Sponsors Link

20 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata secara Alami

Sponsored Links

Kerutan yang mulai timbul pada wajah biasanya menandakan bahwa Anda mengalami penuaan dini. Baik itu kerutan maupun garis halus pada umumnya timbul di area mata dan ini akan begitu nampak saat Anda tersenyum atau tertawa. Bagi para wanita, hal ini adalah masalah yang cukup besar karena memang kerutan di wajah mampu menurunkan rasa percaya diri.

Ada berbagai cara menghilangkan kerutan di bawah mata secara ampuh dan efektif tanpa kesulitan. Bila tanda-tanda penuaan telah menghantui, berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan supaya kerutan hilang dan wajah kembali mulus. Untuk wajah awet muda tanpa kerut, lirik cara-cara ini.

(Baca juga: cara mengatasi kulit kering pada wajah)

1. Memakai Krim Wajah

Pada umumnya, untuk mengatasi kerutan pada wajah, krim atau serum beranti-aging adalah yang paling disarankan untuk Anda bisa pakai sehari-hari. Khusus untuk menghilangkan kerutan di bawah maupun sekitar mata, Anda bisa coba menggunakan krim atau serum mata. Fungsi krim atau serum ini adalah sebagai pelembaba alami supaya kulit sekitar mata selalu halus.

Untuk hasil yang maksimal, krim khusus mata tersebut dapat Anda aplikasikan setiap malam sebelum tidur. Bila Anda juga memilih menggunakan serum mata, tak perlu setiap hari pemakaiannya, cukup sekali seminggu. Serum ini akan membuat kulit bawah mata kencang dan kerutan pun akan memudar secara berangsur.

2. Sering Minum Air Putih

Minum air putih banyak setiap harinya tak hanya membuat tubuh senantiasa terhidrasi dan mencegah kekurangan cairan. Minum air putih sering-sering sebanyak 8 gelas per hari sangat bagus juga dalam menghilangkan kerutan pada area bawah mata. Ingat bahwa kerutan di wajah dapat muncul ketika tubuh kurang cairan.

Kekurangan cairan akan membuat kulit menjadi lebih kering sehingga tak heran jika mulai muncul kerutan di area wajah tertentu, termasuk bawah mata. Sedikitnya, Anda perlu minum 5-6 gelas kalau belum bisa sampai 8 atau 10 gelas. Kebutuhan cairan harus selalu dipenuhi dengan baik agar kulit juga tetap lembab serta sehat.

(Baca juga: cara mengencangkan kulit wajah)

3. Menjauhi Paparan Sinar Matahari

Pajanan sinar matahari dapat begitu membahayakan bagi tubuh, termasuk juga kulit di mana tak hanya membakarnya juga menjadikan kulit mudah mengalami penuaan dini. Itulah mengapa Anda perlu memerhatikan kulit Anda setiap hendak bepergian ke luar apalagi saat matahari sedang panas-panasnya.

Selain memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh lewat air putih, Anda perlu memakai sunblock atau tabir surya apabila berencana beraktivitas di bawah sengatan cahaya matahari. Kenakan pelindung lainnya juga agar kulit wajah Anda tak mudah berkerut, apalagi bawah mata. Mengenakan kacamata hitam maupun topi boleh juga supaya sinar matahari tak mengenai kulit wajah Anda.

4. Memanfaatkan Susu Bubuk

Kerutan muncul dan mengganggu pada sekitar bawah mata? Anda sebaiknya mulai mencari cara alami untuk merawat kulit di bagian tersebut. Salah satu yang bisa Anda coba adalah menggunakan susu bubuk. Bahan inilah yang bakal mengembalikan kelembaban yang sempat hilang di bagian tersebut.

  • Caranya: Sediakan susu bubuk sebanyak 4 sendok makan bersama dengan bahan tambahan, yakni madu murni 2 sendok makan. Campurkan kedua bahan tersebut di dalam air hangat sebanyak 2 sendok makan juga. Memang akhirnya larutan seperti adonan pasta dan inilah yang perlu Anda oles ke area bawah mata yang berkerut. Bersihkan memakai handuk yang sudah dicelup ke air hangat setelah 10 menit.

(Baca juga: manfaat totok aura wajah)

5. Memakai Kentang dan Madu

Bahan perawatan untuk bawah mata Anda lainnya adalah kentang dan madu. Salah satu cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami, termasuk juga kulit area mata adalah dengan menggunakan kedua bahan tersebut.

  • Caranya: Sediakan kentang mentah sebanyak ¼ potong bersama dengan madu ½ sendok teh. Tumbuklah kentang terlebih dulu dan setelah cukup halus barulah Anda tambahkan madu, lalu aduk-aduk hingga merata dan berbentuk pasta. Pasta yang sudah jadi dapat Anda balurkan ke wajah sebagai masker, termasuk juga bagian bawah mata secara merata. Bersihkan masker dengan air bersih setelah 20 menit berlalu.

6. Menggunakan Alpukat

Sebagai buah yang kaya akan vitamin dan mineral, alpukat cukup sering digunakan sebagai bahan perawatan wajah dan rambut. Dalam menghilangkan kerutan bawah mata, Anda bisa menggunakan alpukat ini sebagai masker wajah setiap harinya atau sesering mungkin.

sponsored links
  • Caranya: Sediakan buah alpukat segar 1 buah, keruklah dagingnya lalu taruh pada sebuah wadah mangkuk. Dagingnya bisa Anda tumbuk sampai halus dan berbentuk pasta kental. Jangan lupa tambah dengan air sedikit atau boleh juga dengan minyak kelapa. Bila larutan sudah bisa dipakai, balurkan langsung ke bagian bawah mata tipis-tipis saja. Sisanya bisa Anda jadikan krim untuk dioles ke seluruh wajah.

(Baca juga: penyebab wajah terlihat tua)

7. Memakai Mentimun

Mentimun adalah bahan lain yang juga sama alaminya dengan bahan yang sudah disebutkan sebelumnya. Selain dapat dijadikan cara mencerahkan kulit wajah, mentimun adalah bahan terbaik pula untuk menghilangkan kerutan di bawah mata.

  • Caranya: Sediakan mentimun secukupnya untuk Anda bisa potong-potong di mana irisan-irisan mentimun itulah yang Anda pakai untuk menutupi kedua mata seperti yang sudah banyak dilakukan banyak orang. Cara ini kelihatan sederhana namun betul-betul efeknya luar biasa bagus bila melakukannya serutin mungkin. Jika ingin digunakan untuk seluruh bagian wajah sekalian, blenderlah lebih dulu hingga halus. Oleskan larutan mentimun ini langsung ke seluruh wajah termasuk bawah mata.

8. Menggunakan Minyak Biji Anggur

Seperti yang mungkin sudah cukup sering Anda dengar di sana-sini, ekstrak biji anggur sekarang sedang populer-populernya. Ekstrak ini banyak digunakan untuk mempercantik kult. Itulah mengapa ekstrak ini kini sering digunakan sebagai campuran banyak produk perawatan kulit.

  • Caranya: Sediakan minyak biji anggur secukupnya bersama dengan kapas, lalu tuang minyak seperlunya saja sesuai dengan kebutuhan Anda untuk perawatan. Kapas ini kemudian dapat Anda oles ke area bawah mata yang penuh kerutan. Setelah dioles merata, Anda perlu menunggu agar kandungannya terserap sempurna selama 10 menit sebelum membersihkan dengan air biasa. Gunakan serutin mungkin bila ingin hasil optimal.

(Baca juga: manfaat suntik kolagen bagi kulit)

9. Memanfaatkan Es Batu

Sederhana sekali bahan satu ini karena Anda bisa tinggal membuat sendiri di rumah tanpa bahan campuran apapun. Hanya tinggal air bersih biasa dimasukkan ke dalam pendingin, jadilah es batu yang rupanya tak hanya bisa memperkecil pori-pori kulit tapi juga menghilangkan keriput.

  • Caranya: Ambil es batu secukupnya, 1 atau 2 balok kecil dijamin sudah cukup untuk merawat kedua mata Anda. Gosokkanlah es batu di setiap kerutan yang ada pada daerah bawah mata Anda, ulangi terus dengan gerakan memutar. Lakukan selama 5 menit dan setelah itu tunggu sejenak sebelum mencuci wajah, dijamin bila rutin kulit keriput bakal memudar.

10. Memakai Air Mawar

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu betul bahwa air mawar begitu banyak khasiatnya di mana salah satunya ternyata bisa menghilangkan kerutan pada wajah. Dalam mempercantik kulit serta menjaga kesehatannya, air mawar sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan kulit wajah dapat menjadi semakin halus berkat bahan ini.

  • Caranya: Sediakan sesendok makan air mawar, berikut juga sesendok makan minyak kelapa, madu dan minyak zaitun, kapas secukupnya, botol plastik kecil, serta 2 kapsul vitamin E. Kapsul vitamin E dapat Anda belah terlebih dulu, kemudian menekannya lalu menuang isinya pada botol kecil tersebut. Lalu di dalam wadah yang sama, silakan campur seluruh bahan, dan kapas dapat dicelupkan ke dalamnya. Usap-usapkan ke area bawah mata secara lembut, tunggu 15 menit sebelum membersihkannya.

Anda perlu tahu juga bahwa cara satu ini, yaitu dengan air mawar, bisa juga dimanfaatkan sebagai pengencang kulit sehingga wajah bakal makin kelihatan awet muda. Cukup 2 kali dalam sehari saja Anda bisa melakukan perawatan ini.

(Baca juga: manfaat jeruk lemon untuk wajah)

11. Menggunakan Jus Lemon

Mengandung kaya akan vitamin C, jus lemon seringkali digunakan sebagai pemutih wajah alami. Dengan nutrisinya yang begitu tinggi, jus lemon mampu merawat kulit sehingga selalu tampak segar dan sehat juga. Penerapan dengan tujuan menghilangkan kerutan juga tak kalah efektif.

  • Caranya: Sediakan buah lemon 1 atau 2 buah saja yang bisa Anda peras untuk diambil jus atau sarinya. Air perasan jeruk lemon tersebut dapat Anda terapkan pada area bawah mata yang berkeriput (tapi jangan sampai kena mata). Gunakan kapas supaya pengaplikasian lebih gampang. Lakukanlah sehari 2 kali, yakni pagi sehabis bangun tidur dan malam ketika hendak tidur.

12. Memakai Pisang

Anda bisa coba menggunakan buah pisang juga untuk menghilangkan kerutan pada area mata. Manfaat pisang untuk kulit sendiri sangat banyak begitu juga untuk rambut, jadi tak salah kalau Anda memilih buah penuh nutrisi ini.

  • Caranya: Sediakan pisang 1-2 buah saja yang bisa Anda kupas lalu lumatkan bagian dagingnya. Pastikan Anda menghaluskannya benar-benar sampai lembut seperti pasta atau krim. Oleslah ke seluruh bagian wajah termasuk juga bagian bawah mata secara merata. Bersihkan wajah dengan air hangat sesudah setengah jam berlalu; kulit wajah bisa Anda tepuk-tepuk untuk mengeringkannya dan jangan diusap.

(Baca juga: penyebab kulit keriput di usia muda)

13. Memanfaatkan Putih Telur

Putih telur sudah banyak digunakan sebagai masker wajah karena memang manfaatnya yang cukup besar dalam mengatasi komedo serta mencerahkan wajah. Selain fungsinya tersebut, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai penghilang kerutan di wajah dan bawah mata.

  • Caranya: Sediakan telur ayam kampung, lalu rebuslah sampai matang alias dalamnya benar-benar sudah mengeras. Bagian putihnya kemudian bisa Anda ambil dnegan memotongnya menjadi dua. Bagian kuningnya bisa Anda buang atau makan bila suka. Bagian dalam dari putih telur itu Anda sebaiknya pakai untuk menutupi kedua mata. Rilekskan diri selama 1 jam, barulah masker putih telur matang bisa Anda lepas, dan ambil waktu beristirahat.

14. Menggunakan Jus Nanas

Masih ada lagi bahan alami yang bisa dijadikan penghilang kerutan pada area bawah mata Anda, yakni nanas yang memiliki kandungan alpha-hidroxy. Asam ini sangatlah alami dan istilahnya adalah bromelain di mana Anda dapat memudarkan kerutan oleh bantuan dari asam tersebut.

  • Caranya: Sediakan nanas secukupnya yang bisa Anda jus secara kental. Larutan kental pasta atau krim nanas ini dapat Anda jadikan masker bawah mata. Pakailah jari Anda untuk mengaplikasikan larutan ke bagian bawah mata. Tinggalkan kira-kira 10 menit saja baru Anda lanjutkan dengan membersihkannya memakai air supaya tak menjadi lengket dan mengganggu.

(Baca juga: cara mencegah penuaan dini)

15. Memanfaatkan Kantong Teh

Anda suka membuat teh celup? Jangan lupa sisa kantong tehnya yang sudah tak terpakai jangan dibuang dulu. Manfaatnya cukup besar dalam membantu Anda menghilangkan kerutan pada wajah. Selain memudarkan keriput di area mata, bahan ini mampu meredakan pembengkakan mata maupun merilekskan mata yang capek.

  • Caranya: Kantong teh celup bekas tadi bisa Anda langsung kompreskan di area bawah mata sambil Anda memejamkan mata. Selama beberapa menit, Anda bisa diamkan sebelum Anda melepasnya lalu membilas dengan air bersih. Bila ingin hasil terbaik, silakan masukkan lebih dulu kantong teh ini ke dalam lemari es untuk Anda simpan, setelah beberapa jam bisa Anda keluarkan dan pakai langsung.

sponsored links

16. Memakai Rosemary

Untuk masalah kulit yang berkerut dan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini, minyak esensial rosemary adalah salah satu yang bisa Anda andalkan dengan baik. Bahan ini terbukti bagus dalam menutrisi kulit sehingga dapat menghapus segala kerutan pada bagian bawah mata.

  • Caranya: Ambil saja beberapa tetes minyak rosemary ini, usapkan lembut ke area bawah mata dan sekitarnya yang ada kerutannya. Anda bisa mengoles sambil memijat selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, tunggu beberapa menit kemudian untuk membilasnya. Lakukan cara ini setiap hari dalam beberapa menit dan Anda akan mendapatkan hasil memuaskan seperti yang diharapkan.

(Baca juga: cara mencegah kerutan di wajah)

17. Menggunakan Minyak Jarak

Untuk melembabkan dan mengencangkan bagian bawah mata yang penuh kerutan, Anda bisa menggunakan pelembab dari minyak jarak. Bahan ini tak hanya akan membuat kerutan memudar, tapi juga bakal mencegahnya dari kerusakan. Kulit bakal menjadi jauh lebih halus dan Anda tak perlu lagi khawatir soal penampilan wajah Anda.

  • Caranya: Gunakan jari telunjuk Anda untuk mengoleskan minyak jarak ini langsung ke area sekitar mata atau juga bagian lain wajah Anda yang berkerut. Tinggalkanlah semalaman di mana esok paginyalah Anda baru bisa membasuh wajah dan membersihkan minyak tersebut dari mata Anda.

18. Memanfaatkan Tomat

Tentunya Anda sudah begitu mengenal akan manfaat tomat untuk kulit di mana memang menjadi alasan bagi para wanita untuk menggunakannya sebagai masker. Kandungan antioksidan di dalam tomat pun sangat tinggi sehingga sangat efektif dalam melindungi kulit dan menjaga kesehatannya.

  • Caranya: Dalam menghilangkan kerutan, silakan Anda iris saja tomat yang sudah disiapkan secara melingkar. Jangan lupa oles madu murni pada tomat tersebut, barulah Anda tempelkan ke bagian kulit bawah mata yang penuh kerutan. Sesudah lewat beberapa menit, yakni antara 10-15 menit, Anda bisa melepasnya sebelum kemudian diakhiri dengan membilas bagian tersebut.

(Baca juga: cara menghilangkan kerutan di mata)

19. Menggunakan Kulit Semangka

Tahukah Anda bahwa kulit semangka juga berguna untuk merawat kecantikan kulit wajah? Anda boleh membuktikannya dengan menggosokkan langsung kulit semangka ke area bawah mata seusai Anda menikmati dagingnya. Anda dapat melakukan perawatan dengan metode ini sesering mungkin apabila memang Anda penggemar buah semangka.

20. Memakai Minyak Kelapa

Untuk kulit kering yang menjadikan kulit berkeriput dengan mudah, Anda bisa mencoba untuk menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa murni adalah yang paling baik untuk digunakan. Cukup oleskan langsung minyak kelapa yang sehabis dihangatkan ke seluruh wajah atau di bagian bawah mata saja. Cara ini sederhana dan bisa Anda lakukan kapanpun Anda mau dan sempat.

(Baca juga: cara menghilangkan kerutan di wajah)

Setelah mengintip 20 cara menghilangkan kerutan di bawah mata, manakah yang ingin segera Anda coba di rumah? Kiranya cara-cara yang direkomendasikan tersebut dapat membantu Anda mendapatkan kembali kekencangan kulit di area bawah mata.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 20th, October 2016 / 01:15 Oleh :
Kategori : Mata