jarang terjadi. Kasus kekurangan vitamin E bisa terjadi pada seseorang yang melakukan diet sangat rendah lemak, terkena gangguan pencernaan atau menderita penyakit cistic fibrosis (penyakit mematikan yang merusak sistem pencernaan dan paru  – paru). (Baca juga: penyebab kulit kering dan kusam , cara merawat kulit agar putih)

Manfaat Vitamin E Untuk Kulit

Menurut definisinya, vitamin E adalah anti oksidan yang membantu menetralkan radikal bebas yang merusak sel – sel tubuh dan mungkin juga menjadi salah satu penyebab penyakit jantung serta kanker . Kulit dapat mendapatkan manfaat yang sangat besar dari perawatan menggunakan vitamin E. Apa saja manfaat vitamin E tersebut akan dibahas berikut ini:

  1. Membersihkan Kulit

Kotoran, minyak dan segala ketidaksempurnaan pada kulit dapat dibersihkan dengan manfaat vitamin E sambil tetap menjaga keseimbangan kadaar minyak di wajah. Caranya dengan meneteskan minyak vitamin E secukupnya pada kapas dan oleskan ke bagian kulit yang perlu dibersihkan. Vitamin E mamiliki manfaat melunakkan kulit sehingga dapat membersihkan permukaan kulit dengan sangat baik tanpa membuatnya kering, dan merupakan pembersih wajah alami yang bisa digunakan.

  1. Melembabkan kulit

Cara mengatasi kulit wajah kering secara alami salah satunya adalah dengan menggunakan vitamin E. Vitamin E mengembalikan kondisi kulit dan meremajakan kulit yang mengalami dehidrasi. Campurkan beberapa tetes vitamin E ke dalam body lotion malam Anda dan oleskan ke tubuh sebelum tidur. Vitamin E adalah cairan yang mengandung minyak dan karena itu akan lebih berat formulanya daripada cairan yang berasal dari air. Sangat baik untuk kulit kering maupun berminyak karena bisa mengembalikan kelembaban kulit. Jangan lakukan ini jika Anda memiliki kulit normal atau mudah berjerawat.

  1. Merawat Stretch Marks

Bagi perawatan paska melahirkan, vitamin E adalah zat yang sangat membantu karena dapat memudarkan stretch mark. Stretch mark muncul karena kulit kehilangan elastisitasnya akibat peregangan lapisan kulit. Dengan menggunakan vitamin E, elastisitas kulit dapat dipulihkan kembali dan menyamarkan garis putih stretch mark. Pemakaian teratur minyak vitamivekas n E pada area stretch mark sambil dipijat perlahan akan dapat mengurangi penampilan stretch mark. Ramuan lain untuk menghilangkan stretch mark dapat menggunakan manfaat lemon untuk kulit dan manfaat daun pegagan untuk kulit.

  1. Mengatasi penuaan dini pada kulit

Vitamin E mencegah semua hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan keriput dengan mendorong produksi kolagen. Dengan demikian mengurangi jumlah garis halus dan tanda – tanda penuaan, dan dapat menjadi cara mencegah penuaan dini dan mengatasi penyebab kulit cepat keriput.

  1. Mengatasi keriput

Minyak vitamin E mengatasi penyebab kulit cepat keriput dan  penyebab kulit keriput di usia muda dengan mendorong produksi kolagen yang membuat kulit tetap kenyal. Selain itu juga mendukung pertumbuhan sel baru dan mempercepat regenerasi sel tubuh, dengan begitu konsumsi vitamin E sesuai dosis akan menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah dan cara mengencangkan kulit wajah.

sponsored links
  1. Menyehatkan kuku dan menghaluskan kondisi kutikula yang kering dan pecah – pecah

Vitamin E dapat menjadi cara merawat kuku agar tidak mudah rapuh dan cara merawat kuku agar tidak mudah patah. Dengan manfaatnya sebagai pelembab yang sangat baik, vitamin E dapat mengatasi kuku dan kutikula yang kering serta pecah – pecah. Anda cukup mengoleskan minyak vitamin E ke bagian kuku yang kering dan memijatnya sedikit sampai minyak meresap. Jika dilakukan dengan teratur maka kuku serta kutikula akan terlihat sehat kembali karena vitamin e merupakan salah satu vitamin untuk kulit kering yang tepat.

  1. Mengurangi noda hitam

Noda hitam bisa disebabkan oleh faktor yang bervariasi seperti kerusakan akibat radikal bebas, penuaan, masalah dari liver dan sebagainya. Gunakan vitamin E untuk menghilangkan noda hitam ini dengan cara mengeluarkannya dari kapsul dan dicampurkan dengan minyak esensial seperti misalnya minyak zaitun. Gosokkan ke area kulit yang bernoda hitam secara rutin sampai noda tersebut menghilang dari kulit. Vitamin E adalah sumber anti radikal bebas yang sangat baik dan bisa mengurangi kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan pigmentasi. Dengan demikian bisa menjadi cara menghilangkan noda hitam di wajah dan cara menghilangkan flek hitam di wajah.

  1. Mengatasi kulit kasar

Kulit yang tidak halus bisa tampak seperti bruntusan. Karena terkena penyebab wajah bruntusan maka perawatan dengan menggunakan vitamin E dapat dipertimbangkan. Vitamin E menyediakan kelembaban yang dibutuhkan kulit untuk penyembuhan yang intens. Sebenarnya vitamin E murni tidak ideal untuk digunakan sebagai pelembab karena teksturnya kental dan lengket. Terapi vitamin E sebelum tidur yang intens adalah yang ideal untuk penyembuhan dan perawatan kulit. Cara menggunakannya yaitu mencampur vitamin E dengan minyak zaitun untuk pemakaian yang lebih lembut dan tambahan terapi.

  1. Merawat sengatan matahari

Luka akibat sengatan matahari sangat baik jika dirawat menggunakan vitamin E. Kandungan anti oksidan yang dimiliki vitamin E dapat menetralkan efek dari radikal bebas yang disebabkan sinar matahari, dan juga mendinginkan kulit yang terbakar matahari. Cara memakainya hanya mengoleskan minyak vitamin E ke area yang terbakar matahari. (Baca Juga: Manfaat Ginseng untuk Kecantikan )

  1. Memudarkan bekas luka

Manfaat kecantikan yang lain dari vitamin E adalah dapat membantu menyamarkan bekas luka dan menjadi cara menghilangkan bekas luka. Dengan manfaatnya sebagai antioksidan tinggi vitamin E dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang luka dan mencegah bekas luka sebelum menjadi permanen. Juga bisa memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Cara menggunakannya dengan mengoleskan minyak vitamin E dan pijat selama lima sampai sepuluh menit. Biarkan meresap selama sepuluh menit lalu cuci dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu untuk melihat hasilnya.

Petunjuk Mengonsumsi Vitamin E

Walaupun vitamin E memiliki khasiat yang sangat baik bagi kulit dan tubuh namun tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mengonsumsi atau menggunakannya, yaitu:

  • Tidak disarankan untuk diminum adalam dosis tinggi bagi ibu hamil dan menyusui karena vitamin E dosis tinggi dapat beresiko menyebabkan timbulnya gangguan jantung pada bayi yang akan lahir nantinya. Kalaupun ibu hamil memerlukan asupan vitamin E dalam dosis tinggi, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat agar aman. (Baca Juga:Produk Vitamin Rambut Kering)
  • Untuk anak – anak, dosis yang dianjurkan juga harus dikonsultasikan lebih dahulu dengan dokter.
  • Konsumsi vitamin E juga harus diperhatikan dengan seksama dan berhati – hati pada perokok, penderita Alzheimer, gangguan ginjal, pembekuan darah, penyakit jantung, gangguan mental dan yang menderita kerusakan mata serta penyakit kulit. (Baca Juga: Suntik Vitamin C dan Kolagen)
  • Jika akan menjalani operasi, penggunaan vitamin E harus dihentikan dua minggu sebelum operasi karena dapat meningkatkan resiko pendarahan saat operasi.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan dokter atau pada kemasan obat dan pastikan ada rentang waktu yang cukup saat meminum vitamin E dengan dosis yang dikonsumsi sebelumnya. (Baca Juga: Tips Mencegah Penuaan Dini)
  • Jika ada waktu minum vitamin yang terlewat, jangan menggandakan dosis pada saat waktu minum vitamin berikutnya. Segera konsumsi vitamin jika terlupa dengan memperhatikan rentang waktu yang tepat, yaitu tidak terlalu dekat dengan waktu sebelumnya.
  • Walaupun salah satu tips agar awet muda adalah dengan menggunakan vitamin E, jangan mengonsumsi vitamin E berlebihan atau yang dosisnya melebihi atau setara dengan 300-800 IU.
  • Jangan mengonsumsinya dibarengi dengan konsumsi multivitamin. Dalam beberapa penelitian terungkap bahwa mengonsumsi vitamin E bersama multivitamin lainnya kemungkinan bisa menyebabkan meningkatnya resiko kanker prostat bagi pria.

sponsored links

Efek Samping Kelebihan Vitamin E

Sebenarnya jarang ada efek samping dari kelebihan vitamin E jika mengikuti dosis yang disarankan. Namun jika dikonsumsi berlebihan memang ada sejumlah akibat yang bisa terjadi. Beberapa efek samping tersebut adalah:

  • Diare
  • Sakit kepala
  • Tubuh lemah atau lemas
  • Gangguan penglihatan
  • Mual
  • Beberapa penelitian menyatakan juga bisa menyebabkan pengeroposan tulang
  • Perut kembung
  • Pembengkakan pada bibir, lidah dan wajah
  • Pendarahan pada otak yang menyebabkan stroke

(Baca Juga: Cara Menipiskan Bibir  , Cara Mencerahkan Bibir Hitam)

Makanan Sumber Vitamin E

tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin E sendiri, karena itu untuk mencukupi kebutuhan vitamin E dalam tubuh ada tambahan suplemen. Vitamin E juga bisa didapatkan dengan cara yang lebih alami, yaitu dari asupan makanan. Beberapa makanan yang dapat menjadi sumber vitamin E bagi tubuh kita diantaranya adalah:

  • Biji Bunga Matahari – sebanyak satu cangkir mengandung sekitar 33,41 mg vitamin E
  • Almond – mengandung sekitar 26,2 mg vitamin E dalam satu cangkir. Selain itu manfaat almond untuk rambut juga dapat digunakan berkat kandungan vitamin E yang sangat baik untuk rambut.
  • Hazelnut – mengandung sekitar 20,29 mg vitamin E dalam satu cangkir
  • Gandum – dalam satu cangkir, gandum tawar yang belum dimasak mengandung 18mg vitamin E (Baca Juga: Cara Menghilangkan Belang di Muka)
  • Mangga – dalam satu buah mangga mentah terdapat sekitar 3,02 mg vitamin E
  • Brokoli – satu cangkir brokoli yang sudah dimasak mengandung sekitar 2,4 mg vitamin E
  • Bayam – dalam takaran setengah cangkir bayam masak atau dua cangkir bayam mentah terdapat vitamin E sebanyak 1,9 mg
  • Kiwi – buah kiwi berukuran sedang mengandung sekitar 1,1 mg vitamin E (Baca Juga: Manfaat Kiwi bagi Kulit Wajah)
  • Tomat – satu buah tomat mentah mengandung sekitar 0,7 gram vitamin E. Ada pula manfaat tomat untuk kulit dan manfaat tomat untuk alis yang bisa dicoba.

Seberapapun inginnya Anda untuk memiliki kulit yang mulus dan bebas masalah dengan menggunakan vitamin E, Anda tetap harus waspada dalam penggunaannya. Seperti telah disinggung sebelumnya, efek kelebihan vitamin E akan berbahaya bagi tubuh. Anda harus memperhatikan dosis yang diminum, dan jangan sampai berlebihan hanya karena ingin cepat mendapatkan hasilnya. Contohnya, langsung meminum dalam dosis tinggi tanpa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter atau memberhatikan gejala penyakit yang dimiliki yang bisa mempengaruhi konsumsi vitamin E. Ikuti petunjuk pemakaian dan perbanyak makanan yang mengandung vitamin E untuk mendapatkan kulit yang mulus dan bebas tanda penuaan. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Tubuh , Manfaat Air Garam Untuk Kulit)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 04th, December 2016 / 13:42 Oleh :
Kategori : Kulit