Sponsors Link

5 Manfaat Sirih Untuk Perawatan Alis

Sponsored Links

Bentuk alis yang dianggap indah yaitu yang menyerupai bulan sabit, kecil dan melengkung indah serta tebal. Alis yang indah akan membuat mata tampak memesona dan menegaskan karakter wajah. Alis yang tipis dapat memberi kesan yang kurang tegas kepada mata dan wajah. Banyak wanita yang ingin mendapatkan manfaat mencukur alis dengan mencukur alisnya seperti bentuk yang ideal, atau menggunakan manfaat mentega untuk alis sebagai sarana untuk mencukur alis. Bahkan ada yang merapikan dengan mencabut alis tanpa mengetahui ada resiko bahaya mencabut alis mata bila terlalu sering, padahal untuk meminimalkan resiko mencabut alis, bisa memakai manfaat es batu untuk alis agar mudah mencabutnya. Namun tak jarang juga yang menemui kesulitan karena alis yang terlalu tipis, salah membentuk alis, dan lain sebagainya. Karena itu beragam cara menebalkan alis makin banyak dicari.

Tanaman Sirih

Sirih yang nama ilmiahnya Piper Betle mempunyai ciri daunnya pipih berbentuk seperti hati dengan garis garis di permukaannya dan berbau harum jika diremas. Tanaman yang tumbuh merambat atau menempel pada tanaman lain ini adalah tanaman yang banyak ditemukan di seluruh penjuru Indonesia. Tingginya bisa mencapai 15 meter. Di banyak daeran Indonesia, sirih banyak digunakan untuk keperluan adat dan ramuan untuk obat tradisional seperti jamu. Pada zaman dulu juga dikenal sering dikunyah dengan gambir, pinang, tambakau dan kapur.

Walaupun daunnya mempunyai khasiat antiseptik untuk mencegah gigi berlubang, saat ini mengunyah sirih dikaitkan dengan kanker mulut dan kapurnya dapat membuat gigi tanggal. Khasiat sirih untuk kesehatan antara lain mengobati sakit mata, eksim, bau mulut, penyakit di kulit, mimisan, batuk, luka di kulit, keputihan, sakit gigi, alergi, sakit jantung, sifilis dan diare. Sedangkan manfaat sirih untuk kecantikan antara lain mencegah dan mengobati jerawat, menghaluskan kulit, mencegah bau badan, mengobati alergi kulit, dan mencegah penuaan dini.

Ada tiga macam sirih dilihat dari warna daunnya yaitu :

  • Sirih Hijau – Jenis sirih ini paling banyak ditemukan, daunnya berwarna hijau kekuningan hingga hijau gelap jika sudah tua.
  • Sirih Merah – Daunnya berwarna merah di bagian bawah, bagian atasnya bergaris putih dan cukup sering ditemukan di lingkungan sekitar.
  • Sirih Hitam – Daun sirih yang hitam ini termasuk langka. Bahkan karena kelangkaannya itu, sering disimpan sebagai jimat.

Bagian batang daun sirih dan minyak yang dihasilkan dari daun sirih ini sangat berguna untuk digunakan merawat area alis mata dan sekitarnya. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah manfaat sirih untuk alis:

1. Mengatasi penyakit kulit pada alis

Kandungan dalam sirih yang bermanfaat untuk perawatan alis adalah Karvakol. Zat ini berfungsi sebagai anti jamur, oleh karena itu baik sekali bila digunakan untuk mengatasi masalah penyakit kulit pada alis yang membuat alis berketombe. Jamur penyebab ketombe pada alis juga dapat menjadi penyebab dari ketombe pada rambut, dan menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol.

sponsored links

2. Mempercepat Pertumbuhan

Terkadang terjadi sedikit kesalahan ketika membentuk alis dengan cara mencukur atau mencabut sehingga bentuk alis tidak sesuai dengan yang diinginkan. Menunggu rambut alis tumbuh lagi tentunya agak lama. Sirih bisa merangsang pertumbuhan alis dengan lebih cepat. Manfaat urang aring untuk alis dan manfaat tomat untuk alis juga bisa Anda coba untuk mendorong pertumbuhan rambut alis.

3. Mengatasi Kerontokan

Kandungan Flavanoid dan Polifenol mempunyai fungsi sebagai anti inflamasi dan antioksidan melindungi alis dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan radang akibat penyakit kulit atau juga yang disebabkan oleh luka saat mencukur alis sehingga timbul kerontokan. Rontoknya alis dapat membuat seseorang kehilangan percaya diri juga karena bisa menyebabkan alis menipis dan menjadi gundul, karena itu manfaat vaseline untuk alis juga bisa dicoba untuk merawat alis.

4. Menebalkan Alis

Getah dari batang daun sirih yang dicampur dengan aloe vera atau lidah buaya bermanfaat menebalkan alis. Citra wajah seorang wanita kadang dilihat dari keindahan alis matanya. Mempunyai alis mata yang tebal dan indah akan membuat karakter wajah seseorang semakin kuat. Untuk menebalkan alis tidak hanya dengan sirih, ada pula manfaat bawang merah untuk alis dan manfaat baby oil untuk alis yang bisa Anda coba. Selain itu juga Anda bisa melakukan perawatan alis agar tebal alami dengan menggunakan manfaat minyak kelapa untuk alis.

5. Membersihkan Alis

Area sekitar alis perlu juga dibersihkan jika sering terkena kosmetik. Sisa – sisa kosmetik yang menumpuk karena tidak tuntas dibersihkan bisa membuat kulit alis bermasalah, misalnya berjerawat, gatal karena alergi bahan kosmetik yang berbahaya seperti adanya bahaya kandungan paraben pada kosmetik atau terkena penyakit kulit.

Cara menggunakan sirih sebagai scrub alis

sponsored links
Hancurkan beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dengan ditumbuk, kemudian ambil sarinya dan oleskan ke rambut alis. Setelah kering bisa dibersihkan dengan air.

Bagian Tanaman Sirih Yang Bermanfaat

Kandungan dalam sirih antara lain minyak terbang/betlephenol, seskuiterpen, zat samak, pati, diatase, dan lainnya. Bagian dari tanaman sirih yang mempunyai beberapa manfaat dan bisa digunakan untuk perawatan alis yaitu :

1. Batang Daun Sirih

Dengan memanfaatkan bagian batang daun sirih dicampur dengan aloe vera atau lidah buaya. Caranya ambil batang daun sirih yang mengeluarkan getah, campurkan dengan lidah buaya lalu gosokkan menggunakan batang daun tersebut ke alis. Biarkan selama beberapa saat saja lalu bersihkan.

2. Minyak Atsiri

Minyak atsiri yang dihasilkan oleh tanaman sirih juga mempunyai khasiat untuk perawatan alis. Minyak atsiri yaitu minyak esensial yang dihasilkan dari tumbuhan, bersifat mudah menguap dan berbau persis seperti tanaman penghasilnya. Jadi minyak atsiri yang dihasilkan dari tanaman sirih akan berbau seperti sirih juga. Bagian sirih yang dapat menghasilkan minyak atsiri adalah daunnya. Minyak atsiri ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum, kosmetik, perawatan kulit, sampo, aromaterapi, suplemen dan makanan. Minyak atsiri dari tumbuhan lainnya ada dalam manfaat alpukat untuk rambut rontok, manfaat almond untuk rambut, dan untuk minyak atsiri yang berasal dari kemiri bisa didapat dengan cara membuat kemiri untuk rambut botak.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pemakaian Sirih

  • Selain dioleskan, sirih bisa digunakan sebagai ramuan untuk mencuci muka dengan merebus beberapa lembar sirih dan menggunakan airnya untuk mencuci seluruh bagian muka, termasuk alis. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun manfaat tanaman sirih sangat bagus, namun mengandung sifat antiseptik yang dapat membuat kulit kering bila terlalu sering dipakai. Jika ingin mencuci wajah dengan sirih cukup 2 kali seminggu saja.
  • Selain itu sirih dapat menjadi penyebab alergi kulit wajah. Bila mempunyai kecenderungan kulit yang sensitif, Anda sebaiknya melakukan tes terlebih dulu untuk memastikan. Caranya mudah, hanya oleskan getah sirih atau sedikit minyak sirih ke bagian belakang telinga Anda sebelum tidur malam. Lihat keadaan kulit esok paginya, apakah kulit anda menunjukkan tanda – tanda alergi seperti memerah, ruam, bengkak atau gatal.
  • Jika kulit menunjukkan gejala alergi, ini berarti Anda bisa melakukan perawatan yang khusus untuk kulit sensitif seperti menggunakan manfaat oatmeal untuk wajah sensitif dan manfaat lidah buaya untuk kulit yang sensitif juga. Jika kulit tampak baik – baik saja, maka itu tandanya Anda bisa mulai mencoba perawatan dengan sirih untuk alis.

Bila sudah mendapatkan alis yang cantik, sempurnakan riasan mata dan wajah Anda dengan eyeliner, memulas bedak sempurna sesuai warna kulit dan mencoba cara melembabkan bibir yang kering dan pecah, maka riasan Anda akan tampak sempurna.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 03rd, June 2016 / 04:30 Oleh :
Kategori : Mata