Sponsors Link

20 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Rambut panjang dan indah seakan sudah menjadi identik dengan kecantikan wanita. Apabila seorang wanita mengalami masalah dengan rambutnya, tentu saja itu akan mengurangi kesan kecantikan dirinya. Terlebih jika masalah yang terjadi pada rambutnya itu adalah rambut rontok dan kering. Rambut rontok terlebih yang mengalami kekeringan sangat ditakuti oleh orang – orang terutama wanita, karena pada kasus yang parah bisa membuat kepala botak. Mengapa sampai mengalami masalah rambut dengan kerontokan dan kekeringan tentu ada pemicunya.

ads

Penyebab Rambut Rontok dan Kering

Wanita yang berambut panjang biasanya sangat telaten merawat mahkotanya itu. Hal itu tentu disebabkan memanjangkan rambut adalah proses yang lama dan membutuhkan kesabaran. Juga supaya rambut panjang tumbuh dengan baik, diperlukan perawatan yang lumayan telaten. Untuk mengatasi masalah rambut rontok dan kering pada rambut Anda, perlu diketahui lebih dulu penyebabnya.

  • Perubahan Hormon – Tingkat hormon yang tidak seimbang dalam tubuh dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan kesehatan rambut. Misalnya ketika habis melahirkan, dimana tubuh sedang mengalami penyesuaian hormon dari kehamilan ke menyusui, umumnya wanita akan mengalami rambut yang rontok agak banyak.
  • Tanda Penuaan – Kemampuan kulit kepala untuk memproduksi rambut baru menggantikan yang rontok akan semakin menurun sesuai dengan usia seseorang. Rambut rontok dan kering bisa jadi merupakan salah satu tanda berkurangnya fungsi tubuh karena usia.
  • Pengaruh Obat-Obatan – Bila seseorang sedang dalam proses pengobatan dari penyakit tertentu, ada kemungkinan rambut akan mengalami efek dari pemakaian obat – obatan tersebut, terutama obat yang mengandung hormon tertentu. Misalnya pada pengobatan penyakit lupus atau kemoterapi untuk penderita kanker yang akan menyebabkan rambut rontok dan kering.
  • Kekurangan Zat Besi – Anemia atau kekurangan zat besi pada tubuh juga dapat membuat kondisi rambut menjadi rontok dan kering. Sebabnya karena darah tidak mengalirkan nutrisi yang cukup untuk kulit kepala.
  • Stress atau Tekanan Psikologis – Gangguan emosional dan psikologis seperti stress dapat membuat rambut terkena imbasnya, karena pada orang yang sedang stress tingkat hormon dalam tubuhnya juga sedang mengalami ketidakseimbangan.
  • Sinar Matahari – Rambut rontok dan kering karena kehilangan kelembabannya. Terkena sinar matahari setiap hari akan membuat kelembaban rambut perlahan menghilang dari kulit kepala.
  • Penggunaan Alat Penata Rambut – Manfaat catok rambut memang bisa membuat tatanan rambut tampak rapi dan gaya. Prinsip alat penata rambut seperti hair dryer dan alat catok juga menggunakan panas tinggi yang dapat menghilangkan kelembaban alami rambut jika sering digunakan, apalagi pada jarak dekat dari rambut. Akibat sampingan lainnya yaitu rambut bisa berubah warna menjadi memerah dan kusam.
  • Penggunaan Bahan Kimia – Rambut yang sering terekspos bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan juga dapat mengalami efek seperti rontok dan kering. Misalnya pada proses rebonding, smoothing dan pengecatan rambut yang berulang. Bahaya smoothing rambut, bahaya rebonding rambut, dan bahaya cat rambut adalah semuanya menggunakan bahan kimia yang bisa merusak rambut dalam jangka panjang.
  • Jarang atau terlalu sering keramas – Kerusakan pada akar rambut merupakan penyebab rambut menjadi rontok dan kering. Frekuensi keramas yang tidak teratur tidak dapat merawat rambut dengan baik, melainkan malah akan merusaknya. Manfaat cuci rambut setiap hari hanya berlaku bagi rambut yang sangat kotor, berketombe parah, berminyak atau bermasalah dengan kutu. Terlalu jarang mencuci rambut juga bisa menyebabkan rontok, karena minyak yang terkumpul dengan mudah dapat menyebabkan rambut rontok.
  • Penyakit – Seseorang yang sedang menderita penyakit berarti sistem tubuhnya sedang tidak berjalan dengan baik dan tidak bisa mendukung penyebaran nutrisi yang sempurna ke seluruh tubuh dan kulit. Maka salah satu efek dari penyakitnya adalah kerontokan dan kekeringan rambut.
  • Mengikat Rambut Terlalu Kencang – Kadang mengikat rambut adalah cara yang praktis bila seorang wanita tidak sempat menata rambut. Tetapi, ikatan yang kuat dan lama bisa menyebabkan rambut tidak bisa bernapas, sehingga aliran oksigen di kulit kepala tersendat. Jika sering mengikat rambut dengan kencang, akan menyebabkan masalah kerontokan dan kekeringan rambut.
  • Infeksi Kulit Kepala – Penyakit di kulit kepala yang telah terinfeksi dapat merusak akar rambut, menyebabkan rambut menjadi rontok dan kering. Penyebab infeksi ini bisa macam – macam dari mulai alergi sampai ke jamur kulit.

Perawatan Sehari – Hari

Agar rambut tidak semakin bermasalah, perlu diperhatikan bahwa cara mengatasi rambut rontok dan kering dalam keseharian Anda harus dilakukan secara rutin dan hati-hati.

1. Memakai Kondisioner

Manfaat conditioner rambut yaitu bisa melembabkan rambut yang kering dan melembabkan kulit kepala sehingga rambut yang rontok karena kering bisa berkurang.

ads

2. Sisir Rambut Dengan Cara Yang Benar

Cara menyisir rambut juga berpengaruh terhadap rambut yang rontok dan kering. Jika menyisir dengan kasar, kerontokan akan makin menjadi – jadi, begitu juga rambut yang kering akan mudah patah. Pilih sisir yang sesuai dengan kondisi rambut dan jangan menisir rambut saat masih basah.

3. Keramas Teratur

Keramas minimal dua hari sekali untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, juga hindari memakai air panas saat keramas. Gunakan sampo yang cocok untuk jenis rambut Anda, jika bisa gunakan yang berbahan herbal.

4. Libur Dari Perawatan Salon

Jika Anda termasuk wanita yang sering melakukan berbagai jenis perawatan rambut di salon, sebaiknya hentikan dulu semua perawatan itu ketika rambut menunjukkan tanda kerusakan seperti rontok dan kering. Berikan kesempatan pada rambut untuk istirahat sejenak dari paparan bahan kimia sambil merawatnya dengan bahan alami.

5. Gerai Rambut Saat Tidur

Usahakan menggerai rambut saat tidur, karena rambut yang diikat akan mendapat tekanan dan tarikan saat tidur.

6. Gaya Hidup Sehat

Kurangi tidur larut, makanan dan minuman yang tidak alami, minum alkohol, merokok dan benahi pola makan yang berantakan agar tubuh menjadi sehat dan kulit juga mendapat nutrisi yang cukup, sehingga tidak ada masalah rambut rontok dan kering. Juga lakukan olahraga, karena ada manfaat olahraga untuk kecantikan.

7. Makanan Sehat

Konsumsi protein dalam jumlah yang cukup dalam daging, telur, susu, unggas, kerang, kacang – kacangan, sayuran hijau, wortel, susu. Dan jangan lupa mengonsumsi suplemen vitamin B12 untuk memperbaiki gizi tubuh.

8. Tonik Rambut

Sekarang juga ada perawatan yang praktis untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Tonik rambut adalah salah satunya. Tonik ini banyak ditemukan di toko kosmetik. Pastikan Anda memilih tonik rambut yang bebas dari bahan kosmetik berbahaya dan yang cocok dengan jenis rambut Anda.

Perawatan Dengan Masker Rambut

Selain perawatan sehari – hari, harus dilakukan perawatan ekstra untuk merawat rambut yang mengalami kerusakan cukup parah seperti ini, yaitu dengan menggunakan masker rambut dari bahan alami. Manfaat hair mask untuk rambut bisa memulihkan kondisinya. Bahan – bahannya adalah:

1. Lidah Buaya

Manfaat aloe vera untuk rambut selain untuk menghitamkan, menyuburkan dan memberi kilau alami juga dapat mengatasi rambut yang mengalami rontok dan kekeringan. Caranya sangat mudah, cukup oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan ke seluruh rambut sampai merata. Kemudian keramas sampai bersih.

2. Seledri

Kandungan zat besi, vitamin A, B dan natrium adalah manfaat seledri untuk rambut. Haluskan dan campur dengan telur ayam kampung, kemudian oleskan ke kulit kepala dan rambut. Biarkan beberapa menit, lalu bilas dengan keramas. Ada pula manfaat seledri untuk alis mata.

3. Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk rambut didapat dari kandungan antioksidannya dan mempunyai efek menyegarkan kulit kepala. Selain itu juga menenangkan kulit kepala, menghilangkan rasa gatal dan menghilangkan ketombe. Seduh teh hijau secukupnya lalu biarkan semalaman. Esok paginya pakailah di rambut hingga merata. Kemudian keramas hingga bersih.

4. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah menjadi obat untuk cara mengatasi rambut rontok dan kering karena mengandung sulfur yang tinggi. Sedangkan bawang putih banyak mengandung anti bakteri yang dapat mengobati infeksi di kulit kepala. Caranya dengan menghaluskan bawang putih atau bawang merah dan pakaikan di kulit kepala. Lakukan perawatan ini sebelum keramas agar rambut bisa dibersihkan dari bau bawang. Untuk perawatan lain, manfaat bawang merah untuk alis juga ada, sedangkan cara merawat kuku dengan bawang putih juga dapat dicoba.

5. Santan

Cara meluruskan rambut secara alami salah satunya dengan menggunakan santan. Yang bagus digunakan adalah santan asli dari sebutir kelapa. Gunakan santan di rambut serta kulit kepala, diamkan beberapa menit. Kemudian bilas dengan sampo. Cara ini bisa dilakukan selama 20 menit.

6. Putih Telur

Manfaat telur untuk rambut didapat dari bagian putih telurnya. Kocok putih telur sampai berbusa dan agak kaku, lalu gunakan ke rambut serta kulit kepala. Biarkan sampai agak kering. Setelahnya keramas dengan sampo sampai bersih.

7. Yoghurt

Cara merawat rambut agar lurus bisa menggunakan yoghurt tawar sebagai bahannya. Untuk rambut rontok dan kering, yoghurt berfungsi sebagai pelembab. Pakai oghurt tawar ke rambut secara merata, termasuk kulit kepala. Setelah didiamkan beberapa menit, kemudian keramas dengan air dingin.

8. Cuka Apel

Manfaat cuka untuk rambut didapat dari salah satu jenis cuka, yaitu cuka apel. Manfaat cuka apel untuk rambut Alpha hydroxy acid dalam cuka apel membantu membersihkan bekas polusi dan kotoran di kulit kepala. Seperempat gelas air dan setengah gelas cuka apel dicampur kemudian digunakan ke rambut. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih atau keramas.

Sponsors Link

Perawatan Dengan Pijat Kulit Kepala

1. Minyak Zaitun

Lakukan pemijatan kulit kepala dengan menggunakan minyak zaitun. Ambil dalam jumlah secukupnya saja, lalu pijatkan perlahan ke kulit kepala selama beberapa menit, kemudian lanjutkan dengan keramas. Ada juga manfaat minyak zaitun untuk rambut anak.

2. Minyak Kemiri

Khasiat minyak kemiri untuk rambut sudah dikenal luas di dunia kecantikan. Salah satunya cara membuat minyak kemiri untuk rambut botak. Selain cara mengatasi rambut rontok dan kering, minyak kemiri juga bisa digunakan untuk memijat kulit kepala dan rambut yang mengalami rontok dan kering.

3. Minyak Lavender

Minyak lavender adalah salah satu minyak yang sering digunakan untuk aromaterapi. Minyak ini bisa menghilangkan rasa gatal dan ketombe di kulit kepala, selain itu juga memiliki zat antiseptik yang berfungsi sebagai pembasmi kuman pada kulit kepala. Teteskan beberapa minyak lavender ke kulit kepala dan lakukan pemijatan, kemudian bersihkan rambut.

4. Minyak Kelapa

Memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak kelapa juga bisa mengatasi rambut yang rontok dan kering. Gosokkan minyak secukupnya ke kulit kepala dan pijat perlahan. Biarkan beberapa menit, lalu keramas. Manfaat minyak kelapa untuk alis juga baik untuk membuatnya tebal dan hitam.

Bagi Anda yang kebetulan memiliki masalah pada rambutnya seperti telah diuraikan diatas yaitu rontok dan kering, Anda bisa mencoba salah satu dari perawatan ekstra yang dibahas ini. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa perawatan dengan bahan alami memang hasilnya tidak akan langsung terlihat, akan tetapi perlu adanya ketelatenan dan rutinitas agar kondisi rambut bisa kembali pulih dan sehat.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 26th, August 2016 / 07:51 Oleh :
Kategori : Rambut