Sponsors Link

4 Manfaat Mencukur Alis Untuk Penampilan Wajah

Sponsored Links

Alis salah satu anugerah untuk penampilan yang diberikan pada wajah kita. Bentuk alis yang rapi dan indah dapat membingkai wajah dengan baik. Bayangkan jika memakai make up lengkap dan sudah tampil cantik tetapi alis belum rapi, masih tumbuh mencuat di sana sini. Tentu kepercayaan diri akan penampilan sedikit banyak akan terpengaruh bukan?

Agar penampilan tampak sempurna, banyak wanita yang merapikan alis dengan cara mencabut. Jika tidak dilakukan dengan benar, ada bahaya mencabut alis yang dapat terjadi. Selain itu juga bisa dengan cara mencukur alis. Pencabutan atau pencukuran alis tentu tidak bisa dilakukan sembarangan, mencukurnya harus dengan pengetahuan yang cukup tentang memakai metode atau teknik tertentu supaya hasilnya bagus dan rapi, serta tidak melukai kulit di seputar alis.

Sebelum mencukurnya, terlebih dulu harus dipahami apa fungsi alis mata manusia. Rambut alis berfungsi untuk melindungi mata dari kotoran atau keringat yang jatuh dari dahi. Kandungan garam dalam keringat bisa membuat mata menjadi perih. Lengkungan alis memungkinkan air atau keringat dari dahi jatuh ke bagian samping wajah dan tidak menghalangi penglihatan.  Ekspresi wajah kita juga bisa terlihat dari gerakan alis. Misalnya ketika marah, sedih, heran, terkejut dan lain – lain. Jadi keberadaan rambut alis sebenarnya sangat penting, karena itu pencukuran alis dapat dilakukan seperlunya dan tidak berlebihan, misalnya sampai dicukur habis.

Cara Mencukur Alis Sendiri

Jika ingin mencukurnya sendiri, pertama-tama siapkan peralatan untuk alis yang Anda punya seperti sisir alis, pisau alis, pinset dan pensil alis. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Kompres dengan air hangat

Alis dikompres menggunakan handuk kecil yang telah direndam ke dalam air hangat agar pori – pori kulit terbuka sehingga lebih mudah mencukurnya. Ada teknik menggunakan manfaat baby oil untuk alis dan manfaat vaseline untuk alis bisa Anda gunakan melumasi kulit seputar alis agar tidak teriritasi.

  • Pastikan Peralatan Bersih

Menggunakan pisau cukur yang kurang higienis dan terjaga kebersihannya tentu akan memperbesar resiko terkena infeksi, karena dalam proses mencukur bisa timbul luka di kulit alis. Luka ini tentu menghalangi rambut alis kembali tumbuh dengan cepat. Beberapa manfaat urang aring untuk alis mungkin bisa membantu mengatasi masalah pertumbuhan alis.

  • Gunakan Cermin

Sebaiknya memakai cermin yang besar atau lebar agar sudut – sudut alis yang akan dicukur terlihat semua dan memastikan kerapiannya. Pegang pisau alis tidak dengan tegak lurus, tapi searah dengan tumbuhnya alis untuk menjaga agar tangan Anda mempunyai kontrol lebih baik saat memegang pisau alis. Kemudian rapikan dengan sisir alis setiap kali ada rambut alis yang mencuat untuk memudahkan pencukuran.

  • Cukur Seperlunya

Sisir terlebih dulu dengan sisir alis agar bentuk asli alis terlihat. Cukur alis hanya pada bagian yang berantakan atau keluar jalur dengan menggunakan pisau alis. Nanti setelah rambut alis mulai tumbuh Anda bisa merapikannya dengan pinset. Sempurnakan bentuknya dengan pensil alis. Anda bisa merias mata dengan beberapa jenis eyeliner wardah yang akan membuat mata Anda makin cemerlang.

sponsored links

Manfaat Mencukur Alis

Merapikan bentuk atau mencukur alis yang benar mengikuti bentuk lengkungan alaminya akan mempunyai sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh Anda seperti berikut ini, yaitu :

1. Memperindah mata

Mata disebut sebagai jendela jiwa. Alis yang rapi, berbentuk bagus dan sesuai dengan bentuk wajah akan membuat mata juga tampak memesona, karena bentuk alis yang sesuai akan mempertegas bentuk tulang alis. Berbagai manfaat mentega untuk alis bisa Anda coba untuk memperindah rambut alis. Alis yang tebal akan membuat mata juga terkesan lebih tajam. Cara menebalkan alis secara alami salah satunya dengan menggunakan manfaat minyak kelapa untuk alis yang banyak dicoba orang karena lebih sedikit resiko yang timbul dan manfaatnya yang lebih besar.

2. Menyeimbangkan bentuk alis

Terkadang bentuk alis di sisi kiri dan kanan mempunyai perbedaan. Dengan mencukurnya, apakah bentuk yang sama dapat diperoleh? Tentu saja, jika langkah-langkah pencukuran sudah dikuasai dengan baik. Untuk merawat alis yang telah dicukur rapi, beberapa manfaat bawang merah untuk alis mungkin bisa membantu. Bulu mata yang indah tentu juga akan menunjang keindahan bentuk alis. Bulu mata yang tipis biasanya tidak kelihatan jika menggunakan make up, maka cara menebalkan bulu mata yang menggunakan perawatan alami juga menjadi populer.

3. Memperindah bentuk wajah

Alis yang terbentuk rapi dan dicocokkan dengan bentuk wajah akan menambah nilai plus bagi karakter wajah Anda serta menunjang make up yang digunakan. Bentuk alis yang cocok untuk bermacam bentuk wajah yaitu:

  • Wajah Bulat – Alis dapat dibentuk lebih panjang dengan sedikit lakukan tajam  di ujung alis untuk memberi kesan wajah lebih tirus.
  • Wajah Oval – Bentuk garis melengkung lembut, hindari bentuk alis yang terlalu menukik.
  • Wajah Lonjong – Bentuk alis yang nyaris rata akan membuat wajah tampak lebih lebar.
  • Wajah Persegi – Bentuk alis tebal di bagian depan, menggores tajam keatas dan semakin melengkung lembut ke ujungnya.
  • Wajah Bentuk Hati – Bentuk alis dengan goresan melengkung yang sedikit tebal.

Setelah menyesuaikan bentuk alis dengan wajah, perlu juga diperhatikan perawatan kulit wajah agar selalu tampak mulus. Salah satu manfaat eksfoliasi wajah yaitu kulit wajah bisa terjaga kehalusannya. Manfaat aqua skin whitening ditujukan supaya penampilan wajah makin sempurna, kulit wajah juga bisa dirawat dengan menggunakan beberapa macam  perawatan dengan buah seperti berbagai manfaat kiwi untuk wajah dan manfaat menthol untuk wajah.

4. Merapikan Alis dan Wajah

Bulu-bulu alis yang mencuat kesana kemari tentu membuat orang yang memperhatikan penampilan menjadi risih. Terutama pada daerah sekitar atas hidung, yaitu diantara alis. Biasanya ada rambut alis yang menyambung. Bagian yang menyambung itulah yang biasanya juga dicukur agar terlihat lebih proporsional. Alis yang rapi tentu kurang afdol jika tidak disertai dengan wajah yang terawat pula. Atasi masalah kulit kering dan bernoda pada wajah dengan masker untuk kulit kering dan flek hitam, sementara beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit wajah dan manfaat timun untuk wajah bagus untuk merawat wajah yang sering terkena kosmetika.

Perawatan Alis di Salon

Selain menggunakan pisau cukur, perawatan untuk merapikan alis juga bisa dilakukan di salon langganan Anda dengan dua teknik berikut ini:

sponsored links

1. Threading

Yaitu mencabut rambut alis dengan menggunakan seutas benang nilon yang diregangkan dan dibentuk seperti laso, untuk mencabut rambut alis yang tidak rapi. Threading harus dilakukan oleh seorang terapis yang ahli. Metode ini sudah dikenal sejak lama di India. Kekurangannya, threading dapat mempengaruhi kinerja otot di bawah mata selama beberapa waktu dan agak sakit rasanya. Manfaat threading yaitu:

  1. Waktu perawatan yang cukup singkat.
  2. Bentuk alis hasil pencukuran dengan metode threading lebih akurat sesuai yang diinginkan.
  3. Hasilnya lebih tahan lama dibandingkan metode yang lain.
  4. Bulu – bulu halus yang terlewatkan dengan metode lain dapat diatasi  dengan metode ini.
  5. Tidak ada bahan kimia yang digunakan, jadi relatif aman untuk kulit.

Alis yang telah rapi juga dapat didukung dengan kecantikan wajah lainnya, misalnya cara membuat hidung mancung akan memperbaiki penampilan pada hidung yang kurang mancung. Ada cara melembabkan bibir yang membuat bibir makin  indah, bisa juga perawatan dengan cara menghilangkan tahi lalat yang dirasa mengganggu, beresiko tinggi atau tidak cocok dengan image wajah yang diinginkan.

2. Waxing

Metode merapikan alis ini menggunakan lilin pada sisi alis yang tumbuh kurang rapi untuk mencabutnya. Hasilnya garis alis lebih bersih dan juga lebih cepat. Cocok untuk merapikan alis yang tebal. Hati – hati untuk pemilik kulit sensitif, dapat menimbulkan reaksi alergi terhadap bahan yang digunakan untuk waxing. Manfaat waxing alis yaitu:

  1. Alis tampak lebih rapi hasilnya. Tidak ada lagi bulu – bulu yang tumbuh berantakan dan keluar dari jalur rambut alis.
  2. Membingkai mata sehingga tampak lebih indah.
  3. Tidak perlu waktu lama untuk melakukan waxing.
  4. Tidak ada resiko terluka akibat pisau cukur.
  5. Minimal resiko rambut tumbuh ke dalam karena tercabut sepenuhnya.
  6. Kulit yang habis di waxing menjadi lebih lembut,tidak kasar.
  7. Biayanya tidak terlalu mahal

Diperlukan keahlian khusus dan tingkat ketelitian yang tinggi untuk merapikan alis dengan benar menggunakan berbagai macam metode yang ada. Jika anda belum yakin benar tentang kemahiran Anda mencukur alis sendiri dan tidak ingin melakukan kesalahan, sebaiknya meminta bantuan profesional di salon langganan Anda. Namun waspadai bahaya facial di salon yang juga mengintai apabila tidak cermat memilih salon.

Jikapun Anda ingin mencobanya sendiri, bisa dilakukan dengan hati – hati dan mulai dari tahap dasar terlebih dulu yaitu hanya merapikan saja hingga semakin mahir. Kesalahan pada saat mencukur alis bisa dikoreksi dengan menggunakan pensil alis. Karena itu, produk yang Anda gunakan untuk merias alis haruslah terjamin kualitasnya agar Anda terhindar dari bahaya make up palsu.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 30th, May 2016 / 05:14 Oleh :
Kategori : Mata