Sponsors Link

14 Cara Melebatkan Bulu Mata Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Kalau Anda perhatikan dan rasa-rasakan, pasti tahu betul bahwa bulu mata sangatlah lama dan sulit untuk tumbuh. Itulah alasan mengapa kemudian banyak orang, terutama wanita, akan melakukan segala upaya demi melentikkan serta melebatkannya. Bulu mata yang tebal dan panjang biasanya lebih menjadi keinginan para wanita agar kelihatan lebih cantik.

ads

Bisa jadi bulu mata yang sedikit itu karena memang sulit tumbuh, atau mungkin karena mudah rontok. Apapun yang menjadi penyebab dari bulu mata Anda yang sedikit dan membuat Anda kurang percaya diri, ada cara melebatkan bulu mata ampuh yang bisa coba Anda praktikkan di rumah. Buktikan sendiri bahwa cara-cara di bawah ini efektif untuk Anda.

(Baca juga: cara membuat bulu mata lentik secara alami)

1. Menggunakan Teh Hijau

Untuk bulu mata yang lebih lebat dan menarik, teh hijau adalah ramuan herbal alami yang pastinya sangat berguna dan layak untuk dipakai. Kaya akan kandungan flavonoid membuat teh hijau dapat menstimulasi pertumbuhan dari bulu mata Anda.

  • Caranya: Sediakan teh hijau secangkir saja tanpa gula dan diamkan dulu untuk didinginkan. Untuk mengaplikasikan ke bulu mata Anda secara lebih gampang, Anda bisa memakai kapas yang dicelupkan dulu ke teh hijau. Secara perlahan Anda bisa mengoleskan dari akar ke ujung yang kemudian dibiarkan 15 menit. Bilaslah menggunakan air dingin dan lakukanlah sehari 2 kali selama 2-3 bulan berturut-turut.

(Baca juga: manfaat air teh untuk wajah)

2. Memakai Telur

Seperti yang kita ketahui, telur memiliki kandungan protein tinggi yang juga rupanya bagus untuk kelentikan serta kelebatan bulu mata. Kandungan vitamin B dan biotinnya adalah yang berperan penting dalam membuat tekstur bulu mata meningkat secara keseluruhan.

  • Caranya: Sediakan telur 1 butir yang bisa Anda kocok bersama dengan gliserin 1 sendok makan hingga mendapatkan tekstur yang lembut dan kental. Sesudah itu, ambil bola kapas atau cotton bud untuk dicelupkan ke larutan tersebut barulah Anda terapkan di seluruh bagian bulu mata. Lewat 15 menit, gunakan air dingin untuk membilasnya; lakukan seminggu 3 kali selama beberapa bulan.

3. Memanfaatkan Susu Kelapa

Karena susu bermanfaat besar sebagai cara alami menebalkan rambut, maka Anda pun pasti bisa memanfaatkan susu kelapa untuk menumbuhkan serta melebatkan bulu mata. Kaya akan lemak esensial dan protein, bahan ini bakal membuat bulu mata tak hanya tebal tapi juga indah lebih lama.

  • Caranya: Siapkan susu kelapa dingin dan juga kapas. Kapas ini perlu Anda celupkan untuk kemudian Anda terapkan ke bulu mata Anda. Setelah 10 menit, Anda dapat membasuhnya sampai bersih. Pemakaian sehari 1-2 kali adalah yang paling disarankan dan akan lebih baik kalau perawatan dilakukan selama beberapa bulan supaya hasil maksimal dapat diperoleh.

(Baca juga: manfaat susu kedelai untuk kulit)

ads

4. Menggunakan Air Kelapa

Biasanya, air kelapa dikonsumsi sebagai pengganti ion yang hilang dan membuat racun terdetoksifikasi secara sempurna. Kandungan klorinnya yang tinggi, berikut juga kadar kalium, serta sitokinin mampu menghambat proses penuaan dini. Mineral alami serta vitamin E juga ada di dalam air kelapa sehingga efektif dalam melebatkan bulu mata.

  • Caranya: Sediakan air kelapa tak usah banyak-banyak, secukupnya saja dan pastikan Anda memakai air kelapa muda. Air yang sudah dikeluarkan dari tempurung kelapa perlu Anda diamkan dulu semalaman. Esok paginya barulah Anda pakai untuk membasuh bulu mata. Supaya meresap, tinggalkan sekitar setengah jam baru kemudian boleh dibilas sampai bersih menggunakan air dingin.

5. Memakai Kulit Lemon

Kulit lemon mengandung kaya akan vitamin B dan vitamin C serta asam folat dan nutrisi lainnya. Tambah volume untuk bulu mata dengan menggunakan bahan alami ini supaya bulu mata tumbuh lebih lebat. Karena kaya akan nutrisi, jelas bulu mata akan ternutrisi sehingga pertumbuhannya dapat terangsang.

  • Caranya: Sediakan kulit lemon kering sesendok makan ke dalam sebuah wadah, lalu tambahkan sedikit minyak jarak atau zaitun sehingga kulit lemon menjadi basah. Memang khusus cara ini, Anda harus menyimpannya cukup lama dulu, yaitu beberapa minggu sebelum akhirnya digunakan dengan cara menerapkannya ke bulu mata setiap sebelum tidur malam. Besok paginya barulah Anda bilas sampai bersih.

(Baca juga: manfaat lemon untuk rambut)

6. Memanfaatkan Lidah Buaya

Manfaat aloe vera untuk rambut tentu sudah tak usah diragukan lagi karena memang berbagai nutrisi dan vitamin terkandung di dalamnya. Untuk pertumbuhan bulu mata yang lebih banyak dan lebat, lidah buaya pun sangat berkhasiat secara efektif yang juga menjadi pelembab alami.

  • Cara 1: Seperti biasanya, gelnyalah yang perlu Anda ambil dan kemudian bisa Anda oles langsung secara merata ke bulu mata Anda. Buatlah hal ini sebagai ritual tepat sebelum tidur dan biarkan nutrisinya terserap semalaman. Esok paginya baru Anda boleh bilas menggunakan air hangat. Melakukannya setiap hari tanpa bolong dijamin dalam beberapa bulan akan ada hasilnya.
  • Cara 2: Pakai minyak jojoba sebagai campuran gel lidah buaya dengan menyediakan masing-masing 1 sendok makan. Tak ketinggalan juga dengan 1 sendok teh kamomil. Campuran ini Anda bisa ratakan di bulu mata sehari 2 kali, lalu tunggulah selama 15 menit. Basuhlah bulu mata menggunakan air hangat setelahnya.

7. Memijat Kelopak Mata

Bila menginginkan bulu mata yang lebat dan indah, salah satu cara alami yang bisa Anda lakukan adalah dengan memijat-mijat bagian kelopak mata Anda. Pijatan lembut pada dasarnya dapat membuat aliran darah meningkat ke folikel rambut. Itu tandanya, bakal ada nutrisi yang lebih banyak sampai di folikel sehingga kerusakan dan penipisan bulu mata dapat dicegah.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes minyak atau petroleum jelly untuk kemudian dioleskan ke bagian kelopak mata. Pakailah ujung jari untuk meratakan sambil memberi pijatan pada kelopak mata serta garis bulu mata Anda. Pemijatan dapat dilakukan kurang lebih 7 menit sehari 2 kali. Dalam beberapa bulan Anda akan melihat perkembangannya. Tapi setiap akan memijat, cuci dulu tangan Anda agar kehigienisan tetap terjaga.

(Baca juga: cara menebalkan bulu mata)

8. Menggunakan Tangkai Daun Sirih

Sebagai tanaman herbal, daun sirih cukup sering dimanfaatkan dan memang manfaatnya cukup besar. Untuk bulu mata yang lebat, tangkai daun sirih dapat Anda gunakan karena kandungan vitamin E-nya cukup besar. Bersama dengan lidah buaya, hasilnya pasti makin optimal.

  • Caranya: Sediakan daun sirih yang masih segar, tapi kemudian Anda pakai tangkainya saja. Tangkainya perlu ditumbuk sampai lembut lebih dulu dan kemudian dicampur bersama lendir atau gel lidah buaya. Campuran inilah yang Anda bisa oles ke bulu mata, sesudah 30 menit barulah Anda bilas.

9. Memakai Kemiri

Bila manfaat kemiri untuk alis mata saja begitu luar biasa, bahkan mampu membuat rambut lebih lebat dan hitam, bulu mata pun juga dapat dibantu untuk tumbuh lebih banyak. Rempah satu ini sangat efektif dalam melentikkan bulu mata juga, jadi Anda bisa memanfaatkannya.

  • Caranya: Anda bisa membeli minyak kemiri atau membuat sendiri minyak tersebut. Jika merasa ingin membuatnya sendiri, siapkan kemiri secukupnya, tumbuk dan ambil minyaknya dengan meremas tumbukan yang sudah jadi. Minyak itulah yang harus Anda terapkan ke bulu mata setiap sebelum berangkat tidur. Setelah pagi, gunakan air dingin untuk membilas sampai bersih.

(Baca juga: manfaat vaseline untuk alis)

10. Menyikat Bulu Mata

Pertumbuhan bulu mata sebenarnya dapat dibantu dengan cara menyikatnya secara rutin. Segala partikel kotoran dan debu pasti akan mudah menempel pada bulu mata, jadi Anda perlu menyingkirkannya supaya pori-pori pun tak gampang mengalami penyumbatan. Menyikat bulu mata juga bertujuan meningkatkan peredaran darah agar nutrisi bisa sampai ke folikel rambut.

  • Caranya: Pakai petroleum jelly atau vitamin E, teteskan pada sikat berbulu lembut yang akan Anda gunakan. Kuas lembut juga boleh dan terapkanlah ke bulu mata dengan arah ke atas. Jangan lupa bahwa Anda perlu melakukannya dari akar, kemudian perlahan menuju ujungnya. Sikatlah selama 5 menit sehari 2 kali secara rutin.

11. Memanfaatkan Minyak Jarak

Minyak jarak sudah cukup banyak dipakai untuk masalah kulit serta rambut. Sebagai solusi bulu mata yang tipis dan ingin supaya lebih tebal serta lebat, Anda boleh menggunakan minyak jarak. Mikroorganisme yang menghambat pertumbuhan bulu mata bakal dilawan oleh kandungan penstimulasi folikel.

  • Cara 1: Siapkan minyak jarak ditambah juga lidah buaya masing-masing 2 sendok makan. Sesudah tercampur rata dengan mengaduknya, Anda bisa menggunakan kapas untuk mengaplikasikan ke bulu mata Anda. Setiap malam lakukan perawatan ini dan esok paginya barulah Anda bilas sampai bersih. Jadikan ini ritual baru sebelum tidur.
  • Cara 2: Ambil kapas atau sikat lembut dan bersih untuk menerapkan minyak jarak ke bulu mata. Lakukanlah perawatan ini sebelum tidur; boleh juga kalau Anda ingin menambah beberapa tetes minyak vitamin E sebagai campurannya. Keesokan harinya barulah Anda bisa membilas sampai bersih. Melakukan perawatan ini selama 2-3 bulan akan memberikan hasil sempurna bagi bulu mata Anda.

(Baca juga: cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun)

Sponsors Link

12. Memakai Minyak Zaitun

Selain bisa digunakan untuk memasak, manfaat minyak zaitun untuk rambut anak diketahui sangatlah besar. Itulah sebabnya, minyak zaitun juga baik dimanfaatkan sebagai solusi cara melebatkan bulu mata. Kandungan vitamin E-nya ditambah juga asam oleat mampu meningkatkan volume bulu mata dan menjaga kesehatannya.

  • Caranya: Hangatkan lebih dulu minyak zaitun yang hendak Anda gunakan, barulah ambil kapas bersih untuk dicelupkan ke dalamnya. Oleskanlah sebelum tidur secara hati-hati ke seluruh bulu mata Anda, seperti halnya ketika Anda menggunakan maskara. Semalaman, biarkan kandungan baik minyak zaitun terserap secara sempurna dan keesokannya baru Anda cuci bersih saat bangun tidur. Untuk hasil maksimal, perawatan bulu mata ini bisa dilakukan selama beberapa bulan hingga hasilnya memuaskan.

13. Menggunakan Telur Udang

Banyak yang tentunya penasaran dengan bahan telur udang sebagai pelebat bulu mata. Bila ingin menebalkan bulu mata sekaligus memanjangkannya secara alami, jalan alternatif yang tepat adalah telur udang ini.

  • Caranya: Telur udang yang berkandungan protein tinggi ini dapat Anda tumbuk sampai halus. Barulah Anda oles secara merata ke bulu mata tepat sebelum berangkat tidur. Esok paginya sesudah Anda bangun, bilas sampai bersih. Memang untuk mendapatkan telur udang inu cukup sulit dan memang baunya juga amis. Tapi Anda akan menemukan khasiat yang sangat besar dari bahan alami ini.

(Baca juga: manfaat mentega untuk alis)

14. Memakai Jeruk Nipis

Demi melebatkan bulu mata, Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis. Manfaat jeruk nipis untuk rambut cukup besar, maka untuk pertumbuhan bulu mata pun tentu akan sama besar efektifnya. Tak hanya dapat digunakan ketika Anda menikmati soto, jeruk nipis bisa berguna bagi kesehatan rambut, termasuk alis dan bulu mata.

  • Caranya: Sediakan jeruk nipis secukupnya, 1 buah juga pasti lebih dari cukup. Ambil sarinya dengan memerasnya, lalu oles ke seluruh area bulu mata, tapi jangan sampai masuk ke mata. Gunakan setiap kali Anda hendak tidur di malam hari, lalu basuhlah esok paginya setelah Anda bangun. Untuk hasil memuaskan, tentunya Anda perlu melakukan perawatan ini serutin mungkin.

(Baca juga: cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis)

Demikianlah cara melebatkan bulu mata yang dijamin ampuh dan alami tanpa efek samping berbahaya. Namun, dalam pemakaian bahan-bahan tertentu, jangan sampai dalam proses penerapannya sampai masuk ke mata atau mata bakal teriritasi. Selamat mencoba dan kiranya Anda bisa membuktikan sendiri keampuhan masing-masing langkah tersebut.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 02nd, September 2016 / 14:18 Oleh :
Kategori : Mata