Sponsors Link

16 Manfaat Tomat Untuk Alis

Sponsors Link

Solanum lycopersicum atau tomat merupakan buah yang dapat kita lihat dengan mudah setiap hari dimana saja. Nama tomat berasal dari bahasa Nahuatl, bahasa yang dipakai oleh sebagian orang Maksiko, yaitu Tomati. Tumbuhan asli Amerika Selatan dan Tengah serta sekitar Meksiko dan Peru ini kerap dijadikan campuran bahan memasak. Siklus hidup tumbuhannya singkat, bisa tumbuh setinggi satu hingga tiga meter. Yang bisa dikonsumsi dari pohon tomat hanya batang dan daun tomat saja, karena tumbuhan ini mengandung racun alkaloid seperti kentang dan terong yang berbahaya bagi manusia dan hewan.

ads

Ada banyak jenis tomat yang terdapat di dunia dengan berbagai warna mulai dari kuning, hijau hingga warna merah yang kita kenal. Umumnya dua jenis tomat berwarna merah yang ditemui sehari – hari yaitu:

  • Tomat Buah – Biasanya dapat langsung dimakan, bentuknya agak lonjong dan kulitnya tebal. Punya daya tahan lebih awet daripada tomat sayur.
  • Tomat Sayur – Berbentuk agak bulat dan mempunai kulit lebih tipis daripada tomat buah. Tomat inilah yang biasanya digunakan untuk memasak. Daya tahannya lebih sedikit daripada tomat buah sehingga cepat busuk.

Apa saja manfaat tomat untuk alis ?

Tomat dikenal rendah sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori sehingga mempunyai banyak manfaaat untuk kesehatan. Kandungan tomat yang kaya akan vitamin dan zat gizi membuatnya sangat baik apabila dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Bicara soal kecantikan, pastinya berbicara soal wajah. Manfaat tomat untuk wajah juga berpengaruh terhadap perawatan alis. Salah satu komponen wajah yang sering menjadi sasaran perawatan adalah alis mata. Alis mata akan tampak menakjubkan apabila kulit wajah berada dalam keadaan prima. Manfaat tomat untuk alis berupa beberapa hal berikut ini:

1. Menebalkan alis

Alis yang tebal tentu menjadi dambaan para wanita agar tidak perlu lagi menggunakan pensil alis untuk meriasnya. Tidak hanya menggunakan manfaat urang aring untuk alis dan manfaat minyak kelapa untuk alis saja, dengan manfaat yang didapat dari tomat, sebagai cara menebalkan alis secara alami, rambut alis dapat tumbuh lebih tebal dan subur. Cara menebalkan bulu mata juga dapat Anda coba jika ingin memiliki bulu mata yang lebih tebal dan hitam seperti alis mata.

2. Mengatasi dan Mencegah Kerontokan Alis

Rambut alis yang mengalami kerontokan biasanya disebabkan karena tubuh kurang mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Asupan gizi dari tomat bisa membantu pertumbuhan kembali rambut alis untuk menggantikan yang rontok sebagaimana manfaat baby oil untuk alis.

Sponsors Link

3. Mengatasi Rambut Putih

Selain manfaat bawang merah untuk alis, tomat juga dapat mencegah uban menampakkan diri di alis mata Anda. Alis beruban biasanya terjadi karena kondisi kulit wajah juga telah mengalami penuaan dini sehingga mempengaruhi kondisi alis. Untuk itu perlu juga diketahui cara mencegah penuaan dini pada wajah dan pelembab untuk kulit kering dan kusam agar keadaan kulit wajah juga bisa menunjang kesehatan alis mata.

4. Melembabkan Kulit Alis dan Mengatasi Ketombe

Kulit sekitar alis mata yang kering dapat menyebabkan lapisannya terkelupas, tampak putih – putih dan tidak sedap dipandang. Bahkan bisa mengalami penyakit kulit seperti ketombe dan jamur. Karena itu keadaan kulitnya perlu dijaga dengan nutrisi kulit yang baik yang dapat diperoleh dari manfaat tomat dan manfaat vaseline untuk alis.

Berikut ini manfaat tomat untuk perawatan alis mata dilihat dari kandungan zat didalamnya :

1. Lycopene

Tomat sangat kaya akan kandungan lycopene ini. Apa itu lycopene? Lycopene yaitu pigmen berwarna merah dari tomat yang telah matang. Kebutuhan asupan likopen sehari-hari yang diperlukan tubuh didapat dari tomat sebanyak 85%. Telah terbukti bahwa lycopene bisa melindungi tubuh dari asupan kolesterol jahat secara signifikan. Hal itu dimungkinkan karena lycopene adalah zat antioksidan yang sangat kuat, berarti sangat berguna bagi perlindungan tubuh kita. Perlindungan yang didapat dari zat ini dapat menjaga daya tahan tubuh terhadap radikal bebas dari luar sehingga tubuh bisa menyalurkan nutrisi kepada setiap bagian tubuh dan kulit dengan baik, sehingga dapat mencegah masalah pada alis, seperti rontok, iritasi, beruban atau terkena infeksi jamur.

2.Vitamin A

Vitamin ini adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Salah satu bentuknya yaitu beta karoten terdapat pada tomat. Ini berarti vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan yang meningkatkan sistem imun tubuh dan menangkal radikal bebas untuk melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah jamur pada alis dan mendukung pertumbuhan alis.

3.Vitamin C

Vitamin C bisa menghasilkan kolagen dalam jumlah banyak. Kolagen inilah yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit, termasuk kesehatan kulit wajah karena berguna membantu jaringan kulit untuk menyembuhkan luka serta bekas luka, memproduksi protein yang membuat kulit wajah kencang dan cerah. Kekurangan kolagen merupakan salah satu penyebab kulit keriput di usia muda. Kulit wajah yang sehat tentu akan mempengaruhi kondisi alis mata pula, sehingga alis tidak menjadi cepat beruban atau rontok.

Jika dalam proses mencukur menimbulkan luka pada alis yang merupakan salah satu penyebab timbulnya keloid dapat sembuh dengan cepat.  Untuk mencegah supaya alis tidak terluka saat dicukur yang dapat merusak bentuknya, Anda bisa menggunakan manfaat mentega untuk alis. Selain melalui tomat, suntik vitamin C dan kolagen juga dapat membuat kulit wajah tetap kencang dan alis mata juga turut mendapatkan manfaat suntik kolagen bagi kulit. Begitu pula jika dalam proses mencabut alis terjadi luka, maka Anda terhindar dari bahaya mencabut alis yang bisa diminimalkan dengan manfaat es batu untuk alis.

4. Vitamin K

Disebutkan bahwa Vitamin K topikal berfungsi sebagai perawatan pada area sekitar mata, yaitu untuk mengatasi keriput dan kantung mata, karenanya banyak digunakan sebagai krim mata yang juga merupakan perawatan untuk alis. Namun ada cara lebih mudah dan murah dengan tomat sebagai perawatan alami, yaitu cukup dengan mengoleskan ekstrak tomat ke seputar mata dan alis.

5. Asam Folat

Berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk wajah, yang pada akhirnya juga akan membantu rambut alis mendapatkan nutrisi yang cukup yang dibawa oleh aliran darah di bawah kulit alis. Nutrisi yang cukup bagi rambut alis membuatnya tumbuh lebih tebal dan hitam.

6. Kalium

ads
Mempunyai manfaat untuk menjaga kelembaban kulit dan menjaga pembentukan otot serta fungsi sistem syaraf. Fungsi otot serta syaraf yang baik pada alis akan berguna ketika kita mengekspresikan wajah dengan menggerak-gerakkan alis sebagai isyarat non verbal dalam berkomunikasi, membuat wajah lebih ekspresif.

7. Thiamin

Dapat melindungi susunan syaraf dan berperan penting dalam produksi sel darah merah yang bermanfaat untuk mengantarkan nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Sistem syaraf yang terlindungi mampu menjaga salah satu fungsi alis mata manusia sebagai alat untuk berkomunikasi melalui ekspresi wajah yaitu gerakan alis.

8. Niacin

Niacin atau Vitamin B3 mampu membantu proses regenerasi sel kulit. Alis yang mengalami kerontokan atau uban dapat segera pulih apabila mendapatkan asupan vitamin B3 yang cukup.

9. Vitamin B6

Vitamin ini penting bagi produksi melanin yang akan membuat rambut alis tampak sehat, hitam dan mengkilat.

10. Magnesium

Pentingnya magnesium karena zat ini memproduksi protein yang akan berubah menjadi kolagen. Kolagen berguna untuk menjaga kulit tetap kencang. Kulit disekitar alis juga dapat tetap tampak kencang dan tidak kendur dengan asupan kolagen yang mencukupi.

11. Fosfor

Fosfor berguna bagi tubuh untuk memproduksi protein yang berpengaruh pada pertumbuhan sel, pemeliharaan, dan perbaikan sel dalam jaringan tubuh. Dengan demikian fosfor berguna untuk merawat alis yang mempunyai masaalah kerontokan atau uban.

12. Zinc

Zinc atau zat besi mempunyai peranan penting dalam pembentukan hemoglobin dalam darah, yang gunanya menghantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Bila aliran oksigen ke alis kurang memadai, maka lama kelamaan pertumbuhan alis akan terganggu karena tidak mendapatkan nutrisi yang cukup serta bisa mengalami kerontokan atau uban.

Cara Merawat Alis Dengan Tomat

Untuk mendapatkan manfaatnya bagi perawatan alis, tomat bisa digunakan dengan dua cara ini yaitu:

  • Jus Tomat

Meminum jus tomat setiap hari akan memungkinkan tubuh menerima kandungan gizi yang terkandung dalam tomat. Caranya sangat mudah, siapkan buah tomat segar yang sudah matang, cuci lalu dipotong – potong kecil dan masukkan ke dalam blender. Sebaiknya tidak menambahkan rasa atau pemanis ke dalam jus supaya tidak mengurangi khasiat alaminya. Bisa di mix dengan madu, apel, atau wortel.

  • Oleskan Langsung

Hancurkan tomat secukupnya lalu ambil dan usapkan ke daerah sekitar alis dan mata. Cuci bersih setelahnya. Agar mendapatkan manfaatnya secara keseluruhan, Anda bisa mengoleskan sari buah tomat ke wajah sebagai masker. Selain merawatnya dengan tomat, untuk mendapatkan bentuk alis yang indah juga bisa didapatkan dengan mencukur.  Cara mencukur yang benar akan membuat Anda mendapatkan manfaat mencukur alis untuk penampilan yang cantik.

Sebenarnya kunci dari perawatan alis adalah keadaan kulit wajah dan tubuh yang sehat. Rawatlah wajah dan tubuh dengan memanfaatkan esensi dari buah – buahan seperti perawatan yang menggunakan manfaat kiwi bagi kulit dan rasakan juga manfaat memakai masker bengkoang setiap hari.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 01st, June 2016 / 05:08 Oleh :
Kategori : Mata