Sponsors Link

5 Manfaat Bawang Merah untuk Alis

Sponsors Link

Bawang merah merupakan jenis bumbu masakan yang populer karena dapat digunakan untuk berbagai jenis masakan. Penambahan bawang merah pada masakan akan memberikan rasa lezat dan gurih yang tiada duanya. Selain untuk bumbu, bawang merah juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Bawang merah sering dijadikan obat tradisional untuk beberapa penyakit tertentu. Bahkan bawang merah sering dipakai sebagai obat untuk demam bagi bayi atau anak-anak dengan cara menempelkan pada dahi parutan bawang ditambah dengan kencur. Tapi tahukah anda jika ternyata bawang merah memiliki manfaat untuk kecantikan?

ads

Bawang merah merupakan tumbuhan berjenis umbi lapis. Kandungan dalam umbi bawang merah berupa karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, air, tiamin, riboflavin, niasin, folat, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, dan berbagai jenis vitamin. Bawang merah ternyata mampu memberikan beberapa manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk alis mata kita. Khasiat bawang merah hampir sama dengan manfaat minyak kelapa untuk alis maupun manfaat urang-aring untuk alis. Apa saja manfaatnya? Nah, ulasan berikut ini akan menjelaskan manfaat bawang merah untuk alis anda!

  1. Menebalkan alis mata

Memiliki alis yang tebal pasti menjadi dambaan banyak wanita. Terlebih saat ini alis tebal sedang menjadi tren make up yang populer dan digunakan oleh wanita secara luas di belahan dunia mana pun. Menebalkan alis mungkin bagi sebagian orang telah menjadi kebutuhan untuk mendapatkan penampilan yang cantik dan menarik. Untuk mendapatkan alis yang tebal, umumnya wanita bisa menerapkan cara instan dengan memakai pensil alis. Namun tidak semua wanita telaten dan mau melakukannya. Bagi wanita yang tidak menyukai cara tersebut, menebalkan alis dengan perawatan alamilah yang menjadi pilihan.

Berbagai cara menjaga penampilan diri wanita telah banyak dibahas dalam jurnal-jurnal kecantikan. Oleh beberapa kalangan, bawang merah dipercaya memiliki kandungan sulfur yang mempengaruhi pertumbuhan alis mata. Sulfur merangsang pertumbuhan alis dan membuatnya menjadi lebih tebal sehingga bisa menjadi cara menebalkan alis secara alami. Tidak heran jika kini bawang merah dijadikan pilihan untuk merawat alis secara alami. Meski tidak dapat mengubah alis menjadi tebal secara instan, namun khasiat dari bawang merah ini mampu memperbaiki alis tipis anda menjadi lebih tebal. Jika anda menggunakannya secara teratur, anda akan mendapatkan alis yang tebal alami tanpa harus menggunakan pensil alis setiap hari.

Sponsors Link

Caranya:

  • Pilih satu buah umbi bawang merah yang berukuran cukup besar. Pastikan bahwa bawang merah yang anda gunakan masih segar dan tidak layu karena yang anda butuhkan adalah air yang terkandung di dalamnya.
  • Kupas kulit bawang merah dengan menggunakan pisau yang bersih.
  • Iris bawang merah menjadi dua bagian.
  • Tempelkan bawang merah pada kedua bagian alis anda dengan menekannya secara ringan.
  • Cara lainnya, anda bisa mengambil sari dari umbi bawang merah tersebut dengan menggunakan cotton bud kemudian mengoleskannya pada kedua alis anda. Anda boleh memilih salah satunya dengan memastikan manakah yang lebih mudah dan pastikan untuk tidak mengenai mata karena akan menimbulkan rasa perih.
  1. Mencegah bulu alis rontok

Pernahkah anda mendapati satu atau dua helai bulu alis anda rontok dengan tiba-tiba? Tanpa anda sadari, bulu alis bisa mengalami kerontokan akibat penggunaan kosmetik yang berbahan kimia. Rontoknya bulu alis ini juga termasuk bahaya kandungan paraben pada kosmetik. Kini anda pun bisa mengatasi bahaya make up palsu yang dapat memicu bulu alis menjadi rontok. Bawang merah mampu memperkuat bulu alis sehingga tidak mudah rontok dengan memberi nutrisi pada folikel serta melancarkan sirkulasi darah. Anda juga perlu mengenali penyebab bulu alis rontok lainnya seperti:

  • Kekurangan nutrisi
  • Penyakit mata
  • Pewarnaan alis
  1. Mencegah iritasi pada kulit bagian alis

Selain menjadi salah satu penyebab alergi kulit wajah, penggunaan alat make-up yang tidak bersih bisa saja menyebabkan kulit bagian alis mengalami iritasi. Selain itu, bahan kosmetik yang berbahaya dapat menjadi pemicu iritasi. Iritasi juga merupakan salah satu bahaya mencabut alis mata. Salah satu fungsi alis mata manusia adalah untuk melindungi mata. Jika anda mencabut alis mata, hal ini tentu akan memberikan dampak pada kondisi mata anda.

Iritasi pada kulit di sekitar alis sebenarnya bisa dicegah. Anda tidak perlu khawatir mengalami hal tersebut jika anda memilih untuk menggunakan bawang merah sebagai perawatan alami untuk alis anda. Bawang merah dapat bersifat anti inflamasi yang akan mencegah iritasi pada kulit bagian alis. Cairan yang terkandung dalam bawang merah mampu membunuh kuman dan bakteri sehingga tidak berlanjut pada kondisi yang lebih parah.

  1. Mencegah tumbuhnya jamur

Jamur adalah salah satu masalah kulit yang bisa menyerang semua usia. Jika jamur sudah terlanjur tumbuh pada kulit, anda harus melakukan tindakan yang lebih sulit daripada saat mencegahnya. Kulit yang terkena jamur akan membutuhkan perawatan tersendiri. Anda mungkin perlu mengunjungi dokter untuk membersihkan jamur tersebut sampai ke akarnya sehingga tidak kembali tumbuh lagi.

Sponsors Link

Jamur bisa tumbuh di bagian kulit mana saja termasuk pada bagian alis mata. Jamur ini bisa muncul karena kurang menjaga kebersihan diri atau alat-alat make-up. Karena ukurannya yang sangat kecil, jamur sering tidak terlihat mata kita. Anda bisa melakukan perawatan alis dengan bawang merah agar terhindar dari jamur yang menyerang kulit di bagian alis mata anda. Cara penggunaannya sama saja dengan cara yang telah disebutkan pada nomor 1 di atas.

  1. Mencegah alis beruban

Uban atau rambut berwarna putih biasanya tumbuh di antara rambut hitam di kepala kita. Namun ternyata pada alis juga bisa tumbuh uban. Hal ini bisa terjadi karena adanya stres oksidatif. Ya, uban bukan hanya bisa muncul karena faktor usia. Banyak orang yang masih muda tapi sudah memiliki uban. Tak terkecuali pada bagian alis. Jika anda mengalaminya, anda tidak perlu khawatir karena kita telah memiliki solusinya.

Uban juga bisa dikaitkan dengan tanda penuaan dini. Bawang merah dapat dipakai sebagai cara mencegah penuaan dini ini. Bawang merah memiliki kemampuan untuk mengurangi terjadinya stres tersebut dalam beberapa minggu. Jika anda ingin mencegah alis yang beruban, anda bisa juga memakai bawang merah sebagai bahan perawatan alis mata anda. Pastikan untuk berhati-hati dalam penggunaannya sehingga tidak mengenai bagian mata.

Itulah 5 manfaat bawang merah untuk memberikan perawatan alami pada alis. Dengan pemakaian teratur, anda bisa mengatasi berbagai masalah alis yang anda alami dengan cara yang mudah dan ekonomis tanpa harus melakukan perawatan ke salon yang mengharuskan anda mengeluarkan biaya mahal. Bagaimana? Mudah bukan? Apakah anda tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat!

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 25th, May 2016 / 08:37 Oleh :
Kategori : Mata