17 Cara Mengatasi Kulit Kepala Kering Secara Alami

Sponsored Links

Memiliki kulit kepala yang kering bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Kulit kepala memiliki sebum atau kelenjar sebaceous yang bisa membantu melembabkan rambut dan kulit kepala. Ketika kehilangan kelembabannya, kulit kepala menjadi kering, putih seperti bersisik dan mengelupas. Pengelupasan kulit kepala ini berbeda dengan ketombe. Ketombe biasanya disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan di kulit kepala, dan kulit yang rontok berwarna agak kekuningan. Namun orang awam biasanya menyebut pengelupasan apapun dari kulit kepala ini sebagai ketombe.

Ketombe atau bukan, sebaiknya jangan menggaruk kulit kepala jika sampai terasa gatal. Jika menggaruk kulit kepala yang gatal, akan menyebabkan bakteri mudah bersarang di kulit kepala yang luka karena digaruk. Dari situ akan muncul berbagai macam masalah lain. Sebenarnya kulit kepala mudah diatasi dengan menggunakan bahan – bahan alami, bahkan yang ada di rumah.

Baca Juga:

Penyebab Kulit Kepala Kering

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi kulit kepala yang mengalami masalah kekeringan, ada baiknya untuk mengenali penyebabnya terlebih dulu agar mudah menentukan cara untuk merawatnya. Apa saja penyebab kulit kepala yang kering? Coba simak beberapa hal berikut ini:

  • Dehidrasi – Kalau tubuh kita kekurangan cairan, kulit juga akan mengalami kekeringan. Itu disebabkan karena cadangan air dalam tubuh dipusatkan kepada organ tubuh.
  • Sinar Matahari – Lama berada di panas matahari atau terekspos sinar matahari membuat kulit kepala juga dapat menjadi kering. Hal itu karena kulit kehilangan kelembabannya.
  • Residu dari produk rambut – Sisa – sisa produk yang digunakan pada rambut bisa menempel pada kulit kepala dan menyebabkan serpihan kulit berjatuhan, sebabnya adalah karena kelembaban kulit terhalang oleh residu produk rambut tersebut.
  • Kurang Gizi – Jika tubuh kekurangan asupan gizi dan nutrisi yang memadai, maka akan mempengaruhi keadaan kulit juga. Gizi dan nutrisi yang dimaksud adalah kondisi tubuh yang kekurangan zinc, vitamin B, atau asam lemak.
  • Penyakit Kulit – Gangguan kesehatan pada kulit kepala juga bisa menjadi penyebab kondisinya yang kering. Penyakit kulit seperti eksim seboroik, kurap, psoriasis adalah beberapa macamnya.

Perawatan Alami Untuk Kulit Kepala Kering

Untuk merawat kulit kepala yang mengalami masalah kekeringan, paling baik adalah menggunakan bahan yang alami dan mudah didapat. Beberapa bahan alami tersebut yaitu:

1. Tea Tree Oil

Mengandung anti jamur dan anti bakteri, tea tree oil bisa melembabkan dan menutrisi, mengatasi kulit kepala yang kering dan gatal, mengelupas dan mengatasi penyebab kulit kepala kering. Cara memakainya harus diencerkan lebih dulu dengan mencampurkannya dengan air. Manfaat tea tree oil yang lain yaitu sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe di kulit kepala dan mengatasi penyebab kulit kepala gatal dan bentol.

(Baca Juga: Manfaat Teh untuk Rambut , Cara Menghilangkan Ketombe)

2. Aloe Vera

Manfaat aloe vera untuk rambut sudah banyak sekali diketahui di kalangan pecinta perawatan alami. Kandungan asam amino, vitamin A, C dan Folic Acid didalam gelnya sangat bermanfaat untuk kulit kepala yang kering, juga mengatasi serpihan kulit, dan ketombe yang muncul dari kulit kepala yang kering. Cara pemakaiannya yaitu campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan gel lidah buaya, dan dua sendok teh air mawar. Biarkan pada kulit kepala selama  satu jam sebelum dicuci bersih.

3. Cuka Apel

Cuka apel memiliki segala manfaat mulai dari perawatan kulit sampai manfaat cuka apel untuk rambut. Memakai cuka apel pada kulit kepala dapat membantu menjaga keseimbangan kadar PH di kulit kepala serta menghilangkan gatal serta kekeringan. Cara pemakaiannya yaitu:

  • Cuka apel harus diencerkan terlebih dulu dengan air sebelum digunakan ke kulit kepala.
  • Ambil setengah cangkir cuka apel, lalu tambahkan seperempat cangkir air.
  • Gunakan ke kulit kepala, lalu biarkan selama beberapa jam.
  • Setelah itu cuci dengan air hangat.
  • Bisa juga dicampur dengan minyak lavender dan madu.
  • Pakai sebanyak dua kali seminggu.

(Baca Juga: Cara Melembutkan Rambut Kasar)

sponsored links

4. Madu dan Jus Lemon

Campuran ini tidak hanya bagus untuk mengobati sakit tenggorokan, tetapi juga bisa mengatasi kulit kepala yang kering. Manfaat madu untuk rambut yang mengandung anti bakteri digabungkan dengan manfaat lemon untuk rambut yang bisa membersihkan akan sangat bermanfaat untuk mengatasi kulit kepala yang kering kondisinya. Harap diperhatikan bahwa lemon tidak bisa digunakan untuk kondisi kulit yang mengalami iritasi, karena dapat menimbulkan rasa perih dan memperburuk iritasi tersebut.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah dikenal secara luas sebagai salah satu bahan alami yang bisa merawat rambut. Manfaat minyak kelapa untuk rambut dapat mengatasi segala macam masalah yang terjadi di kulit kepala dengan mengembalikan kelembaban kulit kepala dan mencegah kekeringan serta rasa gatal. Cara memakainya dengan mengoleskan secukupnya ke kulit kepala, lalu pijat selama sepuluh menit sebelum di keramas dengan sampo.

6. Minyak Wijen 

Manfaat minyak wijen sama dengan minyak kelapa, yaitu untuk menutrisi dan melembabkan kulit kepala sehingga bisa mengatasi masalah kulit kepala yang kering. Minyak wijen digunakan sebagai cara mengatasi kulit mengelupas dan cara menghitamkan rambut. Cara memakainya dengan mengoleskan minyak wijen ke kulit kepala secukupnya, lalu pijat selama sepuluh menit dengan perlahan. Kemudian keramas dengan menggunakan sampo.

7. Minyak Zaitun

Kandungan dalam minyak zaitun yaitu vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa mengatasi kekeringan kulit kepala. Hangatkan minyak kelapa berjenis Extra Virgin Oil secukupnya, lalu pijat perlahan dan biarkan selama setengah jam. Kemudian cuci rambut sampai bersih setelahnya. Gunakan juga manfaat minyak zaitun untuk rambut anak agar kelak rambut si kecil tumbuh sehat dan tebal.

8. Gula Merah

Kulit kepala yang kering biasanya akan mengelupas. Kulit yang mengelupas ini akan jatuh setiap kali kita menggaruk kepala atau menggerakkan rambut. Atasi dengan membersihkan kulit kepala secara teratur menggunakan gula merah. Caranya yaitu :

  • Campurkan lima sendok makan gula merah dengan minyak zaitun atau minyak esensial apapun favorit Anda.
  • Campur sampai menjadi pasta, kemudian gunakan ke kulit kepala.
  • Gosok perlahan dengan gerakan melingkar kemudian keramas seperti biasa.
  • Gula merah juga dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di mata.(Baca Juga: Manfaat Madu untuk Wajah)

9. Yogurt

Manfaat conditioner rambut yang bisa memberi kelembaban pada kulit kepala bisa didapatkan dengan menggunakan yogurt. Gunakan yogurt tawar pada kulit kepala setelah selesai keramas dalam jumlah yang cukup, jangan sampai berlebihan. Bisa juga ditambah telur untuk campurannya. Bila menggunakan telur, jangan bilas menggunakan air panas. Telur bisa menjadi lengket dan makin sulit dibersihkan. Yogurt juga bisa menjadi cara mengatasi kulit wajah kering.

10. Oatmeal

Manfaat oatmeal untuk kulit sensitif lebih dikenal dalam perawatan kecantikan. Namun ternyata oatmeal juga bisa digunakan untuk mengatasi kekeringan pada kulit kepala. Caranya yaitu:

11. Mayones

Mayones terbuat dari telur dan minyak yang dapat memberi kelembaban yang dalam ke kulit kepala. Didalamnya juga terkandung cuka yang bisa membuat bakteri dan jamur menghilang. Cara memakainya yaitu:

  • Mengoleskan mayones sejumlah setengah cup ke rambut yang kering.
  • Pijat kulit kepala dan akar rambut secara menyeluruh.
  • Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar dua puluh menit kemudian cuci rambut seperti biasa.
  • Mayones dapat menjadi cara merawat rambut berwarna dan cara membuat rambut lembut.

12. Alpukat

Manfaat buah alpukat untuk rambut bisa membantu masalah kulit kepala yang kering sebagai masker rambut. Manfaat masker alpukat untuk rambut diambil dari kandungan mineral, vitamin dan minyak alami yang dapat memberi kelembaban pada rambut serta kulit kepala yang kering. Alpukat juga akan membuat rambut lembut, berkilau dan tetap terjaga kelembabannya. Cara menggunakannya yaitu:

  • Ambil daging buah alpukat secukupnya.
  • Kemudian campurkan dua sendok makan Extra Virgin Olive Oil serta satu sendok teh madu.
  • Pakaikan ke kulit kepala dan seluruh rambut kemudian bungkus kepala dengan shower cap.
  • Biarkan selama setengah jam lalu cuci rambut dengan air hangat sampai bersih, kemudian gunakan sampo.

13. Madu dan Minyak Zaitun

Madu bisa mengatasi masalah kulit kepala yang kering dengan kandungan anti inflamasi dan anti virus sehingga cukup cocok untuk kulit kepala yang kering yang rentan masalah jamur karena pengelupasan berlebihan. Cara memakainya seperti ini:

  • Hangatkan setengah cup Virgin Olive Oil dan campur dengan dua sendok teh madu.
  • Pakai di kulit kepala sambil dipijat sedikit.
  • Biarkan selama sepuluh menit, cuci dengan sampo herbal.
  • Gunakan handuk panas untuk menutup kulit kepala yang bisa membantu menahan kelembaban agar lebih efektif.

Sponsors Link

14. Minyak Kelapa, Jeruk Bali dan Jus Lemon

Selain manfaat minyak kelapa untuk alis, bisa juga dipakai untuk merawat rambut dengan mencampurnya bersama jeruk bali dan jus lemon. Campuran ketiga bahan yang tidak biasa ini akan bermanfaat mengatasi masalah kulit kepala yang kering. Cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  • Hangatkan sedikit minyak kelapa untuk beberapa saat. Biarkan agak dingin.
  • Hancurkan jeruk bali dengan cara diblender dan ambil airnya.
  • Peras air dari satu butir lemon, laluu campurkan dengan jus dari jeruk bali.
  • Campurkan dua sendok makan jus tadi ke minyak kelapa.
  • Pijat kulit kepala dan bungkus dengan handuk hangat.
  • Biarkan selama lima belas menit dan keramas seperti biasa.

15. Bawang Putih

Lupakan baunya. Bawang putih memiliki khasiat yang banyak dalam perawatan kecantikan. Cara memakainya yaitu sebagai berikut:

  • Cincang bawang putih secukupnya saja.
  • Campurkan dengan beberapa tetes madu.
  • Gunakan pada kulit kepala, lakukan sebelum keramas.
  • Diamkan beberapa menit lalu cuci rambut dengan keramas.

Selain untuk rambut, ada cara merawat kuku dengan bawang putih dan cara merawat kuku agar tidak kuning dengan menggunakan bawang putih.

16. Minyak Kelapa dan Tepung Gram

Tepung gram atau tepung besan dicampur dengan santan akan menjadi ramuan alami yang bagus untuk mengatasi kulit kepala yang kering. Campur kedua bahan secukupnya saja lalu oleskan ke kulit kepala. Keramas rambut sampai bersih setelahnya. TEpung gram juga dapat dijadikan salah satu bahan dalam cara merawat kulit sensitif.

17. Susu dan Madu

Manfaat susu untuk rambut kering juga bisa didapatkan melalui rumah. Bagaimana cara membuatnya, ikuti saja cara pembuatan seperti ini: Campur susu dengan madu secukupnya, jangan sampai berlebihan. Kemudian pakai di kulit kepala dan rambut sampai merata. Biarkan selama kurang lebih dua puluh menit lalu bilas.

Tips Perawatan Sehari – hari

Untuk mencegah kulit kepala yang kering, lakukan juga perawatan sehari – hari yang benar agar akibatnya tidak merugikan kondisi kulit kepala Anda. Beberapa tips itu adalah sebagai berikut:

  1. Hati – hati memilih produk pembersih rambut, jangan pilih yang mengandung bahan kimia keras seperti sodium lauril sulfat yang bisa menyebabkan iritasi.
  2. Kurangi frekuensi menata rambut Anda untuk menghindari bahaya suhu panas dan zat kimia.
  3. Makan makanan yang mengandung gizi seimbang seperti sayuran dan buah – buahan.
  4. Jika sudah menggunakan ramuan alami, pastikan agar rambut bersih seluruhnya, karena sisa bahan bisa membuat rambut lengket dan bau.
  5. Kurangi memakai kondisioner, karena pemakaian yang terlalu sering justru dapat menimbulkan kerusakan.

(Baca Juga : Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami)

Jika semua macam perawatan dan cara sudah Anda lakukan tetapi belum membuahkan hasil, bahkan kulit kepala semakin parah, bisa jadi itu adalah tanda dari penyakit yang lebih serius dan bukan lagi sekedar masalah kulit kepala yang kering. Jika ada dokter ahli spesialis kulit kepala dan rambut atau trichologist di kota Anda, cobalah untuk berkonsultasi. Jika tidak ada, cobalah berkonsultasi dengan dokter kulit atau dokter penyakit lainnya untuk memastikan.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 05th, October 2016 / 12:35 Oleh :
Kategori : Rambut