15 Cara Menghilangkan Eyebag Secara Mudah dan Alami

Sponsored Links

Eyebag atau kantung mata adalah hal dapat mengganggu perasaan kita. Eyebag adalah bagian luar mata yang terlihat menghitam dan bengkak. Kantung mata terjadi akibat dari terbentuknya gelembung air pada bagian bawah mata. Masalah ini kerap menghampiri orang – orang dewasa karena mereka banyak melakukan aktifitas di malam hari. Kantung mata ini tentu membuat risih sehingga banyak cara yang dicari untuk menghilangkan kantung mata ini. Mulai dari memakai make-up dan lain sebagainya. Berikut akan diulas mengenai definisi kantung mata, penyebab munculnya, cara mencegahnya, cara mengatasinya dan berbagai hal mengenai kantung mata. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Sendok , Cara Menghilangkan Kantung Mata)

Apa itu kantung mata?

Kantung mata hitam bisa disebut juga mata panda adalah kelainan pada mata yang menyebabkan bulatan berwarna hitam. Bulatan ini biasa didapatkan di pagi hari ketika kita baru bangun tidur. Bulatan itu bisa juga disertai pembengkakan pada bagian luat mata. Kantung mata akan membuat kulit wajah terlihat kusam dan tidak sehat. Kulita wajah akan menjadi tipis kering dan surut akibat dari adanya kantung mata hitam ini. Ia juga akan membuat tampilan mejadi buruk dan tak bersemangat. Oleh karena itu banyak wanita yang berusaha menghilangkan kantung mata ini dengan make-up atau bedak. Namun ini hanya menghilangkan tampilang yang menghitam saja, tidak mengurangi efek bengkak dan lelah pada mata. Lalu apa penyebab dari munculnya kantung mata ini? Berikut akan disebutkan mengenai penyebab terjadinya kantung mata. Penyebab munculnya kantung mata antara lain :

(Baca Juga: Penyebab Kantung Mata Hitam , Cream untuk Menghilangkan Kantung Mata)

1. Gen Manusia

Gen termasuk faktor utama yang mempengaruhi munculnya kantung mata pada diri kita selain alergi dan hidung tersumbat. Lingkaran hitam pada mata ini lebih sering muncul pada orang-orang yang berkulit hitam dan penduduk daerah Asia pada umumnya. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan melanin yang lebih tinggi pada kulit orang Asia. Kantung mata juga sebenarnya dapat dipengaruhi oleh bentuk wajah, struktur tulang, kondisi kulit seperti eksim atopik maupun efek usia semakin tua. Saat tubuh mengalami penuaan, kulit akan kehilangan kolagen sehingga menyebabkan kulit menipis dan urat darah halus terlihat lebih jelas atau timbul. Nah ini ada sebuah tips untuk mengetahui apakah kantung mata yang dimiliki merupakan sebuah kantung mata yang dipengaruhi oleh genetik atau usia tua.

Caranya adalah sebagai berikut. Pencet secara lembut daerah di bawah mata dengan ujung jari untuk meregangkan kulit dan tahan selama sekitar 30 detik. Jika area tersebut semakin gelap, kantung mata anda mungkin disebabkan oleh genetik atau penuaan. Jika warna tidak berubah, dapat disebabkan oleh alergi atau sengatan sinar UV. Jika hasilnya berubah – ubah dan lingkaran hitam tidak sepenuhnya hilang pada saat tangan dilepaskan, namun lebih tersamar, maka kemungkinan mengalami kombinasi kelebihan pigmen (zat warna kulit) dan masalah pembuluh darah. (Baca Juga: Manfaat Daun Kemuning Untuk Wajah , Cara Mencegah Penuaan Dini)

2. Alergi Musiman

Lingkaran hitam dapat diakibatkan oleh alergi musiman seperti alergi sari bunga, makanan, kosmetik, debu, dan alergi lainnya yang ada di rumah maupun di lingkungan sekitar. Alergi dapat menimbulkan peradangan yang memperbesar pembuluh nadi kecil di bawah mata. Pembuluh nadi yang bengkak ini menekan kulit di area mata yang tipis sehingga warnanya menjadi jelas terlihat. Coba konsultasikan jenis alergi anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan juga obat yang tepat. Janganlah anda mengucek mata yang terasa gatal dan iritasi. Justru hal tersebut dapat merusak pembuluh kapiler kecil yang dapat menyebabkan kulit di sekitar mata bengkak dan berubah warna. Menggaruk dan mengucek serta menggosok mata juga dapat merangsang melacytes (sel penghasil melanin) untuk menggelapkan pigmen (zat warna kulit) di area tersebut.

3. Hidung tersumbat

Saluran hidung yang tersumbat dapat memunculkan warna hitam ke kantung mata karena pembuluh nadi dari mata ke hidung akan melebar dan menggelap. Hal inilah yang dapat menjelaskan mengapa ketika flu kantung mata kita akan menjadi gelap dan bengkak.(Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata Dalam 3 Hari)

4. Kurangnya nutrisi dan vitamin tubuh

kurangnya vitamin B, E, C, dan K dapat mengakibatkan munculnya kantung mata. Vitamin juga dibutuhkan untuk kerja kelenjar adrenalin. Saat kelenjar adrenalin kelelahan akibat stres, konsumsi kafein berlebih, kelebihan gula dan alkohol, maka penyerapan pada vitamin menjadi berkurang sehingga wajah akan terlihat membengkak dan kantung mata akan muncul dan menghitam. Mengurangi makanan yang berlemak dan makanan yang digoreng serta rajin untuk mengonsumsi sayuran dan buah – buahan dapat mencegah atau mengurangi efek timbulnya kantung mata. Juga kurangilah konsumsi garam karena dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan dan kehilangan air sehingga pembuluh darah di bawah kulit akan nampak membiru.

sponsored links

5. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan pembuluh darah meluas dan membengkak. Minumlah cukup air dan kurangi konsumsi alkohol dan kafein yang dapat menyebabkan tubuh dehidrasi sehingga kantung mata tidak muncul atau meluas. (Baca Juga: Cara Mencegah Kerutan di Wajah)

6. Merokok

Merokok dapat menjadi penyebab masalah pada pembuluh sehingga sirkulasi memburuk dan pembuluh darah terlihat lebih jelas dan menggelap. Merokok juga dapat mengurangi aliran oksigen ke kulit seperti alkohol. Jadi kurangilah konsumsi rokok sehingga kantung mata anda akan mengecil dan tidak lagi muncul. (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Tubuh)

7. Menstruasi

Selain dapat menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah), menstruasi juga dapat menyebabkan pengaruh terhadap hormon yang menyebabkan munculnya kantung mata dan bengkak pada wajah karena penyimpanan air dan PMS. Kurangi makanan yang terasa asin, karbohidrat, dan cairan yang berlebih. Perubahan hormon lain seperti yang terjadi saat hamil dan menopause juga dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak.(Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering)

8. Kurang tidur

Meski bukan penyebab utama, namun kurang tidur juga dapat memunculkan atau menyebabkan kita stres dan menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya. Kurang tidur dapat membuat kulit lebih pucat dan tampak lelah, sehingga bayangan dan kantung mata tampak lebih jelas. Sebaiknya kurangi begadang dan perbanyak istirahat. Karena selain menyebabkan kantung mata, kurang tidur juga menimbulkan banyak masalah kesehatan lainnya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kusam)

Itulah beberapa penyebab munculnya kantung pada mata atau eyebag. Jadi penyebab munculnya kantung mata tidak hanya satu, melainkan banyak hal yang perlu dicurigai. Setelah kita mengetahui apa saja penyebab munculnya kantung mata, maka kita juga perlu mengetahui bagaimana cara menanggulangi jika kantung mata muncul. Kantung mata selain dapat mengganggu penampilan juga dapat mengganggu performa mata. Kantung mata akan menyebabkan mata lebih mudah lelah dan akhirnya kita mengalami kesulitan dalam melihat. Hal ini tentu menganggu kenyamanan kita dalam bekerja. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang muncul.

Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Muncul

Orang yang memiliki kantung mata pasti jika sedang memakai make – up  atau berhias diri akan menggunakan conslener. Kantung mata dan lingkar mata hitam yang terjadi di mata bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Bisa disebabkan faktor keturunan atau faktor kurangnya tidur. Selain tidur yang terlalu malam, faktor lain seperti makanan yang kurang nutrisi juga bisa menyebabkan munculnya kantung mata dan mata panda. Gangguan pada mata ini timbul semakin banyak dan setiap tahunnya semakin meningkat. Hal ini tentu meresahkan dan membuat banyak orang ingin mencari cara bagaimana mengurangi resiko dari munculnya kantung mata tersebut. Ada banyak cara yang sebenarnya dapat dilakukan. Bisa dengan cara sederhana dan mudah atau juga bisa dengan cara yang mahal seperti berkonsultasi dengan dokter kecantikan dengan menggunakan alat yang canggih. Para wanita pasti ingin terlihat sempurna dihadapan setiap orang, oleh karena itu munculnya kantung mata dapat membuat wajah terlihat lebih tua daripada umur seharusnya. Sebenarnya mudah saja dalam menanggulangi permasalahan mata. Cukup dengan mengatur pola hidup dan pola makan bisa diatasi masalah yang ditimbulkan dengan adanya kantung mata. Namun masih banyak cara yang bisa digunakan seperti berikut :

1. Meminum air putih.

Dengan meminum air putih kita bisa menjadi lebih sehat. Meminum air putih 2 liter sehari dapat mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Tubuh memang sebagian besar terbentuk oleh adanya air. Maka dari itu jika kita memenuhi kebutuhan air sama saja kita telah memenuhi setengah kebutuhan tubuh. Banyak manfaat dari air yan bisa kita petik. Selain untuk kesehatan juga untuk kecantikan. Air dapat menghilangkan jerawat dan flek hitam, mencegah penuaan dini, dapat menghaluskan wajah dan tubuh, melembabkan kulit wajah dan tubuh, menguatkan tulang belulang dalam tubuh, membunuh kuman yang ada di dalam tubuh, serta cara menghilangkan kantung mata secara alami dan juga cepat. Air putih sangatlah mudah untuk didapatkan dan memiliki harga yang cukup ekonomis. Air putih merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi setiap harinya. Semua orang meminumnya dan seperti yang disebutkan juga kekurangan air putih menyebabkan munculnya kantung mata, oleh karena itu penuhilah kebutuhan air putih setiap hari. Minimal penuhilah air putih 2 liter atau delapan gelas setiap hari. (Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah)

2. Olahraga yang teratur.

Selain mengonsumsi air putih, olahraga rutin merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain menyehatkan olahraga juga terbukti mampu mencegah berbagai penyakit. Banyak penyakit yang timbul akibat dari kurangnya olahraga rutin setiap hari. Olahraga baik dilakukan minimal 15 menit per harinya. Dengan menjaga olahraga rutin, maka anda juga telah berkontribusi dalam menjaga kesehatan tubuh agar tehindar dari segala penyakit. Olahraga dilakukan tidak harus olahraga yang rumit. Cukup anda melakukan jogging, sudah mampu memenuhi kebutuhan olahraga tubuh anda setiap harinya. Selain murah cara ini adalah cara yang sederhana. Kita juga bisa menghilangkan kantung mata dengan melakukan oelahraga setiap hari. Kantung mata yang disebabkan oleh lemak pada sekitar mata bisa dikurangi dengan melakukan olahraga rutin setiap hari. Sehingga yang seharusnya cara penghilangan menggunakan cara operasi yang mahal bisa digantikan dengan cara sederhana yang murah. Cukup dengan melakukan jogging anda sudah mampu menghemat biaya kesehatan anda. Daripada anada mengeluarkan biaya yang mahal lebih baik jangan buat diri malas untuk berolahraga. (Baca Juga: Manfaat Olahraga untuk Kecantikan)

3. Pola tidur yang cukup.

Ada sebuah lagu dari raja dangdut Indonesia yang melarang kita untuk begadang. Lagu itu benar, begadang adalah sebuah aktifitas yang mampu membuat kesehatan tubuh kita berkurang. Begadang dapat mengurangi waktu istirahat kita sehingga yang seharusnya tubuh membutuhkan waktu lebih untuk istirahat justru digunakan untuk beraktifitas melebihi jam kerjanya. Sebagai contoh jika suatu perusahaan memperkerjakan karyawannya melebihi jam kerja tentu para karyawan akan menuntut dan berdemonstrasi, hal tersebut terjadi juga dengan tubuh kita. Apabila kita melakukan aktifitas melebihi jam kerja kita maka tubuh akan menuntut dan berdemontrasi sehingga mereka akan kehilangan fungsi atau nilai guna atau mengalami penyakit. Hal itu juga terjadi dengan mata kita. Kantung mata akan muncul sebagai akibat dari penggunaan fungsi mata yang berlebih. Maka dari itu untuk menghilangkan kantung mata adalah dengan cara menjaga pola tidur yang cukup. Berapa lamakah waktu tidur yang baik? Tubuh memerlukan waktu sekitar delapan jam per hari untuk istirahat. Jadi jika anda ingin mata anda sehat tanpa kantung mata maka perhatikanlah waktu pola tidur anda. Janganlah anda memaksakan diri anda untuk begadang dan istirahatlah yang cukup. (Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur)

4. Aturlah jam tidur yang benar.

Selain menjaga pola tidur, jam tidur juga perlu diperhatikan. Memang terkadang kita sudah memenuhi kebutuhan tidur delapan jam namun kita mulai tidur ketika waktu sudah menunjukkan dini hari atau di atas tengah malam. Hal ini tentu akan membuat tubuh kurang sehat dan organ mata adalah organ yang langsung menerima akibatnya. Seperti yang diketahui, jam tidur yang baik adalah dengan membagi kebutuhan tidur dengan tidur siang dan malam. Terkadang kita melupakan jam tidur siang dan terus melakukan aktifitas hingga malam. Sebenarnya inilah yang dapat menyebabkan timbulnya kantung mata di seputar mata anda. Oelh karena itu aturlah jam tidur anda dengan membagi jam tidur siang 1 – 2 jam dan tidur malam 6 – 7 jam. Dengan begitu anda bisa mengurangi kantung mata dan juga rasa stes anda akan terjaga dan stabil.

5. Tidur dengan kepala sedikit terangkat.

Selain menjaga waktu tidur dan kebutuhan tidur, menjaga sikap saat tidur juga penting dilakukan. Karena hal ini juga bisa mempengaruhi kantung mata anda. Tidurlah dengan kepala sedikit terangkat agak tinggi. Prinsipnya memanfaatkan gravitasi bumi sehingga membantu mencegah cairan terakumulasi di sekitar mata pada saat tidur. Hal ini bisa mencegah munculnya kantung mata dan mencegah kantung mata untuk muncul kembali. Dengan demikian perhatikanlah cara anda tidur, hal ini cukup mudah dilakukan dan tanpa mengeluarkan biaya untuk merawat mata. (Baca Juga: Penyebab Mata Panda)

6. Mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi dan vitamin (makanan sehat).

Setiap dokter pasti menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga kesehatan kita. hal ini tentu saja benar karena makanan adalah pemenuh nutrisi bagi tubuh. Karena itu menjaga asupan makanan kita adalah langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan kta termasuk mata karena kantung mata muncul juga disebabkan oleh adanya kekurangan dalam asupan nutrisi. Maka dengan memenuhi asupan nutrisi dapat mencegah timbulnya kantung mata dan juga menghilangkan kantung mata yang muncul. (Baca Juga: Cara Menjaga Penampilan Diri Wanita)

Sponsors Link

7. Mengurangi konsumsi makanan bergaram.

Makanan yang mengandung garam sangatlah berpengaruh pada kantung mata. Kantung mata diakibatkan dari konsumsi makanan yang mengandung garam berlebih. Karena kantung mata terjadi karena adanya penumpukan cairan di bawah mata. Dengan mengurangi asupan garam pada makanan akan mengurangi penumpukan cairan pada kantung mata dan mencegah terbentuknya kantung mata.

8. Dengan menggunakan kamomil.

Salah satu cara menghilangkan kantung mata hitam adalah dengan menggunakan kamomil. Caranya adalah dengan mengoleskan kamomil pada bagian mata atau kantung mata pada saat menjelang tidur. Cara ini mudah untuk dilakukan dan digunakan untuk siapa saja yang ingin mengobati kantung mata. Kamomil adalah sebuah nama dari bunga. (Baca Juga: Manfaat Air Teh Untuk Wajah)

9. Dengan meminum suplemen.

Cara lain untuk menghilangkan kantung mata adalah menggunakan suplemen yang didalamnya mengandung zat dan vitamin yang menyebabkan kantung mata menghilang. Zat itu antara lain zat besi, vitamin b6, dan b12. Cara ini sangat mudah dan diterapkan bagi siapa saja. Cukup beli suplemen di apotek terdekat dan rutin konsumlah sesuai dosis. Karena mengonsumsi obat – obatan melebihi dosis akan berbahaya bagi tubuh anda.

10. Kompres mata dengan menggunakan es batu atau sendok dingin.

Dengan mengompres mata menggunakan es batu atau air dingin akan membantu menghilangkan kantung mata. Sebaiknya kompres mata anda ketika menjelang tidur dan anda akan mendapatkan mata yang segar ketika bangun tidur. Sendok juga bisa digunakan untuk mencegah kantung mata, caranya adalah dengan mendinginkan sendok selama beberapa menitu di kulkas dan tempelkan sendok pada bagian kantung mata. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Es Batu , Manfaat Es Batu Untuk Alis)

11. Menggunakan mentimun.

Mentimun merupakan bahan alami yang dianggap paling ampuh dalam menangani permasalahan kantung mata. Mentimun memiliki sifat yang dingin sehingga dapat mengatasi permasalah kantung mata. Mentimun mengandung zat holitosis sehingga sangat bermanfaat untuk mata serta area di sekitar mata. Kandungan asam malonat yang ada dalam mentimun juga memiliki kemampuan menekan gula agar tidak berubah menjadi lemak di bawah mata. Selain itu, mentimun juga mengandung asam saponin yang mampu mengeluarkan lendir serta vitamin E yang mampu menghambat penuaan dan keriput di sekitar mata. Bukan hanya itu, mentimun juga mengandung vocunis sativum L yang memiliki fungsi mengencangkan area di sekitar mata. Jadi gunakanlah mentimun untuk mencegah kantung mata. Cara dengan mengiris mentimun menjadi bulatan lalu letakkan di mata. Lakukan ketika menjelang tidur. (Baca Juga: Manfaat Timun untuk Rambut , Manfaat Timun untuk Mata dan Wajah)

12. Menggunakan kentang.

Kentang yang memiliki kandungan zat phytochemical, polifenol dan karotenoid dan vitamin C ternyata bermanfaat bagi peremajaan kulit, khususnya pada bagian kantung mata. Selain itu kandungan natrium dengan kadar alkalunya yang cukup tinggi juga bisa digunakan untuk meningkatkan pH yang terlalu asan dalam tubuh. kentang juga mengandung kadara air yang tinggi serta kandungan vitamin B1 yang baik sebagai antioksidan bagi kulit. (Baca Juga: Manfaat Kentang Untuk Perawatan Kulit Wajah)

13. Teh hijau.

Teh hijau bisa dimanfaatkan untuk membantu menyamarkan kantung mata karena dalam kandungan teh hijau terdapat kandungan antioksidan yang tinggi, yang bisa digunakan untuk meremajakan sel kulit kantung mata. Cara penggunaannya adalah dengan cara menggunakan kantung teh hijau bekas lalu tempelkan di area sekitar mata selama 10 hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat. (Baca Juga: Manfaat Teh Hijau untuk Perawatan Rambut)

14. Wortel juga bisa digunakan sebagai penghilang kantung mata yang membandel.

Kandungan vitamin A dan C bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata atau lingkar mata yang menghitam. Caranya dengan memotong wortel yang masih segar dan sudah dikupas. Lalu blender potongan wortel tersebut hingga halus. Oleskan hasil wortel yang di blender lalu diamkan 10 – 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. (Baca Juga: Manfaat Wortel Untuk Kulit)

15. Menggunakan bangkoang.

Cara yang digunakan sama seperti penggunaan mentimun. Cukup potong bangkuang dan tempelkan di area sekitar mata. (Baca Juga: Manfaat Bengkoang Untuk Kulit , Manfaat Memakai Masker Bengkoang Setiap Hari)

Itulah beberapa cara yang dapat ditempuh dalam menghilangkan kantung mata. Kantung mata memanglah sangat mengganggu dengan menggunakan cara tersebut bisa menghilangkan gangguan tersebut. Demikian artikel tentang cara menghilangkan eyebag atau kantung mata. Semoga bermanfaat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 09th, October 2016 / 23:57 Oleh :
Kategori : Mata