Sponsors Link

19 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Cepat

Sponsored Links

Ada sebagian wanita yang pastinya akan membutuhkan cara memanjangkan rambut secara alami karena rambut panjang, indah dan sehat adalah dambaan hampir setiap wanita. Itulah sebabnya mengapa para wanita kebanyakan akan rela mengeluarkan kocek banyak untuk melakukan berbagai jenis perawatan rambut di salon. Beberapa wanita dengan rambut pendek atau medium menginginkan rambut panjang dengan cepat.

Bila Anda adalah salah satu dari wanita tersebut di mana Anda berharap rambut cepat tumbuh, panjang, dan juga kelihatan tebal, pakailah cara-cara alami. Memang di zaman modern seperti sekarang telah banyak produk yang menjanjikan rambut panjang dengan cepat dan sehat, namun tak ada yang menjamin. Oleh karena itu, lakukan cara-cara berikut agar rambut lebih cepat tumbuh.

(Baca juga: cara merawat rambut agar cepat panjang)

1. Memijat Kulit Kepala

Untuk merangsang pertumbuhan rambut, Anda bisa melakukan pemijatan pada kulit kepala Anda secara rutin. Tujuan dari pijatan ini adalah membuat peredaran darah menjadi lebih lancar dan membuat rambut tumbuh lebih cepat. Pemijatan kulit kepala sebaiknya dilakukan seminggu 3 kali untuk hasil terbaik.

Tak harus pergi ke salon untuk melakukan creambath, karena Anda bisa melakukannya di rumah dengan tangan sendiri. Ketika mengeramasi rambut Anda, pijatlah bagian kulit kepala selama 5 menit dengan lembut. Ini juga akan membuat sisa-sisa kotoran di kulit kepala menjadi hilang dan kulit kepala menjadi lebih bersih.

2. Menghindari Aktivitas Berenang Terlalu Sering

Mungkin Anda cukup terkejut mengapa hobi berenang Anda harus dibatasi. Anda pasti tahu betul bahwa pada air kolam renang ada kandungan klorin yang siap merusak rambut Anda. Ketika rambut terlalu sering terpapar klorin, ini akan memperlambat pertumbuhan rambut. Untuk mengurangi risiko tersebut, cara ampuhnya adalah dengan menggunakan penutup rambut setiap kali Anda berenang.

(Baca juga: cara mengatasi rambut rontok dan kering)

3. Menggunakan Kondisioner

Setelah keramas, jangan lupa mengaplikasikan kondisioner pada rambut Anda minimal seminggu 2 kali karena manfaat conditioner rambut terbilang besar. Supaya rambut tumbuh lebih panjang secara cepat, pertumbuhannya dapat dirangsang juga oleh penggunaan kondisioner. Selain itu, kondisioner jugalah yang menjaga rambut supaya tak mudah kusam, kering, rapuh dan rusak.

4. Minum Air Putih Banyak

Banyak yang mengira bahwa air putih tak ada hubungannya dengan pertumbuhan dan kesehatan rambut. Minum 8-10 gelas air putih apalagi setiap hari tak hanya akan menghindarkan tubuh dari bahaya dehidrasi, tapi juga membuat sel-sel rambut lebih aktif sehingga rambut tumbuh lebih cepat. Ketika sel jaringan dalam rambut semakin kuat, otomatis kesuburannya pun juga selalu terjaga.

5. Mengurangi Blow-dry

Setiap wanita ingin praktisnya, jadi setiap sehabis keramas supaya rambut cepat kering mereka akan menggunakan blow-dry. Cara ini memang sangat membantu, namun tidak membantu dalam hal pertumbuhan rambut supaya lebih panjang dengan cepat. Justru rambut yang terlalu sering terpapar udara panas malah akan membuat rambut patah, kering dan rusak, jadi lebih baik angin-anginkan secara alami saja. Atau, gunakan hair dryer tapi harus dengan jarak yang cukup jauh dengan suhu yang diatir tak begitu panas.

(Baca juga: cara merawat rambut keriting)

sponsored links

6. Mengurangi Penggunaan Alat Penata Rambut

Tidak hanya blow-dry dalam hal ini, alat pengeriting rambut dan catokan juga perlu Anda waspadai betul. Memang penataan rambut akan jauh lebih cepat dan indah dengan kedua alat tersebut, namun panasnya akan merapuhkan rambut. Inilah yang justru menjadikan rambut sering rontok dan patah.

Penggunaan alat tersebut jugalah yang membuat pertumbuhan rambut terhambat dalam jangka panjang. Bila memang Anda selalu membutuhkan catokan dan alat pengeriting rambut, hindari pemakaian dengan suhu yang sangat panas. Untuk menjaga rambut tetap sehat dan dalam keadaan baik, Anda bisa memakai vitamin rambut supaya tetap lembab.

7. Tidak Mewarnai Rambut

Jika ingin memanjangkan rambut atau sedang mencari cara merawat rambut panjang, silakan hindari mengecat atau mewarnai rambut. Pewarna rambut kebanyakan mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Apabila terlalu sering digunakan, zat-zat pada pewarna rambut tersebut akan menimbulkan kerusakan kulit kepala dan menjadikan pertumbuhan rambut melambat.

(Baca juga: bahaya cat rambut)

8. Tidur Cukup

Percaya atau tidak, tidur yang cukup, yakni 7-8 jam setiap harinya akan mendukung pertumbuhan rambut supaya lebih cepat panjang. Saat tidur, ada proses perbaikan sel-sel dalam tubuh, dan ini pun berpengaruh terhadap sel-sel jaringan rambut Anda. Ketika kurang tidur, otomatis ketidakmaksimalan pertumbuhan rambut pun terjadi dikarenakan rambut menjadi kering dan kusam.

9. Menggunakan Lidah Buaya

Pemakaian lidah buaya sebagai bahan perawatan kulit serta rambut sudah terbukti efektivitasnya sedari dulu. Nutrisi dari lidah buaya inilah yang akan membantu Anda mendapatkan rambut panjang, hitam dan sehat alami. Dengan mengoleskan gelnya pada kulit kepala dan rambut setiap hari, lalu menunggunya selama 20 menit sebelum dikeramasi, rambut pun juga tumbuh lebih lebat nantinya.

10. Memakai Kulit Apel

Sudah menjadi rahasia paling umum bahwa buah apel sangat berguna bagi kesehatan, tak terkecuali untuk kesehatan rambut. Kali ini Anda perlu memanfaatkan bagian kulitnya yang bisa untuk memanjangkan rambut. Kulit apel ternyata mampu merangsang pertumbuhan rambut oleh kandungan vitaminnya yang melancarkan peredaran darah ke otak.

Untuk membuat ramuannya, Anda hanya perlu menyediakan kulit apel secukupnya, tergantung panjang pendek rambut Anda juga. Blenderlah sampai halus dan larutan itulah yang perlu Anda oles ke kulit kepala hingga merata sambil memberi pijatan. Melakukannya rutin adalah tugas Anda supaya hasilnya menjadi lebih maksimal.

(Baca juga: cara mengatasi rambut agar tidak rontok)

11. Memanfaatkan Teh Hijau

Untuk memanjangan rambut, teh hijau yang penuh dengan kandungan antioksidan pun sangat bagus dan bisa Anda andalkan. Manfaat dari antioksidan itulah yang memperlancar sirkulasi darah dam membuat pertumbuhan rambut lebih sempurna. Seduh saja teh hijau seperti biasa, dan ketika dingin balurkan ke kulit kelapa serta rambut sampai menyeluruh; tutup rambut dengan handuk dan bilas setelah 20 menit berlalu. Melakukan perawatan ini secara rutin seminggu beberapa kali akan membuahkan hasil optimal.

12. Menggunakan Air Kelapa

Bila minyak kelapa adalah salah satu cara membuat rambut lembut secara alami dan masih banyak lagi fungsinya bagi rambut, kali ini yang perlu Anda ketahui adalah air kelapa mampu memanjangkan rambut. Karena terkandung zat besi, kalium, dan protein di dalamnya, banyak orang yang sudah lanjut usia menggunakan air kelapa untuk merawat rambut mereka.

Tak perlu sulit-sulit, Anda hanya perlu menggunakan air kelapa yang sudah disediakan untuk dibalurkan ke rambut secara merata. Tutuplah dengan shower cap hingga semalaman supaya kandungan nutrisinya terserap ke dalam kulit kepala. Ini akan membantu pertumbuhan rambut lebih baik dan menguatkan akarnya sekaligus. Sesudah 20-30 menit, bilas atau keramasi rambut Anda supaya tidak lengket.

(Baca juga: penyebab rambut rontok pada pria)

13. Memakai Santan

Santan yang biasanya Anda gunakan untuk bahan memasak pun ternyata berfungsi besar sebagai bahan pemanjang rambut alami. Gunakanlah santan, supaya rambut jauh menjadi bercahaya dan lembut juga. Anda hanya cukup menggunakan santan dengan mengaplikasikannya ke rambut secara langsung beserta kulit kepala.

Yang perlu disiapkan adalah 300-500 ml, lalu setelah diaplikasikan, Anda dapat menutup rambut menggunakan handuk yang sudah dicelup air hangat. Sesudah 20 menit, pakailah air dingin untuk membasuh rambut hingga bersih. Ulangi lagi beberapa kali dalam 1 minggu secara rutin berikut juga pada minggu-minggu berikutnya.

14. Menggunakan Putih Telur

Putih telur adalah bahan alami dengan kadar protein tinggi yang tak hanya baik bagi yang sedang berdiet. Putih telur bersama kandungan proteinnya akan membantu proses terbentuknya rambut baru dan mendukung pertumbuhannya menjadi jauh lebih cepat. Sederhana saja, Anda hanya perlu mengambil putih telur yang bisa langsung diaplikasikan ke rambut sampai merata. Tunggu 15 menit sebelum membasuhnya atau mengeramasinya sekalian agar dapat mengusir baunya.

(Baca juga: cara menghilangkan ketombe di kulit kepala)

sponsored links

15. Memanfaatkan Minyak Zaitun

Karena manfaat minyak zaitun untuk rambut anak begitu besar dan mampu menumbuhkannya dengan cepat, jadi tak salah bila orang dewasa pun turut mencobanya. Dengan minyak zaitun jugalah Anda dapat merawat rambut supaya lebih bercahaya sekaligus lebih sehat jauh dari kekusaman. Cara pemakaiannya pun sederhana karena Anda hanya perlu menjadikannya minyak rambut, aplikasikan dan tunggu sampai 1 jam sebelum dibilas memakai air.

16. Memakai Minyak Jarak

Karena vitamin E dan asam lemak esensialnya berkadar tinggi pada minyak ini, minyak jarak tak salah lagi mampu mempromosikan pertumbuhan rambut secara alami. Hanya dengan mengambil secukupnya saja, Anda dapat mengoles sekaligus  memijatkannya pada kulit kepala serta rambut dan tunggu maksimal 45 menit untuk kemudian Anda keramasi.

17. Meningkatkan Asupan Protein

Tak hanya merawat dari luar, Anda pun perlu memerhatikan perawatan dari dalam untuk membuat pertumbuhan rambut lebih terstimulasi. Makanan-makanan yang berkandungan protein tinggi adalah jawabannya karena proteinlah yang akan menutrisi folikel rambut agar rambut tumbuh panjang dengan cepat. Makanan berprotein juga akan menjaga kesehatan rambut supaya jauh dari kerusakan.

(Baca juga: cara memanjangkan rambut pria dengan cepat)

18. Menggunakan Minyak Kemiri

Minyak kemiri telah banyak digunakan orang sebagai cara menyuburkan rambut secara alami, maka tak salah lagi bila rambut tumbuh subur otomatis rambut akan memanjang dengan cepat. Pijatlah kulit kepala dengan minyak kemiri secara rajin dan oleskan merata pada seluruh rambut hanya dengan beberapa tetes saja. Pemijatan dapat dilakukan 5-10 menit yang kemudian Anda bisa tutup dengan shower cap atau handuk untuk dibiarkan semalaman. Esok paginya ketika mandi dapat Anda bilas sampai bersih.

19. Menghindari Stres

Stres adalah sumber dari segala penyakit dan tak terkecual menjadi pemicu lambatnya pertumbuhan rambut. Bahkan stres pun diketahui sebagai penyebab kerontokan rambut serta kebotakan. Anda dapat mencoba mencari cara untuk mengelola stres, baik itu dengan melatih pernapasan, meditasi, yoga, olahraga, atau metode relaksasi lainnya.

(Baca juga: penyebab rambut beruban)

Untuk cara memanjangkan rambut secara alami, lakukan berbagai langkah yang sudah dianjurkan tersebut. Dengan ketelatenan, Anda pasti akan mendapatkan rambut panjang, lebat, lembut, sehat dan berkilau seperti yang Anda ekspektasikan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 23rd, September 2016 / 01:15 Oleh :
Kategori : Rambut