Sponsors Link

14 Penyebab Mata Panda Hitam

Sponsored Links

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan mata panda serta hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan mata panda? Jika anda penasaran dengan kedua hal tersebut, simaklah artikel kali ini sampai tuntas karena anda akan menemukan jawabannya! Jangan lupa untuk menerapkan hal-hal yang baik dan menghindari hal-hal yang buruk agar anda dapat menjaga kesehatan mata dan kulit di sekitar area mata anda.

Apa yang dimaksud dengan sebutan mata panda adalah adanya lingkaran gelap di sekitar mata kita. Kulit sekitar mata, terutama di area bawah mata ini bisa terlihat lebih gelap daripada bagian kulit lainnya pada saat-saat tertentu. Sebenarnya, mata panda merupakan kondisi yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Pertama-tama anda pasti mengira bahwa seseorang yang memiliki mata panda adalah karena faktor kelelahan. Namun ternyata mata panda dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda.

Jenis Mata Panda

Terdapat dua jenis lingkaran hitam di bawah mata, yaitu yang berwarna biru-keunguan dan yang berwarna kecokelatan. Mata panda dengan warna biru-keungunan disebabkan oleh darah yang terkumpul di dalam pembuluh yang terletak di bawah mata. Hal ini biasanya akan anda temukan ketika anda terbangun dari tidur. Karena tubuh anda dalam kondisi berbaring dalam waktu yang lama, darah terkumpul di bawah mata. Padahal kulit di bagian bawah mata merupakan bagian kulit yang sensitif sehingga akan terlihat jelas perubahannya. Biasanya mata panda ini akan hilang dengan sendirinya. Nah, jenis mata panda kedua adalah yang berwarna kecokelatan hingga hitam. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Kelelahan

Ketika tubuh kurang beristirahat atau bahkan anda tidak memiliki waktu untuk istirahat karena kesibukan, anda tidak akan bisa menjaga tubuh tetap dalam keadaan prima. Tubuh manusia tidak dapat diforsir untuk selalu aktif. Tubuh kita memerlukan waktu beristirahat untuk memulihkan kembali energi yang terbuang. Jika anda merasa bahwa faktor kelelahan adalah penyebab munculnya lingkaran gelap di sekitar mata, anda bisa menggunakan timun. Manfaat timun untuk mata dan wajah salah satunya adalah untuk menyegarkan kembali mata yang lelah. Mata panda biasanya diikuti dengan adanya kantung mata. Untuk hal tersebut, anda bisa menggunakan Cara menghilangkan kantung mata yang kendur.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab mata panda yang mengganggu penampilan anda. Sama halnya dengan organ tubuh lainnya, mata juga butuh waktu untuk beristirahat. Hal ini dilakukan dengan tidur dan memejamkan mata. Nah, jika anda kurang waktu tidur, mata akan mengalami lelah. Faktor waktu tidur yang kurang juga dapat memunculkan kantung mata bersamaan dengan mata panda itu sendiri. Cara menghilangkan kantung mata dalam 3 hari bisa anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah mata tersebut.

sponsored links

3. Stres

Beban pekerjaan serta aktivitas sehari-hari yang menuntut kita untuk selalu produktif terkadang dapat menyebabkan tekanan pada fisik dan mental yang bisa berujung pada keadaan stres. Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Tidak bisa dipungkiri bahwa gejala-gejala stres dapat terlihat secara fisik. Jika anda tengah mengalami stres, jangan biarkan mata panda yang muncul justru menyebabkan anda semakin stres. Anda bisa menggunakan Cream untuk menghilangkan kantung mata khusus yang sekaligus bisa menghilangkan mata panda.

4. Keturunan

Faktor gen atau keturunan juga bisa menjadi penyebab anda dapat memiliki mata panda. Cobalah untuk memperhatikan apakah salah satu dari kedua orang tua anda memiliki hal yang sama. Jika memang hal ini yang menjadi faktornya, akan menjadi lebih sulit untuk menghilangkannya. Untuk menyiasatinya, anda bisa menggunakan make up. Concealer dapat membantu anda menyamarkan lingkaran hitam di sekitar area mata. Namun anda juga harus berhati-hati dengan pemilihan make up. Di pasaran banyak beredar make up palsu dengan kandungan kimia berbahaya. Bersikap bijaklah dalam membeli agar anda terhindar dari Bahaya make up palsu.

5. Penuaan

Mata panda bisa saja muncul seiring dengan bertambahnya usia. Meski berbagai Cara mencegah penuaan dini bisa dilakukan. Penuaan memang tidak bisa terus-menerus dicegah karena usia pasti akan terus bertambah. Namun anda bisa melakukan perawatan untuk memperlambat prosesnya. Adanya mata panda bisa anda atasi dengan melakukan perawatan di salon. Namun pastikan bahwa anda memilih salon yang terpercaya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya adanya Bahaya facial di salon sembarangan dan hal lainnya yang dapat merugikan anda sendiri. Jangan ragu untuk meminta rekomendasi orang-orang terdekat anda.

6. Penyakit tertentu

Beberapa jenis penyakit bisa menyebabkan gejala pembengkakan di kelopak mata. pembengkakan ini dapat menyebabkan munculnya mata panda. Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan mata panda adalah atopic dermatitis atau juga timbilan. Jika anda merasa kelopak mata anda bengkak karena suatu hal yang tidak diketahui, lebih baik jika anda segera memeriksakan diri ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat serta mata panda yang muncul dan mengganggu tersebut bisa teratasi.

7. Alergi

Alergi adalah hasil dari reaksi tubuh terhadap suatu zat tertentu yang masuk ke dalam tubuh seperti makanan dan obat. Tubuh kita memiliki zat antibodi yang melindungi dari gangguan berbahaya dari luar tubuh seperti virus dan bakteri. Zat antibodi di dalam tubuh dapat menjadi resisten pada beberapa kandungan zat. Hal ini akan berbeda-beda pada setiap manusia. Berbagai penyebab alergi kulit wajah dapat saja menyerang anda. Alergi juga bisa terjadi karena bahan kosmetik yang berbahaya. Salah satu gejala yang dapat ditimbulkan dari reaksi tersebut adalah munculnya lingkaran gelap pada kulit di sekitar area mata anda.

8. Mengucek Mata

Mengucek mata dapat menyebabkan pembengkakan yang menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda. Biasakan untuk tidak menyentuh mata dengan tangan yang tidak higienis. Jika anda merasakan gatal pada mata anda, gunakanlah obat tetes mata. Mengucek mata hanya akan memperparah keadaan mata anda. Keadaan menangis juga bisa menyebabkan anda memiliki mata panda. Menangis hingga sembab dan mengucek mata merupakan kombinasi yang memperparah mata panda anda. Maka dari itu pastikan untuk menghindari kedua hal tersebut.

9. Kekurangan Kolagen

sponsored links
Kolagen merupakan salah satu unsur penting yang dapat menjaga keadaan kulit agar selalu normal. Ketika anda kekurangan kolagen di dalm tubuh, hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan kulit. Salah satu gejalanya adalah munculnya mata panda. Untuk mengatasinya, anda bisa melakukan suntik vitamin C dan kolagen. Namun sebelum melakukannya ada baiknya jika anda terlebih dahulu mengetahui manfaat suntik kolagen bagi kulit dan bahaya suntik kolagen. Jika anda merasa bahwa suntik kolagen terlalu berisiko, anda bisa memilih untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen.

10. Paparan Sinar Matahari

Kita hidup di wilayah tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun. Saat terkena paparan sinar matahari langsung yang sangat terik, tubuh anda akan memproduksi lebih banyak pigmen melanin. Pigmen ini adalah zat yang membuat warna pada kulit anda. Biasanya penggelapan akan terjadi pada area sekitar mata karena merupakan bagian kulit yang cukup sensitif. Gunakanlah pelindung jika anda akan beraktivitas di luar ruangan. Anda bisa menggunakan kacamata pelindung dari sinar matahari agar kondisi mata tetap normal dan terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari itu sendiri.

11. Penurunan Berat Badan yang Drastis

Salah satu risiko dari diet ketat adalah dapat menjadi penyebab mata panda. Selain itu, berat badan yang menurun drastis karena sakit juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata anda terlihat semakin jelas. Jika anda mengalami salah satu dari keduanya, anda bisa menemukan cara alami menghilangkan mata panda dengan cepat dari berbagai sumber terpercaya untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, jika anda memang mau melakukan diet, pastikan untuk menempuh cara diet yang sehat serta tidak harus menurunkan berat badan secara drastis. Lakukanlah secara perlahan serta ikuti prosesnya dengan baik dan benar. Akan lebih baik lagi jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi.

12. Pola makan yang tidak sehat

Seberapa seringkah anda mengonsumsi makanan sehat? Sudahkah anda menerapkan pola makan sehat dalam keseharian anda? Jika belum, lakukanlah mulai sekarang. Pola makan menentukan keadaan fisik kita secara keseluruhan, termasuk juga kesehatan kulit di sekitar area mata. pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai gejala fisik yang tidak anda inginkan. Salah satunya adalah munculnya si mata panda. Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. Kedua jenis nutrisi ini mutlak diperlukan oleh tubuh demi mendapatkan kulit serta tubuh yang sehat.

13. Kebiasaan buruk

Anda seorang perokok aktif maupun pasif? Anda sering mengonsumsi minuman beralkohol? Jika memang anda melakukan salah satunya, jangan tanya lagi mengapa anda memiliki lingkaran gelap pada kulit di area sekitar mata anda. Mata panda hanyalah sebagian kecil dari akibat melakukan kebiasaan buruk tersebut. Jika memang anda ingin menghilangkan mata panda yang muncul, ubahlah kebiasaan buruk anda. Tinggalkanlah kebiasaan buruk tersebut lalu gantilah menjadi kebiasaan baik seperti berolahraga secara teratur dan menjaga waktu istirahat tetap cukup. Anda pasti sudah mengetahui mengenai manfaat olahraga untuk kecantikan serta sebagai salah satu cara menjaga penampilan diri wanita maupun pria.

14. Pigmentasi

Pigmentasi biasanya dialami orang-orang dengan kulit berwarna. Adanya pigmentasi yang tidak normal dapat menyebabkan penggelapan kulit. Hal ini bisa juga terjadi pada kulit di sekitar area mata anda. Mata panda yang terjadi karena pigmentasi yang tidak normal memerlukan tindakan khusus untuk mengatasinya. Anda perlu untuk pergi ke dokter agar tidak salah dalam memberikan perawatan dan pengobatan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 11th, August 2016 / 07:24 Oleh :
Kategori : Mata