Sponsors Link

14 Penyebab Kantung Mata Hitam Dan Bengkak

Sponsors Link

Kantung mata merupakan suatu keadaan di bawah mata dimana bagian bawah mata terlihat menggelembung atau membengkak. Kulit di daerah sekitar mata memang memiliki lapisan yang sangat tipis dibandingkan area lain di wajah, sehingga kulit di area mata ini lebih mudah mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan di area sekitar mata. Sedangkan lingkaran hitam di mata sering disebut juga dengan mata panda, karena bentuknya yang melingkar di area mata seperti mata panda. Seseorang dapat mengalami keadaan kantung mata saja di wajahnya atau hanya lingkaran hitam saja di wajahnya. Tetapi tidak jarang ada juga yang mengalami keadaan keduanya, yaitu di bawah matanya terdapat kantung mata hitam.

ads

Kantung mata hitam di wajah tentu saja dapat merusak penampilan wajah kita. Karena dengan adanya kantung mata ini wajah menjadi terlihat kurang cerah, segar, dan tampak pucat. Pada saat make up, keadaan kantung mata hitam memang bisa disamarkan dengan krim mata atau cream untuk menghilangkan kantung mata, dengan alas bedak dan bedak. Tetapi tentu saja hal ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Sebab bila dibiarkan tanpa perawatan, lama kelamaan kantung mata akan menebal dan lingkaran hitam pun semakin jelas terlihat. Oleh sebab itu Anda pun juga perlu tahu apa saja penyebab munculnya kantung mata hitam ini.

Berikut ini hal-hal penyebab kantung mata hitam di wajah :

1.Faktor genetik atau keturunan

Lingkaran hitam di bawah mata lebih banyak muncul di wajah orang Asia atau mereka yang memiliki kulit warna hitam. Munculnya lingkaran hitam ini disebabkan oleh kandungan melamin yang terdapat pada seseorang dengan kulit warna hitam lebih tinggi dibanding dengan orang yang memiliki jenis warna kulit lainnya. Selain itu timbulnya kantung mata juga dipengaruhi oleh struktur tulang wajah, bentuk wajah, kondisi kulit seperti eksim atopik. Kantung mata hitam ini juga dipengaruhi oleh faktor warisan orang tua. Jadi bila orang tua Anda memiliki kantung mata hitam, besar kemungkinan Anda pun akan mempunyai kantung mata hitam di wajah.

2. Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata juga semakin melemah. Kulit mulai mengendur dan cairan akan berkumpul di bagian bawah mata. Lemak di area mata akan bergerak ke daerah bawah mata sehingga menimbulkan bengkak atau kantung mata. Kulit juga kehilangan cadangan kolagen dan rongga mata bagian bawah terlihat cekung, sehingga pembuluh darah di bawah mata semakin terlihat jelas dan menggelap atau menghitam.

Untuk mengetahui apakah kantung mata hitam ini disebabkan oleh faktor keturunan dan penuaan atau bukan, Anda bisa melakukan uji coba berikut ini. Pencet area bawah mata dengan ujung jari dan tahan selama 30 detik. Jika warnanya semakin gelap, maka kantung mata hitam Anda disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Tetapi jika warnanya tidak berubah, maka disebabkan oleh alergi atau paparan sinar UV atau sinar matahari . Tetapi kalau lingkaran hitam tidak hilang sepenuhnya atau warna berubah-ubah, kemungkinan Anda mengalami masalah pigmentasi yaitu kelebihan pigmen atau masalah pembuluh darah lainnya. (baca juga : cara mencegah penuaan dini)

Sponsors Link

3. Alergi

Kantung mata hitam dapat disebabkan oleh factor-faktor  alergen seperti alergi makanan, kosmetik, cuaca, sari bunga, bulu binatang dan faktor alergen lainnya. Alergi dapat menyebabkan aliran darah ke daerah sinus semakin bertambah. Sehingga menimbulkan peradangan di bawah mata. Alergi kulit akan menyebabkan gatal di daerah sekitar mata. Bila digaruk akan menyebabkan kulit menjadi gelap. (baca juga : penyebab alergi kulit wajah)

Maka dari itu saat mata terasa gatal atau iritasi, mata jangan dikucek atau digosok. Karena hal ini akan merusak pembuluh kapiler kecil dan menyebabkan kulit di bawah mata menjadi bengkak.  Mengucek mata juga akan menstimulasi melanocytes atau sel penghasil melamin menggelapkan pigmen di area sekitar mata menjadi menghitam.

4. Hidung tersumbat

Hidung yang tersumbat biasanya disebabkan oleh sakit pilek, flu ataupun penyakit sinus. Saat hidung tersumbat, pembuluh nadi dan jaringan darah di bagian hidung membesar karena adanya cairan. Hal ini menyebabkan urat darah halus di bagian bawah mata menjadi melebar dan menggelap.

Bila Anda mengalami kantung mata hitam akibat hidung tersumbat ini maka yang perlu dilakukan hanya dengan pengobatan untuk menyembuhkan sakitnya. Kalau sakitnya sudah sembuh, maka kantung mata hitampun akan memudar dan area bawah mata kembali normal.

5. Kurang vitamin dan nutrisi

Apabila tubuh kurang asupan vitamin B,C,E dan K maka hal ini dapat memicu timbulnya penyebab kantung mata hitam. Sebab saat kerja kelenjar adrenalin terlalu berat akibat kelelahan, terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula ataupun alkohol, penyerapan vitamin menjadi berkurang.

Maka sebaiknya kurangi goreng-gorengan dan makanan yang berlemak, serta banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Sehingga kebutuhan tubuh akan vitamin dan nutrisi terpenuhi. Dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan tentu juga akan menyehatkan tubuh dan kecantiikan wajahpun  akan terlihat tanpa kantung mata hitam.

6. Kurang tidur

Kalau kita kurang tidur dapat mengakibatkan pembuluh darah yang ada di bagian bawah mata melebar dan menggelap. Porsi tidur yang tepat untuk orang dewasa adalah  8 jam sehari. Karena itu usahakan untuk selalu tidur tidak terlalu larut malam, sehingga kebutuhan tidur selama 8 jam sehari bisa terpenuhi. Dan dengan tidur 8 jam sehari, tidak hanya wajah terlihat cerah tidak pucat tetapi badan juga akan terasa lebih segar saat bangun di pagi harinya. (baca juga : cara menghilangkan kantung mata dengan es batu)

7. Dehidrasi

Bila tubuh kekurangan cairan maka akan menyebabkan gangguan pada sirkulasi peredaran darah. Hal ini juga menyebabkan pembuluh darah di bawah mata membengkak dan menghitam. Sehingga menimbulkan yang namanya kantung mata hitam. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Banyak minum air putih ini juga dapat menyehatkan tubuh dan mempercantik kulit Anda juga menjadi cerah dan tidak kusam. (baca juga : cara merawat kulit agar tidak kusam)

8. Minuman mengandung kafein dan alkohol

Terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein dan alkohol, dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi juga. Sebab penyerapan tubuh terhadap kedua jenis minuman ini dapat terhambat, sehingga bisa menimbulkan kantung mata hitam juga. Maka kurangi meminum minuman berkafein dan beralkohol ini, dan perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari.

9. Merokok

ads
Kebiasaan merokok dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi terlihat jelas terutama di bagian bawah mata. Karena asap rokok dapat mengandung radikal bebas yang dapat melemahkan fungsi kolagen di bawah mata, sehingga menjadi tidak kencang lagi atau mengendur. Jadi buat Anda yang merokok, sebaiknya hindari merokok. Selain tidak baik untuk kecantikan kulit wajah, merokok juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi tidak hanya perokok aktif saja, Anda juga harus menghindari atau menjauhi orang yang merokok agar tidak terpapar asap rokok.

10. Menangis

Kalau terlalu sering menangis atau terlalu lama menangis, akan terjadi penumpukan cairan air mata di bagian bawah mata. Sehingga setelah menangis akan muncul kantung mata hitam di area bawah mata. Tetapi munculnya kantung mata hitam akibat menangis ini biasanya lama-kelamaan akan hilang dengan sendirinya.

11. Paparan sinar matahari

Terlalu banyak aktivitas di luar ruangan, membuat kita akan sering terkena paparan sinar matahari. Terlalu lama terkena sinar matahari ini dapat meningkatkan produksi melanin. Melanin adalah penentu utama dari warna kulit. Kalau produksi melanin meningkat maka lingkaran gelap di bawah mata juga akan semakin terlihat jelas. Untuk itu saat beraktivitas di luar gunakan pelindung tubuh, seperti payung, topi atau kacamata hitam, agar paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet ini tidak mengenai kulit tubuh kita.

12. Make up

Pemakaian make up yang terlalu berlebihan atau terlalu tebal, dapat berpengaruh juga terhadap bagian bawah mata. Karena make up yang digunakan biasa dibuat dari bahan-bahan kimia yang dapat memberi efek samping buat kulit wajah termasuk juga di bawah mata. Untuk itu segera bersihkan bekas make up dengan pembersih dan penyegar yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. (baca juga : bahaya make up palsubahan kosmetik berbahaya)

13. Hormon

Pada ibu hamil atau saat mengalami menstruasi dan mengalami menopause, biasanya terjadi perubahan pada hormon di dalam tubuh. Kulit akan terlihat lebih pucat dari biasanya akibat kekurangan zat besi. Pembuluh darah akan terlihat dari permukaan kulit dan membengkak di area bawah mata. Untuk itu banyaklah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti sayuran hijau (bayam), kacang-kacangan, daging, ikan, unggas, roti gandum dan pasta.

14. Penyakit

Penyebab lainnya yang bisa menimbulkan kantung mata hitam adalah bila kita mengidap penyakit tertentu, seperti anemia dan penyakit ginjal. Oleh sebab itu bila Anda mempunyai kantung mata hitam perlu berhati-hati juga bila hal ini disebabkan oleh suatu penyakit. Untuk penyakit anemia bisa diatasi dengan mengonsumsi vitamin penambah darah atau makanan penambah darah, seperti daging, ikan, sayuran hijau, ubi, jagung, dan sebagainya.  Tetapi penyakit  ginjal harus dikonsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

(baca juga cara mengatasinya : cara alami menghilangkan mata pandacara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari)

Salah satu cara menjaga penampilan diri wanita adalah dengan merawat kecantikan kulit wajah, salah satunya menghindari adanya kantung mata hitam. Apabila Anda mempunyai masalah dengan kantung mata hitam di wajah Anda, kemungkinan disebabkan oleh salah satu faktor yang telah disebutkan di atas. Jadi kalau Anda sudah tahu penyebabnya, sebaiknya Anda menghindarinya. Tetapi tidak semua bisa dihindari dengan mudah, seperti faktor  genetik atau keturunan, penuaan, dan penyakit.

Hal ini perlu perawatan dan penanganan yang lebih lanjut lagi oleh ahlinya. Sedangkan untuk faktor yang lainnya berhubungan dengan kebiasaan sehari-hari sehingga bisa dihindari. Maka kantung mata hitam bisa memudar atau bahkan menghilang. Wajah cantik tanpa kantung mata hitam pun tentu saja akan jadi milik Anda.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, June 2016 / 03:44 Oleh :
Kategori : Mata