12 Cara Memanjangkan Rambut Pria Dengan Cepat Secara Alami

Sponsored Links

Rambut, bukan saja mahkota bagi wanita. Kondisi rambut juga merupakan hal yang penting bagi banyak pria. Penataan rambut dipandang sebagai penunjang penampilan agar terlihat lebih menarik. Hal ini karena gaya rambut dapat mempengaruhi tampilan wajah kita. Jika seorang pria ingin tampil beda, ia bisa memutuskan untuk mengubah gaya rambutnya. Nah, banyak pria juga menginginkan rambutnya dapat tumbuh panjang dengan lebih cepat. Dengan rambut yang cepat panjang, pria bisa dengan bebas memiliki berganti-ganti gaya rambut sesuai dengan keinginan. Kali ini kita akan membahas mengenai cara memanjangkan rambut pria dengan cepat. Mau tahu apa saja caranya? Yuk, kita simak ulasan berikut!

1. Hindari Terlalu Sering Melakukan Penataan Rambut

Pria cenderung lebih kurang memperhatikan keadaan rambutnya daripada wanita. Mungkin secara tidak sadar anda telah membuat rambut anda menjadi rusak ketika melakukan penataan rambut. Penggunaan gel atau bahan penata rambut lainnya sering menyebabkan rambut menjadi rusak. Hal ini karena kandungan kimia dari bahan penata rambut tersebut cukup keras. Keadaan rambut yang rusak akan menyebabkan pertumbuhan rambut terganggu sehingga hasilnya tidak maksimal. Untuk menghindari pertumbuhan rambut terhambat akibat seringnya dilakukan penataan rambut, sebaiknya anda tidak terlalu sering melakukannya. Hal ini merupakan salah satu cara merawat rambut agar cepat panjang dengan pencegahan kerusakan di awal.

2. Hindari Bergonta-ganti Cat Rambut

Mungkin anda termasuk pria yang suka dengan aneka macam warna rambut. Jika memang anda menyukainya, sebaiknya mulai sekarang jangan terlalu sering mengubah warna rambut anda menggunakan cat rambut. Cat rambut yang anda gunakan mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Ini merupakan salah satu bahaya cat rambut yang perlu anda hindari jika anda menginginkan rambut anda untuk tumbuh panjang dengan cepat. Cat rambut selain dapat menghambat pertumbuhan rambut juga dapat menyebabkan kanker pada pemakaian dalam jangka panjang. Jadi bukanlah lebih baik mencegah daripada mengobati?

3. Perhatikan Asupan Gizi Makanan

Makanan merupakan salah satu kunci pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan konsumsi makanan bergizi seimbang, kita bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Organ-organ penting tubuh akan dapat berfungsi dengan normal, juga pertumbuhan setiap bagian tubuh termasuk kuku dan rambut akan berjalan sebagaimana seharusnya. Jika selama ini anda makan tanpa memperhatikan gizi seimbang, sebaiknya mulailah untuk mengubah kebiasaan makan tersebut.

sponsored links

Banyak jenis nutrisi dari makanan yang dibutuhkan agar rambut bisa tumbuh panjang dengan cepat. Kandungan nutrisi tersebut di antaranya adalah asam lemak omega 3, protein, vitamin A, B, C, D, E, zinc, dan zat besi. Perbanyaklah makan sayur dan buah karena jenis makanan ini merupakan jenis makanan yang paling sehat dan bermanfaat besar bagi tubuh kita. Dengan memasukkan sayur dan buah dalam menu makan kita sehari-hari, anda bisa merasakan manfaat buah alpukat untuk rambut, manfaat buah apel untuk kesehatan rambut,  maupun manfaat timun untuk rambut. Ini tergantung dari anda sendiri.

Anda juga perlu memperhatikan untuk menghindari konsumsi makanan atau minuman yang tidak baik untuk tubuh. Makanan dengan jenis junk-food contohnya, merupakan makanan yang memiliki nilai gizi sedikit dan tidak baik jika terlalu sering dikonsumsi. Anda juga harus menghindari konsumsi minuman beralkohol. Selain itu, terpapar asap rokok tidak hanya mengganggu kesehatan saja tetapi juga tidak baik untuk keadaan rambut anda.

4. Hindari Stres

Penyebab kerusakan pada rambut memang bukan hanya berasal dari luar, tetapi dari dalam diri kita juga. Baik pria maupun wanita, wajar mengalami stres pada saat-saat tertentu. Stres ini bisa didapat dari masalah pekerjaan, hubungan, atau hal lainnya. Bagi pria, stres terkadang dianggap sebagai sebah hal yang remeh. Padahal stres ini sebenarnya dapat menyebabkan kesehatan rambut terganggu.

Rambut memerlukan hormon tertentu untuk dapat tumbuh dengan baik. Ketika anda stres, maka produksi hormon oleh tubuh bisa mengalami gangguan. Maka dari itu, jika anda menginginkan pertumbuhan rambut yang cepat, sebisa mungkin hindarilah stres dengan membiasakan pola hidup yang teratur dan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Anda juga perlu sesekali berlibur dan memberikan waktu bagi diri sendiri untuk terbebas dari segala rutinitas agar mendapatkan pikiran dan tubuh yang segar kembali.

5. Olahraga Cukup

Olahraga memang memberikan beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Tidak hanya terdapat manfaat olahraga untuk kecantikan, namun ternyata olahraga juga memberikan manfaat untuk kesehatan rambut. Olahraga selain dapat menghindarkan anda dari stres juga dapat membantu melancarkan peredaran darah termasuk aliran darah di kepala. Aliran darah yang lancar akan membuat keadaan kulit kepala menjadi lebih sehat. Perlu anda ketahui, kulit kepala yang sehat mutlak diperlukan untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Maka dari itu lakukanlah olahraga secara teratur agar mendapatkan tubuh yang bugar dan pertumbuhan rambut yang anda inginkan.

6. Gunakan Vitamin Rambut

Banyak pria mungkin tidak terlalu mementingkan penggunaan vitamin rambut layaknya wanita. Namun jika anda menginginkan rambut cepat panjang, jangan ragu untuk mencari tahu sendiri atau bertanya pada pasangan anda mengenai vitamin rambut yang bagus dan efektif. Masing-masing orang bisa memiliki tipe rambut yang berbeda satu sama lain, gunakanlah vitamin yang sesuai dengan keadaan rambut anda. Pilihlah vitamin yang mengandung nutrisi dengan fungsi merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat panjang. Pemakaian vitamin rambut secara rutin akan membantu anda mendapatkan rambut yang cepat panjang daripada saat anda tidak menggunakannya.

7. Menjaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

sponsored links
Debu, bakteri, dan kotoran yang menempel pada kulit kepala sering menjadi penyebab kulit kepala gatal dan bentol dan menyebabkan ketombe. Selain itu, debu, bakteri, dan kotoran tersebut akan menghambat pertumbuhan rambut anda. Maka dari itu, anda perlu untuk selalu menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala jika anda ingin mendapatkan rambut yang panjang lebih cepat. Kebersihan merupakan salah satu kunci agar rambut tetap dalam keadaan sehat. Gunakanlah penutup kepala seperti topi ketika anda beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari debu dan radikal bebas yang dapat merusak rambut anda.

8. Memotong Ujung Rambut Secara Teratur

Apakah anda adalah tipe orang yang selalu memotong ujung rambut dengan teratur? Sejak dulu, banyak orang yang mengatakan bahwa memotong ujung rambut secara teratur akan menyebabkan rambut cepat panjang. Namun ada juga sebagian orang yang melihat cara ini hanya sebatas sebagai salah satu cara merawat agar rambut tidak bercabang. Faktanya, ujung rambut yang secara rutin dipotong, akan merangsang pertumbuhan rambut dengan lebih cepat. Maka dari itu, lakukan pemotongan rambut setiap 1 atau 2 bulan sekali.

9. Jangan Menguncir dengan Karet Gelang

Jika anda termasuk pria yang memiliki rambut panjang, jangan sembarangan menguncir rambut dengan karet gelang. Gunakanlah tali rambut yang tidak terlalu mengikat kuat. Hal ini untuk menjaga peredaran darah di kepala tetap lancar dan menjaga kesehatan rambut anda. Selain itu, pengikat seperti karet gelang cenderung menyebabkan rambut anda rontok karena tertarik dengan kuat. Jangan lupa juga untuk menggerai rambut anda ketika tidur. Jika anda selalu menguncir rambut, hal ini bisa menyebabkan anda mengalami sakit kepala atau pusing karena kepala anda terlalu tegang.

10. Perhatian Waktu Keramas

Kapan terakhir anda mencuci rambut? Mungkin selama ini sebagai seorang pria anda kurang memperhatikan jadwal keramas anda. Umumnya, orang akan melakukan keramas jika merasa rambutnya sudah lepek dan kotor. Namun untuk cara memanjangkan rambut pria dengan cepat, anda perlu untuk memperhatikan jadwal keramas anda. Lakukanlah keramas secara rutin 3 kali dalam seminggu. Ini merupakan waktu yang tepat jika anda ingin mendapatkan rambut yang cepat panjang.

Manfaat cuci rambut setiap hari memang cukup banyak. Namun cuci rambut setiap hari bisa menyebabkan rambut anda kehilangan kelembabannya. Keramas merupakan kebutuhan anda pribadi. Anda sendirilah yang bisa mempertimbangkan apakah rambut anda perlu dikeramas atau tidak. Jika anda kesulitan untuk mengatur jadwal keramas, mintalah bantuan dari pasangan untuk mengingatkan anda. Tentu hal tersebut akan lebih membantu.

11. Biasakan Menyisir Rambut Saat Akan Keramas

Mungkin selama ini banyak orang yang keliru dengan melakukan penyisiran rambut setelah keramas. Menyisir rambut setelah keramas saat rambut masih dalam keadaan basah dapat menyebabkan rambut mudah rontok melebihi rambut yang disisir dalam keadaan kering. Selain itu, rambut anda akan mengalami masalah pertumbuhan. Cobalah untuk menerapkan kebiasaan baik seperti menyisir rambut saat akan keramas, bukan setelah keramas. Hal ini juga akan memudahkan anda untuk membersihkan rambut dan kulit kepala karena rambut tidak akan kusut. Rambut anda juga akan menjadi lebih bersih maksimal. Sebagai tambahan, anda sebaiknya juga menyisir rambut pada saat sebelum tidur.

12. Lakukan Perawatan Rambut

Tidak hanya wanita, pria juga memiliki kebutuhan dalam melakukan perawatan rambut. Mungkin sebagai pria, selama ini anda tidak terbiasa dan canggung untuk datang ke salon dan melakukan perawatan. Namun jika anda ingin mendapatkan rambut yang cepat panjang, luangkanlah waktu anda untuk pergi ke salon. Di salon, anda akan mendapatkan rangkaian perawatan rambut yang anda butuhkan. Atau anda juga bisa memilih melakukan perawatan sendiri di rumah.

Anda bisa menggunakan hair mask setiap satu minggu sekali. Bahkan hair mask bisa anda buat sendiri dari bahan-bahan alami seperti beberapa jenis buah. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain jika anda kesulitan melakukannya. Manfaat hair mask untuk rambut memang banyak sekali. Salah satunya adalah untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 01st, August 2016 / 09:59 Oleh :
Kategori : Rambut