Sponsors Link

22 Cara Mengatasi Rambut Agar Tidak Rontok Lagi Yang Berlebihan

Sponsors Link

Bagi wanita, rambut adalah mahkota. Karena penampilan seseorang akan terlihat cantik dan menarik bila memiliki rambut yang indah juga. Tetapi kadang ada saja masalah rambut yang mengganggu penampilan, salah satunya adalah masalah kerontokan rambut. Masalah ini memang cukup menyita perhatian para wanita, maka tidak heran banyak sekali produk-produk sampo yang menawarkan perawatan rambut untuk mengatasi kerontokan rambut.

ads

Pada dasarnya rambut mengalami kerontokan setiap hari. Hal ini disebabkan karena rambut membutuhkan ruang untuk munculnya helaian rambut-rambut baru. Sehingga rambut lama menjadi rontok dan akan digantikan dengan rambut baru. Tetapi  kerontokan masih dianggap wajar bila jumlahnya kurang dari 100 helai per hari. Kalau rambut yang rontok banyak atau lebih dari 100 helai, ini berarti Anda mengalami masalah kerontokan rambut yang tidak wajar.  Agar hal ini tidak terjadi, maka sebaiknya Anda juga mengetahui penyebab awal terjadinya rambut rontok.

Penyebab Rambut Rontok

Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya rambut rontok :

  • Pengaruh gizi dan vitamin.

Bila asupan gizi dan vitamin kurang akan menyebabkan rambut menjadi mudah rontok. Karena kulit kepala merupakan tempat dimana akar rambut menempel dan rambut rumbuh. Sehingga keseimbangan mkanan dengan memperhatikan gizi dan vitamin yang seimbang sangat penting untuk mengatasi rambut rontok.

  • Perawatan rambut yang berlebihan.

Perawatan rambut seperti pewarnaan rambut, rebonding atau creambath, biasanya menggunakan bahan-bahan kimia. Bahaya rebonding rambut dan perawatan rambut lainnya yang menggunakan bahan-bahan kimia inilah yang bila terlalu sering digunakan akan memberikan efek samping kerontokan rambut.

  • Penggunaan alat penata rambut.

Alat-alat penata rambut biasa dipakai untuk mempercantik rambut, seperti hair dryer, alat pencatokan dan pengeritingan rambut. Tetapi alat-alat ini bila terlalu sering digunakan bisa membut akar rambut menjadi kering dan rambut menjadi lebih mudah patah, sehingga rambut jadi mudah rontok.

  • Gangguan hormon.

Kerontokan juga bisa terjadi karena pengaruh hormon tertentu, seperti Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata. Hormon yang terdapat di dalam tubuh seseorang ini dipengaruhi oleh keturunan atau diturunkan dari orang tuanya yang memiliki hormon-hormon tersebut.

  • Efek samping obat.

Beberapa jenis obat diketahui mempunyai efek samping membuat rambut rontok, seperti kontrasepsi, obat anti depresi, obat pengencer darah, maupun obat yang digunakan untuk kemoterapi.

  • Penyakit

Ada beberapa jenis penyakit tertentu yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok, seperti diabetes, kanker, typus, maupun lupus. Selain itu pengaruh kemoterapi juga bisa menyebabkan rambut rontok.

  • Kehamilan.

Kerontokan dapat terjadi pada saat hamil ataupun setelah melahirkan. Hal ini wajar saja akibat hormon dari dalam tubuh wanita hamil tersebut, dan biasanya akan kembali normal dengan sendirinya.

ads
  • Jarang keramas.

Bila rambut jarang dicuci akan  menyebabkan rambut menjadi berminyak dan lembab. Rambut yang lepek tersebut saat terkena paparan sinar matahari akan terserap oleh folikel rambut di kulit kepala sehingga mudah lepas atau rontok.

  • Terlalu kencang mengikat rambut.

Rambut yang diikat terlalu kencang bisa berakibat akar rambut tertarik, sehingga menyebabkan rambut mudah rontok.

  • Sinar matahari dan polusi.

Rambut yang terkena paparan sinar matahari maupun polusi udara dapat berakibat berkurangnya keratin di dalam rambut. Keratin di rambut berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut.  Jadi bila keratin di rambut semakin berkurang maka kemampuan rambut juga semakin berkurang dan berakibat rambut rontok.

  • Stress yang berlebihan.

Saat seseorang mengalami stress, akan mempengaruhi pikiran di otak dan otot syaraf yang ada di kepala menegang. Kekuatan otot lapisan kulit kepala pun akan melemah. Sehingga hal ini menyebabkan terjadinya kerontokan.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut rontok. Kerontokan rambut yang parah bila didiamkan tentu saja tidak hanya membuat rambut lama kelamaan menjadi tipis, tetapi bisa juga mengalami kebotakan. Tentu saja hal ini tidak Anda inginkan. Bila Anda ingin mencegah agar rambut tidak rontok, sebaiknya Anda hindari penyebab rambut rontok tersebut. Anda bisa ikuti beberapa cara mengatasi rambut agar tidak rontok adalah :

1. Penuhi gizi yang cukup

Kalau tubuh sehat maka akan berdampak pada rambut yang sehat juga. Sebab rambut juga membutuhkan protein. Protein bisa didapat dari makanan yang mengandung daging, telur, ayam, tahu dan sebagainya. Bila kekurangan protein dapat menghambat pertumbuhan keratin di rambut. Selain  itu jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap hari, terutama yang banyak mengandung vitamin B, zat besi, kalsium dan seng yang baik untuk kesehatan rambut. Dan selalu penuhi cairan dalam tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

2. Berolahraga

Rajin berolahraga baik untuk kesehatan tubuh karena dapat melancarkan peredaran darah. Manfaat olahraga untuk kecantikan  rambut adalah bila peredaran darah di kulit kepala lancar tentunya pertumbuhan rambut juga tetap sehat dan terhindar dari kerontokan. Olahraga dapat dilakukan ringan setiap hari, seperti jalan kaki minimal 30 menit, naik-turun tangga saat di kantor tanpa lift, atau olahraga yang lebih berat seperti bersepeda, berenang, ataupun senam.

3. Menjaga kebersihan rambut

Agar terhindar dari rambut rontok, jangan lupa untuk keramas minimal dua hari sekali. Sebab bila jarang keramas, rambut akan berminyak dan lepek yang membuat rambut menjadi mudah rontok apalagi saat terkena sinar matahari. Gunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Sebab kadang kala bila tidak cocok justru sampo akan menyebabkan kerontokan rambut.

4. Jangan menyisir rambut saat basah

Sehabis keramas, biasanya kita suka menyisir rambut kita yang masih basah. Sebaiknya mulai sekarang dihindari, sebab dalam keadaan rambut yang basah resiko rambut patah menjadi semakin tinggi. Sebaiknya sisir rambut setelah rambut Anda benar-benar kering. Selain itu pilihlah sisir yang bergigi jarang agar dapat menimimalisir kerontokan rambut.

5. Gunakan topi atau payung

Saat melakukan aktivitas di siang hari, pastinya Anda akan terkena paparan sinar matahari. Pengaruhi sinar UV tidak hanya berdampak negatif untuk kulit tetapi juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut juga salah satunya menyebabkan rambut rontok. Oleh sebab itu gunakan penutup kepala/topi atau payung untuk menghindari rambut dari sinar matahari.

6. Hindari penggunaan alat-alat penata rambut secara berlebihan

Untuk mempercantik rambut Anda pastinya biasa menggunakan hair dyer, alat pencatok rambut, ataupun alat pengeriting rambut. Uap panas yang dihasilkan untuk mengatur rambut inilah yang memberi efek buruk untuk rambut karena rambut terkena panas sehingga mudah rusak dan rontok. Jadi bila Anda ingin menggunakan alat-alat penata rambut sebaiknya gunakan seperlunya dan jangan terlalu sering.

7. Hindari stress

Saat stress kerja otak akan semakin keras sehingga berpengaruh pada kulit kepala dan menyebabkan kerontokan. Untuk itu bila Anda sedang ada masalah, jangan sampai membuat Anda menjadi stress. Cari pasangan, kelurga atau teman untuk berbagi masalah dan membantu mencari solusinya. Selain itu untuk Anda yang selalu sibuk dengan kesibukan kerja, usahakan juga untuk meluangkan waktu berlibur bersama keluarga atau teman agar terhindar dari stress.

8. Atasi masalah rambut

Masalah rambut seperti rambut yang berketombe ataupun berkutu menimbulkan gatal-gatal di rambut. Saat penggarukan rambut inilah yang menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan rambut pun ikut terlepas. Oleh sebab itu atasi masalah rambut Anda agar terhindar dari kerontokan. Anda bisa mengatasi masalah rambut menggunakan sampo khusus atau melakukan perawatan rambut dengan bahan-bahan alami, seperti manfaat garam untuk rambut berketombe.

Perawatan Rambut Alami

Selain melakukan cara-cara di atas, Anda juga dapat melakukan perawatan rambut untuk menjaga kesehatan rambut khususnya mencegah terjadinya kerontokan rambut. Beberapa bahan alami bisa Anda gunakan untuk melakukan perawatan rambut ini.

Berikut ini cara mengatasi rambut agar tidak rontok dengan perawatan bahan-bahan alami :

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal memiliki banyak manfaat mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mulai dari manfaat minyak zaitun untuk rambut anak dan bayi sampai cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan minyak zaitun.Untuk mengobati rambut yang rontok dengan minyak zaitun caranya cukup mudah :

  • Tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas.
  • Oleskan minyak zaitun secara merata dari akar sampai ujung rambut sambil dipijat-pijat selama kurang lebih 5 menit secara perlahan.
  • Setelah itu bersihkan rambut dengan keramas seperti biasa menggunakan shampoo hingga bersih.

2. Minyak kemiri

Minyak kemiri sejak lama dikenal dapat membantu menyuburkan rambut. Oleh karena itu untuk mencegah rambut rontok, Anda bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan minyak kemiri. Cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak maupun rambut rontok tidak perlu dibuat sendiri lagi, karena minyak kemiri sudah banyak dijual dalam kemasan di toko-toko obat. Caranya :

  • Teteskan minyak kemiri ke telapak tangan.
  • Usapkan ke seluruh rambut secara merata sambil dipijat.
  • Diamkan selama 1-2 jam.
  • Lalu bilas dengan sampo.

3. Lidah buaya

Lidah buaya atau disebut juga aloe vera sudah sangat dikenal manfaatnya untuk menjaga ketebalan rambut. Maka tak heran kalau banyak produk sampo yang banyak menggunakan bahan lidah buaya ini. Sehingga manfaat aloe vera untuk rambut agar tidak mudah rontok, pemakaian lidah buaya patut Anda coba. Manfaat aloe vera untuk rambut

Sponsors Link

  • Ambil 1 potong lidah buaya dan dibelah gunakan bagian dalamnya atau daging lidah buaya.
  • Oleskan pada rambut hingga merata.
  • Diamkan sekitar 15-25 menit.
  • Kemudian bersihkan rambut dengan shampo menggunakan air yang mengalir.

4. Masker buah-buahan

Perawatan rambut dengan creambath pasti sering Anda lakukan di salon. Kalau Anda ingin melakukan creambath sendiri di rumah bisa Anda coba dengan membuat sendiri maskernya dengan menggunakan bahan buah-buahan, seperti pisang, alpukat, semangka dan melon.  Buah-buahan ini banyak mengandung asam sitrat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut. Manfaat masker alpukat untuk rambut sebagai pelembab untuk rambut. Sedangkan manfaat pisang untuk rambut, semangka dan melon bisa membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Cara membuat masker dari beberapa macam buah adalah :

  • Haluskan buah-buahan tersebut dengan blender sampai halus
  • Lalu tambahkan 1 sendok makan yogurt tanpa rasa aduk sampai merata.
  • Setelah itu oleskan keseluruh rambut dan tunggu sekitar 10-15 menit
  • Lalu bilas hingga bersih.

5. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh, termasuk juga kesehatan rambut. Selain itu manfaat jeruk nipis untuk rambut dapat digunakan untuk mengatasi ketombe dan untuk mencegah rambut rontok. Penggunannya juga mudah :

  • Potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian.
  • Lalu gosok-gosok potongan jeruk nipis ke rambut.
  • Setelah 15 menit bilas cuci rambut hingga bersih.

6. Putih telur

Protein yang banyak terkandung di dalam putih telur ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala hingga mengatasi kerontokan rambut. Selain itu penggunaan putih telur pada rambut juga bisa membantu memelihara tekstur rambut dan menjaga kelembutan rambut. Caranya :

  • Pisahkan antara putih telur dengan kuning telur.
  • Setelah itu kocok putih telur hingga menjadi bentuk pasta.
  • Gunakan pada rambut Anda secara merata.
  • Kemudian bilas dengan sampo.

10. Teh hijau

Manfaat teh hijau untuk rambut adalah mengurangi kerontokan pada rambut. Karena teh hijau mengandung antioksidan. Selain itu kandungan kafein di dalam teh hijau juga dapat memberikan efek kesegaran pada kulit kepala Anda. Secara keseluruhan manfaat teh untuk rambut agar rambut lembut berkilau dan tumbuh sehat.Cara penggunaanya :

  • Seduh teh hijau dan diamkan semalaman hingga basi.
  • Keesokannya basuhkan rambut Anda dengan teh hijau tersebut.
  • Setelah itu Anda bersihkan dengan air hangat.

Jadi buat Anda yang ingin mengatasi rambut agar tidak mudah rontok segera hindari penyebabnya dan cobalah melakukan perawatan rambut dengan bahan-bahan alami agar rambut sehat indah berkilau dan tentunya tidak rontok.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 13th, August 2016 / 03:43 Oleh :
Kategori : Rambut