Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Sponsors Link

Rambut merupakan bagian penting dari tubuh yang dimiliki oleh manusia. Siapapun anda, entah pria ataupun wanita, tentu menginginkan rambutnya sehat, kuat dan yang pasti tidak rusak. Namun walau begitu,  Ada banyak sekali masalah rambut seperti rambut berketombe rambut kering serta rambut bercabang yang merusak kecantikan serta penampilan rambut tersebut.

ads

Berbicara mengenai kerusakan rambut, salah satu jenis rambut rusak yang banyak dikeluhkan adalah rambut kering.  Rambut kering sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal yang berpengaruh pada kesehatan rambut adalah kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin E, vitamin B, asam folat dan lain sebagainya. Sementara faktor eksternal penyebab rambut rontok terdapat banyak sekali contohnya mulai dari salah memilih jenis shampoo yang cocok bagi rambut, penggunaan alat pengering atau terlalu banyak terkena paparan sinar matahari. Walau dapat terjadi karena banyak faktor, namun ternyata ada banyak pula cara mengatasi rambut kering supaya kembali sehat layaknya seperti sedia kala.

Berikut ini merupakan langkah- langkah praktis untuk menyehatkan lagi rambut yang kering mulai dari:

1. Menggunakan lemon atau jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah- buahan yang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya pada tubuh, namun jeruk nipis juga bagus untuk kesehatan rambut. Cara menggunakan lemon untuk mengatasi rambut kering dapat dilakukan dengan cara :

  • Peras lemon sebanyak 2 sendok lalu campur dengan madu
  • Selanjutnya oleskan pada rambut dari ujung rambut hingga ke akarnya
  • Tunggu selama kurang lebih satu jam lalu bilas menggunakan air hingga bersih
  • Anda dapat mengulangi cara ini hingga rambut anda kembali sehat.

2. Gunakan produk shampoo yang tepat

Untuk dapat memulihkan kesehatan rambut supaya kembali sehat dan berkilau seperti sedia kala, tentu anda membutuhkan shampoo yang tepat. Untuk mengatasi rambut kering, anda dapat memilih shampoo khusus rambut kering yang kini ada banyak sekali macamnya. Pemilihan jenis shampoo yang tepat ternyata memiliki andil yang cukup besar dalam menjaga kelembapan rambut anda terlebih jika shampoo tersebut cocok.

3. Hindari penggunaan pengering rambut

Ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan rambut anda kering seperti halnya penggunaan pengering rambut. Penggunaan pengering rambut terlebih jika anda menggunakannya secara berlebihan, dapat menyebabkan rambut stres sehingga mengalami kerusakan. Untuk menghindari kerusakan rambut tersebut, anda dapat menggunakan kipas angin atau mengeringkan rambut anda secara alami yaitu diangin- anginkan tanpa penggunaan pengering. Pengering rambut juga menjadi penyebab rambut bercabang dan kerusakan rambut yang lainnya.

Selain itu, perhatikan pula penggunaan handuk anda. Dalam menggunakan handuk sebaiknya cukup dengan ditekan- tekan dan bukannya secara kasar hingga membuat banyak rambut rontok dan patah- patah.

4. Menggunakan madu

Madu dikenal sebagai salah satu obat mujarab bagi banyak sekali jenis penyakit. Madu memiliki rasa yang manis dan telah dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat yang mujarab. Penggunaan madu memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk kesehatan tubuh melainkan juga rambut. Madu dapat digunakan untuk merawat rambut kering atau bahkan jenis kerusakan rambut lainnya. Cara menggunakan madu dalam merawat rambut dapat dilakukan dengan cara :

  • mencampur madu menggunakan 4 gelas kecil yang berisi air bersih
  • Selanjutnya gunakan untuk membasahi rambut anda dari ujung hingga akar rambut
  • Pastikan sudah merata, lalu tunggu selama beberapa menit dan bilas
Sponsors Link

5. Menggunakan kuning telur

Bukan hanya enak digunakan sebagai santapan pendamping nasi, telur tenyata bermanfaat pula sebagai produk kecantikan salah satunya adalah untuk kesehatan rambut. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan :

  • mengambil telur yang telah dipisahkan dengan putih telurnya
  • Kocok secara merata lalu tambahkan sesendok makan air bersih dengan kuning telur
  • Langkah selanjutnya adalah dengan membasahi rambut anda sembari meremas- remas rambut hingga merata menggunakan campuran bahan tadi
  • Tunggu beberapa saat dan bilas hingga bersih. Telur memiliki bau yang amis sehingga anda perlu membersihkannya secara benar

6. Menggunakan minyak kelapa dan tepung

Satu lagi ramuan alami yang dapat digunakan untuk merawat rambut kering adalah dengan menggunakan minyak kelapa serta tepung. Caranya adalah dengan :

  • mencampur kedua bahan hingga merata
  • Oleskan campuran tersebut hingga pada kulit kepala
  • Jangan lupa untuk menggosok- gosoknya supaya dapat menyebar secara menyeluruh pada permukaan kulit kepala
  • Diamkan selama kurang lebih 5 menit dan bilas menggunakan air.

7.  Perhatikan cara anda berkeramas

Taukah anda jika ternyata cara berkeramas juga dapat membuat rambut anda menjadi tidak sehat? Cara keramas yang berlebihan dan terlalu keras dalam menekan rambut kepala, membuat rambut megalami banyak gangguan seperti rambut kering, mudah rontok serta berketombe. Selain itu keramas yang dilakukan secara sembarangan seperti menggunakan kuku saat menggosok kulit kepala, dapat membuat rambut patah serta iritasi pada kulit.

8. Perhatikan cara menyisir rambut

Menyisir rambut yang dianjurkan adalah dengan menunggu rambut hingga kering dan menggunakan sisir yang lembut. Penggunaan sisir yang sembarangan dan terburu-buru membuat rambut mudah mengalami kepatahan. Selain itu, penggunaan sisir yang terlalu keras juga dapat menyakiti kulit kepala.

9. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zatun dikenal sebagai minyak emas dengan khasiat yang luar biasa. Minyak zaitun memiliki banyak kandungan baik sehingga dijadikan sebagai salah satu bahan kosmetik yang banyak digunakan untuk merawat kecantikan mulai dari merawat kulit, merawat keindahan payudara hingga merawat penyebab kerusakan pada rambut.

Minyak zaitun sendiri banyak mengandung antioksidan serta vitamin E yang dapat menjaga kelembapan pada rambut sehingga menghindarkannya dari rambut rusak juga kering.  Cara menggunakan minyak zaitun cukup mudah yaitu dengan cara mengoleskannya secara merata pada rambut lalu tunggu selama kurang lebih 30 menit dan bilas menggunakan air bersih.

10. Menggunakan amla

Langkah selanjutnya dalam mengatasi rambut kering adalah dengan menggunakan amla atau Phyllanthus emblica. Tanaman ini memiliki bentuk seperti tanaman cerme yang memiliki manfaat pula untuk merawat rambut. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan cara :

  • ambil secangkir bubuk amla lalu tambahkan satu buah telur dan 2 sendok minyak jarak
  • Campurkan bahan- bahan tersebut hingga halus dan merata
  • Setelahnya oleskan pada kulit kepala dari ujung hingga akarnya dan diamkan selama 30 menit
  • Langkah terakhir adalah dengan berkeramas.

11. Menggunakan campuran madu, minyak zaitun dan lemon

Ketiga bahan herbal tersebut jika digabung akan menjadi sebuah ramuan herbal yang hebat dalam mengatasi rambut kering. Langkahnya pembuatannya cukup sederhana yaitu dengan :

  • mencampur 2 sendok makan perasan air lemon, 1 sendok makan madu dan 2 sendok minyak zaitun
  • Campur ketiga bahan tersebut hingga rata lalu oleskan secara menyeluruh pada rambut anda.

12. Menggunakan alpukat

Buah- buahan juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut kering yang mana salah satunya adalah alpukat. Alpukat merupakan buah yang banyak sekali dijadikan sebagai minuman jus atau mungkin buah pelengkap dalam es buah. Untuk mengatasi rambut kering anda dapat melumatkan alpukat hingga halus, lalu oleskan secara merata pada bagian rambut di kepala serta kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bersihkan dengan air.

13. Hindari mengikat rambut malam hari

ads
Mengikat rambut terlalu lama ternyata dapat menyebabkan gangguan pada rambut. Terutama pada malam hari, ketika anda ingin beristirahat atau tidur malam, sebaiknya ikatan pada rambut dilepaskan. Rambut memerlukan ruang supaya akar rambut dapat bernapas. Kebiasaan mengikat rambut saat beranjak tidur membuat rambut mudah rusak seperti kering dan rontok.

14. Hindari menggunakan shampoo yang berlebihan

Penggunaan shampoo yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok serta rambut kering. Untuk itu anda tidak perlu berkeramas setiap hari karena dampaknya yang negatif tersebut. Penggunaan shampoo tiap hari dapat menghilangkan minyak alami pada rambut sehingga rambut menjadi lebih mudah kering. Keramas yang dianjurkan adalah cukup sekali dalam 3 hari.

15. Gunakan kondisioner yang tepat

Rambut kering dapat diatasi menggunakan kondisioner yang kini bisa banyak ditemukan di banyak tempat. Namun anda tidak boleh sembarangan dalam memilih kondisioner karena pemilihan kondisioner yang salah dapat menyebabkan rambut semakin rusak. Kondisioner yang didalamnya mengandung alkohol merupakan jenis kondisioner yang harus dihindari karena dapat membuat rambut kering dan rusak.

Penyebab Rambut Rusak

Untuk menjaga kesehatan rambut, anda dapat menggunakan vitamin khusus rambut.  Selain itu, anda juga diharapkan untuk menjauhi hal-hal yang dapat merusak kesehatan sehari-hari rambut anda. Hal- hal yang dapat menyebabkan rambut mudah kering terdapat banyak sekali ragamnya seperti :

  • Terlalu sering terkena sinar matahari

Sinar matahari bukan hanya dikenal sebagai salah satu hal yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit namun juga dapat membuat rambut kering,  mengembang serta jenis kerusakan rambut yang lain. Dampak negatif paparan sinar matahari, dapat dihindari dengan menggunakan produk kesehatan rambut yang dapat melindungi rambut kepala dari bahaya sinar Ultraviolet. Anda juga dapat menggunakan penutup rambut seperti topi untuk menghindari dampak sinar matahari secara langsung.

  • Kurang asupan nutrisi

Kerusakan pada rambut dimana salah satunya adalah rambut kering ternyata juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin. Jenis vitamin yang berperan dalam kesehatan rambut sendiri ada banyak macamnya seperti asam folat, vitamin A, vitamin B, Vitamin E dan lain sebagainya. Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, ada baiknya anda mulai membiasakan mengonsumsi makanan- makanan dengan kandungan vitamin tersebut.

  • Jarang melakukan olahraga

Jarang melakukan olahraga dapat membuat tubuh serta rambut menjadi tidak sehat. Walau anda tipe orang yang banyak pekerjaan, namun ada baiknya jika anda meluangkan sedikit waktu anda untuk berolahraga meskipun jenis olahraga yang ringan sekalipun. Olahraga merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk mendapatkan kesehatan serta kesegaran pada tubuh. Anda tidak perlu ke Gym atau ke pusat olahraga yang lain, karena olahraga dapat dilakukan dimana saja bahkan di dalam rumah sekalipun.

  • Jarang mengonsumsi air putih

Jarang mengonsumsi air putih dapat pula menyebabkan kerusakan pada rambut. Selain itu kekurangan air putih juga menyebabkan dehidrasi yang membuat tubuh menjadi lemas dan mudah pusing. Air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dimana salah satunya adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, bagi anda yang tertarik untuk mempercantik kulit serta menjaganya agar tetap bersinar, maka anda dapat menggunakan air putih untuk menjaga kecantikan kulit anda.

  • Menggunakan pewarna rambut

Pewarna rambut sekarang ini telah banyak digunakan di berbagai tempat. Banyaknya pewarna yang dapat dipilih menambah daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. Pewarna rambut memang dapat memberi tampilan menarik pada rambut namun sayangnya,  pewarna rambut juga beresiko merusak rambut kita terlebih jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

  • Kesalahan dalam memilih jenis shampoo

Tiap orang memiliki tipe rambut yang berbeda- beda. Mencari jenis shampoo yang cocok bagi rambut merupakan cara yang tepat untuk menyehatkan rambut anda. Sebelum memilih jenis shampo yang akan digunakan, ada baiknya anda mengenali dulu tipe rambut anda apakah masuk ke dala rambut berminyak atau bahkan tipe rambut kering. Sekarang ini banyak beredar jenis shampoo yang dikhususkan untuk tipe- tipe rambut tertentu. Anda dapat memilih jenis shampoo tersebut sesuai dengan tipe rambut anda.

Menjauhi hal- hal diatas merupakan langkah tepat menjaga rambut kita dari kerusakan. Selain itu, secara rutin mengonsumsi vitamin merupakan cara tepat untuk meningkatkan kesehatan rambut anda dari dalam.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 08th, December 2015 / 08:07 Oleh :
Kategori : Rambut