Sponsors Link

11 Manfaat Masker Kuning Telur – Kulit, Rambut dan Wajah

Sponsors Link

Secara umum kita tahu bahwa telur merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein tinggi. Dibanding sumber-sumber protein lainnya, telur memang lebih familiar dijumpai di tiap hidangan yang akan kita santap. Selain tahan lama dan mudah didapat, telur juga sangat penting untuk membuat beraneka kue atau roti. Tanpa campuran telur, kue yang akan kita buat bisa saja gagal total atau kurang enak.

ads

Selain bermanfaat sebagai pelezat hidangan, ternyata telur masih menyimpan sejuta manfaat yang belum terpikirkan sebelumnya. Bagaimana tidak, telur pun turut terlibat dalam beberapa perawatan kecantikan sehingga kita mengenal yang namanya masker telur. Bagian telur yang digunakan untuk masker hanyalah bagian kuningnya saja. Berikut telah kami himpun 11 manfaat masker kuning telur yang perlu anda ketahui.

  1. Melenyapkan Jerawat

Jerawat merupakan musuh besar bagi kita semua yang ingin terlihat menawan. Untuk melenyapkannya tidak perlu susah payah karena hanya dengan kuning telur, jerawat akan kabur. Kuning telur terbukti efektif sebagai obat jerawat karena mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Kuning telur dapat mengatur produksi minyak yang berlebih pada wajah yang mana dapat menyumbat pori-pori kulit wajah dan akhirnya menghasilkan jerawat.

Caranya : olesi wajah anda dengan masker yang terbuat dari kuning telur, lalu diamkan sekitar 20-30 menit. Bersihkan dengan air menggunakan air hangat. Agar manfaatnya semakin terasa, tambahkanlah bawang putih yang juga terbukti ampuh dalam menghilangkan jerawat. (Baca juga: manfaat jeruk lemon untuk wajah)

  1. Membersihkan Minyak Wajah Anda

Untuk menghilangkan minyak wajah, anda membutuhkan vitamin E dimana vitamin E bisa anda peroleh dari telur. Adapun caranya cukup mudah. Yang perlu anda lakukan hanyalah mengoleskan bagian kuning telur ke wajah anda. Bedanya dengan cara sebelumnya, anda dapat memberi tambahan bubuk cendana/bedak cendana yang memang telah terbukti ampuh dalam menutup tiap pori-pori wajah anda. Di samping itu, campuran bedak cendana dan putih telur juga bagus untuk mengeluarkan minyak dari kulit wajah. (Baca juga: cara mengatasi muka berminyak secara almi)

  1. Menghaluskan Kulit

Kita telah mengetahui bahwa telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, terutama bagian kuning telurnya. Ternyata, protein pada kuning telur tersebut dapat dimanfaatkan dalam menghaluskan kulit. Lalu bagaimana caranya?

Sponsors Link

Caranya :  anda hanya perlu untuk mencampurnya dengan yogurt lalu mengoleskannya ke kulit anda yang akan anda haluskan, misalnya di wajah, tangan maupun kaki. (Baca juga: manfaat lidah buaya untuk kecantikan)

  1. Melembabkan Rambut

Pelembab sangat dibutuhkan rambut demi menjaga kelembaban serta kecantikannya. Kuning telur mengandung protein yang bisa menjadi pelembab berbahan alami bagi rambut anda. Dengan cara ini, anda tidak perlu membeli produk-produk pelembab rambut yang belum tentu kandungannya aman bagi rambut anda. Dengan memanfaatkan kuning telur maka rambut anda akan menjadi lembab dan halus.

Caranya : cukup oleskan kuning telur pada rambut anda dan diamkan selama beberapa saat. Bilas dengan shampo agar efeknya terasa lebih cepat. (Baca juga: manfaat conditioner rambut)

  1. Menghilangkan Ketombe

Ketombe memang menjengkelkan dan perlu perhatian khusus. Akan tetapi, cara menghilangkannya bisa menjadi sangat simple. Yang anda butuhkan disini hanyalah kuning telur yang telah dipisahkan dari putihnya.

Caranya : Oleskan kuning telur secukupnya pada permukaan kulit kepala dan tunggu sekitar 10-15 menit. Bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin. Agar hasilnya lebih maksimal tambahkan pula shampo khusus ketombe dalam pembersihannya. (Baca juga: manfaat cuka apel untuk rambut berketombe)

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Satu lagi kandungan yang terdapat dalam kuning telur yaitu zat besi. Zat ini sangat baik bagi kesehatan rambut serta dapat mengurangi kerontokan rambut serta beberapa masalah lain pada rambut.

Caranya : campurkan lemon atau jeruk nipis dengan kuning telur untuk mengurangi bau amis lalu bilas dengan siraman air dingin. Kalau perlu gunakan shampo agar lebih terasa hasilnya. (Baca juga: manfaaat urang-aring untuk rambut rontok)

  1. Mengobati Kulit Terbakar karena Sinar Matahari

Salah satu fungsi protein yang dikandung dalam kuning telur yaitu meregenerasi tiap-tiap sel kulit mati. Ini cocok digunakan untuk menangani kulit terbakar karena sinar matahari tanpa efek samping.

Caranya : yaitu dengan menambahkan madu dan lemon untuk dicampur dengan kuning telur. Hasil campurannya lalu dioleskan ke kulit anda yang terbakar.

  1. Melenyapkan Lingkaran Hitam pada Bagian Bawah Mata

Jika anda suka begadang atau kurang tidur, akan ada lingkaran hitam pada bagian bawah mata anda. Meskipun tidak menyakitkan tetapi kehadirannya mengurangi pesona wajah anda. Cara menghilangkannya yaitu dengan memakai masker yang terbuat dari putih telur.

Sponsors Link

Caranya : setelah masker itu selesai anda buat, oleskan pada bagian yang terdapat lingkaran hitam tadi. Agar mendapatkan sensasi yang lebih menyegarkan dari tips ini tambahkan pula timun di atas masker buatan anda tadi.

  1. Melembabkan dan Mengencangkan Kulit Wajah

Satu hal yang langsung terasa dari manfaat masker kuning telur yaitu pori-pori terasa semakin kecil. Jika anda raba wajah anda atau merasakannya, kulit wajah tersebut kini menjadi lebih lembab dan lebih kencang.

Caranya : tambahkan campuran lemon dan alpukan pada kuning telur yang telah anda siapkan. Usapkan secara merata pada area wajah anda kemudian tunggu sampai kering. Kemudian, bilas wajah anda dengan bilasan air hangat. Dapat juga anda menambahkan lotion yang khusus untuk melembabkan wajah agar hasilnya makin maksimal. (Baca juga: manfaat timun untuk wajah)

  1. Mengurangi Minyak di Rambut

Minyak tidak hanya terdapat di wajah tetapi juga di rambut. Hal ini akan menimbulkan masalah jika minyak tersebut terlalu banyak sehingga membuat rambut mudah kotor terkena debu. Untuk mengurangi minya berlebih di rambut anda, simple aja cukup dengan menggunakan kuning telur.

Caranya : rambut anda yang berminyak itu cukup diolesi dengan kuning telur lalu tunggu hingga beberapa saat. Ketika masker telur itu sudah kering, bilaslah dengan shampo kemudian rasakan efeknya. (Baca juga penyebab kerusakan rambut)

  1. Memperlambat Penuaan Dini

Siapa sih yang tidak mau tetap awet muda? Sayangnya, tanda-tanda penuaan pun kini bisa datang lebih cepat sehingga dapat membuat anda nampak lebih tua dari umur anda sekarang. Kuning telur mengandung anti-aging yang bisa memperlambat terjadinya penuaan dini. Anti-aging itu sendiri banyak terdapat pada produk kecantikan yang kini populer. Karena anda langsung menggunakan anti-aging tersebut langsung dari sumbernya, yaitu kuning telur, khasiatnya pun bisa lebih maksimal dan aman dibanding dengan produk kosemtik tersebut.

Caranya : cukup dengan mengolesi wajah anda dengan cairan putih telur kemudian diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat jika sudah kering. Biasakan melakukannya setidaknya sekali dalam dua minggu. (Baca juga: cara mencegah penuaan dini kulit dan wajah)

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , , ,
Post Date: Saturday 04th, June 2016 / 05:30 Oleh :
Kategori : Perawatan