Sponsors Link

8 Cara Mencegah Rambut Mengembang Secara Alami

Sponsors Link

Rambut adalah bagian terpenting dari seorang wanita. Oleh karena itu banyak orang terutama wanita yang rela menghabiskan uang dan waktu mereka untuk melakukan perawatan rambut. Sama seperti bagian tubuh lainya, rambut juga membutuhkan vitamin dan nutrisi untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kerusakan. (Baca Juga: produk vitamin rambut kering , Bahan Penghitam Rambut Alami)

ads

salah satu kerusakan rambut yang sering menjadi momok bagi setiap wanita adalah rambut mengembang. Rambut yang mengembang membuat banyak orang tidak percaya diri. Selain itu juga tampak berantakan dan susah diatur. (Baca Juga: Cara Merawat Rambut Agar Tidak Kering)

Sebelum masuk ke pembahasan bagimana cara mencegah rambut mengembang, baiknya kita kaji terlebih dahulu hal apa yang menjadi  penyebab terjadinya masalah rambut mengembang. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Mengembang)

Penyebab Rambut Mengembang

Ada beberapa penyebab yang membuat rambut menjadi kembang. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pemakaian shampo

Pemakaian sampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala, dapat menyebabkan masalah baru terhadap kesehatan rambut. Sebaiknya sebelum memilih sebuah produk shampo, pastikan terlebih dahulu jenis rambut anda. Misalnya untuk jenis rambut kering, pilihlah shampo  yang bersifat melembabkan dan melembutkan. Baac Juga: merk shampo untuk rambut keriting)

  • Terlalu sering meluruskan dan mengkritingkan rambut

Menggunakan Alat seperti: catok, hairdryer, haircurler, dan alat lainya yang bersifat memberikan panas langsung terhadap rambut dapat membuat rambut kembang. Untuk penampilan yang maksimal, berbagai kreasi terhadap penataan rambut seperti, meluruskan dan juga mengeritingkan rambut kerap dilakukan. perilaku terlalu sering menggunakan alat-alat diatas akan menimbulkan dampak buruk terhadap rambut yaitu, rambut mudah kering dan mengembang. (Baca Juga: Manfaat Hair Mask untuk Rambut)

  • Paparan sinar matahari

Kegiatan di luar rumah sering membuat kita terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat rambut menjadi mengembang dan rusak. (baca juga : penyebab rambut bercabang dan rusak, perawatan rambut rusak)

Cara Mencegah Rambut Mengembang

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut mengembang, berikut ini akan kita ulas bagaimana cara dalam mengatasi rambut mengembang. Untuk membuat rambut indah dan tidak mengembang ada beberapa cara:

  1. Hindari pemakaian catok, dan hair curler yang berlebihan

Jika profesi anda mengharuskan untuk mencatok atau mengeritingkan rambut setiap hari, maka sangat penting bagi anda untuk selalu menerapkan pelembab yang mengandung vitamin E pada rambut. Cara ini bertujuan agar rambut kembali ternutrisi. Vitamin rambut bisa mencegah rambut rusak dan mengembang akibat penggunaan alat tersebut. (Baca Juga: Cara Merawat Rambut Keriting , Penyebab Rambut Keriting)

ads
  1. Gunakanlah Olive Oil

Olive oil  atau Minyak Zaitun bisa mencegah rambut mengembang, yang bisa digunakan dengan mudah. Caranya, cucilah rambut terlebih dahulu untuk menghilangkan debu yang melekat pada rambut. Kemudian oleskan Olive oil secara merata dari pangkal hingga ujung rambut. Biarkan selama 10-15 menit agar kandungannya meresap ke dalam rambut. Setelah itu bilaslah hingga bersih dengan menggunakan shampo. Baca Juga: manfaat minyak zaitun untuk rambut anak)

  1. Perhatikan saat memilih shampo

Pilihlah shampo khusus untuk rambut kering yang bersifat melembabkan dan juga melembutkan rambut. Rutinlah untuk menggunakan kondisioner setiap keramas. Oleskan kondisioner dari pangkal rambut hingga ujung rambut, tetapi jangan  mengenai kulit kepala. Biarkan meresap selama 2-4 menit. Lalu bilaslah hingga benar-benar bersih. (Baca Juga: Penyebab Kulit Kepala Gatal )

  1. Cobalah untuk menggunakan masker rambut

Cara Membuat Rambut Lembut dan Mudah Diatur, sehat dan jauh dari kerusakan, penggunaan masker rambut akan sangat membantu. Dalam kasus rambut kering dan mengembang pilihlah masker rambut yang berlabel AntiFrizz, atau masker rambut yang mengandung madu dan Royal Jelly. Masker rambut yang memiliki kandungan tersebut dapat membuat rambut anda lebih lembut serta mudah diatur.

  1. Menggunakan bahan alami

Selain menggunakan produk kimia, tak ada salahnya untuk mencoba memakai bahan- bahan alami. contohnya, cara mencegah rambut beruban secara alami, cara alami mengatasi rambut rontok dan lain sebagainya.  Ada banyak sekali bahan-bahan alami yang dapat diterapkan untuk mengurangi rambut kering dan mengembang, seperti: Alpukat, madu, Lidah Buaya, kuning telur, dan susu murni.

  1. Jangan mengikat rambut ketika tidur

Mengikat rambut saat tidur dapat menyebabkan rambut kering dan mudah patah. Untuk itu biarkanlah rambut anda terurai saat tidur, agar rambut bisa bernafas dan lebih sehat. (Baca Juga: Cara Mencegah Rambut Beruban)

  1. Hindari menggunakan sisir plastik

Menggunakan sisir plastik dapat menimbulkan listrik statis pada saat menyisir rambut. Sehingga rambut menjadi kembang dan berdiri. Bagi anda yang memiliki rambut mengembang, usahakanlah memakai sisir logam atau kayu. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Kusut)

  1. Jangan terlalu sering keramas

Terlalu sering keramas tidak akan membuat rambut anda semakin bagus. Sebaliknya hal tersebut akan membuat rambut anda semakin kering dan rusak. Penggunaan shampo yang terlalu sering dapat membuat rambut kelebihan zat kimia. Hal ini membuat rambut menjadi kehilangan kelembabanya. Untuk itu cucilah rambut anda secara teratur 2 kali dalam seminggu. (Baca juga: Cara Mencegah Rambut Bercabang)

  1. Jangan menggosok rambut dengan handuk

Menggosok-gosok rambut dengan handuk sehabis keramas dapat menyebabkan rambut mudah rusak dan patah. Untuk mengeringkan rambut sehabis keramas cukup dengan menepuk-nepuk rambut dengan handuk secara lembut. (Baca Juga: Akibat Rambut Rontok ,  Cara Merawat Rambut Kering)

  1. Gunakanlah pelindung rambut saat keluar rumah

Pada saat ingin keluar rumah di cuaca yang terik, pakailah sesuatu untuk melindungi rambut anda. Anda bisa menggunakan payung dan topi. Jangan lupa untuk menerapkan pelembab pada rambut anda sebelum keluar rumah, agar rambut dapat terlindungi dari paparan sinar matahari langsung dan juga dari polusi udara. (Baca Juga: Cara Merawat Rambut Bob)

Untuk mempertahankan rambut anda tidak mengembang anda bisa memakai masker rambut dari bahan lamai yang kaya manfaat.

Bahan Alami Mencegah Rambut Mengambang

  1. Alpukat

Alpukat mengandung banyak nutrisi seperti lemak alami, protein, mineral dan vitamin. Lemak baik yang terkandung di dalam buah Alpukat dapat mengembalikan kelembaban rambut. Kandungan vitamin E nya dapat membuat rambut semakin lembut dan berkilau (baca juga: manfaat masker alpukat untuk rambut ,  Manfaat Alpukat Untuk Perawatan Rambut Rontok)

Sponsors Link

  1. Madu

Madu bukanlah sesuatu yang asing lagi dalam dunia kecantikan. Madu memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan, baik wajah maupun rambut. Untuk mengatasi rambut mengembang dengan madu, dapat dilakukan dengan mengoleskan madu dari pangkal hingga ujung rambut. Lalu biarkan menyerap pada rambut anda sekita 3-5 menit. Kemudian bilaslah dengan air dingin. Baca juga: manfaat madu untuk kesehatan perawatan rambut , Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit)

  1. Lidah Buaya

Tumbuhan satu ini sudah dari dulu digunakan dalam pengobatan rambut rusak. Kandungan gel dalam daging Lidah Buaya mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan rambut. Lidah buaya sangat efektif untuk mengatasi rambut mengembang karena Lidah Buaya bersifat sebagai pelembab alami. Daging Lidah Buaya yang berupa gel bisa menjadi pendingin bagi rambut. Hal tersebut dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada rambut akibat penggunaan alat-alat perawatan rambut. (Baca Juga: cara merawat rambut dengan lidah buaya , Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan)

  1. Susu murni

Susu murni dapat digunakan untuk mengatasi rambut mengembang. Lumurkan susu murni keseluruh bagian rambut. Lalu biarkan selama satu jam.  Kemudian bilaslah menggunakan air biasa hingga bersih.(Baca Juga: Manfaat Susu Untuk Rambut Kering , Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit)

  1. Kuning telur

Kuning telur juga bisa membantu anda untuk mengatasi rambut mengembang. Caranya cukup dengan menyediakan satu butir telur, pisahkan kuning dengan putihnya. Beri tambahan 1 sendok  makan air pada kuning telur lalu kocoklah hingga tercampur dengan baik. Kemudian masukan putih telur ke dalam kuning telur yang sudah disiapkan tadi. Aduk kembali hingga tercampur dengan sempurna. Setelah teraduk dengan baik, oleskan keseluruh bagian rambut dan pijatlah secara lembut. Kemudian bilas dengan air sampai bersih. (baca juga:  manfaat telur untuk rambut , Manfaat Masker Kuning Telur)

Itulah beberapa cara mencegah agar rambut tidak mengembang dengan cara yang tepat serta menggunakan bahan-bahan alami.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 25th, December 2016 / 03:13 Oleh :
Kategori : Rambut